Menjadi kota wisata yang populer, membuat Pulau Dewata Bali menyediakan berbagai pilihan oleh-oleh khas yang menarik. Tidak hanya berbentuk aneka makanan lezat, Anda juga dapat menemukan berbagai kerajinan dan pakaian yang cantik.

Berkunjung ke Pulau Dewata Bali, rasanya menjadi salah satu planning liburan yang diidamkan banyak orang. Pulau cantik satu ini, memang memiliki beragam destinasi wisata yang menyenangkan untuk dikunjungi karena pesona alam yang ditawarkan dan juga berbagai tradisinya yang menarik untuk dikulik.

Namun, ketika berwisata ke Bali jangan lupa untuk membawa oleh-oleh khas sebagai buah tangan untuk para kerabat dan keluarga. Berikut rekomendasi oleh-oleh yang paling diburu wisatawan.

1. Kerajinan dari Batok Kelapa

Kerajinan dari Batok Kelapa
Image Credit: Kerajinanindonesia.id

Ketika berkunjung ke Bali, Anda mungkin akan banyak menemukan orang yang berjualan berbagai perabotan rumah tangga, maupun aksesoris yang terbuat dari batok kelapa. Di Baloi sendiri, sentra kerajinan batok kelapa sudah mulai ada sejak tahun 1977 silam. Meski tergolong cukup lama, kerajinan batok kelapa ini rasanya tidak pernah gagal untuk menarik minat wisatawan yang ingin membelinya sebagai salah satu buah tangan dari Bali yang sangat khas.

Saat ini, kerajinan batok kelapa sudah semakin beragam dan lebih kreatif. Awalnya, kerajinan ini hanya dibuat sebagai piranti rumah tangga seperti gayung, mangkok dan sendok. Sekarang, Anda juga akan banyak menemukan tas cantik untuk jalan-jalan yang juga dibuat dari bahan dasar batok kelapa. Untuk mempercantik, biasanya kerajinan ini akan ditambahi dengan lukisan-lukisan khas Bali yang sederhana. Anda dapat membeli oleh-oleh ini dengan harga yang terjangkau.

2. Ikatan Udeng

Ikatan Udeng
Image Credit: Kintamani.id

Meski banyak kota di Indonesia yang juga menggunakan ikat kepala, namun udeng Bali memiliki makna yang berbeda dengan ikat kepala daerah lainnya. Kain yang dilingkarkan di kepala ini menjadi simbol “ngiket manah” yang memiliki arti pemusatan pikiran. Udeng juga biasanya memiliki bentuk yang tidak simetris, dan cenderung lebih tinggi ke arah kanan. Maksud dari bentuk tersebut, agar pemakainya selalu melakukan kebaikan yang umumnya disimbolkan dengan arah kanan.

3. Sarung Bali

Sarung Bali
Image Credit: Shopee.co.id

Kain sarung ini pasti sudah sering Anda temukan di sepanjang jalanan kota Bali, atau bahkan di rumah-rumah anda. Kain ini identik dengan berbagai warna cerah dengan motif yang khas ala Bali, seperti bunga-bunga hingga motif abstrak yang beraneka warna. Sarung ini biasanya juga dikenal dengan sebutan kain pantai, karena ketika di Bali Anda akan banyak menemuinya dijual di daerah pesisir pantai, dan digunakan oleh wisatawan yang berlibur ke pantai di Kota Bali.

Tidak hanya bermotif bunga-bunga dan abstrak yang biasa digunakan wanita Bali, Pria asli Bali biasanya akan menggunakan sarung bermotif sederhana seperti kotak-kotak. Sarung ini biasanya hanya memiliki dua paduan warna, tidak seperti kain pantai Bali yang lebih banyak menggunakan warna-warna terang. Namun ternyata, kain dengan motif kotak-kotak ini memiliki makna yang cukup penting. Warna hitamnya diibaratkan sebagai simbol Rwa Bhineda.

4. Kopi Bali Kintamani

Kopi Bali Kintamani
Image Credit: Kopifactory.com

Bagi Anda pecinta kopi dengan metode manual brewing, tentunya sudah tak asing lagi dengan kopi arabika khas, yaitu Bali Kintamani. Kopi ini memiliki rasa yang pas untuk dinikmati dengan metode filter maupun tubruk. Perpaduan antara rasa pahit dan sepat pada kopi ini, sangat seimbang. Sehingga, cocok untuk dinikmati oleh para pecinta kopi yang tidak begitu menyukai rasa yang pahit, maupun rasa yang terlalu masam yang banyak ditemukan pada biji kopi lainnya.

BACA:  20 Wisata Kuliner di Bali yang Murah & Enak

5. Kain Songket Sidemen Bali

Kain Songket Sidemen Bali
Image Credit: Longtripmania.org

Jika sebelumnya kain Bali yang populer memiliki motif bunga-bunga, kain satu ini tidak kalah cantik. Songket Sidemen Bali memiliki ciri khas yang cukup unik karena ragam motifnya dan juga warna kain yang cemerlang. Sama seperti kain songket pada beberapa daerah di Indonesia, songket Bali juga dibuat dengan menggunakan pintalan benang sutra. Sehingga, tak heran jika kain ini tergolong menjadi salah satu kain premium karena bahannya yang mahal, dan proses pembuatan yang rumit.

6. Garam Bali

Garam Bali
Image Credit: Garamlautbali.com

Garam Bali merupakan garam organik yang telah diproses sedemikian rupa oleh petani Bali sejak 700 tahun silam. Garam Bali dinilai memiliki beragam kelebihan dan manfaat yang tidak ditemukan pada garam biasa. Garam Bali, adalah jenis garam pyramidion yang memiliki ukuran lebih besar, dan tidak simetris menyerupai piramida. Tidak hanya digunakan untuk memasak, garam ini juga sering menjadi bahan campuran pada air mandi, untuk pengalaman mandi yang berkualitas.

7. Dodol Buleleng

Dodol Buleleng
Image Credit: Dodoldesapenglatan.blogspot.com

Garut memang menjadi kota yang terkenal dengan produksi dodolnya, namun bukan berarti kota lain tidak memiliki dodol juga. Seperti kota Bali yang juga memiliki makanan dodol khas dari daerah Buleleng dan sering dipilih untuk menjadi oleh-oleh. Dodol ini, cukup unik karena dibungkus dengan menggunakan daun jagung yang sudah mengering untuk mendapatkan aroma yang lebih wangi. Makanan ini juga menjadi istimewa, karena masih dikerjakan dengan proses tradisional.

8. Bagiak Bali

Bagiak Bali
Image Credit: Detik.com

Makanan ringan khas Bali satu ini memiliki tekstur yang padat, namun ketika dimakan akan lumer di mulut. Terbuat dari adonan tepung sagu yang dipanggang, membuat makanan ini memiliki cita rasa yang sangat gurih dan cocok dibuat teman minum teh di sore hari. Bagiak Bali sudah banyak ditemui di seluruh pusat oleh-oleh, dengan kemasan yang sudah modern. Sehingga, Anda tidak perlu repot lagi membungkusnya ketika menjadikannya sebagai buah tangan.

9. Pie Susu

Pie Susu
Image Credit: Tokopedia.com

Hampir setiap orang yang akan berencana berlibur ke Bali, pasti akan diminta untuk membelikan pie susu sebagai oleh-oleh. Wajar saja, camilan satu ini memiliki rasa yang gurih dan manis. Makanan berbentuk pie dengan varian isi pasta susu ini, sangat digemari oleh para wisatawan lokal, bahkan mancanegara. Karena itu, pie susu yang asli akan sedikit sulit dicari. Pada dasarnya, makanan ini memang memiliki bentuk seperti pie kebanyakan namun berukuran lebih kecil.

10. Baju Barong

Baju Barong
Image Credit: Tokopedia.com

Baju dengan kain yang jatuh, serta bermotif barong pasti sering Anda temui dipakai oleh banyak orang di Bali. Ya, baju dengan model seperti itu seperti sudah menjadi ciri khas Bali. Memiliki bahan yang nyaman dan tidak panas, membuat baju ini sering digunakan untuk pergi ke pantai ataupun sekedar berjalan kaki di Kota Bali yang memiliki cuaca cukup panas. Jika Anda ingin menjadikan baju khas ini sebagai oleh-oleh, Anda bisa menemukannya di banyak pasar tradisional.

11. Kacang Disco

Kacang Disco
Image Credit: Sumbercenel.com

Anda pasti juga sudah sering mendengar jajanan khas Pulau Dewata satu ini. Siapa yang tidak tergoda untuk memakan kacang disco khas Bali yang sungguh lezat untuk cemilan. Jajanan kacang berbalut tepung ini, memiliki rasa yang sangat khas karena dicampur dengan rempah asli khas Bali yang sangat gurih. Jika makan kacang biasa saja membuat orang menjadi tidak bisa berhenti, apalagi memakan kacang yang sering menjadi primadona khas Pulau Bali ini.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Ubud Bali yang Murah & Enak

12. Kerajinan Rotan

Kerajinan Rotan
Image Credit: Carousell.com

Tidak hanya kerajinan dari batok kelapa, di Bali kerajinan rotan juga menjadi salah satu komoditi yang menjadi incaran banyak wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Wisatawan akan menemui banyak kerajinan rotan yang dijual di objek wisata pantai. Bahan rotan ini dapat dimanfaatkan sebagai keranjang, tudung saji atau bahkan aneka perlengkapan fashion seperti tas ataupun topi yang cantik. Kerajinan ini bahkan sudah sering diekspor ke beberapa negara.

13. Batu Bali

Batu Bali
Image Credit: Tribunnews.com

Bagi wisatawan yang menyukai pernak-pernik yang memiliki aksen bebatuan, batuan bali yang berupa batu mulia dapat Anda pilih sebagai buah tangan ketika berkunjung ke pulau seribu pura satu ini. Batuan alam yang sangat cantik ini, biasanya dijadikan hiasan pada kalung, gelang ataupun cincin. Bentuk dan motifnya yang begitu unik, membuat aksesoris dengan hiasan batu alam ini akan membuat penampilan pemakainya menjadi lebih fashionable dan keren.

14. Kaos Joger

Kaos Joger
Image Credit: Picdeer.org

Buah tangan khas Bali selanjutnya yang sangat populer dalam bidang fashion adalah kaos Joger. Desain Kaos Joger memang terbilang sederhana, namun tetap memiliki keunikan tersendiri. Biasanya, desain kaosnya akan dipenuhi dengan kata-kata yang mengundang tawa, meskipun tak sedikit yang mengandung sindiran. Tidak hanya berbentuk kaos, Joger juga sangat banyak memproduksi barang lainnya seperti gantungan kunci, sandal dan juga souvenir khas Pulau Bali.

15. Pia Legong

Pia Legong
Image Credit: Lazada.co.id

Siapa bilang hanya Yogyakarta yang memiliki pia? Ternyata, Bali juga memiliki oleh-oleh khas berupa pia yang tidak kalah enak. Pia Legong merupakan jajanan dengan kulit yang krispi dan berlapis-lapis. Kue ini biasanya diisi dengan filling coklat, kacang hijau dan juga keju. Perbedaan dari pia yang ada pada kota lainnya, Pia Legong asal Bali ini biasanya berukuran lebih besar dengan isian yang sangat penuh. Tak heran, pia ini sering diburu banyak wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh.

16. Salak Bali

Salak Bali
Image Credit: Mamikos.com

Kota Bali, juga menjadi salah satu kota penghasil buah salak yang enak. Ketika membeli salak Bali, Anda bisa memilih kedua jenis salak yang berbeda. Salak biasa memiliki rasa yang kecut, namun daging buahnya begitu tebal. Sedangkan salak gula pasir merupakan salah satu jenis buah salak yang memiliki rasa manis, namun daging yang dihasilkannya sedikit dan berukuran lebih kecil.

17. Kerajinan Manik Manik Bali

Kerajinan Manik Manik Bali
Image Credit: Sumbercenel.com

Bali memang memiliki berbagai kerajinan menarik yang bisa dijadikan sebagai souvenir ataupun buah tangan. Salah satu diantaranya adalah kerajinan manik-manik khas Bali yang banyak ditemui di sepanjang perjalanan menuju destinasi wisata di Bali. Kerajinan manik-manik ini dapat berbentuk aksesoris berupa kalung, anting dan gelang yang dapat membuat penampilan Anda menjadi lebih keren. Selain itu, Anda juga bisa memilih pouch cantik yang dibuat dari manik-manik yang indah.

18. Bali Home Spa

Bali Home Spa
Image Credit: Traviamgz.com

Jika tidak ingin membeli buah tangan berupa makanan ataupun aksesoris, Anda bisa memilih Bali Home Spa sebagai oleh-oleh. Produk ini sangat cocok diberikan sebagai hadiah untuk teman ataupun kerabat perempuan anda. Bali Home Spa merupakan salah satu produk body scrub yang dibuat dari bahan-bahan alami dan memiliki berbagai macam manfaat untuk kulit. Produk ini juga pas Anda gunakan untuk menikmati spa sendiri di rumah, yang tidak kalah dengan layanan salon.

19. Sandal Etnik Bali

Sandal Etnik Bali
Image Credit: Bukalapak.com

Kerajinan khas Pulau Dewata memang banyak ditemukan dalam bentuk item fashion seperti tas ataupun aksesoris pendukung lainnya. Tidak kalah menarik, wisatawan dapat menemukan kerajinan yakni sandal etnik khas Bali yang tak kalah cantik. Sandal etnik khas Bali biasanya identik dengan hiasan seperti payet atau manik-manik warna-warni di bagian depan sandal. Sandal dengan hiasan unik ini tidak hanya cantik, namun juga sangat nyaman digunakan untuk jalan kaki.

BACA:  33 Tempat Wisata di Bali Terbaru & Paling Hits

20. Alat Musik Gamelan

Alat Musik Gamelan
Image Credit: Romadecade.org

Menjadikan alat musik gamelan sebagai pajangan di ruang tamu, tentunya akan membuat ruangan Anda menjadi cantik. Namun yang dimaksud, bukanlah seperangkat gamelan yang memiliki berbagai macam bagian berukuran besar. Di Bali, Anda dapat menemukan alat musik gamelan dengan ukuran yang lebih kecil sehingga mudah untuk dibawa pulang. Selain bisa menjadi hiasan di ruang tamu, miniatur gamelan ini juga bisa dimainkan sama seperti aslinya.

21. Kerajinan Kayu Pahatan

Kerajinan Kayu Pahatan
Image Credit: Bobo.grid.id

Kerajinan selanjutnya yang dapat Anda pilih sebagai oleh-oleh ketika berlibur ke Bali adalah kerajinan pahatan yang dibuat dari kayu. Biasanya, kayu yang digunakan adalah kayu yang memiliki tekstur keras dan padat namun masih mudah untuk diukir dan dibentuk dengan desain khas Bali. Kerajinan ini dapat berupa patung pahatan, meja, kursi ataupun peralatan mebel lainnya. Karena keindahannya, kerajinan ini sudah banyak diekspor ke berbagai negara lainnya.

22. Brem Bali

Brem Bali
Image Credit: Ksmtour.com

Di Bali terdapat makanan dan minuman yang unik terbuat dari sari ketan yang dimasak,yaitu brem. Brem juga biasanya dibuat dari hasil fermentasi sehingga memiliki rasa yang sedikit asam. Uniknya, di Bali brem tidak hanya berbentuk makanan, namun juga ada yang berbentuk minuman. Minuman brem Bali memang memiliki kandungan alkohol yang cukup aman ketika dikonsumsi. Awalnya, brem Bali dijadikan salah satu minuman untuk perayaan upacara adat.

23. Coklat Bali

Coklat Bali
Image Credit: Tokopedia.com

Bali merupakan salah satu wilayah penghasil kakao di Indonesia, sehingga salah satu oleh-oleh yang banyak Anda jumpai disini adalah coklat Bali. Makanan ini, cocok dijadikan buah tangan khususnya untuk pecinta coklat. Coklat Bali diolah sendiri oleh home industri yang tersebar di beberapa wilayah kota Bali. Meski, diproduksi langsung dari rumah, namun kualitas dan rasa coklat Bali tidak perlu diragukan lagi. Anda juga bisa mengunjungi tempat penghasil coklat langsung disana.

24. Kerajinan Perak Bali

Kerajinan Perak Bali
Image Credit: Ksmtour.com

Kerajinan khas Bali lainnya yang dapat dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Bali adalah kerajinan perak yang diolah langsung oleh masyarakat di salah satu desa di Bali. Kerajinan perak ini dijadikan berbagai macam bentuk aksesoris seperti kalung, cincin dan juga gelang dengan bentuk yang sangat cantik. Tidak hanya itu, kerajinan perak disini juga dapat berupa peralatan dapur, hiasan-hiasan maupun pajangan rumah. Desa ini sudah memproduksi kerajinan perak sejak tahun 1976.

25. Patung Leak

Patung Leak
Image Credit: Detik.com

Anda pasti sudah tak asing lagi dengan patung leak yang biasa ditemukan di Bali. Dalam kepercayaan masyarakat Bali, leak merupakan penyihir jahat yang hanya nampak pada malam hari. Leak juga dapat berubah menjadi berbagai bentuk dan rupa, sehingga seringkali dapat mengelabui manusia. Karena itulah patung leak menjadi sangat populer di kota Bali. Anda dapat menemukan banyak penjual patung leak, di sepanjang kawasan wisata atau di pasar-pasar tradisional.

Liburan ke Pulau Dewata, memang sangat menyenangkan. Tidak hanya disuguhkan dengan berbagai destinasi wisata yang sangat menarik, Anda juga dapat membeli beragam oleh-oleh khas yang ada di Pulau Bali. Oleh-oleh yang ditawarkan pun sangat beragam, seperti aneka jajanan dengan cita rasa asli Bali, berbagai kerajinan tangan, serta kekayaan alam, dna tradisi Bali lainnya.