Selain objek wisatanya terkenal, oleh-oleh khas dari Ambon juga tidak kalah menarik untuk diburu. Terdapat beberapa olahan makanan, suvenir dan kerajinan khas yang hanya ditemukan di Ambon Manise.

Kota yang dijuluki dengan sebutan Ambon Manise ini menawarkan berbagai panorama yang sangat indah. Bukan hanya tempat wisatanya saja yang menawan, namun berbagai makanan dan suvenir khas Ambon ini juga tak kalah menarik. Begitu uniknya, tak jarang wisatawan yang berkunjung menjadikannya sebagai buah tangan untuk dibawa pulang.

Jika anda ingin tahu apa saja oleh-oleh khas Ambon yang paling diburu wisatawan saat liburan, simak ulasan berikut.

1. Ikan Asar

Ikan Asar
Image Credit: Google Maps (Syahmin Sukhairi)

Sudah tidak heran lagi jika Ambon terkenal dengan kekayaan hasil lautnya. Pasalnya, daerah ini dikelilingi oleh pantai yang indah dengan biota laut yang beragam. Hal tersebut membuat penduduk sekitar memanfaatkannya untuk dijadikan sumber kehidupan. Olahan ikan yang terkenal di Ambon adalah Ikan Asar. Makanan ini termasuk kuliner khas dari Ambon yang tidak kalah hitsnya dengan makanan lainnya.

Ikan Asar ini adalah kuliner khas yang diolah dengan cara diasapi. Sebelumnya, ikan dibumbui terlebih dahulu agar menambah rasa dan tahan lama. Sehingga tak heran makanan ini banyak dibeli oleh wisatawan. Untuk mendapatkannya pun tidak perlu khawatir, karena anda bisa membelinya di Jembatan Merah Putih. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, hanya berkisar antara 50 ribu hingga seratus ribu rupiah saja.

2. Ampas Terigu

Ampas Terigu
Image Credit: Shopee.co.id

Selain kekayaan dari rempahnya, Ambon juga memiliki aneka ragam makanan khas serta kue tradisional dengan nama yang unik. Sesuai dengan namanya, Ampas Terigu dibuat dari tepung terigu. Makanan ini masih tergolong dalam jenis roti, namun pembuatannya cukup berbeda karena ada tambahan gula aren dan kelapa parut. Bahan inilah yang membuat cita rasa khas dan aromanya lebih menggoda.

Camilan enak ini termasuk makanan khas Ambon yang paling digemari para pencinta roti. Biasanya Ampas Terigu dijadikan camilan ketika sarapan atau saat minum teh di sore hari. Untuk bisa menikmati rasa kudapan ini, anda bisa menjumpainya dengan mudah di kios roti Ambon atau pusat oleh-oleh. Harga yang dibanderol pun sangat terjangkau hanya sekitar dua ribu rupiah saja perpotongnya.

BACA:  15 Tempat Wisata di Ambon Terbaru & Paling Hits

Ada cara unik yang disarankan untuk menyantap jajanan khas ini. Cara pertama yaitu dicelupkan ke dalam minuman seperti teh atau kopi. Selain itu, jika anda ingin menikmati aroma khas dari kelapa parut dan gula arennya, memakannya langsung akan membuat rasa kedua bahan tersebut lebih dominan. Ada juga cara menikmatinya dengan mengolesi mentega atau selai rasa buah – buahan yang akan menambah kelezatannya.

3. Kue Talam Sagu

Kue Talam Sagu
Image Credit: Kompas.com

Maluku yang ditumbuhi subur dengan pohon sagu, membuat warga setempat mengolah sagu sebagai makanan pokok untuk kebutuhan sehari – hari. Tidak salah jika terdapat berbagai macam olahan makanan maupun camilan dengan bahan dasar sagu. Kue talam sagu merupakan salah satu olahan khas yang dibuat dari sagu. Pengolahan makanan ini dicampur dengan santan kelapa, kenari, gula merah dan garam.

Adonan yang terdiri dari sagu bubuk akan dimasak dengan bahan lainnya sampai mendidih. Setelah mengental, sagu ditaruh ke dalam wadah yang terbuat dari daun pandan yang dibentuk segitiga. Sebagai penambah rasa dan mempercantik penampilan, kacang kenari ditambahkan di atasnya. Untuk menikmati kelezatan dari kue talam sagu, anda bisa membelinya di pasar tradisional Ambon atau pusat oleh-oleh dengan harga 3000 per potongnya.

4. Kue Cara Ambon

Kue Cara Ambon
Image Credit: Cookpad.com

Jika anda ingin camilan yang gurih, Kue Cara Ambon menjadi salah satu pilihan yang tepat. Kue satu ini menjadi menu wajib di bulan puasa. Namun, tidak usah khawatir jika anda ingin membawa kue ini sebagai oleh-oleh ketika berlibur ke Ambon. Pasalnya, anda bisa dengan mudah menemukannya di berbagai pusat perbelanjaan, oleh-oleh, bahkan pasar tradisional sekali pun.

Kue ini terbuat dari adonan tepung terigu yang dimasak di dalam cetakan berbentuk bulat. Isiannya menggunakan ikan cakalang suwir yang kemudian ditumis menggunakan rempah – rempah khas dari Ambon. Untuk mempercantik tampilan dan menambah aroma khas dari camilan ini, saat sudah matang bisa diberikan hiasan berupa cabai merah dan daun seledri. Harganya juga sangat murah hanya sekitar 3000 rupiah per biji.

5. Kacang Kenari

Kacang Kenari
Image Credit: Shopee.co.id

Kacang kenari atau kerennya disebut dengan walnut ini merupakan buah dengan biji tunggal dari pohon Juglans yang tumbuh subur di Ambon. Hal ini membuat kacang kenari menjadi oleh-oleh yang khas dari Ambon. Bentuknya yang unik serta rasanya yang khas membuat banyak wisatawan membawa camilan ini sebagai buah tangan. Karena camilan ini paling mudah ditemui di Maluku, jadi tidak heran banyak tempat yang menjual Kacang kenari.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Ambon yang Murah & Enak

Biasanya kenari tidak dijual dalam keadaan mentah, tetapi sudah diolah menjadi camilan yang enak dengan cara dipanggang. Kacang kenari awalnya hanya terdiri dari rasa original, namun seiring berjalannya waktu, camilan ini diolah dengan rasa yang bervariasi. Terdapat beberapa penambahan rasa seperti rempah khas Ambon, pedas manis, bahkan rasa keju. Makanan ini bisa dibeli dengan harga yang tentunya tidak menguras kantong hanya sekitar 50 ribu rupiah per 500 gram.

6. Kue Bagea

Kue Bagea
Image Credit: Google Maps (elsie tanto)

Aneka kudapan dari Ambon yang bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh yang terbuat dari kacang kenari adalah kue bagea. Camilan berbentuk bulat dengan warna coklat ini termasuk dalam makanan yang sangat populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Ambon. Meskipun teksturnya agak sedikit keras, namun makanan ini sangat cocok jika dijadikan teman minum teh dan kopi ketika sore hari.

Makanan ini terbuat dari tepung sagu, biji kenari cincang, minyak sayur, tepung terigu, kayu manis bubuk dan cengkeh untuk penambah aroma. Untuk dapat menikmati kelezatan dari kue bagea, anda bisa dengan mudah menjumpainya di pasar tradisional Mardika atau di pusat oleh-oleh yang ada di Ambon. Harga yang dibanderol juga sangat terjangkau hanya berkisar 20 ribu per bungkusnya.

7. Kerajinan Kerang

Kerajinan Kerang
Image Credit: Youtube.com (PARE TV)

Ambon dikelilingi pantai indah dengan kekayaan biota laut yang tidak diragukan lagi, membuat masyarakat sekitar untuk membuat kerajinan dari kerang. Aneka kerajinan ini terbuat dari kerang yang terdampar di pinggir pantai yang kemudian bentuk sedemikian rupa menjadi sebuah karya yang lebih bernilai. Biasanya, kerajinan yang dibuat dari kerang dibuat menjadi cincin, hiasan dinding, bros, kalung, dan gelang.

Tidak usah khawatir jika ingin membawa kerajinan ini sebagai oleh-oleh, karena anda bisa dengan mudah membelinya di pusat perbelanjaan yang ada di Ambon. Bahkan, hampir di setiap lokasi wisata yang ada di Ambon akan menjual berbagai kerajinan seperti ini. Namun, jika anda ingin mendapatkan pilihan yang banyak, anda bisa datang ke rumah produksi pengrajin di kawasan Batu Merah dengan harga yang murah.

BACA:  15 Tempat Wisata di Ambon Terbaru & Paling Hits

8. Besi Putih

Besi Putih
Image Credit: Tokopedia.com

Buah tangan berikutnya yang tak kalah menarik untuk dijadikan sebagai oleh – oleh adalah suvenir berupa besi putih. Umumnya, besi putih banyak dibuat menjadi perhiasan dan suvenir yang cantik. Hal ini menjadi ciri khas orang timur yang terus dipertahankan. Maka dari itu, penduduk setempat membuat berbagai kreativitas untuk dijual sebagai buah tangan khas dari Ambon yang tidak dapat ditemukan di daerah lainnya.

Uniknya, pembuatan beberapa kerajinan dikerjakan dengan cara yang masih sangat tradisional. Besi akan dipotong dengan menggunakan mesin sesuai bentuk yang didesain. Kemudian ditempa dan di amplas sampai halus menggunakan tangan. Sebagai buah tangan, tentunya aneka besi putih yang sudah diolah sedemikian rupa ini dapat ditemukan dengan mudah di berbagai macam toko yang ada di Ambon.

9. Kaos Balugu

Kaos Balugu
Image Credit: Lazada.co.id

Selain di Bali, Jogja, dan Medan, baju yang unik dan lucu juga bisa ditemukan di Ambon dengan nama Kaos Balugu. Baju ini merupakan karya anak muda dua Maluku yang keren untuk dijadikan sebagai cendera mata dari Ambon. Tidak hanya desainnya yang lucu dan keren, bahan yang digunakan dari kaos ini juga sangat berkualitas. Harganya juga sangat ramah dikantong hanya berkisar 80 hingga 100 ribu saja.

10. Mutiara

Mutiara
Image Credit: Bukalapak.com

Jika anda membawa uang lebih ketika berlibur ke Ambon, anda bisa mencoba untuk membeli mutiara asli dari Ambon sebagai buah tangan dengan harga sekitar 50 ribu per butirnya. Mutiara Ambon terkenal dengan kualitas tinggi, terutama mutiara yang berasal dari lautnya. Kualitas yang cukup baik ini didapat dari keadaan laut yang masih sangat terjaga keasliannya, sehingga kerang mendapatkan nutrisi yang tepat untuk menghasilkan mutiara yang berkualitas.

Itulah beberapa oleh-oleh khas dari Ambon yang bisa anda bawa pulang jika berlibur ke Kota Manise. Kekayaan alamnya yang begitu melimpah menjadikan beberapa tumbuhan khusus yang hanya tumbuh di Ambon, sehingga terdapat makanan yang hanya ditemukan di sini seperti kue bagea, kacang kenari dan kue sagu. Sedangkan hasil lautnya juga bisa dijadikan sebagai aneka kerajinan seperti kalung, gelang, dan cincin.