Laos memiliki sajian kuliner dengan citarasa yang tidak diragukan lagi. Inilah daftar makanan khas Negeri Seribu Gajah Laos yang terkenal lezat dan menggugah selera.

Salah satu negara Asia yang mempunyai wisata kuliner lezat adalah Laos. Siapa sangka ternyata negara ini menyimpan kekayaan makanan khas baik tradisional maupun modern yang disajikan dalam bentuk hidangan populer. Cita rasa yang dimiliki oleh makanan khas Laos tidak perlu diragukan lagi. Negara ini terkenal karena bumbu rempah-rempahnya yang mumpuni.

Negara dengan sebutan Seribu Gajah ini mempunyai banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Selama sedang menikmati liburan di tempat wisata, selanjutnya Anda bisa menjajal kulier Laos yang sayang sekali jika dilewatkan. Apalagi, Laos terdiri dari berbagai etnis yang berbeda. Maka dari itu hidangan yang disajikan pun memiliki berbagai macam rasa sesuai selera.

Melakukan wisata kuliner adalah kesukaan hampir semua orang sehabis. Terlebih jika makanan kulinernya terasa lezat dan memuaskan. Laos menawarkan ragam kuliner yang pastinya tidak akan mengecewakan. Budaya-budaya masakan Laos telah berkembang dan dapat menghasilkan menu yang khas sekali rasanya. Jika Anda tertarik mengetahui, maka simak rekomendasi makanan khas Laos yang terkenal enak dibawah ini.

1. Khao Piak Sen

Khao Piak Sen
Image Credit: Tfamanasek.com

Apakah Anda pernah memakan mie beras? Kalau belum, maka wajib mencoba makanan Khao Piak Sen ini. Mie beras disajikan dalam mangkuk kecil dengan siraman kuah kaldu ayam atau sapi yang kaya akan rempah. Diatasnya diberi topping berupa potongan seafood dan sayuran segar. Cita rasa yang dimiliki Khao Piak Sen yaitu terasa gurih dan bumbunya kuat.

Selain diberi topping seafood, ternyata Khao Piak Sen dilengkapi dengan irisan hati ayam. Dengan perasan tambahan dari jeruk lemon membuat hidangan mie beras ini semakin segar untuk disantap. Makanan ini cocok dijadikan sebagai pilihan menu makan siang ataupun malam hari dimana hawanya dingin dan membutuhkan sup mie yang hangat.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Laos yang Paling Populer

2. Tam Mak Hoong

Tam Mak Hoong
Image Credit: Jahehangat.home.blog

Jika Anda adalah penyuka sayuran sehat, Tam Mak Hoong mungkin bisa menjadi menu yang tepat untuk dicoba. Makanan ini merupakan salad yang disajikan dengan bahan dasar irisan pepaya muda dicampur tomat, kacang panjang, kacang tanah, dan disertai siraman bumbu gula aren, cabai, saus ikan, bumbu fermentasi jus ikan, serta terakhir perasan jeruk nipis agar segar.

Cita rasa yang dimiliki oleh Tam Mak Hoong adalah rasanya yang khas asam, manis, dan asin bercampur satu. Sehingga lidah lokal seperti Indonesia mungkin akan menyukai jenis masakan ini. Salad ini sangat

direkomendasikan bagi Anda yang menyukai vegetarian. Selain itu, salad pepaya ini juga berdampak baik pada kesehatan tubuh.

3. Larb

Larb
Image Credit: Wikipedia.org

Rekomendasi makanan khas Laos selanjutnya yaitu Larb. Sajian Larb dihidangkan dengan isi daging yang telah dicincang serta dibumbui kecap ikan. Untuk menambah kuatnya rasa, diberi bumbu kaldu ikan yang telah difermentasikan khas Loas, perasan jeruk nipis, serta beras tumbuh yang dicampur dengan rempah-rempah lainnya.

Biasanya, Larb disajikan bersama sayuran segar ataupun ketan sebagai makanan pendamping. Orang-orang juga menjuluki Larb sebagai salad daging karena isinya dominan dengan cincangan daging dan sayur. Sedangkan untuk varian dagingnya bisa sesuai selera mulai dari daging ayam, domba, maupun sapi. Jangan khawatir kesulitan mencari karena makanan ini mudah ditemukan.

4. Khao Jee

Khao Jee
Image Credit: Advantureinyou.com

Penasaran dengan sandwich di Laos? Khao Jee merupakan makanan sandwich yang khas berasal dari Laos. Sandwich ini kaya akan isi yang dihimpit di tengah roti baguette. Bahan-bahan yang memenuhi roti sandwich tersebut antara lain keju, daging ham, irisan tomat, selada, wortel, yang diatasnya nanti dibumbui saus bawang putih serta cabai.

Banyak pedagang kaki lima di pinggir jalan yang menjual Khao Jee ini. Sehingga tidak perlu repot-repot mencari pedagang yang menjual di toko. Anda bisa menyantap sandwich ini bersama kopi sebagai pendamping agar rasanya lebih nikmat. Perlu diketahui Khao Jee merupakan makanan Laos yang termasuk populer.

5. Pad Khee Mao

Pad Khee Mao
Image Credit: Detik.com

Sajian mie lainnya yang ada di Laos adalah Pad Khee Mao. Kerap kali masakan ini disebut sebagai mie mabuk. Apabila Anda adalah penyuka pedas, Pad Khee Mao tidak boleh sampai dilewatkan. Karena, mie ini terkenal akan rasa pedasnya yang kuat dan pas sekali disantap bagi para wisatawan kuliner yang menyukai tantangan makanan pedas.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Laos yang Paling Populer

Pad Khee Mao ditumis bersama beberapa sayuran dan dibumbui rempah-rempah yang melimpah. Sehingga bisa menghasilkan rasa yang lezat ketika dicicipi. Para anak mudalah yang sering sekali memakan mie mabuk ini. Karena menyukai rasanya yang fantastis serta daya tarik pedas yang tidak ada duanya.

6. Kaipen

Kaipen
Image Credit: Kulinerhunter.com

Kuliner khas Laos berikutnya adalah Kaipen. Uniknya, Kaipen berbahan dasar rumput laut yang diatasnya diberi bumbu bawang putih dan hamburan wijen. Makanan ini terkenal sebagai camilan ringan di wilayah Laos bagian utara khususnya kota Luang Prabang. Anda bisa memakan langsung rumput laut ini dengan atau tidak bersama makanan pendamping.

Biasanya, selain dimakan langsung sebagai camilan, Kaipen kerap dijadikan pelengkap untuk hidangan lain. Misalnya saja seperti dibungkus bersama makanan khas Laos lainnya atau ditaruh diatas makanan sebagi pelengkap. Tampilannya yang sederhana banyak disukai karena rasanya juga lezat.

7. Nam Khao Tod

Nam Khao Tod
Image Credit: Flickr.com

Mungkin jika dilihat dari tampilan sekilas, Nam Khao Tod mirip dengan nasi goreng. Memang benar Nam Khao Tod merupakan masakan nasi yang dicampur dengan potongan sosis, kacang tanah, parutan kelapa, bumbu saus ikan fermentasi, serta perasan jeruk nipis. Apabila dibandingkan dengan nasi goreng di Indonesia maka berbeda jauh karena kalah unik.

Selain itu, ada cara menarik yang dapat digunakan menyantap Nam Khao Tod ini. Umumnya, masyarakat sekitar Laos mengkonsumsi makanan ini menggunakan selembar daun selada. Setelah itu baru menaruh Nam Khao Tod diatasnya dan dibungkus asal-asalan. Baru kemudian disantap dalam sekali lahapan.

8. Mok Pa

Mok Pa
Image Credit: Kulinerhunter.com

Makanan khas Laos lainnya yang bentuknya hampir menyerupai pepes di Indonesia ini bernama Mok Pa. Dibilang mirip karena bentuk tampilannya. Namun keduanya dimasak dengan cara berbeda. Perbedaannya terletak pada bumbu yang dimasak. Mok Pa menggunakan bahan dasar berupa daging ikan yang dibumbui kecap ikan, terasi, daun bawang, sereh, dan daun dill.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Laos yang Paling Populer

Sedangkan cara memasaknya yaitu dengan dikukus dalam balutan daun pisang. Sehingga nantinya makanan akan terasa segar. Aroma yang menyeruak serta menggoda itu pastinya akan membuat air liur Anda menetes. Apalagi jika disantap bersama nasi putih hangat yang asapnya masih mengepul. Tentunya akan menambah selera makan Anda!

9. Ping Kai

Ping Kai
Image Credit: Tfamanasek.com

Selanjutnya yang dapat direkomendasikan dari makanan khas Laos adalah Ping Kai. Makanan ini berupa ayam bakar yang diberi bumbu lezat. Cita rasa legit yang berasal dari bumbu campuran bawang putih, lada hitam, garam, hingga saus ikan yang tak kalah enaknya. Usai bumbu dioles di atas permukaan daging ayam sampai merata.

Setelah daging ayam dibumbui setelahnya dibungkus daun pisang dan dipanggang. Anda bisa menyantapnya bersama sepiring nasi putih hangat. Rasanya pasti akan tambah nikmat. Selain itu, makanan ini cocok disantap dengan tambahan sambel atau sayur lalapan sebagai menu makan siang atau malam.

10. Khao Niaw

Khao Niaw
Image Credit: Vietnamtourpedia.com

Tidak mengherankan karena lokasi Thailand yang strategis dapat menciptakan berbagai menu masakan baru yang mendapat pengaruh dari budaya negara lain. Khao Niaw merupakan makanan yang disajikan dengan campuran yang unik. Berupa beras ketan putih dengan irisan mangga segar. Jangan salah sangka, makanan ini begitu populer dikalangan masyarakat Laos.

Biasanya Khao Niaw dijadikan sebagai makanan penutup sehabis hidangan utama dihabiskan. Makanan ini dihidangkan di piring kecil yang memuat ketan dan irisan mangga manis segar disampingnya. Tidak lupa diberi sirama santan kental rasa gurih. Campuran rasa legit buah dan asam manis mampu menarik para wisatawan kuliner untuk mencicipi makanan ini.

Nah, itulah rekomendasi makanan khas di Laos yang enak dan patut Anda coba. Sehabis berkeliling menikmati wisata yang ada di Laos tentunya Anda harus mengisi ulang energi dengan melakukan wisata kuliner. Bagi Anda yang beragama muslim, beberapa restoran di Laos masih belum menyediakan makanan halal. Namun, ada juga restoran yang telah melabeli makanannya halal. Sehingga Anda bisa makan disana.