Tidak hanya terkenal dengan destinasi wisatanya, Thailand juga populer dengan makanan khas yang lezat yang patut Anda coba saat berkunjung.

Wisata kuliner khas Thailand sudah tidak dapat diragukan lagi kelezatannya. Hal ini menjadikan paket pelengkap pariwisata yang menjadi daya pikat Negeri Gajah Putih ini. Tak heran, wisatawan dari berbagai penjuru dunia jatuh hati pada negara ini.

Aneka makanan dan minuman khas Thailand diolah oleh penduduk lokal yang mempertahankan cita rasa khas Thailand. Kuliner khas Thailand seringkali diidentikan dengan rasa rempah dan aneka bumbu yang kuat pada setiap masakannya.

Secara garis besar, terdapat empat kategori utama masakan Thailand berdasar pada asal daerahnya. Pembagian tersebut yaitu Thailand Utara, Thailand Timur Laut, Thailand Tengah, dan Thailand Selatan. Berikut ulasan 15 makanan khas Thailand yang sayang sekali untuk dilewatkan ketika berlibur.

1. Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice
Image Credit: Asianinspirations.com.au

Bagi sebagian warga Indonesia, mungkin makanan ini sudah tidak asing lagi. Sebab, kita seringkali mendapati menu ini di penjual kudapan di Indonesia. Namun, tentu cita rasa dari makanan ini hanya bisa dirasakan langsung dari sumber asalnya. Mangga di Thailand cenderung lebih manis dan berisi, disampingkan dengan ketan dan santan yang lezat.

Tidak hanya disajikan dengan sekepal ketan dan potongan mangga di atas piring, beberapa stand penjual makanan ini juga menambahkan es krim dan pudding mangga. Tentu penambahan ini semakin menambah kelezatan makanan khas Thailand ini

2. Khao Soi

Khao Soi
Image Credit: Pinterest.com @jbrooks124

Makanan yang berasal dari Thailand Utara ini mungkin masih asing dan jarang ditemui di Indonesia maupun daerah Asia Tenggara lainnya. Khao Soi merupakan salah satu menu yang terkenal di negara Gajah Putih.

Khao Soi adalah olahan mie kuning yang disajikan dengan kuah kari santan yang sedap. Anda bisa memilih varian daging yaitu ayam, babi, atau sapi. Bagi Anda pecinta pedas, Anda juga bisa memberikan tambahan cabe dan bawang merah segar.

BACA:  20 Tempat Wisata Menarik di Thailand yang Paling Populer

3. Tom Yum

Tom Yum
Image Credit: Aromasian.com

Tentu nama makanan ini sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Kita seringkali menemukan makanan ini di daftar menu beberapa restauran. Perlu diketahui bahwa Tom Yam sudah hadir sejak lama sebagai makanan tradisional Thailand.

Ada dua pilihan kuah Tom Yam, yaitu kuah bening dan kuah santan. Ada tiga macam Tom Yum berdasarkan isinya yaitu Tom Yum Goong isi udang, Tom Yum Po Taek aneka seafood, Tom Yum Pla dengan isian ikan.

4. Pad Thai

Pad Thai
Image Credit: Foodfuntravel.com

Kali ini adalah satu-satunya kuliner khas Thailand yang terdapat kata “Thai” di namanya. Makanan ini adalah ikon kudapan khas negeri Gajah Putih. Anda bisa dengan mudah menemui makanan ini di night market Thailand dengan harga yang relatif murah.

Pad Thai ada mie yang terbuat dari beras, disajikan dengan daging sapi atau seafood yang ditumis dengan taoge dan telur. Secara sekilas, penampakan makanan ini mirip dengan kwetiau. Siraman Pad Thai adalah kuah olahan gula aren dan kuah asam, dilengkapi dengan taburan kacang dan daun bawang di atasnya.

5. Gai Yang

Gai Yang
Image Credit: Learntobbq.com

Bagi Anda pecinta ayam bakar, pasti akan tergila-gila dengan makanan yang satu ini. Gai Yang adalah olahan ayam panggang khas Thailand yang seringkali disajikan secara utuh. Jika Anda berlibur bersama keluarga atau rombongan, sajian ini tepat untuk disantap bersama.

Bumbu khusus yang digunakan sebagai baluran ayamnya tak pernah gagal menggugah selera makan para wisatawan. Setelah dibakar secara utuh, ayam akan disajikan dalam potongan yang lebih kecil untuk disantap dengan ketan atau nasi. Anda akan mudah menemui masakan ini di Chiang Mai.

6. Som Tum

Som Tum
Image Credit: Brasswok.com

Bosan dengan makanan berat dan ingin kuliner yang lebih sehat? Som Tum jawabannya. Som Tum adalah hidangan sehat yang menyajikan sayur-sayuran dengan pepaya sebagai menu utamanya.

Masakan ini serupa dengan salad sayur yang berisi serutan pepaya dengan bumbu cabai, tomat, dan bawang putih. Rasa unik dari Som Tum yang pedas, asa, dan manis tidak akan mengecewakan lidah Anda.

BACA:  10 Wisata Pantai di Thailand yang Paling Hits

7. Tod Man Pla

Tod Man Pla
Image Credit: Wisatathailand.id

Salah satu menu favorit street food Thailand adalah Tod Man Pla. Makanan ini merupakan hidangan berbahan dasar daging ikan dan ayam. Daging ikan yang digunakan adalah daging berwarna putih.

Kudapan ini biasanya disantap dengan bumbu kari khas Thailand. Warna merah dari bumbu kari yang dipadukan dengan rasa pedas semakin lengkap dengan kacang panjang dan acar mentimun.

8. Khao Phad

Khao Phad
Image Credit: Thailandstyle.info

Pecinta nasi goreng wajib mencoba kuliner khas Thailand yang satu ini. Menu ini cocok bagi Anda yang kurang menyukai makanan pedas yang kurang bisa menikmati kuliner Thailand yang mayoritas pedas.

Khao Pad ditambahkan dengan berbagai protein seperti potongan daging babi, ayam, udang, maupun kepiting. Bagi Anda yang muslim, lebih baik Anda memastikan campuran dagingnya sehingga terjaga kehalalannya.

9. Khao Tom

Khao Tom
Image Credit: Theroamingcook.com

Berbeda dengan Khao Pad, Khao Tom adalah bubur nasi yang disajikan dengan olahan daging atau hasil laut seperti udang dan ikan. Khao Tom Goong adalah bubur dengan campuran udang, Khao Tom Pla campuran ikan, sedangkan Khao Tom Moo adalah bubur nasi campuran daging babi.

Khao Tom dimasak dengan berbagai rempah-rempah yang berkhasiat untuk menghangatkan tubuh. Biasanya, penduduk lokal mengonsumsi Khao Tom untuk sarapan pagi.

10. Kanom Krok

Kanom Krok
Image Credit: Jenuinecuisine.com

Makanan ringan ini merupakan makanan khas Thailand yang sangat sayang untuk dilewatkan. Bentuknya mirip Takoyaki, namun terbuat dari tepung beras dan kelapa. Selain rasa original, Kanom Krok juga seringkali disajikan dengan variasi toping seperti daun bawang.

Bahan pembuatan makanan ini terdiri dari santan, tepung, gula aren, dan garam. Rasanya gurih, cocok disantap saat panas.

11. Kaeng Khiao Wan

Kaeng Khiao Wan
Image Credit: Theaureview.com

Sajian yang kali ini terkenal dengan kari hijau khas Thailand. Perpaduan rasa pedas manisnya menjadikan hidangan ini menjadi menu favorit penduduk lokal. Meskipun cenderung manis, namun pengunjung bisa juga disajikan dengan rasa yang lebih pedas.

Pilihan protein dari masakan ini antara lain ikan, daging sapi, atau daging babi. Tak jarang pula, Kaeng Khiao Wan disajikan dengan terong. Kuah kari yang menggugah selera ini dibuat dari santan kelapa, bumbu kari kas Thailand, kecap ikan, gula, takokak, dan sayur-sayuran.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Thailand yang Paling Terkenal

12. Moo Ping

Moo Ping
Image Credit: Eatingthaifood.com

Ingin menikmati sate dengan cita rasa Thailand? Anda wajib mencicipi kelezatan Moo Ping asli Thailand. Umumnya, kuliner yang satu ini menggunakan daging babi. Terdapat saus khusus yang disajikan sebagai pelengkap untuk menikmati sate ini dengan nasi.

Untuk menghadirkan cita rasa yang ciamik, daging babi terlebih dahulu ditusuk-tusuk kemudian direndam dengan saus yang terbuat dari ikan dan daun ketumbar. Setelah itu, sate dibakar dengan bubuhan santan kemudian disajikan dengan saus jaew yang juara.

13. Kanom Jeen

Kanom Jeen
Image Credit: Asianinspirations.com.au

Jangan khawatir bagi pecinta mie yang berpelesir ke Thailand. Mie yang satu ini merupakan mie yang terbuat dari hasil fermentasi nasi. Disajikan dengan kuah kari atau gang yang penuh cita rasa, mie ini wajib untuk dicoba.

Masyarakat lokal umumnya menyantap Kanom Jeen sebagai makan malam atau sarapan. Terdapat bahan tambahan seperti acar, cabai, dan sayuran yang menjadikan hidangan ini semakin sempurna. Untuk kuah kari, Anda disajikan dengan dua pilihan, yaitu varian ikan dan ayam.

14. Tom Kha Kai

Tom Kha Kai
Image Credit: Freepik.com

Digadang-gadang memiliki kemiripan dengan Tom Yum, Tom Kha kai memiliki cita rasa yang lebih pedas. Penyajiannya pun berbeda, dengan kuah santan berwarna putih yang gurih.

Bahan utama masakan ini adalah daging ayam suwir. Untuk melengkapi cita rasa pedas dari masakan ini, masyarakat Thailand menambahkan daun jeruk sebagai efek aromatik.

15. Khanom Chin Nam Ya

Khanom Chin Nam Ya
Image Credit: Fooddiversity.com

Kuliner yang memiliki nama panjang ini mungkin masih kurang populer di telinga turis mancanegara. Namun, perlu diketahui bahwa menu ini selalu dicari oleh pecinta makanan khas Thailand.

Menu ini adalah mie putih dengan kuah kaldu kari berbahan dasar ikan yang pedas. Pengunjung bisa mendapatkan menu ini di tengah Bangkok dengan harga murah.

Nah, itulah rekomendasi makanan khas Negeri Gajah Putih Thailand yang sayang sekali Anda lewatkan. Pastikan Anda memilih menu yang sesuai dengan selera Anda. Perpaduan yang pas antara manis, asin, asam, dan pedas siap untuk memanjakan lidah Anda.