Inilah daftar oleh-oleh khas Kota Balikpapan yang paling populer dan banyak diburu wisatawan. Balikpapan memiliki beragam kuliner dan kerajinan yang menarik dijadikan cenderamata.

Nusantara tak hanya terkenal dengan alamnya yang memukau, namun juga kaya akan adat istiadatnya. Dari kebiasaan dan adat istiadat inilah yang menjadi faktor pembeda mengapa setiap daerah memiliki oleh-oleh yang unik. Mungkin beberapa oleh-oleh bisa ditemui di tempat lain, tetapi akan tetap ada ciri khasnya.

Jika Anda sedang singgah atau berlibur ke Balikpapan, Anda bisa berburu oleh-oleh khas yang begitu populer dan banyak diburu wisatawan. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Abon Kepiting

Abon Kepiting
Image Credit: Omiyago.com

Balikpapan memang terkenal dengan hasil lautnya yang melimpah, salah satunya adalah kepiting. Tak hanya bisa menikmatinya secara langsung di sana, Anda juga bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh. Abon Kepiting merupakan salah satu cara menikmati kepiting dengan cara yang begitu mudah. Tentunya Anda tahu, untuk bisa menikmati gurihnya daging kepiting harus berusaha terlebih dahulu, bahkan menggunakan alat khusus.

Kini Anda bisa menikmati daging kepiting dalam sajian abon yang begitu terkenal di Balikpapan. Bumbu yang digunakan untuk abon ini terbilang lembut, sehingga tidak menghilangkan rasa asli dari kepitingnya. Terbilang awet, Anda bisa membawa buah tangan ini untuk kerabat di rumah. Abon Kepiting bisa tahan hingga 1 bulan  meskipun tidak menggunakan bahan pengawet. Karena kuncinya adalah pengolahan yang tepat agar bisa tahan lama.

2. Roti Mantau

Roti Mantau
Image Credit: Beruangmadunews.com

Untuk Anda yang ingin menghadirkan menu sarapan berbeda di rumah, Anda bisa menjadikan mantau sebagai oleh-oleh. Mantau merupakan roti khas Balikpapan yang cara mengkonsumsinya disandingkan saus balado atau saus lada hitam. Tentunya akan menghadirkan rasa yang berbeda, roti mantau diolah dengan cara digoreng hingga kering. Sehingga di bagian luarnya bertekstur krispy namun lembut ketik Anda menggigitnya.

Di Balikpapan sangat mudah menemukan roti Mantau ini dan sangat cocok dijadikan oleh-oleh. Ketika di rumah nanti, selain dicocol saus Anda juga bisa menyandingkan dengan daging sapi atau olahan daging kambing. Dibandrol dengan harga terjangkau dan bisa tahan lama, Mantau menjadi buah tangan yang begitu diburu. Harganya akan menjadi lebih mahal jika Anda membeli satu paket sekalian dengan olahan daging sapi atau daging kambingnya.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Balikpapan yang Murah & Enak

3. Peyek Kepiting

Peyek Kepiting
Image Credit: Facebook.com @KampoengTimoer.id

Buah tangan yang tidak bisa Anda lewatkan ketika menginjakkan kaki di Balikpapan adalah Peyek Kepiting. Peyek menjadi camilan yang begitu familiar bagi masyarakat Indonesia, karena selain rasanya gurih juga cocok jadi teman makan. Anda yang bosan dengan peyek kacang atau teri, Anda bisa menjadikan peyek kepiting sebagai pilihan. Peyek Kepiting memiliki rasa yang lebih gurih dan bisa tahan lama sehingga cocok jadi oleh-oleh bagi kerabat Anda.

4. Keripik Iron

Keripik Iron
Image Credit: Instagram.com @kripikristal

Keripik Iron bisa Anda jadikan sebagai pilihan buah tangan jika Anda sedang berada di Balikpapan. Memang awalnya oleh-oleh satu ini kurang populer, tapi perlahan banyak yang mulai mengenalnya. Keripik Iron merupakan camilan yang dibuat dari singkong khusus dan dijadikan sebagai keripik. Yang membuatnya berbeda dari keripik singkong pada umumnya adalah bahan dasar pembuatannya. Karena bahannya didapatkan dari daerah Samarinda.

Dari bahan pilihan itulah akhirnya menghasilkan rasa yang lebih gurih dan juga renyah. Membuat siapapun yang menikmatinya tak akan mudah berhenti mengunyah. Terdapat beberapa varian rasa yang juga bisa dijadikan pilihan. Mulai dari rasa pedas manis, gurih, original hingga rasa pedas asin. Anda bisa mendapatkan oleh-oleh ini di beberapa pusat oleh-oleh di kota Balikpapan. Keripik Iron juga termasuk dalam oleh-oleh yang bisa tahan lama.

5. Amplang

Amplang
Image Credit: Tokooleholehbalikpapanmurah37.blogspot.com

Amplang yang merupakan camilan seperti kerupuk ini memang tidak bisa ditolak oleh siapapun. Rasanya yang gurih dan khas membuat semua orang memburunya. Dan amplang di Kalimantan, khususnya di Balikpapan memiliki rasa yang lebih nikmat. Hal ini dikarenakan bahan yang digunakan merupakan ikan belida. Ikan ini menjadi golongan ikan yang jarang bisa ditemukan di kota selain Balikpapan. Dan inilah yang mencari rahasia istimewa dari Amplang ini.

Ikan belida sendiri dipilih karena memiliki tekstur yang lebih lembut dan rasanya akan lebih gurih dibandingkan lainnya. Tak hanya memiliki rasa gurih saja, di Balikpapan Anda bisa menemukan amplang dengan berbagai variasi rasa. Amplang juga menjadi oleh-oleh yang ringan sehingga kamu bisa membelinya dalam jumlah banyak. Selain ringan, oleh-oleh ini juga mudah didapatkan dan tahan lama sekalipun di bawa keluar kota.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Samarinda yang Murah & Enak

6. Bingka Kentang

Bingka Kentang
Image Credit: Oleholehbalikpapandekatbandara4.blogspot.com

Bingka menjadi panganan khas Medan yang juga bisa Anda temukan di Balikpapan. Yang membedakan Bingka Balikpapan adalah bahan dasar yang digunakan. Dibuat dari kentang sebagai bahan dasarnya membuat rasanya tak kalah lezat. Memiliki beberapa varian rasa, mulai dari coklat, original, pandan hingga rasa keju bisa Anda temukan. Sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan selera Anda. Bingka ini akan lebih mudah ditemukan ketika bulan puasa.

7. Onde Onde Ubi Ungu

Onde Onde Ubi Ungu
Image Credit: Tabloidbintang.com

Oleh-oleh Balikpapan yang bisa Anda bawa pulang selanjutnya adalah onde onde ubi ungu. Dari semua bahan hingga isiannya dibuat dari ubi ungu, meskipun Anda juga bisa menemukan isian lainnya. Warna ungu dari makanan ini memang membuat siapapun yang melihatnya penasaran dengan rasanya. Tampilannya juga makin menarik dengan tambahan wijen warna hitam. Hanya saja, makanan ini hanya bisa bertahan satu hari saja, sehingga pertimbangkan jarak Anda.

8. Bakpia Banua

Bakpia Banua
Image Credit: Zonamakan.com

Bakpia tidak hanya bisa Anda jumpai di Jogja, karena di Balikpapan Anda juga bisa memburunya untuk jadi oleh-oleh. Bakpia ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan bakpia pada umumnya. Kulitnya juga lebih renyah dan akan hancur begitu digigit atau mudah rontok. Tersedia juga dalam berbagai rasa, Anda bisa menjadikan Bakpia Banua sebagai oleh-oleh untuk kerabat di rumah. Untuk memburunya juga begitu mudah dan bisa tahan lama.

9. Batu Mulia

Batu Mulia
Image Credit: Detik.com

Selain makanan, Anda juga bisa memberikan oleh-oleh dalam bentuk barang. Di Balikpapan memiliki banyak batu mulia cantik yang begitu terkenal. Batu mulia ini memiliki harga yang cukup terjangkau tetapi memiliki kualitas yang tak kalah berkelas. Bentuknya juga sangat beragam, sehingga wajar jika banyak yang memburunya untuk koleksi. Batu mulia terbaik ini sangat cocok sebagai buah tangan saudara dekat Anda.

10. Batik Balikpapan

Batik Balikpapan
Image Credit: Gpswisataindonesia.info

Balikpapan juga memiliki batik yang sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai buah tangan. Tang membedakan batik ini adalah motifnya, dimana batik Balikpapan memiliki motof unik seperti beruang madu, pohon mangrove dan motif jahe. Motif batik ini mengambil dari ikon kota Balikpapan yaitu beruang madu dan pohon mangrove. Warna dan corak yang beragam menjadikan buah tangan satu ini diburu oleh banyak wisatawan.

11. Tas Manik

Tas Manik
Image Credit: Fakta.co.id

Pilihan oleh-oleh berupa barang yang juga banyak dicari adalah tas Manik. Tas manik memang menjadi ciri khas kerajinan Dayak yang begitu otentik. Warna warni yang menarik dipadukan dalam motif yang begitu beragam. Motif yang diambil juga merupakan motif khas Balikpapan. Selain itu, Anda bisa memilih ukurannya sesuai dengan kebutuhan. Untuk harga yang beraga,mulai di bawah Rp. 100 ribu hingga lebih dari ratusan ribu.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Bontang yang Paling Populer

12. Songket Balikpapan

Songket Balikpapan
Image Credit: Gulungjenebora.com

Kegiatan menyongket sudah dilakukan masyarakat Balikpapan sejak dahulu. Sehingga wajar jika Anda akan menemukan harga yang lebih murah ketika membelinya di Balikpapan. Hadir dengan beragam motif, Anda bisa membelinya sesuai dengan selera. Yang jelas songket dari Balikpapan ini akan memiliki ciri khas tersendiri. Terlebih dari motif dan warna warna yang dihadirkan. Anda bisa membeli songket di Pasar Inpres Kebun Sayur Balikpapan yang  dianggap lebih murah.

13. Kaos

Kaos Balikpapan
Image Credit: Shopee.co.id

Ketika mengunjungi suatu daerah, oleh-oleh kaos memang yang paling mudah untuk didapatkan. Begitu juga ketika Anda mengunjungi kota Balikpapan, Anda bisa menemukan berbagai model kaos dengan desain khusus. Motif khas suku Dayak hingga kata kata unik biasanya akan tersemat pada kaosnya. Anda bisa membelinya di pusat pusat oleh-oleh dengan harga yang beragam.

14. Souvenir Khas Suku Dayak

Souvenir Khas Suku Dayak
Image Credit: Littlenomadid.com

Cindermata yang tak kalah menarik untuk dijadikan oleh-oleh adalah Souvenir Khas Dayak. Anda bisa menemukan banyak pernak pernik mulai dari kalung, gelang, ikat kepala dan lainnya. Beragam souvenir ini begitu mudah untuk Anda dapatkan, bahkan bisa membelinya di pasar tradisional. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau dan ramah kantong.

15. Mandau

Mandau
Image Credit: Kumparan.com

Mungkin terlihat seram, tapi senjata tradisional ini juga menjadi oleh-oleh yang begitu populer di Balikpapan. Dibuat dari bahan terbaik menjadikan senjata tradisional ini tidak mudah berkarat. Selain untuk senjata, terdapat juga Mandau yang memang dikhususkan sebagai hiasan. Bahkan Anda bisa menemukannya sebagai gantungan kunci, tak hanya praktis oleh-oleh ini juga bisa diberikan langsung ke banyak orang.

Itulah deretan oleh-oleh khas dari Balikpapan yang begitu diburu dan terkenal. Anda bisa mendapatkan makanan, hingga barang barang yang tak akan mungkin basi. Bagi Anda yang lebih tertarik membeli makanan, pastikan untuk mengetahui seberapa tahannya makanan tersebut. Terutama jika Anda berada jauh dari luar kota. Jadi sudah memutuskan akan membeli oleh-oleh yang mana?