Berbicara mengenai makanan, Timor Leste merupakan salah satu Negara yang memiliki kuliner yang sangat khas. Perpaduan antara Asia Tenggara, Arab, hingga Eropa mampu membuat cita rasa kuliner yang satu ini semakin unik. Tak hanya itu saja, para pelancong kerap dibuat penasaran dengan aneka kuliner khas Negara ini.

Dulunya, Timor Leste sempat menjadi bagian dari Indonesia yang bernama Timor Timur. Oleh karena itu, ada beberapa makanan khas yang hampir mirip dengan makanan Indonesia. Selain beras, warga Timor Leste kerap membudidayakan makanan pokok lainnya seperti ubi jalar, talas, ubi kayu dan jagung.

Nah, bagi Anda yang sedang melancong ke Negara ini, tak ada salahnya mencicipi makanan khasnya. Selain lezat, makanan tersebut memiliki 2 jenis vegetarian dan non vegetarian. Bagaimana sudah penasaran, berikut rekomendasi makanan khas Timor Leste yang wajib Anda coba.

1. Koto

Koto
Image Credit: Unitednationsoffood.com

Koto merupakan sejenis makanan tradisional yang hampir mirip dengan makanan sop brenebon yang berasal dari Manado. Pembuatan Koto sendiri sangat mudah dan murah, bahkan hampir seluruh masyarakat Timor Leste bisa memasak hidangan yang satu ini. Selain itu, kandungan dari makanan ini memiliki gizi yang cukup tinggi dan cocok disantap saat makan siang.

Bahan pembuatan Koto terdiri dari kacang merah, kentang, wortel, kol, dan olahan daging. Semakin lama disimpan, kuah Koto akan terasa kental dan menjadi lebih enak. Koto telah tersedia di berbagai warung atau restoran, dan telah menjadi menu wajib di setiap harinya. Untuk menikmati makanan ini, Anda hanya perlu membayar 10 ribu saja.

2. Caldeirada

Caldeirada
Image Credit: Delicious.com

Makanan khas yang sering dihidangkan di acara-acara besar yaitu Caldeirada. Makanan ini sering ditemukan di pesta pernikahan, acara ulang tahun, dan pesta-pesta lainnya. Makanan tradisional ini terbuat dari daging kambing atau daging sapi. Stew daging tersebut dibumbui dengan garam, cuka, bir, merica, tomat, dan cabe merah besar.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Timor Leste yang Paling Populer

Biasanya Caldeirada dijadikan menggunakan wortel dan kentang. Bagi yang tidak menyukai daging, Caldeirada juga tersedia dengan olahan seafood atau ikan putih. Masyarakat Timor Leste biasanya menyantap makanan ini bersama roti yang digunakan sebagai pengganti nasi.

3. Carna Assada

Carna Assada
Image Credit: Bumburesto.home.blog

Makanan khas selanjutnya adalah Carna Assada, salah satu makanan tradisional yang menjadi favorit para wisatawan. Carna Assada merupakan olahan daging kerbau yang dimasak dengan cara dipanggang hingga matang. Setelah itu, daging kerbau yang sudah matang akan disajikan dengan kuah kental asam manis.

Uniknya lagi, makanan ini diolah bersama gula merah dan air asam. Sehingga cita rasa yang dihasilkan mampu membuat para penikmatnya ketagihan. Agar lebih enak, jangan lupa tambahkan saus yang terbuat dari cabe, belimbing sayur, dan garam.

Tak hanya itu saja, Carna Assada memiliki kandungan gizi dan lemak yang tinggi. Sehingga makanan ini tergolong menyehatkan. Menariknya lagi, makanan ini bisa dinikmati dengan harga terjangkau dan sangat cocok dimakan ramai-ramai bersama keluarga atau teman-teman.

4. Roti Pa’un

Roti Pa'un
Image Credit: Kulinerhunter.com

Roti Pa’un merupakan makanan yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Timor Leste. Makanan yang satu ini bisa Anda temukan dengan mudah di jalanan atau toko-toko tertentu. Selain itu, roti memiliki 2 cita rasa yakni tawar dan asin. Roti yang terbuat dari gandum ini memiliki tekstur permukaan yang tidak rata dan keras.

Orang-orang biasnya menjadikan roti ini sebagai teman minum kopi. Bagi Anda yang ingin menambahkan sedikit rasa bisa menambahkan mentega atau selai nanas dan menaburkan sedikit gula di atas permukaan roti. Harganya pun cukup murah, hanya dengan 2500 Rupiah saja Anda sudah bisa menikmati roti ini.

5. Ikan Saboko

Ikan Saboko
Image Credit: Flickr.com

Ikan Saboko, sajian makanan yang terdiri dari ikan tuna yang dipanggang bersama daun lontar. Namun, ada juga sajian makanan ini yang dimasak tanpa menggunakan daun lontar. Sebelum dimasak, ikan tuna akan dibumbui menggunakan cabai, merica, bawang dan daun asam muda.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Timor Leste yang Paling Populer

Setelah dilumuri, ikan tuna akan dibalut menggunakan daun lontar dan dibakar hingga matang. Biasanya Ikan saboko disajikan bersama nasi dan sayur-sayuran. Makanan ini sangat cocok disantap saat malam hari.

6. Tapai

Tapai
Image Credit: Kulinerhunter.com

Tapai merupakan sejenis makanan khas Timor Leste yang terbuat dari nasi yang dililit. Makanan ini menjadi favorit masyarakat Timor Leste karena rasanya yang enak dan gurih. Tapai merupakan hasil dari fermentasi sehingga tekstur yang dihasilkan sangatlah lengket. Meski begitu, makanan ini telah dianggap sebagai kelezatan yang tak tergantikan.

Bahkan, ada juga beberapa varian tapai yang bisa Anda temukan di Asia tenggara. Tapai sendiri dibuat menggunakan ragi, air, dan nasi yang biasanya dimasak dengan cara dikukus di dalam air. Setelah itu, campuran nasi akan dimasukkan ke dalam toples tanah liat kurang lebih 2 sampai 4 hari.

7. Batar Daan

Batar Daan
Image Credit: Thehungarybuddha.com

Makanan khas Timor Leste selanjutnya adalah Batar Daan, salah satu kuliner yang cukup populer di Negara ini. Batar Daan sendiri memiliki arti jagung rebus. Batar Daan terbuat dari kacang hijau, labu, jagung, minyak zaitun dan bawang. Orang-orang kerap menjadikan makanan ini sebagai makanan utama dan sangat cocok dikonsumsi saat siang hari.

Terkadang makanan ini diolah bersama daging sapi dan dijadikan bubur. Makanan sehat ini mengandung nutrisi yang sangat tinggi, sehingga siapapun boleh mengonsumsinya. Terlebih lagi, hampir di setiap sudut kota telah menyajikan makanan yang satu ini. Oleh karena itu, Anda tidak akan kesusahan ketika mencari makanan ini.

Tidak hanya warga Timor Leste saja, para wisatawan juga dibuat penasaran dengan cita rasa yang dihasilkan dari Batar Daan. Tak heran jika makanan ini sering diburu para wisatawan lokal maupun interlokal. Menariknya lagi, Anda dapat menikmati makanan ini dengan harga terjangkau.

8. Pastel de Nata

Pastel de Nata
Image Credit: Wikipedia.org

Ada lagi salah satu kuliner khas Timor Leste yaitu Pastel de Nata atau yang biasa dikenal dengan telur tart Portugis. Makanan ringan ini biasanya menjadi hidangan penutup favorit bagi masyarakat Timor Leste. Selain itu, orang-orang kerap menjadikan makanan ini sebagai teman minum kopi.

BACA:  10 Tempat Wisata Menarik di Timor Leste yang Paling Populer

Agar lebih enak, telur tart Portugis ini diberi topping berupa taburan kayu manis. Makanan ini tidak hanya terkenal di Timor Leste saja, namun ada beberapa Negara seperti Eropa Barat dan Asia. Dan Anda juga bisa menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh, karena bisa dibilang makanan ini bisa bertahan lama.

9. Ikan Bakar dan Ketupat

Ikan Bakar dan Ketupat
Image Credit: Flickr.com

Selanjutnya ada Ikan Bakar dan Ketupat, salah satu kuliner yang paling sering dijumpai di pinggir-pinggir jalan. Selain ikan bakar, ada juga olahan menu lain yang disajikan seperti ayam, udang, dan cumi. Harganya yang terjangkau sangat cocok untuk bagi Anda yang sedang melancong ke Negara ini.

Ketupatnya sendiri tidak kalah gurih, karena dibumbui dengan sedikit kunyit yang membuat makanan ini terasa jauh lebih lezat. Agar lebih enak, Anda juga bisa menambahkan sambal. Untuk menemukan kuliner ini sangat mudah, dan biasanya berdampingan dengan penjual-penjual lainnya.

10. Tukir

Tukir
Image Credit: Livrodascontradisoens.blogspot.com

Terakhir, makanan khas yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu Tukir. Tukir merupakan sejenis makanan yang terbuat dari olahan daging kambing. Daging kambing dimasak dengan cara di panggang dipermukaan bara api. Selain itu, makanan ini sangat cocok disantap beramai-ramai bersama keluarga atau teman-teman.

Terlebih lagi, kuliner ini mudah dijumpai di sudut-sudut kota. Sambil menikmati Tukir, rasanya tidak lengkap jika belum mencoba minuman khas Timor Leste yaitu bir dan cerveja. Minuman beralkohol rendah ini hampir mirip dengan minuman legend yang berada di tuban. Dan orang-orang kerap menjadikan minuman ini sebagai pelengkap saat menikmati hidangan tukir.

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Timor Leste yang lezat dan wajib Anda coba. Sungguh tidak lengkap bukan, jika Anda berlibur ke Negara ini tanpa mencicipi makanan khasnya. Untuk harga makanan sendiri tidak begitu jauh dengan Indonesia, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika harus mengeluarkan uang berlebih untuk menikmati hidangan tersebut.