Banjarbaru memiliki beragam oleh-oleh khas yang unik dan wajib dibeli saat berkunjung. Buah tangan yang populer, seperti makanan khas, camilan dan cinderamata yang paling diburu wisatawan.

Banjarbaru merupakan bagian dari Kalimantan Selatan yang menawarkan berbagai atraksi pariwisata yang mengagumkan. Tak heran jika kota satu ini juga menjadi salah satu tujuan para wisatawan. Jika tempat wisatanya melimpah, maka oleh-oleh khasnya juga tak kalah unik dan wajib diburu.

Bagi Anda yang berada di Banjarbaru, Anda bisa berburu oleh-oleh khasnya yang begitu populer dalam ulasan berikut.

1. Ikan Seluang

Ikan Seluang
Image Credit: Foodnesia.net

Mungkin Anda bisa menemukan Ikan Seluang ini tidak hanya di Banjarbaru. Banjarmasin juga kondang dengan olahan Ikan Seluangnya yang diburu wisatawan. Ikan seluang sendiri merupakan salah satu ikan yang begitu mudah untuk dijumpai dan ukurannya sangat kecil. Hanya berukuran sekitar 2 sampai 4 inchi, menjadikan ikan satu ini begitu mudah untuk diolah. Di tangan warga Kalimantan Selatan, ikan ini bisa disulap menjadi makanan yang nikmat.

Umumnya, ikan seluang akan digoreng hingga kering dan membuat teksturnya menjadi lebih renyah. Rasanya yang gurih menjadikan makanan khas satu ini begitu banyak penggemar. Selain itu, camilan satu ini juga tidak mudah melempem sehingga sangat cocok dijadikan oleh-oleh. Anda tidak perlu khawatir jika akan busuk atau tidak lagi renyah, karena meskipun sudah disimpan berhari hari tetap renyah. Anda bisa sangat mudah menemukan makanan ini di Banjarbaru.

2. Dodol Kandangan

Dodol Kandangan
Image Credit: Indonesiakaya.com

Kalimantan Selatan yang juga termasuk di dalamnya Banjarbaru, memiliki kuliner yang begitu terkenal. Mereka menyebutnya dengan Dodol Kandangan, yang juga merupakan nama salah satu kota di Kalimantan. Dodol Kandangan ini juga begitu mudah untuk Anda temukan di Banjarbaru, tidak hanya di Banjarmasin saja. Dodol memang menjadi salah satu jajanan tradisional yang begitu nikmat dan selalu memberikan inovasi baru di setiap daerah.

Rasanya yang manis dengan tekstur yang lembut membuat siapapun akan ketagihan. Dodol satu ini memang tak jauh berbeda dengan dodol lainnya, yang membuatnya unik adalah bentuknya yang lebih tipis juga lebih manis. Membuat orang yang menikmatinya akan ketagihan, serta tak sadar sudah menghabiskan beberapa. Menariknya, Dodol Kandangan juga menawarkan berbagai rasa yang siap untuk dicicipi penikmatnya.

BACA:  20 Tempat Wisata di Banjarbaru Terbaru & Paling Hits

Hanya saja dari semua rasa yang ada, rasa durian dan juga rasa manis menjadi yang paling banyak diburu oleh wisatawan. Selain rasanya yang beragam, Anda juga sangat mudah menemukan makanan satu ini di berbagai penjuru Kalimantan Selatan, termasuk di Banjarbaru. Harga yang ditawarkan juga termasuk terjangkau dan ramah kantong. Membeli banyak kotak untuk keluarga bukanlah masalah, apalagi dodol Kandangan juga bisa tahan lama.

3. Kue Rangai

Kue Rangai
Image Credit: Mahabbahsalwis.blogspot.com

Kue tradisional memang tidak pernah gagal untuk memikat siapapun yang merasakannya. Begitu juga ketika Anda menginjakkan kaki di Kalimantan Selatan, Anda akan menemukan kue Rangai yang begitu terkenal. Bahkan seantero Kalimantan Selatan, termasuk Banjarbaru mengenal makanan satu ini. Beberapa juga mengenal makanan ini dengan kue rangi atau sagon. Kue khas satu ini dibuat dari tepung ketan dan ditambahkan dengan beberapa bahan istimewa lainnya.

Rasanya yang manis didapatkan dari gula merah yang hadir sebagai topping di atasnya. Cara mengolahnya dengan cara dipanggang sehingga menjadi kue kering. Teksturnya memang terlihat renyah tapi begitu digigit Anda akan merasakan kelembutan di dalamnya. Makanan satu ini termasuk jajaran makanan tradisional yang begitu terjangkau. Anda juga bisa dengan mudah mendapatkannya, hanya saja ketika dijadikan oleh-oleh pastikan Anda bertanya seberapa lama ketahanannya.

4. Abon Ikan

Abon Ikan
Image Credit: Shopee.co.id

Abon memang menjadi salah satu teman makan yang begitu banyak penggemar. Masyarakat Indonesia sendiri juga sudah akrab dengan kehadiran Abon yang dalam hal ini berupa daging ayam atau sapi. Ketika mengunjungi Banjarbaru, Anda akan menemukan abon yang dibuat dari ikan. Abon ikan memiliki rasa yang lebih gurih dan juga memiliki nilai gizi yang tak kalah tinggi. Tidak hanya dijadikan lauk, abon ikan juga sangat nikmat dijadikan camilan.

Yang membuat abon ikan ini begitu diburu adalah karena ketahanannya. Tanpa menggunakan bahan pengawet, masyarakat hanya mengolahnya dengan cara yang tepat. Sehingga abon ikan bisa bertahan dalam jangka waktu yang panjang, bahkan bertahun tahun. Anda yang berada di luar daerah tentunya tak perlu khawatir memburu oleh-oleh khas Banjarbaru ini. Menemukan abon ikan juga begitu mudah, hanya cukup kunjungi toko oleh-oleh saja.

BACA:  25 Tempat Wisata di Banjarmasin Terbaru & Paling Hits

5. Kuku Macan

Kuku Macan
Image Credit: Shopee.co.id

Kuku macan adalah camilan selanjutnya yang juga bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh. Masuk dalam deretan amplang khas Kalimantan yang terkenal, kuku macan memiliki bentuk yang berbeda. Bentuknya yang mirip dengan kuku macan, menjadikan makanan renyah ini dikenal dengan kuku macan. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuatnya diburu oleh wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh yang tahan lama dan juga mudah ditemukan.

Kuku Macan mungkin bisa dengan mudah Anda temukan di kota lain. Tetapi rasanya bisa saja berbeda jika membeli di daerah asalnya. Kuku Macan tak hanya cocok sebagai camilan, namun juga nikmat dijadikan sebagai teman makan. Dijamin Anda akan ketagihan dengan rasanya, sehingga tak heran jika makanan ini begitu banyak peminatnya. Untuk menemukannya juga begitu mudah, hanya tinggal menuju pusat oleh-oleh.

6. Kue Keminting

Kue Keminting
Image Credit: Shopee.co.id

Membawa pulang makanan dari suatu daerah memang menjadi pilihan yang paling banyak dilakukan. Selain mudah dibawa, harga makanan umumnya juga menjadi lebih murah. Singgah di Kalimantan Selatan, tepatnya di Banjarbaru Anda bisa menjadikan kue keminting sebagai salah satu pilihan. Kue keminting memiliki bentuk bulatan kecil yang mirip dengan kemiri, sesuai namanya dalam bahasa Banjar keminting adalah kemiri.

Teksturnya memang terlihat keras, tetapi begitu Anda gigit tidak seperti yang Anda bayangkan. Justru kue ini lebih renyah dan juga membuat siapapun ketagihan dengan rasanya. Rasanya memang dominan manis, namun tidak berlebihn dan sangat pas di lidah. Untuk mendapatkan kue keminting bukanlah pekara yang sulit, sudah banyak yang menjual makanan satu ini di pusat oleh-oleh. Harganya juga tidak akan membuat kantong Anda jebol.

7. Batu Mulia

Batu Mulia
Image Credit: Detik.com

Banjarbaru juga termasuk daerah yang memiliki batu mulia yang sangat cantik saat dijadikan perhiasan. Di Daerah Banjarbaru Anda bisa dengan mudah menemukan tempat penjual batu mulai ataupun akik yang sangat cocok untuk oleh-oleh. Pengrajin akik atau batu mulia di daerah satu ini memang begitu melimpah. Sehingga Anda bisa dengan leluasa memilih model dan perhiasan yang diinginkan.

Selain dijadikan benda seperti akik, batu mulia Banjarbaru juga bisa disulap menjadi gelang gelang cantik atau perhiasan lainnya. Memberikan kerabat atau sahabat dekat cinderamata ini tentunya akan memberikan kesan tersendiri. Apalagi di Banjarbaru Anda bisa membeli langsung dari pengrajin dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Cinderamata satu ini hingga kini masih menjadi salah satu buah tangan yang begitu populer dan banyak diburu wisatawan.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Banjarmasin yang Paling Populer

8. Kain Sasirangan

Kain Sasirangan
Image Credit: Kalselpos.com

Tidak hanya batu mulia, Anda juga bisa menjadikan kain sasirangan sebagai buah tangan kerabat di rumah. Kain bermotif satu ini memiliki banyak makna dan juga fungsi. Setiap motif akan bisa digunakan untuk kegiatan yang berbeda. Mulai dari ritual atau upacara adat suku Banjarbaru, dan ada juga motif khusus untuk pengobatan. Motif tersebut disebut dengan motif ghaib, sementara yang dijadikan sebagai ikat kepala dikenal dengan motif laung.

Sementara untuk Kakamban merupakan motif yang digunakan untuk serudung, udat untuk kemben dan juga babat untuk motif ikat pinggang. Dengan banyaknya fungsi di setiap motifnya, membuat kain bermotif satu ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Selain motif, bahan yang digunakan juga sangat beragam. Begitu juga dengan harganya yang umumnya tergantung bahan dan juga motifnya.

9. Minyak Kayu Balitung

Minyak Kayu Balitang
Image Credit: Tokopedia.com

Masyarakat Banjarbaru yang sebagian juga merupakan suku Dayak. Inilah yang membuat Anda bisa menemukan yang namanya Minyak Kayu Balitung. Minyak yang terbuat dari bahan bahan herbal ini memiliki khasiat untuk menguatkan rambut yang rontok dan tipis. Sehingga tidak ada salahnya jika Anda menjadikan minyak tradisional ini sebagai buah tangan keluarga. Apalagi minyak satu ini juga dikenal sebagai minyak anti uban.

10. Kaos Daerah

Kaos Daerah
Image Credit: Kaskus.co.id

Kaos juga menjadi salah satu cinderamata yang tak dapat diabaikan begitu saja. Kaos dari Banjarbaru memiliki design yang begitu unik dan khas. Seperti gambar tentang daerah tersebut hingga kata kata yang juga identik dengan Banjarbaru. Anda bisa memilih banyak warna hingga desain yang sesuai dengan selera anda. untuk menemukan kaos ini sangat mudah, Anda hanya perlu pusat pusat oleh-oleh yang menyediakan kaos dengan beragam ukuran.

Itulah beberapa deretan oleh-oleh khas dari Banjarbaru yang bisa Anda jadikan sebagai buah tangan untuk dibawa pulang. Memang tidak banyak perbedaan dengan beberapa kota lainnya yang ada di Kalimantan Selatan. Hal ini memang latar belakang budaya serta komoditas yang tak berbeda jauh. Pastinya mengunjungi Banjarbaru tak lengkap rasanya jika tidak berburu oleh-oleh khasnya.