Berkunjung ke Kamboja, sayang jika tidak mencoba wisata kuliner khas. Inilah daftar rekomendasi makanan khas Kamboja yang terkenal lezat dan mudah ditemukan.

Kamboja merupakan negara dengan konsep destinasi wisata yang menarik, karena menawarkan banyak hal unik yang coba di tawarkan wisatawan lokal maupun luar negeri. Jika Anda berkesempatan untuk datang ke negara ini, jangan ragu untuk mencicipi kuliner khasnya yang memang terkenal lezat dan memiliki harga yang terjangkau.

Keunggulan dari kuliner khas Kamboja adalah penggunaan rempahnya yang beragam, masif, dan tidak berbahaya untuk kesehatan. Anda bisa mendapatkan makanan lokal tersebut di berbagai tempat, mulai dari warung, pasar malam, street-food, hingga makan di restoran dan hotel bintang lima.

Namun, jika Anda seorang muslim perhatikan dengan benar komposisi makanan yang disajikan, sebab tidak semuanya menggunakan bahan dasar yang halal dan sesuai dengan ketentuan syariat. Anda yang mencoba makanan khas di Kamboja tidak akan kecewa karena rasa lezat yang tidak akan Anda temukan di wilayah dan negeri lainnya.

1. Kampot Pepper Crabs

Kampot Pepper Crabs
Image Credit: Tokopedia.com

Anda yang berkunjung ke wilayah pesisir, jangan ragu untuk mencicipi makanan khas Kamboja di wilayah tersebut. Bahan dasar makanan ini adalah kepiting, dengan tambahan sayuran, tomat, serta berbagai bumbu dan rempah penyedap yang mengugah selera.

Kepiting yang di gunakan untuk mengolah masakan ini juga tidak sembarangan, sebab untuk mendapatkan cita rasa yang khas dan enak, maka di pakai kepiting yang baru di tangkap. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir bahan baku yang di gunakan basi atau sudah di simpan dalam jangka waktu yang lama.

Rasa dari Kampot Pepper Crabs ini juga gurih, di selingi rasa pedas karena menggunakan sambal khusus. Selain daerah pesisir, Anda juga bisa mendapatkan makanan khas ini di restoran di kota-kota besar wilayah Kamboja.

2. Lok Lak

Lok Lak
Image Credit: Superadventure.co.id

Pecinta daging biasanya tidak akan kuasa untuk menolak makanan ini,karena ia terbuat dari daging sapi pilihan yang di tumis dengan berbagai macam sayuran. Ketika di sajikan, Lok Lak di tambahkan sayuran mentah untuk memberikan cita rasa yang menyegarkan.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Kamboja Terbaru & Paling Hits

Beberapa sayuran yang sering di tambahkan adalah selada, bawang merah yang sudah di iris tipis, potongan mentimun, ataupun buah tomat. Cara memasak daging sapi tersebut juga unik, yakni dengan merendamnya terlebih dahulu dengan berbagai bumbu, diantaranya kecap manis, saus tiram, kecap ikan, lada, dan juga lemon selama satu malam penuh.

Jika Anda ingin menikmati Lok Lak dengan bahan dasar daging lain, Anda bisa melakukan permintaan penggantian daging ketika hendak memesan. Pilihan daging yang di tawarkan biasanya berupa daging ayam, rusa, babi, bahkan dapat di ganti menggunakan tahu.

3. Lap Khmer

Lap Khmer
Image Credit: Narayatrip.com

Anda yang suka menikmati salad, alangkah baiknya juga mencicipi salad khas dari Kamboja yang memiliki rasa unik ini. Di dalam Lap Khmer, selain sayuran, Anda juga akan menemukan irisan daging mentah yang di rendam berbagai rempah pilihan.

Diantaranya adalah bawang merah dan putih, kemangi, jeruk nipis, daun mint, bahkan hingga digunakan serai, saus ikan, dan lada. Sehingga aroma daging mentah dan rasanya bisa di samarkan dengan baik. Untuk menyantapnya, Anda bisa menambahkan nasi panas dan potongan cabai.

Daging mentah juga tidak bisa sembarangan di masukkan, karena lidah wisatawan biasanya kesusahan beradaptasi dengan makanan lokal. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih menggunakan daging sapi yang telah di panggang.

4. Bok L’hong

Bok L’hong
Image Credit: Gotravelly.com

Masih hidangan khas Salad, Bok L’hong juga terkenal karena sering di sebut sebagai salad pepaya. Namun jangan salah, pepaya yang digunakan adalah pepaya yang masih muda, bukan yang tua dan sudah matang

Buah pepaya muda yang telah diserut akan di tumbuk dan di tambahkan berbagai macam bumbu penyedap. Diantaranya adalah kemangi khas Thai, tomat, buncis, hingga kacang tanah. Untuk menambahkan rasa gurih digunakan kepiting yang berukuran kecil dan di siram dengan saus yang terbuat dari prahok, kecap khusus dan jeruk limau.

Jika menyukai rasa yang pedas dan gurih, Anda bisa menambahkan cabai yang telah di iris tipis dan ikan. Banyak yang mengatakan, makanan khas Kamboja ini memiliki rasa yang mirip dengan rujak yang ada di Indonesia.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Kamboja yang Paling Terkenal

5. Nom Banh Chok

Nom Banh Chok
Image Credit: Desidakaar.com

Menu makanan untuk sarapan biasanya bergizi tinggi sehingga dapat membentuk energi hingga makan siang dilakukan. Di Kamboja juga demikian, sebab sarapan pagi yang di gunakan memiliki bahan dasar yang menyehatkan.

Ketika Anda mengkonsumsi Nom Banh Chok, dijamin Anda tidak akan cepat lapar karena komposisinya yang penuh dengan protein serta karbohidrat. Makanan ini merupakan mie yang memiliki tekstur lembut, dengan bahan yang terbuat dari beras.

Pilihan sayuran yang bisa Anda gunakan adalah bunga jantung pisang yang sudah di masak, potongan mentimun, sayuran yang telah di rebus, tauge, yang kemudian di siram dengan saus ikan hijau.

6. Bai Sach Chrouk

Bai Sach Chrouk
Image Credit: Adventurelaos.com

Anda akan lebih sering menemukan makanan ini di pinggiran kota atau warung-warung sederhana, sebab makanan ini cukup dekat dengan rakyat Kamboja. Meskipun terlihat sederhana, namun Bai Sach Chrouk cukup populer di kalangan wisatawan.

Bahan utama dari makanan ini adalah irisan daging babi, yang telah dimasak dengan bumbu khusus. Untuk menikmatinya, ia di hidangkan bersama dengan telur orak-arik dan nasi putih yang masih panas.

Daging babi yang di gunakan harus di panggang terlebih dahulu di atas arang untuk mengeluarkan cita rasanya. Namun di beberapa tempat, daging babi yang di gunakan merupakan daging yang telah di asinkan.

7. Samlor Machu Trey

Samlor Machu Trey
Image Credit: Alowisata.com

Tidak akan lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Kamboja namun tidak mencicipi makanan ini. Harga yang di tawarkan untuk Samlor Machu Trey juga terjangkau, yakni kurang dari satu dolar.

Isi dari makanan ini adalah fillet ikan yang masih segar, yang di campur dengan sayuran dan di masak menggunakan kaldu khusus. Rasa yang dihasilkan cukup menarik, yakni asam dan manis.

Tambahan rempah untuk makanan ini cukup bervariasi, Anda bisa menambahkan gula, saus ikan, maupun tambahan bayam air, seledri, toge, maupun nanas. Jika Anda tidak bisa mengkonsumsinya di pagi hari, Anda masih bisa menikmatinya di tempat makan yang menyediakan menu masakan ini hingga siang.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Kamboja yang Paling Terkenal

8. Anshom Check

Anshom Check
Image Credit: Gotravelly.com

Bentuk dari makanan ini menyerupai lepet yang ada di Indonesia, yang bisa di konsumsi ketika menjelang hari raya ketupat. Anshom Check juga terbuta dari beras yang dibungkus dengan lilitan daun pisang.

Ia dibungkus mirip dengan lontong dan di ikat dengan tali untuk mencegah isinya terburai ketika hendak dimasak. Cara memasaknya dikukus hingga matang sempurna, dan sering di sajikan sebagai sajian pelengkap makanan.

Makanan ini memiliki karbohidrat yang cukup tinggi, mudah di buat dan harganya juga terjangkau di pasar ataupun street-food. Untuk menikmatinya, cukup di buka dan di makan seperti lontong.

9. Anshom Chrook

Anshom Chrook
Image Credit: Kulinerhunter.com

Hampir sama dengan masakan Ansom Check, Ansom Chrook juga menggunakan nasi dan lilitan daun pisang sebagai pembungkusnya. Namun, di dalam isinya, Anda akan menemukan berbagai varian isi.

Isian yang di gunakan biasanya berupa daging babi yang telah di campur dengan pasta kacang hijau. Cara memasak dan membungkusnya juga serupa dengan Ansom Check, jadi ketika hendak membeli makanan ini tanyakan dulu pada penjualnya.

Makanan ini bisa dikonsumsi langsung tanpa perlu menggunakan lauk, sebab isian di dalamnya telah berfungsi sebagai lauk dan memberikan sensasi cita rasa masakan yang gurih dan enak.

10. Prahok Ktiss

Prahok Ktiss
Image Credit: Kakakatosca.wixsite.com

Siem Reap merupakan tempat utama asal makanan ini di buat, karena merupakan daerah pesisir yang menghasilkan ikan dalam jumlah yang besar. Ia di buat dari fermentasi ikan yang telah dipastakan.

Aroma Prahok Kitss cukup tajam apabila tidak terbiasa mengkonsumsinya, karena itu ia sering ditemani dengan sayuran mentah dan sambal sebagai penetral rasa. Bentuknya yang mirip pasta sering salah dikira sebagai sambal cabai.

Di Kamboja, makanan ini digunakan sebagai pelengkap makanan lain, dan lebih memiliki fungsi sebagai sambal cocol. Anda bisa menikmatinya bersama berbagai hidangan khas Kamboja lainnya.

Itulah daftar makanan khas dari Kamboja yang bisa Anda coba cicipi ketika berkunjung ke negeri tersebut. Anda juga bisa menjadikan resepnya sebagai buah tangan kepada keluarga yang ada di rumah.