Bandung menjadi salah satu kota tujuan wisata yang cukup favorit di Indonesia. Selain karena memiliki banyak tempat wisata, kuliner di kota Bandung juga sangat melimpah. Menghabiskan liburan ke kota Bandung menjadi pilihan tepat dan ide yang menarik. Anda bisa mengunjungi wisata alam dan wisata kuliner. Ketika akan pulang nanti, Anda bisa berburu oleh-oleh khas Bandung yang tentunya tak boleh ketinggalan. Berikut buah tangan khas kota Kembang yang populer.

1. Surabi Bandung

Surabi Bandung
Image Credit: Wowkeren.com

Surabi merupakan jajanan tradisional khas Bandung yang terkenal. Rasanya tidak lengkap ketika mengunjungi kota Bandung tidak menjajal makanan satu ini. Selain bisa dinikmati langsung, Surabi Bandung juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Menariknya lagi terdapat berbagai rasa yang bisa Anda jadikan pilihan. Salah satu Surabi yang bisa dijadikan oleh-oleh adalah Surabi Enhai yang lokasinya di Jl. Setiabudi dengan beragam pilihan rasa serabi.

2. Pisang Bolen Kartika Sari Bandung

Pisang Bolen Kartika Sari Bandung
Image Credit: Myeatandtravelstory.wordpress.com

Pisang Bolen Kartika Sari merupakan panganan khas Bandung yang juga sangat populer dijadikan buah tangan. Sepertinya Kartika Sari Bandung ini memang sebuah toko oleh-oleh yang menjual berbagai macam buah tangan. Dan yang menjadi primadona adalah Pisang Bilennya. Bahkan sudah populer sejak 1970 hingga kini karena memang menggunakan resep asli yang turun menurun. Ada beragam rasa yang juga bisa Anda pilih untuk di bawa pulang.

3. Gepuk Nyonya Ong

Gepuk Nyonya Ong
Image Credit: Tempat.com

Gepuk merupakan olahan daging ayam atau daging sapi yang populer di Kota Kembang. Salah satu yang paling terkenal adalah Gepuk Nyonya OngĀ  yang rasanya tidak akan membuat Anda kecewa. Selain menyediakan gepuk daging sapi, Anda juga bisa menemukan gepuk daging ayam di tempat satu ini. Variannya juga sangat beragam, mulai yang original hingga beef less sugar dan lainnya. Gepuk ini sangat nikmat dinikmati dengan sepiring nasi hangat.

4. Kafetaria Pia 170

Kafetaria Pia 170
Image Credit: Tesyasblog.com

Jika Jogja memiliki Bakpia, maka Bandung memiliki Kue Pia yang tak kalah terkenal. Dan merek yang banyak dicari adalah Kafetaria Pia 170 dengan bungkus modern yang cantik. Rasa favorit pia satu ini adalah butterscotch yang menjadi selalu saja diburu wisatawan. Dalam satu kotak pia biasanya akan dihargai mulai Rp. 30 ribuan. Anda bisa menemukan pia satu ini di toko oleh-oleh di Kota Bandung dengan mudah, apalagi bungkusnya juga bisa mudah dibedakan.

5. Kopi Aroma

Kopi Aroma
Image Credit: Desainggris.com

Saat ini penggemar kopi terus mengalami peningkatan, dan jika Anda penggemar kopi tak boleh melewatkan kopi satu ini. Kopi Aroma merupakan kopi yang legendaris karena sudah ada sejak tahun 1930. Soal rasa Anda tak perlu khawatir, mengingat kopi ini diproses dengan menyimpan kopinya lebih dari 5 tahun lebih dulu. Rasanya yang nikmat dan khas juga dikarenakan pengolahannya yang terbilang unik yakni dibakar dengan mesin asal Eropa.

6. Peuyeum

Peuyeum
Image Credit: Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Oleh-oleh khas Kota Kembang yang tak kalah terkenal adalah peyeum. Bahkan saking terkenalnya, Anda akan sangat mudah menemukan makanan unik satu ini. Peyeum terbuat dari singkong atau yang biasanya disebut dengan tape. Peyeum ini sangat digemari di kota Bandung, karena bisa membuat tubuh hangat. Karena memang Bandung memiliki udara yang cukup dingin, terutama ketika malam sudah menyapa maka akan semakin dingin.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Tasikmalaya yang Murah & Enak

Proses pembuatan peyeum sendiri tidaklah sulit, Singkong terlebih dulu di rebus. Barulah nanti diberikan ragi dan disimpan hingga matang. Biasanya membutuhkan waktu 2 hingga 3 hari agar matang. Anda bisa menemukannya di toko oleh-oleh atau pusat keramaian seperti Jalan Cihampelas. Para penjual biasanya menggantungnya di depan kios agar mudah dikenali. Peyeum ini juga termasuk oleh-oleh yang bisa bertahan lama dan tak cepat basi.

7. Picnic Roll Primarasa

Picnic Roll Primarasa
Image Credit: Shopee.co.id

Selanjutnya tak boleh dilewatkan sebagai oleh-oleh adalah Picnic roll dari Prima Rasa. Picnic Roll sendiri merupakan olahan daging cincang dengan berbagai bumbu yang ditambahkan saat pengolahan. Setelah itu daging cincang dimasukkan ke dalam kulit pastry dengan telur rebus, batulah dipanggang hingga warnanya berubah kecoklatan. Untuk rasa tak perlu diragukan karena pastinya akan membuat Anda ketagihan dan memborong untuk oleh-oleh.

8. Brownies Amanda Bandung

Brownies Amanda Bandung
Image Credit: Swa.co.id

Sudah sejak tahun 2000 lalu kehadiran Brownies Kukus Amanda juga turut meramaikan buah tangan asal kota Kembang. Awal kemunculannya memang sangat unik, karena sebelumnya brownies tidak dikukus. Rasanya yang legit dan lembut membuatnya banyak diburu oleh pecinta brownies. Kini juga memiliki banyak rasa mulai dari rasa original, cheese cream, blueberry, sarikaya dan lainnya yang sangat pas dengan pait manis cokelat dari browniesnya.

9. Roti Bumbu Bakar

Roti Bumbu Bakar
Image Credit: Tokomesin.com

Roti bakar mungkin menjadi makanan yang lumrah dan bisa Anda temukan di berbagai daerah di Indonesia. Namun di Bandung ada roti bakar yang berbeda yakni Roti Bumbu Bakar. Yang membuat panganan ini berbeda adalah penggunaan roti dan juga bumbunya. Tektur rotinya lebih lembut dengan bumbu berupa meses, mentega dan rasa sesuai selera pelanggan. Anda bisa memilih berbagai rasa dan lagi harganya sangat terjangkau.

10. Tahu Susu Lembang

Tahu Susu Lembang
Image Credit: Industrial-tourism.com

Panganan yang bisa dijadikan oleh-oleh selanjutnya adalah tahu susu Lembang. Tahu Susu lembang atau yang juga dikenal dengan tahu Bandung. Tahu satu ini memiliki tekstur yang lebih lembut dan juga rasa yang lebih gurih. Hal ini karena di dalamnya ditambahkan dengan susu. Membuat kandungan protein tahu ini semakin tinggi, sayangnya Anda hanya bisa menemukan tahu susu ini di Lembang saja, karena memang tidak membuka cabang.

11. Oncom Raos

Oncom Raos
Image Credit: Mamikos.com

Oleh-oleh khas dari Bandung yang terkenal selanjutnya adalah Oncom. Oncom sendiri merupakan olahan kacang yang telah difermentasi. Oncom ini bisa disulap menjadi berbagai menu makanan yang lezat. Dan salah satu merek yang terkenal adalah Oncom Raos yang sangat mudah Anda temukan di Bandung. Oncom Raos juga menyediakan oncom goreng yang rasanya patut diacungi jempol. Anda bisa menemukan oncom ini di daerah Cihampelas.

12. Angklung

Angklung
Image Credit: Liputan1.com

Selain makanan, Anda juga bisa membeli oleh-oleh berupa alat musik tradisional yang dikenal dengan angklung. Alat musik ini bahkan sudah diakui hingga kancah internasional. Alat musik yang dibuat dari bambu ini memang bisa menghasilkan musik yang indah. Di Bandung ada Saung Angklung Udjo yang merupakan pusat pengembangan seni musik Angklung ini. Anda juga bisa membelinya sebagai oleh-oleh, bahkan dalam bentuk miniatur sebagai gantungan kunci.

13. Tas dan Sepatu Cibaduyut

Tas dan Sepatu Cibaduyut
Image Credit: Suherlin.com

Souvenir yang juga bisa jadikan oleh-oleh selanjutnya adalah tas maupun sepatu buatan dari Cibaduyut. Kualitas produk dalam negeri satu ini memang sudah diakui dan menjadi sebuah kebanggan bagi kita. Karena selain di jual untuk dalam negeri juga sudah di ekspor ke luar negeri. Bahkan produk impor yang kualitasnya diakui sebenarnya adalah buatan lokal. Dan bagi Anda yang gemar mengkoleksi fashion dengan kualitas yang bagus maka harus mampir ke Cibaduyut.

BACA:  20 Wisata Kuliner di Bekasi yang Murah & Enak

Sudah sejak lama Cibaduyut dikenal sebagai tempat berbelanja yang terkenal murah di Bandung. Begitu tiba Anda bisa melihat deretan toko yang menjual berbagai barang. Andalan dari Cibaduyut adalah tas dan juga sepatu berbahan kulit. Desainnya tak kalah cantik dengan kualitas yang ciamik. Selain itu Anda juga bisa menemukan ikan pinggang, dompet, sandal dan berbagai produk fashion yang terbuat dari kulit.

14. Tempe Gila

Tempe Gila
Image Credit: Bukalapak.com

Jawa Barat termasuk daerah yang menyukai makanan pedas, begitu juga dengan Bandung. Jika Anda penggemar makanan pedas, maka tidak boleh melewatkan camilan bernama tempe gila. Tempe gila ini merupakan keripik tempe yang memiliki tingkat kepedasan yang berbeda. Anda bisa menemukan Tempe Gila ini berbagai tempat oleh-oleh maupun pasar yang ada di daerah Terminal Leuwi Panjang. Kemasannya yang modern akan membuatnya tahan lama.

15. Rujak Cireng

Rujak Cireng
Image Credit: Celahgoa.blogspot.com

Cireng atau aci digoreng merupakan camilan Khas Bandung yang juga bisa Anda jadikan oleh-oleh. Rasanya yang gurih dengan teksturnya yang kenyal membuat makanan ini sangat digemari. Kabar baiknya Anda bisa menjadikan cireng ini sebagai oleh-oleh, dan rujak cireng ini dijual dalam keadaan yang belum digoreng. Sehingga Anda bisa membawanya pulang dan bisa tahan lama. Sesampainya di rumah tinggal menggorengnya saja.

16. Tahu Tauhid

Tahu Tauhid
Image Credit: Pergidulu.com

Di Bandung memang ada banyak jenis tahu yang memiliki rasa lezat dan terkenal untuk dijadikan oleh-oleh. Salah satunya adalah tahu Tauhid yang memiliki rasa gurih dengan tekstur yang renyah serta kenyal. Karena cita rasa itulah membuat orang memburu tahu tauhid ini. Anda juga tidak perlu khawatir soal harga, karena biasanya dijual dengan harga Rp. 5 ribu saja yang berisi 10 buah tahu.

17. Bolu Gulung

Bolu Gulung
Image Credit: Bukalapak.com

Bolu Gulung juga menjadi salah satu oleh yang populer di Kota Bandung. Dan merek yang cukup dikenal adalah Toko Bolu Bawean. Toko ini menjual berbagai oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang. Hanya saja bolu gulungnya yang paling digemari. Rasanya yang legit dengan tekstur yang lembut menjadikannya banyak digandrungi. Anda juga bisa memilih berbagai varian bolu gulung sesuai dengan selera Anda, yang paling disukai varian African Roll.

18. Souvenir Wayang Golek

Souvenir Wayang Golek
Image Credit: Akurat.co

Kekayaan budaya Jawa Barat juga begitu kaya dan peninggalan budaya yang hingga kini tetap eksis adalah Wayang Golek. Wayang Golek ini bisa dijadikan oleh-oleh berupa souvenir khas Bandung. Tentunya wayang golek ini pilihan selain membawa buah tangan berupa makanan. Wayang Golek ini dijual dengan berbagai ukuran, mulai dari yang ukuran besar hingga ukuran 15 cm dan di masukkan ke dalam wadah kotak plastik atau kaca.

19. Batagor Bandung

Batagor Bandung
Image Credit: Pegipegi.com

Mungkin selain di Bandung Anda bisa menemukan batagor di berbagai daerah yang lain. Namun tentunya tidak bisa mengalahkan rasa dari tempat asalnya. Kini batagor bisa Anda dapatkanĀ  dalam bentuk masih mentah. Sehingga setibanya di rumah Anda tinggal menggorengnya. Inilah yang membuat batagor kini juga hadir sebagai panganan yang bisa dijadikan oleh-oleh khas dari kota Bandung yang populer.

20. Wajit Cililin

Wajit Cililin
Image Credit: Wisatabdg.com

Jajanan tradisional ini juga turut meramaikan oleh olah khas dari Bandung yang juga di buru. Wajit ini mirip dengan dodol dan juga memiliki rasa manis dengan tekstur yang legit. Yang membuat wajit ini unik adalah bungkusnya yang menggunakan kulit jagung. Dinamakan Wajit Cililin karena memang berasal dari daerah Cililin, Jawa Barat. Meskipun demikian, Anda bisa dengan mudah menemukan makanan ini di daerah Bandung.

BACA:  23 Wisata Kuliner di Cirebon yang Murah & Enak

21. Bandung Makuta

Bandung Makuta
Image Credit: Pergikuliner.com

Kue kekinian juga banyak bermunculan di Bandung, salah satunya adalah Bandung Makuta. Bandung Makuta konon merupakan miliki artis Laudya Chynthia Bella. Kue satu ini memang terkenal dijadikan sebagai oleh-oleh. Banyak juga yang datang karena penasaran dengan kue artis yang satu ini. Sehingga Anda jangan heran jika akan menemukan antrian panjang ketika akan membeli Bandung Makuta ini. Ada 4 outlet yang tersebar di Bandung untuk mendapatkan kue ini.

22. Martabak Bandung

Martabak Bandung
Image Credit: Beritabaik.id

Kota Kembang juga kondang dengan martabaknya yang rasanya tidak perlu diragukan. Salah satu yang terkenal yakni Martabak San Fransisco yang bisa ditemui di Jl. Jenderal Sudirman. Banyak pelanggannya yang bahkan rela antri untuk mendapatkan martabak ini. Martabak manis satu ini juga bisa Anda jadikan oleh-oleh untuk kerabat di rumah. Rasanya yang manis gurih makin nikmat dengan sensasi renyah ketika Anda gigit. Pilihan rasanya juga banyak.

23. Aneka Kerajinan Tangan Lembang

Aneka Kerajinan Tangan Lembang
Image Credit: Pergidulu.com

Bandung tak hanya memiliki oleh-oleh seputar makanan saja. Sebab kerajinan tangan dari Lembang juga sangat cocok untuk dijadikan buah tangan khas Bandung. Seperti misalnya tas anyaman, kerajinan dari bambu dan juga keramik. Anda bisa mengunjungi Jl. Raya Lembang untuk mendapatkan beragam kerajinan ini. Tentunya akan membuat orang tersayang Anda ini bahagia dengan oleh-oleh yang memiliki nilai seni tinggi ini.

24. Seblak Bandung

Seblak Bandung
Image Credit: Katalogwisata.com

Akhir-akhir ini Seblak menjadi makanan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Perpaduan rasa gurih dan pedas ini memang membuat siapapun ketagihan. Memang kini sudah banyak berbagai daerah yang menjual makanan satu ini. Namun tetap saja rasa di tempat asalnya akan berbeda dan lebih otentik. Sehingga Anda bisa membeli seblak yang sudah dalam kemasan. Ketika sampai rumah nanti Anda tinggal menyeduhnya dan jadilah seblak Bandung yang nikmat.

25. Bolu Bakar Tunggal

Bolu Bakar Tunggal
Image Credit: Zomato.com

Makanan selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh dan tak kalah populer adalah Bolu Bakar Tunggal. Secara tampilan memang seperti roti bakar pada umumnya. Hanya saja sangat berbeda karena bahannya menggunakan roti bolu yang kemudian di bakr. Anda bisa memilih dua jenis bolu bakar, yakni bolu bakar dengan rasa asin dan rasa yang manis. Dan Bolu Bakar Tunggal ini sudah diakui kelezatan rasanya sehingga tak perlu ragu.

Ada berbagai rasa yang bisa Anda pilih yakni mulai dari cokelat, wijen, roombutter, kelapa susu, keju, nanas, dan lain sebagainya. Untuk rasa asinnya ada tuna, keju spesial tuna pedas dan tuna pedas saja. Anda bisa menuju kawasan Sudirman untuk mendapatkan panganan satu ini. Satu buahnya dihargai mulai dari Rp. 20 ribu hingga Rp, 35 ribuan. Memang akan nikmat disantap saat hangat, namun juga bisa dijadikan oleh-oleh.

Kota Bandung memang menjadi kota tujuan wisata yang terbilang lengkap. Pengunjungnya bisa merasakan berbagai pengalaman liburan seru dan akan pulang dengan berbagai oleh-oleh khas dari Bandung yang lezat dan unik. Belum lagi ada berbagai tempat yang menjadi pusat oleh-oleh dengan akses yang begitu mudah. Sudah memutuskan untuk membeli oleh-oleh keluarga di rumah yang mana?