Jika berkunjung ke Singapura, tentu sayang jika tidak mencoba kuliner khasnya. Inilah 15 rekomendasi makanan khas Negeri Singa.

Singapura menjadi salah satu negara tujuan liburan yang tak pernah sepi peminat. Selain tak jauh dari Indonesia, suasana negara yang teratur, rapi, dan sangat bersih ini membuat pengunjung selalu rindu dan ingin kembali.

Tak hanya itu, negara yang memiliki maskot berbentuk Merlion ini sangat kaya akan kuliner khasnya. Banyak wisatawan dari berbagai negara yang pergi berlibur ke Singapura khusus untuk menikmati santapan lezat khas negara maju satu ini.

Banyak kuliner nikmat yang wajib Anda coba saat berkunjung ke negara Singapura, baik makanan yang mengandung seafood, aneka mie, es krim yang melegenda, dan daging-dagingan. Jika Anda ingin berkunjung ke negara tersebut untuk berkuliner, simak informasi tentang makanan khas Singapura yang wajib Anda coba berikut ini.

1. Kari Kepala Ikan

Kari Kepala Ikan
Image Credit: Tripzilla.id

Sebenarnya, makanan ini merupakan sebuah hidangan adaptasi dari etnis India yang hidup di Singapura. Tak heran jika cita rasa kari ini sedikit mirip dengan kari-kari khas India. Sebelum dimasak kari, kepala ikan dikukus terlebih dahulu.

Kemudian dimasak dan disajikan bersama sayuran dan kuah kari pedas. Pengunjung bisa menyantap makanan pedas asam ini dengan roti mantao atau bersama nasi. Anda dapat menemukan makanan ini dengan sangat mudah karena beberapa restoran Singapura.

2. Ice Kachang

Ice Kachang
Image Credit: Marinabaysands.com

Es ini lebih mirip dengan es serut khas Indonesia, hanya saja berisi jeli, jagung manis, kacang merah, dan kolang-kaling. Biasanya es ini juga dipadu dengan tambahan es krim vanilla atau cokelat.

Ice Kachang memiliki warna yang cukup cantik berasal dari sirup yang digunakan dan tambahan toppingnya. Anda dapat menemukan es serut khas Singapura ini dengan mudah di beberapa pusat kuliner.

BACA:  20 Tempat Wisata Menarik di Singapura yang Paling Hits

3. Hokkien Prawn Mee

Hokkien Prawn Mee
Image Credit: Misstamchiak.com

Makanan ini sering disebut juga dengan Mie Hokkian dan memiliki kelezatan khas Singapura. Mie ini terbuat dari kaldu udang atau tulang babi yang dicampur dengan mie goreng berukuran tipis. Makanan ini juga berisi mie beserta cumi-cumi, udang, babi, dan telur ayam.

Cara memakannya ialah dengan menambahkan perasan jeruk nipis dan sambal khas yang akan membuat rasanya menjadi asam, segar, manis, dan pedas. Mie ini diciptakan oleh seorang pelaut Hokkian yang berasal dari Tionghoa Selatan.

4. Nasi Ayam Hainan

Nasi Ayam Hainan
Image Credit: Happyfresh.id

Terkenal sebagai makanan khas negeri Singa, ternyata Ayam Hainan juga dijadikan makanan nasional Singapura. Anda tak perlu khawatir kesusahan mencari makanan ini, sebab Nasi Ayam Hainan akan mudah ditemukan di penjuru kota.

Hidangan ini merupakan nasi wangi yang dipadu dengan potongan kecil daging ayam. Selain itu, makanan tersebut juga ditemani pasta jahe dan sambal pedas sebagai hidangan pendampingnya.

5. Chili Crab

Chili Crab
Image Credit: Jetstar.com

Salah satu olahan seafood yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Singapura ialah Chili Crab. Makanan ini merupakan kepiting yang dibumbui dengan saus dari cabai asli. Sausnya yang cenderung kental menambah cita rasa tersendiri bagi hidangan laut satu ini.

Hidangan ini biasanya menggunakan kepiting soka atau lumpur yang dimasak dengan cita rasa khas cuka beras ditambah aroma bawang putih yang kental. Biasanya Chili Crab juga dihidangkan dengan tambahan salut telur yang tipis dan roti mantao yang bisa dicelupkan ke sausnya.

6. Laksa Singapura

Laksa Singapura
Image Credit: Eatwhattonight.com

Laksa memang menjadi salah satu makanan khas Singapura yang selalu ramai peminat. Rasa laksa ini hampir sama dengan laksa versi Penang. Namun, yang spesial dari laksa ini adalah terinspirasi dari hidangan khas Tionghoa yang hidup di Katong.

Laksa sendiri berisi udang, kerang, kacang, perkedel ikan, dan ditambah dengan kuah santan yang pedas. Rasa Laksa yang cenderung asin, manis, dan gurih ini akan terkenang di lidah Anda. Menariknya, harganya pun masih terjangkau.

7. Kaya Toast

Kaya Toast
Image Credit: Umma.id

Ternyata ada pula jajanan khas Singapura yang sudah terkenal di berbagai negara, yaitu Kaya Toast. Jajanan ini berisi olesan srikaya dan mentega dingin. Biasanya juga ditambah dengan selai tradisional yang terdiri dari kelapa dan telur.

BACA:  10 Wisata Pantai di Singapura yang Paling Hits

Padukan dengan kopi atau teh panas agar Kaya Toast semakin nikmat saat disantap. Tak lupa tambahkan telur rebus dengan lada putih dan kecap sebagai teman pendamping roti kaya ini.

8. Bak Kut Teh

Bak Kut Teh
Image Credit: Thehoneycombers.com

Bak Kut Teh ialah makanan yang berasal dari daging babi bagian iga yang telah dimasak pada api kecil. Cara masak makanan ini ialah dengan menambahkan kaldu dan rempah seperti kayu manis, cengkeh, biji adas, adas manis, serta ketumbar.

Hidangan ini disajikan bersama kembang tahu dan sayur asin atau menjadi teman untuk menyantap mie atau nasi. Bak Kut Teh yang terkenal nikmat ini ternyata juga menyehatkan karena mengandung banyak rempah alami.

9. Rojak Singapura

Rojak Singapura
Image Credit: Danielfooddiary.com

Sama halnya dengan Indonesia, Singapura juga memiliki rojak yang punya cita rasa khas. Rojak khas ini berisi lobak, nanas, timun, tauge, mangga muda, kangkung, jambu air belum masak, adonan goreng dan tahu yang dipanggang.

Tak lupa campuran sayur dan buah tersebut disiram saus berwarna hitam hasil dari fermentasi terasi dengan tambahan gula, sambal, dan jeruk nipis. Terakhir, rojak ini ditaburi bunga jahe yang wangi dan kacang yang dicincang.

10. Bubur Kodok

Bubur Kodok
Image Credit: Brilio.net

Bosan menyantap makanan yang itu-itu saja dan mainstream? Jika Anda sedang berkunjung ke Singapura, cobalah untuk menyantap Bubur Kodok. Bubur ini biasanya lebih cocok jika disantap saat makan malam.

Bubur ini lebih dulu dicampur Chinese cooking wine sebelum dimasak. Kemudian, kaki kodok direbus terlebih dahulu dengan minyak wijen dan bumbu kari. Setelah itu, kaki kodok digoreng lalu dihidangkan bersamaan dengan bubur dalam mangkuk hot pot.

11. Popia

Popia
Image Credit: Reddoorz.com

Jika Indonesia punya lumpia khas Semarang, maka Singapura juga punya Popia sebagai lumpia khasnya. Lain halnya dengan lumpia Indonesia yang berisi rebung atau ayam, Popia memiliki isi berupa irisan daging dan sayur buncis.

Popia ini sangat terkenal di negeri Singa dan termasu k jajanan yang populer di kalangan wisatawan asing. Biasanya hidangan ini disantap saat santai atau sebagai cemilan dikala menikmati sore.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Singapura yang Paling Terkenal

12. Fish Soup

Fish Soup
Image Credit: Eatbook.sg

Sup ikan ini merupakan makanan terkenal Singapura yang berasal dari cita rasa khas suku Teochew. Fish Soup biasanya menggunakan ikan anchovy atau bilis dan disajikan bersama udang dan sayuran. Sebagai tambahan, sup ikan ini biasanya juga ditemani dengan bihun.

Di beberapa tempat, sup ikan dihidangkan dengan tambahan susu pada air kaldunya sehingga berwarna putih. Hidangan ini bisa ditemukan dengan gampang di seluruh sudut negara Singapura.

13. Fried Carrot Cake

Fried Carrot Cake
Image Credit: Womensweekly.com.sg

Santapan lezat ini biasanya disebut Chai Tow Kway dan merupakan makanan khas negara Singapura. Hidangan ini merupakan potongan lobak putih dan tepung beras yang sudah dikukus kemudian digoreng bersama daun bawang serta telur, mirip dengan cara memasak omelet.

Meski namanya “carrot”, hidangan ini tidak berisi satu pun wortel. Carrot Cake ini juga dibagi menjadi dua jenis, yaitu versi black dan white. Untuk Black Fried Carrot Cake menggunakan kecap manis, sedangkan versi white-nya tidak.

14. Yong Tau Foo

Yong Tau Foo
Image Credit: Thehoneycombers.com

Kuliner ini sebenarnya berasal dari Hakka, tetapi sangat mudah dijumpai di negara ini. Lebih jelasnya, makanan ini merupakan tahu yang berisi adonan babi atau ikan yang sudah dihaluskan.

Makanan ini biasa disantap dengan jamur dan sayuran yang disiram kuah kaldu gurih. Hidangan khas ini juga bisa digoreng seperti pangsit atau cakue. Jika dimakan kering, maka Yong Tau Fu cocok dipadu dengan kecap asin.

15. Kepiting Saus Singapura

Kepiting Saus Singapura
Image Credit: Bukalapak.com

Santapan lezat kali ini menjadi salah satu makanan yang sering diburu para wisatawan asing. Makanan ini wajib Anda coba karena memiliki daging kepiting yang sangat lunak dan bumbu khasnya begitu meresap.

Meski harganya cukup mahal dan termasuk hidangan yang mewah, Kepiting Saus Singapura tetap menjadi pilihan kuliner yang wajib dicicipi. Rasanya yang gurih dengan resep saus Singapura yang khas akan membuat Anda ketagihan.

Itulah 15 makanan khas Singapura yang enak dan wajib Anda coba saat berkunjung dan berlibur di negara tersebut. Selain terkenal dengan wisata belanjanya, ternyata Singapura juga kaya akan kuliner yang sangat lezat.