Wisata kuliner di Balikpapan tidak hanya seafood saja. anda bisa menemukan deretan tempat kulineran yang legendaris dan juga terkenal dengan kelezatan serta raham di kantong.

Berlibur menjelajah Indonesia, anda memang tidak akan disuguhkan pemandangan yang mempesona tetapi juga kuliner yang menggoyang lidah. Balikpapan menjadi salah satu tujuan wisata sekaligus miliki kuliner yang wajib anda coba. Ketika menginjakkan kaki di Balikpapan, beberapa tempat kulineran berikut wajib untuk anda kunjungi. Tidak hanya menyediakan makanan enak, harganya juga begitu ramah kantong.

1. Kepiting Kenari

Kepiting Kenari
Image Credit: Ksmtour.com

Untuk anda penggemar kepiting, ketika mengunjungi Balikpapan anda wajib singgah dan mencicipi lezatnya olahan kepiting di Kepiting Kenari. Rumah makan satu ini merupakan rumah makan yang begitu kondang dan populer di Balikpapan. Wajar saja, untuk menikmati sajian kepiting yang nikmat, anda hanya perlu merogoh kocek mulai Rp. 220 ribuan. anda jangan kaget dengan harga yang terbilang fantastis tersebut.

Karena satu porsi kepiting ini, bisa disantap oleh 3 atau 4 orang sekaligus. Sehingga, bisa dikatakan jika harga tersebut masih ramah dengan kantong. Apalagi kita tahu, jika kepiting termasuk makanan yang cukup mahal. Tetapi jika anda merasa, satu porsi terlalu banyak anda bisa membeli setengah porsinya saja. Harga tersebut juga sebanding dengan kualitas rasa yang dihadirkan untuk setiap piringnya. Kepiting Kenari termasuk tempat kulineran yang tak pernah sepi pengunjung.

Lokasi: Jl. Marsma R. Iswahyudi No. 5, Sepinggan, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

2. Rumah Makan Torani

Rumah Makan Torani
Image Credit: Iniida.wordpress.com

Di Balikpapan anda memang akan mudah untuk menikmati olahan seafood yang menggugah selera. Dan bagi anda yang ingin mencicipi kuliner seafood namun tetap ramah kantong, Rumah Makan Torani bisa dijadikan pilihan. Lokasinya yang terbilang mudah untuk dijangkau menjadikan banyak warga lokal maupun wisatawan yang mengunjunginya. Menu yang paling menjadi favorit di rumah makan satu ini adalah menu kepitingnya.

Kepiting segar diolah dengan menggunakan bumbu khusus yang akan membuat lidah anda dimanjakan. Memiliki tempat yang terbilang luas, rumah makan satu ini sangat cocok untuk dijadikan tempat makan bersama keluarga. Pelayanannya yang ramah juga turut menjadi nilai plus yang membuat pengunjungnya enggan berpindah tempat. Tenang saja, meskipun terkenal dengan rasanya yang nendang anda tak perlu khawatir soal harganya yang terbilang murah.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Samarinda yang Murah & Enak

Lokasi: Komp. Lembaga Permasyarakatan, Jl. Jend. Sudirman No.73, Gunung Bahagia, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

3. Warung Kaki Lima Kantor Pos Klandasan

Warung Kaki Lima Kantor Pos Klandasan
Image Credit: Maps.google.com @lidya winata

Berburu makanan nikmat dan juga ramah kantong di Balikpapan belumlah berakhir. Karena anda harus mengunjungi warung kaki lima di Kantor Pos Klandasan yang memang menjadi pusat kuliner. Begitu anda mendekat, lampu lampu kios yang berjajar mencerminkan keramaiannya. Bau masakan yang sedap juga akan membuat langkah kaki anda turut mendekat perlahan. Di sepanjang jalan ini, anda bisa bebas memilih makanan yang ingin disantap.

Menu menu pilihan mulai dari nasi goreng, gado gado, soto, pecel hingga olahan hasil laut siap memanjakan lidah dan perut Anda. Selain banyak pilihan, makanan di tempat kulineran satu ini juga terjangkau. Dibandrol mulai belasan ribu, anda bisa datang sebelum makan siang. Karena ketika makan siang anda harus rela untuk mengantre dan berdesakan dengan pemburu kuliner lainnya. Selepas makan siang, sudah banyak warung yang habis dan akan tutup.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.1, Klandasan Ulu, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

4. Nasi Kuning Haji Daud

Nasi Kuning Haji Daud
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Untuk anda yang ingin mencari menu sarapan nikmat dan kondang di Balikpapan, anda bisa mengunjungi Nasi Kuning Haji Daud. Mungkin anda menyangka, jika nasi kuning begitu biasa saja dan bisa ditemukan dimana saja. Namun nasi kuning ini tidak boleh anda lewatkan, karena selain memiliki ciri khas nasi kuning ini juga sangat nikmat. Begitu dihidangkan di hadapan Anda, anda bisa mencium wanginya daun salam yang menyatu dengan bumbu lainnya.

Membuat tidak sabar untuk segera menyendoknya dan memasukkannya ke dalam mulut. anda juga bisa menikmati berbagai pilihan menu, mulai dari telur, semur daging, ikan goreng, ayam hingga mie kuning dan tak lupa sambal. Untuk bisa menikmatinya, pastikan anda tidak kesiangan karena warung satu ini akan tutup di pukul 12 WITA. Harga yang dibandrol untuk setiap porsinya juga tidaklah mahal dan sesuai dengan rasa yang ditawarkan.

Lokasi: Marga Sari, Kec. Balikpapan Barat, Kota Balikpapan.

5. Soto Banjar Kuin Abdhu

Soto Banjar Kuin Abdhu
Image Credit: Garnesia.com

Apakah anda penggemar menu soto? Soto memang menjadi makanan yang begitu mudah anda temui di Indonesia. Namun setiap daerah tentunya akan menghadirkan cita rasa dan keunikan tersendiri. Berada di Balikpapan, maka anda tidak boleh melewatkan mencicipi nikmatnya Soto Banjar Kuin Abdhu. Tempat kulineran satu ini menjadi salah satu tempat yang difavoritkan oleh masyarakat sekitar, dengan kualitas rasa unggulan harga nyaman.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Balikpapan yang Paling Populer

Berada di daerah Gunungsari Ilir, anda bisa langsung memesan satu porsi soto Banjar. Begitu dihidangkan, secara tampilan soto ini memang mirip dengan soto ayam pada umumnya. Coba saja anda sendok dan cicipi rasanya, maka anda akan menemukan perbedaan pada bumbu dan rempah yang digunakan. Dalam penyajiannya dilengkapi dengan perkedel singkong dan juga sate ayam. Kuah soto banjar ini juga sedikit keruh dan wajib anda cicipi.

Lokasi: Jl. Jend. Ahmad Yani No.01, Gunung Sari Ilir, Kec. Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan.

6. Depot Simpang Empat

Depot Simpang Empat
Image Credit: Titofebrian.com

Melanjutkan perjalanan menjelajah kuliner Balikpapan, anda bisa mengunjungi Depot Simpang Empat. Di tempat kulineran satu ini, anda bisa merasakan nikmatnya makanan khas dari Balikpapan. Menu andalan yang selalu diburu pecinta kuliner adalah Mantau dan Sapi Lada Hitamnya. Mantau di Depot Simpang Empat bahkan seringkali ludes lebih dahulu karena penikmatnya yang tak pernah berkurang, bahkan bisa dikatakan selalu bertambah.

Untuk itu jika anda penasaran dengan rasanya, ada baiknya untuk anda datang lebih awal. Mantau sendiri merupakan roti yang mirip bakpau dan disajikan dengan bumbu khusus maupun dengan sapi lada hitam. Pengunjung yang tidak ingin menikmati menu favoritnya, terdapat juga jajaran Chinese Food yang akan membuat lidah dan perut anda dimanjakan. Harga yang ditawarkan juga mulai dari Rp. 17 ribuan dan dijamin tidak akan membuat anda kecewa.

Lokasi: Baru Ilir, Kec. Balikpapan Barat, Kota Balikpapan.

7. Dandito

Dandito
Image Credit: Danditorestaurant.com

Bagi anda yang masih belum puas menikmati kepiting Balikpapan, anda bisa melajukan kendaraan anda menuju Rumah Makan Dandito. Dandito menyajikan menu kepiting dengan nama kepiting Saos Dandito dan memiliki bumbu dan cita rasa berbeda. Penggunaan bumbu rahasianya inilah yang akhirnya menarik banyak pecinta kuliner mengunjunginya.  Merah dan kentalnya saos ini akan membuat siapapun yang melihatnya meneteskan air liur.

Menu ini merupakan hasil kreasi dari Rudy Setiawan yang merupakan pemilik dari Dandito. anda perlu tahu jika saos serba merah ini merupakan hasil campuran dari bahan yang juga serba merah. Bumbu seperti bawang merah, jahe merah, cabe merah dan juga tomat merahlah yang digunakan. Hasil perpaduan ini, justru akan membuat lidah anda enggan untuk berhenti menikmatinya, terutama jika dipadukan dengan gurihnya daging kepitingnya.

Lokasi: Jl. Marsma R. Iswahyudi No.70, Gunung Bahagia, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

8. Sup Konro BCA

Sup Konro BCA
Image Credit: Yopiefranz.com

Tempat kulineran selanjutnya yang juga tidak boleh anda lewatkan adalah Sup Konro BCA. Meskipun anda harus memasuki gang sempit, namun sup konro satu ini tak pernah sepi pengunjung. Bahkan untuk satu porsi sup konro hangat, para pelanggannya rela mengantre panjang. Nikmatnya sup konronya yang khas memang sangat endeus jika dipadukan dengan nasi hangat. Apalagi selain nikmat harganya juga terjangkau dan tak akan membuat anda kecewa.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Samarinda yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Mulawarman, Klandasan Ilir, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

9. RM. Cocom Prasmanan

RM. Cocom Prasmanan
Image Credit: 968kpfm.co.id

Menikmati kuliner bersama keluarga memang menjadi sebuah quality time yang sangat pas. Dan di Balikpapan, anda bisa mengunjungi RM. Cocom Prasmanan yang banyak direkomendasikan. Tempat kulineran satu ini memang sangat cocok untuk dijadikan tempat kulineran bersama keluarga. Selain mengusung konsep prasmanan, anda juga bisa menikmati sajian dengan konsep All You Can Eat. Yang juga memiliki banyak menu yang begitu menarik.

Anda bisa menikmati sajian seafood, daging ayam hingga menu vegetarian sekalipun. Porsi yang bisa diukur sesuai keinginan juga pastinya sangat ramah keluarga. Tak hanya itu, pelayanannya yang memuaskan juga akan membuat para pengunjungnya nyaman. Menu menu andalan dengan pelayanan jempolan dan lokasi yang strategis membuat tempat kulineran satu ini begitu diburu pecinta kuliner.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Klandasan Ilir, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

10. Toko Roti Nam Min

Toko Roti Nam Min
Image Credit: Minumkopi.com

Liburan ke Balikpapan tidak lengkap rasanya jika anda tak mencicipi kuliner satu ini. Mungkin anda memang bisa menemukan banyak roti di daerah Anda. Namun Toko Roti Nam Min menawarkan rasa yang tak akan membuat anda lupa. Aroma roti yang sedang dipanggang akan menyambut anda begitu menginjakkan kaki di toko roti ini. Roti yang disajikan merupakan roti home made yang sangat cocok sebagai menu sarapan anda.

Tak hanya bisa dibawa pulang, anda yang ingin menikmati sarapan santai juga bisa langsung makan di tempat. Lokasinya yang strategis dengan fasilitas pendukung yang memadai menjadikan tempat kuliner satu ini tak pernah sepi pengunjung. Menikmati berbagai macam menu roti di sini juga tidak akan membuat kantong anda jebol. Mengingat harganya yang terbilang ramah kantong.

Lokasi: Jl. Adil Makmur No.40, RT.23, Baru Ilir, Kec. Balikpapan Barat, Kota Balikpapan.

Berburu kuliner memang menjadi salah satu agenda liburan yang begitu menyenangkan. Dan di Balikpapan anda bisa menjajal banyak menu mulai dari seafood hingga makanan khas lainnya. Beberapa tempat makan di atas sudah terkenal dengan kelezatannya, bahkan terbilang legendaris. Sehingga anda harus siap siap jika harus mengantre untuk menikmati sajiannya. Jadi sudah tahu tempat kuliner mana yang akan anda kunjungi lebih dulu?