Liburan ke Vietnam tentunya semakin lengkap jika Anda mencicipi kuliner khasnya. Inilah rekomendasi makanan khas Vietnam yang terkenal lezat dan mudah ditemukan.

Vietnam merupakan salah satu Negara yang paling sering dikunjungi para pelancong di asia tenggara. Selain dari segi wisata, Vietnam terkenal dengan wisata kuliner yang sangat unik Kelezatan kuliner khas Vietnam telah menjadi daya tarik wisatawan untuk mengeksplor berbagai kuliner di Negara ini.

Menyajikan makanan dengan olahan bumbu yang khas, menjadikan kuliner Negara tersebut memiliki cita rasa yang unik. Maka dari itu, tak heran jika para pecinta kuliner berbondong-bondong untuk mengunjungi tempat yang satu ini.

Selain itu, berlibur ke Vietnam rasanya belum lengkap jika belum mencoba aneka kuliner khas Negara ini. Nah, bagi Anda yang masih bingung apa saja aneka kuliner yang tidak boleh Anda lewatkan. Yuk simak 10 makanan khas Vietnam yang wajib Anda coba.

1. Banh Xeo (Pancake Asal Vietnam)

Banh Xeo
Image Credit: Lasinfoniadelreyhotel.com

Makanan Banh Xeo hampir mirip seperti pancake, hanya saja makanan ini dikemas dengan olahan bumbu khas Vietnam. Banh Xeo terbuat dari bahan tepung beras, kunyit, santan serta dimasak bersama daging dan udang. Selain itu, di atasnya terdapat topping berupa daun herbal dan selada yang membuat makanan ini terasa renyah dan gurih.

Makanan ini cukup populer di Negara ini dan orang-orang biasanya menyebut makanan ini sebagai pancake Vietnam. Tak hanya itu, ternyata makanan yang satu ini termasuk makanan tradisional khas Vietnam.

2. PHO (Vietnamese Noodle Soup)

Vietnamese Beef Noodle Soup
Image Credit: Mccormick.com

Selanjutnya ada makanan yang cukup populer di Vietnam yaitu pho. Makanan ini terbuat dari bahan mie beras, dan biasanya disajikan dengan potongan daging di dalamnya. Anda dapat memilih topping pilihan daging yang Anda inginkan. Daging yang digunakan biasanya berupa daging sapi atau ayam dan terkadang juga ditambahkan daging pork.

BACA:  15 Tempat Wisata Menarik di Vietnam yang Paling Populer

Selain itu, ada juga tambahan daun jeruk dan toge yang membuat cita rasa makanan ini semakin gurih. Makanan ini dapat Anda jumpai dengan mudah, bahkan daerah-daerah terpencil pun menyediakan makanan ini. Untuk soal harga tidak perlu khawatir, karena harga yang ditawarkan sangat ramah di kantong.

3. Com Tam (Broken Rice)

Com Tam (Broken Rice)
Image Credit: Yummyvietnam.net

Com Tam atau yang biasa dikenal dengan broken rice merupakan salah satu makanan tradisional khas Vietnam. Makanan ini terbuat dari beras yang tidak utuh atau patah. Namun jangan salah, justru itulah yang membuat broken rice ini mempunyai tekstur yang padat dan pulen.

Agar lebih nikmat, biasanya makanan ini disajikan dengan potongan daging, telur mata sapi dan beberapa sayuran. Makanan ini sangat cocok untuk mengisi energi ketika melakukan perjalanan mengelilingi Negara ini dan pastinya akan membuat makan siangmu lebih berkesan.

4. Banh Cuon (Camilan Khas Vietnam)

Banh Cuon (Camilan Khas Vietnam)
Image Credit: Aromasian.com

Selanjutnya ada makanan yang bahan utamanya terbuat dari tepung beras yaitu Banh Cuon. Selain itu, makanan ini dikukus dengan tipis dan lembut bersama irisan daging, mentimun, selada, dan sayuran lainnya. Dan tak lupa dengan tambahan bawang goreng di atasnya yang membuat cita rasa Banh Cuon semakin gurih.

Banh Cuon biasanya disajikan dengan keadaan masih hangat dan biasanya makanan ini disajikan dengan gorengan kacang hijau dan tempura udang. Agar cita rasanya semakin gurih, Anda dapat mencicipi makanan ini bersama saus ikan. Dengan begitu, cita rasa makanan ini akan semakin memanjakan lidahmu.

5. Goi Cuon (Lumpia Khas Vietnam)

Goi Cuon (Lumpia Khas Vietnam)
Image Credit: Hungryhuy.com

Sekilas makanan ini terlihat mirip seperti makanan Indonesia yaitu lumpia. Hanya saja yang membedakan makanan ini dengan cara tidak digoreng melainkan dengan dikukus. Gulungan kulit lumpia tersebut berisikan udang, irisan daging dan aneka sayuran. Selain itu, makanan ini biasanya disajikan menggunakan bumbu kacang.

Goi Cuon termasuk makanan tradisional yang paling nikmat. Selain enak, makanan ini memiliki rasa yang unik dan menyegarkan. Dan yang lebih penting, makanan ini sangat sehat dan cukup terjangkau. Jadi tidak perlu ragu lagi untuk mencoba kuliner yang satu ini.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Vietnam yang Paling Terkenal

6. Banh Mi (Lumpia Asal Vietnam)

Banh Mi (Lumpia Asal Vietnam)
Image Credit: Sunnysidecircus.com

Makanan khas Vietnam selanjutnya ada Banh Mi, hampir mirip seperti sandwich dengan ukuran yang lebih besar. Sandwich khas Vietnam ini terbuat dari rotiĀ  baguettes yang dipadukan dengan isian lobak, wortel, acar, baso ikan, dan olahan daging. Selain itu terdapat beberapa irisan cabe yang membuat makanan ini terasa lezat.

Namun bagi Anda yang tidak menyukai makanan pedas, Anda dapat merequest kepada penjual agar tidak menambahkan irisan cabe di dalamnya. Untuk kualitas rasa tidak perlu diragukan lagi, karena dijamin makanan ini akan membuat lidahmu bergoyang-goyang dan tak henti-hentinya menyantap makanan yang satu ini.

7. Banh Cam (Onde-onde khas Vietnam)

Banh Cam (Onde-onde khas Vietnam)
Image Credit: Yummyvietnam.net

Banh Cam merupakan salah satu makanan yang cukup unik di Vietnam karena bisa dibilang makanan ini memiliki tampilan yang sangat mirip dengan onde-onde. Bahkan rasanya pun hampir sama dengan onde-onde.

Banh Cam terbuat dari olahan ketan yang dibentuk menyerupai bola. Dan tak lupa dengan lapisan wijen serta pasta kacang hijau yang dimasukkan di dalamnya. Rasanya sangat renyah, dan di bagian dalamnya terdapat tekstur rasa yang manis. Menariknya, makanan ini menjadi camian favorit bagi para pelancong.

Apalagi jika dinikmati bersama kopi dan disantap ketika sore hari tentu akan menjadikan suasana harimu lebih menyenangkan. Selain itu, untuk menemukan makanan ini tidaklah sulit karena Anda akan menemukan makanan ini di setiap kota-kota yang ada di Vietnam.

8. Ca Phe (Vietnamese Coffe)

Ca Phe (Vietnamese Coffe)
Image Credit: Theculturetrip.com

Tak hanya makanan saja, Vietnam juga menjadi salah satu Negara yang terkenal dengan kopinya. Minuman tradisional ini terkenal dengan kelezatan aroma biji kopi yang sangat khas. Namun yang membedakan kopi Vietnam dengan kopi yang lain yaitu cara pembuatannya. Jika umumnya kopi hanya diseduh bersama bubuk kopi saja, kopi Vietnam sangatlah berbeda.

Karena bahan Ca Phe sendiri terbuat dari kopi berbusa dengan tambahan sebutir telur mentah dan susu kental manis. Oleh karena itu, cita rasa kopi Vietnam tidak akan ditemukan di sajian-sajian kopi lainnya. Bagi Anda pecinta kopi, tak ada salahnya mencoba kopi khas Vietnam yang satu ini. Rasa unik yang disajikan akan membuat Anda selalu teringat dengan Negara ini.

BACA:  10 Wisata Pantai di Vietnam yang Paling Hits

9. Ca Kho To (Seafood Vietnam)

Ca Kho To (Seafood Vietnam)
Image Credit: Vietnamparadisetravel.com

Makanan khas Vietnam selanjutnya yaitu Ca Kho To atau yang biasa dikenal dengan seafood Vietnam. Bagi Anda pecinta seafood, maka Anda harus mencoba makanan yang satu ini. Menariknya makanan ini disajikan menggunakan clay pot sehingga membuat makanan ini terlihat begitu unik. Selain itu, bahan utama dari makanan ini biasanya berupa daging atau ikan.

Dengan proses memasak yang tradisional membuat bumbu makanan ini cepat menyerap ke dalam daging dan ikan. Cita rasa yang disajikan sangat gurih dan manis. Dan tentunya kuliner ini akan memberikan sensasi yang berbeda bagi pecinta seafood.

10. Chao (Bubur Vietnam)

Chao (Bubur Vietnam)
Image Credit: Chaovietstreetfood.com

Makanan khas Vietnam yang terakhir yaitu Chao atau lebih dikenal dengan bubur Vietnam. Yang membedakan makanan ini dengan bubur pada umumnya yaitu cara penyajiannya. Makanan ini disajikan dengan roti goring yang gurih, irisan daging dan potongan jeroan. Agar menambah cita rasa yang gurih, biasanya bubur ini akan ditambahkan taburan daun bawang dan tauge.

Anda juga dapat menambahkan saus ikan dan bubuk lada hitam jika ingin menambahkannya. Cara memasaknya hampir sama yaitu direbus menggunakan kaldu ayam atau tulang ayam. Selain daging ayam, bubur ini juga menyediakan olahan daging lainnya seperti ikan, bebek dan belut.

Bubur dengan tekstur lembut dan lezat ini sangat cocok digunakan untuk sarapan. Ketika Anda sedang berkunjung ke Vietnam tak ada salahnya mengawali harimu dengan bubur khas Vietnam. Menariknya lagi, Chao telah tersedia di berbagai restoran di Vietnam. Sehingga akan sangat mudah dijumpai jika Anda ingin mencicipi makanan yang satu ini.

Nah, itulah daftar makanan khas Vietnam yang lezat dan wajib Anda coba ketika mengunjungi Negara tersebut. Mulai dari makanan berat, makanan ringan hingga camilan pun tersedia. Kuliner Vietnam umumnya lebih cenderung menyajikan olahan daging. Namun jika Anda ingin menyantap menu halal, Anda jangan ragu untuk bertanya ke penjual.