Setelah Bantul juga Gunung Kidul, Wilayah Jogja yang kaya akan tempat wisata adalah Kulon Progo. Akhir akhir ini Kulon Progo juga menjadi perbincangan hangat di media sosial karena keindahannya. Selain memiliki berbagai tempat menarik dikunjungi, Kulon Progo juga memiliki beberapa buah tangan yang diburu oleh para pelancong.

Jika Anda berencana berkunjung, oleh-oleh khas dari Kulon Progo berikut harus Anda buru dan bawa pulang. Simak daftar selengkapnya.

1. Peyek Undur Undur

Peyek Undur Undur
Image Credit: Tuguwisata.com

Jika Anda mengunjungi Kulon Progo Anda harus menjajal yang namanya Peyek Undur Undur. Undur undur yang dipakai sebagai bahan bakunya merupakan undur undur laut. Hewan satu ini sebenarnya termasuk dalam jenis udang udangan. Tidak hanya di Indonesia undur undur laut ini juga bisa ditemukan di pantai di berbagai negara. Undur Undur laut memiliki kulit yang keras mirip dengan kepiting. Untuk dagingnya gurih dengan tekstur yang kenyal.

Sehingga jika dijadikan peyek akan memiliki rasa nikmat yang akan membuat siapapun akan ketagihan. Peyek undur undur ini dibuat dari tepung beras dan juga tepung kanji. Sebagai perasa ditambahkan beberapa rempah agar makin nikmat. Anda bisa mendapatkan oleh oleh yang unik di daerah Pantai Glagah di Kulon Progo. Peyek Undur undur termasuk buah tangan yang awet dan bisa bertahan lama, sehingga bukan menjadi masalah jika tujuan Anda jauh.

2. Geblek

Geblek
Image Credit: Theboxsceneproject.org

Oleh oleh selanjutnya yang bisa Anda bawa pulang adalah Geblek. Panganan ringan satu ini bahkan sudah terkenal dan sangat populer. Dari namanya saja sudah unik, begitu juga dengan rasanya. Sekilas rasa dari Geblek ini mirip dengan cireng karena sama sama terbuat dari tepung kanji. Yang membedakan adalah bentuknya yang membentuk angka delapan. Meskipun saat ini bentuknya juga makin beragam, sehingga membuat panganan ini makin unik.

Untuk Anda yang ingin menjajal dan merasakan sendiri rasanya, Anda bisa menemukan di toko oleh oleh maupun pasar yang ada di Kulon Progo. Beberapa ada yang menjualnya dalam keadaan matang, ada juga yang masih setengah matang. Untuk oleh oleh lebih banyak memilih dalam keadaan setengah matang. Sehingga begitu tiba di rumah, Anda bisa menggorengnya sendiri. Yang jelas, geplek menjadi oleh oleh yang tak boleh dilewatkan.

BACA:  33 Tempat Wisata di Jogja Terbaru & Paling Hits

3. Gula Semut

Gula Semut
Image Credit: Suara.com

Gula Semut merupakan gula yang terlihat seperti gula jawa jika melihat warnanya. Namun bentuknya tidak balok, tetapi seperti gula pasir. Gula semut merupakan gula yang dibuat dari nira pohon kelapa. Tak hanya bisa dijadikan sebagai oleh oleh, gula unik yang bisa Anda temui di Kulon Progo ini ternyata juga memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh. Terutama untuk penderita diabetes, karena mampu menjaga gula darah tetap stabil.

Bukan hanya diminati pembisnis dalam negeri, gula semut bahkan sangat disambut hangat di luar negeri. Tentunya hal ini menjadi kebanggaan tersendiri karena akan sangat membantu perekonomian warga sekitar. Negara negara Amerika, Eropa, Jerman, Kanada hingga Jepang menjadi tujuan ekspor gula semut ini. Wajar jika harga gula semut ini terbilang mahal, namun Anda tetap harus memburu oleh oleh satu ini. Saat ini kemasannya juga terlihat lebih modern dan cantik.

4. Wingko dan Bakpia

Wingko dan Bakpia
Image Credit: Tokopedia.com @Ngemildikit

Mungkin makanan dengan rasa manis dan gurih ini tidak hanya bisa Anda temui di Kulon Progo saja. Namun panganan satu ini cukup terkenal di Kulon Progo dan banyak yang memburunya untuk dijadikan oleh oleh. Begitu juga dengan bakpia yang menjadi salah satu ikon camilan di Jogja khususnya. Rupanya kedua makanan ini menjadi 3 besar oleh oleh yang mulai digeluti dan digarap dengan serius. Bahkan banyak gerai oleh oleh yang menjual kedua panganan ini.

Tidak hanya itu, ketika musim liburan banyak wisatawan yang rela untuk blusukan hanya untuk merasakan bakpia serta wingko khas dari Kulon Progo. Ada sesuatu hal dari segi rasa yang menjadikan kedua makanan ini akhir akhir ini begitu eksis. Dan kedua makanan ini bisa dengan mudah Anda temukan di tempat oleh oleh dengan kemasan yang cantik. Wingko dan Bakpia Kulon Progo menjadi oleh oleh yang tak boleh Anda lewatkan ketika Anda pulang nanti.

5. Enting Enting Jahe

Enting Enting Jahe
Image Credit: Potensiana.com

Bukan hanya karena kemasannya yang unik, enting enting jahe juga memiliki rasa unik yang membuatnya semakin populer. Jajanan yang dibuat dari gula, kacang, kelapa, wijen dan juga vanilla ini memang sangat nikmat. Tentunya di dalam makanan yang memiliki rasa legit ini ada sensasi pedas dari jahenya. Kemudian masih mendapatkan rasa gurih dari wijen maupun kacangnya. Rasa manis, gurih dan pedasnya menjadi perpaduan yang begitu sempurna.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Kulon Progo yang Murah & Enak

Karena rasanya ini, wajar jika enting enting jahe termasuk oleh oleh yang menjadi primadona. Kemasannya menggunakan anyaman bambu sehingga membuatnya makin terlihat menarik. Anda bisa dengan mudah mendapatkan enting enting jahe ini di berbagai pusat oleh oleh. Biasanya dalam satu kemasan memiliki berat sekitar 150 gram. Oleh oleh satu ini tak hanya unik namun juga awet sehingga bisa dibawa pulang untuk Anda yang membutuhkan waktu tempuh lama.

6. Growol

Growol
Image Credit: Laras-bening.blogspot.com

Makanan satu ini merupakan pengganti nasi yang begitu populer di Kulon Progo. Growol dibuat dari umbi ketela pohon dengan proses yang terbilang sederhana. Rasa growol sebenarnya tidak manis ataupun asin melainkan hambar. Oleh karena itu untuk menikmatinya dibutuhkan panganan pendamping seperti pento dan ketak. Kedua makanan ini dibuat dari bahan kelapa, sehingga menjadi perpaduan yang sempurna.

Anda bisa menikmati makanan unik ini ketika singgah di Kulon Progo. Pasar pasar tradisional pasti menjual makanan unik ini dalam satu paket. Untuk ada yang tempat tinggalnya tak jauh dari Jawa Tengah, mungkin bisa menjadikan makanan ini sebagai oleh oleh. Hanya saja untuk yang membutuhkan jarak tempuh panjang tak disarankan. Karena growol termasuk makanan basah yang bisa basi jika tidak segera dinikmati atau penyimpanan tak baik.

Namun Anda tak perlu khawatir, karena growol saat ini sudah diolah menjadi makanan yang bisa dijadikan oleh oleh. Karena growol kini telah diubah menjadi stik growol dengan rasa renyah dan tampilan lebih modern. Meskipun belum lama muncul, namun makanan ringan ini bisa dijadikan alternatif untuk Anda yang ingin menikmati growol. Tidak hanya menyediakan rasa original, stik growol juga hadir dengan berbagai rasa yang kekinian.

7. Kopi Menoreh

Kopi Menoreh
Image Credit: Piknikdong.com

Bagi pecinta kopi, Anda harus menjajal kopi dari Kulon Progo ini. Memang kulon Progo juga sebagai daerah penghasil kopi. Dan kopi dari Kulon Progo dikenal dengan kopi menoreh. Terdapat dua varian yang bisa Anda jajal yakni kopi robusta dan kopi Arabika. Anda bisa menikmati kopi yang sedap ini dikedai kopi yang terdapat di perbukitan menoreh. Dari semua kopi menoreh yang paling terkemuka adalah kopi Pak Rohmat.

BACA:  25 Wisata Kuliner di Jogja yang Murah & Enak

Jika Anda menikmatinya langsung ditempat biasanya dibandrol mulai dari Rp. 12 ribuan. Dalam paket tersebut sudah terdapat 2 gelas kopu lengkap dengan gulanya. Dan dilengkapi dengan gorengan yang disajikan di piring. Tidak hanya menyediakan kopi untuk diteguk langsung, Anda juga bisa membawanya pulang sebagai oleh oleh. Oleh oleh kopi ini memiliki kemasan mulai dari 100 gram hingga 500 gram. Harganya berkisar Rp. 25 ribu sampai Rp. 80 ribuan tergantung jenis kopinya.

8. Teh Sangrai

Teh Sangrai
Image Credit: Traveltodayindonesia.com

Kulon Progo juga memiliki perkebunan teh, sehingga teh juga menjadi komoditas yang bisa Anda jadikan oleh oleh. Uniknya teh ini sebelum diseduh akan disangrai lebih dahulu sehingga menghasilkan aroma yang khas. Teh Sangrai dari Kulon Progo dinilai lebih wangi dan memiliki rasa yang khas. Tak heran jika minuman satu ini juga diburu oleh para wisatawan yang singgah. Kini kemasannya juga terlihat makin modern dan cantik.

9. Tempe Benguk

Tempe Benguk
Image Credit: Tuguwisata.com

Bagi masyarakat Indonesia tempe merupakan panganan yang sangat familiar. Dan di Kulon Progo Anda bisa menemukan tempe yang berbeda yakni tempe benguk. Tempe benguk dibuat dari benguk yang merupakan kacang koro sehingga butirannya lebih besar. Namun soal rasa tak perlu khawatir karena tempe benguk akan lebih gurih. Makanan satu ini mungkin tak bisa bertahan cukup lama, sehingga jika dijadikan oleh oleh harus segera diolah.

10. Cetot

Cetot
Image Credit: Jogjaspace.com

Cethot merupakan jajanan tradisional yang juga tak boleh Anda lewatkan ketika mengunjungi kulon progo. Dibuat dari tepung kanji, cethot memiliki bentuk lonjong dan kecil kecil. umumnya disajikan dengan kelapa parut agar rasanya makin nikmat. Meskipun makanan satu ini termasuk jajanan terkenal, tak semua bisa menjadikannya oleh oleh. Terutama untuk Anda yang tujuannya jauh dan membutuhkan waktu panjang.

Oleh-oleh khas dari Kulon Progo mungkin tidak terlalu banyak dan didominasi oleh jajanan tradisional. Namun ketika Anda berlibur ke kota satu ini, pastikan Anda memburu oleh olehnya. Cepat atau lambat bisa dipastikan Kulon Progo akan semakin berkembang, begitu juga dengan oleh olehnya. Saat ini mungkin tak semuanya bisa dibawa pulang untuk tujuan jauh, namun tidak tahu di masa mendatang. Anda tertarik memborong yang mana?