Batam adalah salah satu kota terbesar yang ada di Provinsi Riau dan menjadi pusat keluar atau masuknya barang dari luar negeri. Tidak heran banyak barang baru yang dikirim dari kota satu ini. Kamu dapat menemukan banyak destinasi menarik dari kota ini, sehingga banyak turis yang tertarik untuk berkunjung. Kunjungan ini tidak lengkap jika tidak membawa oleh-oleh yang jadi ciri khas dari kota Batam. Berikut rekomendasi buah tangan yang telah terkenal hingga mancanegara!

1. Kaos T-Obenk

Kaos T-Obenk
Image Credit: Tokopedia.com ( T Obenk kaos Batam)

Beberapa kota wisata di Indonesia telah memiliki brand yang menjadi ciri khas, sehingga turis yang datang ke kota tersebut membelinya sebagai oleh-oleh. Brand tersebut telah memiliki hak paten, sehingga telah memiliki desain yang unik. Batam menjadi salah satu kota yang telah memiliki brand unik untuk oleh-oleh atau souvenir. Kamu dapat membeli kaus T-Obenk untuk kerabat atau orang orang tersayang sebagai oleh-oleh khas dari kota Batam.

Biasanya para turis, baik lokal maupun mancanegara akan membeli kaus ini dalam jumlah yang banyak. Harga yang dibandrol untuk satu kaos juga sangat terjangkau, mulai dari 60 ribu rupiah. Bahan yang dipakai adalah premium yang sangat berkualitas, sehingga diklaim sangat awet untuk pemakaian jangka panjang. Desain yang dipakai untuk kaos ini tulisan unik dan lucu, salah satunya tulisan “I Love Batam”. Warna baju, sablon, atau desain tulisan sangat bervariasi.

2. Coklat Rocklate

Coklat Rocklate
Image Credit: Silausurya.com

Tentu masyarakat Indonesia sangat menyukai coklat karena rasanya yang manis dan dipercaya mampu membuat perasaan menjadi lebih baik. Camilan satu ini sangat unik karena bahan yang dipakai tidak biasa, yaitu campuran coklat dan marshmallow. Sensasinya yang dihasilkan lembut dan lumer saat coklat masuk ke dalam mulut. Ada beberapa variasi rasa dengan harga yang cukup variatif pula. Rocklate dapat kamu beli di beberapa tempat, sehingga cukup mudah mencarinya.

3. Bingka Bakar Naya@dam

Bingka Bakar Naya@dam
Image Credit: Inascoretcoret.blogspot.com

Jajanan khas Indonesia memang sangat beragam, bahkan beberapa jajanan dari kota yang berbeda juga sangat mirip. Bingka bakar ini cukup mirip dengan bika ambon, tetapi cara pengolahannya sangat berbeda. bahan yang dipakai tentu sangat aman dan mudah dicari, antara lain santan, tepung terigu, gula, dan telur. Yang membuat makanan ini sangat unik dan banyak dicari karena aroma khas bakaran yang membuat penikmatnya sangat ketagihan.

BACA:  20 Tempat Wisata di Batam Terbaru & Paling Hits

Varian rasa yang ditawarkan sangat beragam, yaitu original, wijen, cokelat, dan rasa buah buahan. Rasa original, cokelat, dan wijen tersedia setiap saat karena bahan bahan tersebut dapat diperoleh sewaktu waktu. Akan tetapi, untuk rasa buah buahan hanya diproduksi atau dijual di musim tertentu. Hal ini yang membuat bingka bakar ini unik dan digemari banyak orang selain karena harganya yang sangat terjangkau, yaitu mulai dari 20 ribu rupiah.

4. Layers Batam Lamoist

Layers Batam Lamoist
Image Credit: Lamoist.com

Secara visual sekilas seperti kue lapis legit atau spiku yang khas dari salah satu kota di pulau Jawa. Akan tetapi, rasa dari Layers Batam lamoist ini sangat unik dan rotinya yang lembut cukup membuat banyak orang ketagihan. Oleh-oleh alternatif satu ini membuatmu tidak ragu untuk membeli kue yang telah eksis sejak 16 tahun terakhir. Kue dari kota Industri ini telah dipasarkan di beberapa tempat, bahkan telah masuk ke beberapa mall besar di kota Batam.

5. Kek Pisang Villa

Kek Pisang Villa
Image Credit: Bukalapak.com

Menjadi salah satu oleh-oleh yang banyak dicari bahkan tidak pernah tergeser meskipun saat ini telah beredar banyak sekali kue artis kekinian. Kue yang memanfaatkan bahan dasar pisang ini tetap memiliki tempat di hati para penggemarnya. Rasa yang ditawarkan, antara lain Kek Pisang Choconut, Kek Pisang Blueberry, dan beberapa olahan brownies pisang. Kue yang telah ada sejak 14 tahun lalu ini telah memiliki 5 cabang di Batam, sehingga mudah untuk mencarinya.

6. Kue Batang Buruk Q-Ko Snack

Kue Batang Buruk Q-Ko Snack
Image Credit: Bukalapak.com

Sesuatu yang telah berumur puluhan hingga ratusan tahun biasanya memiliki cita rasa yang unik, sehingga tetap eksis hingga saat ini. Tidak hanya rasanya yang unik, kue satu ini juga cukup ramah di kantong. Kue batang ini telah ada sejak zaman kerajaan, tetapi dapat bertahan dan terkenal hingga ke mancanegara. Banyak turis, mulai dari lokal hingga mancanegara tertarik dan tertambat pada rasa kue yang sangat tradisional dan bisa dibilang kuno ini.

Rasa yang ditawarkan oleh produk satu ini, antara lain Snack Bilis Gulung, Kerupuk Gonggong, Kue Batang Buruk, dan masih banyak lagi. Kue yang telah eksis selama puluhan tahun ini menggunakan resep turun temurun, sehingga rasanya tidak pernah berubah. Kamu pun tidak perlu khawatir mengenai kebersihan proses pembuatan karena standar kebersihan dapur dan alatnya sangat terpercaya. Harga per produk mulai dari 20 ribu rupiah, murah bukan?

7. Luti Gendang

Luti Gendang
Image Credit: Luti-gendang-original-batam-halal.business.site

Roti adalah jajanan yang sangat populer di Indonesia, salah satunya roti isi. Yang banyak ada di pasaran adalah roti isi ayam atau sejenisnya. Akan tetapi, Kota Industri ini memiliki ciri khas yang berbeda karena rotinya menggunakan isian ikan. Cara pembuatannya seperti roti goreng dengan tekstur yang hampir sama. Bagian luar dengan tekstur crunchy, sedangkan di bagian dalam sangat lembut dan lumer begitu pula dengan isiannya yang sangat pas.

BACA:  20 Tempat Wisata di Batam Terbaru & Paling Hits

Ikan yang biasa dipakai adalah ikan tuna, lalu dibuat dalam sebuah adonan yang dicampur dengan rempah rempah khas Indonesia. Rempah rempah inilah yang menjadikan roti ini memiliki cita rasa yang kuat, sehingga sangat melekat di hati penggemarnya. Para pelancong dapat membeli roti ini secara satuan ataupuan dalam box dengan harga yang lebih terjangkau. Jika kamu ingin membeli roti goreng unik ini, telah tersedia di seluruh sudut kota.

8. Brownies Lava

Brownies Lava
Image Credit: Facebook.com @batamaqillabrownieslava

Sesuai dengan namanya, brownies ini memiliki lelehan cokelat yang dapat menambah cita rasa khas dari penganan yang unik dari Batam. Para pecinta brownies tentu tidak boleh melewatkan kue satu ini karena paduan rasa manis dan pahit cokelat telah campur jadi satu dan mampu menggoyang lidah. Varian rasa yang ditawarkan juga sangat beragam, antara lain blackforest, kacang, dan cheesecake dengan harga yang sangat ramah di kantong sehingga dapat dibeli siapa saja.

9. Teh Bunga Rosella

Teh Bunga Rosella
Image Credit: Oleholehbatam.wordpress.com

Indonesia memiliki aneka minuman yang cukup kaya, salah satunya teh bunga rosella. Kota Industri ini menyediakan oleh-oleh yang sangat bermanfaat dengan teh yang dikemas dengan cantik dan praktis. Proses pembuatannya tentu sangat terpercaya dan alami, sehingga rasa dan aromanya tidak berubah. Hal tersebut membuktikan bahwa khasiatnya juga tetap sangat tinggi. Harga yang dibandrol untuk satu kemasan besar juga sangat terjangkau, berminat mencoba?

10. Keripik Kari Fartiana

Keripik Kari Fartiana
Image Credit: Batamtoday.com

Pecinta kari biasanya mencari berbagai produk dengan cita rasa serupa untuk memenuhi keinginannya. Saat ini telah hadir kerupuk kari produksi Fatiana dengan varian rasa yang sangat beragam, yaitu gonggong, udang, dan habbatussauda. Rasa gonggong jadi andalan dari produk ini, sehingga cukup laris di pasaran. Keripik satu ini sangat populer bahkan hingga ke beberapa negara tetangga, sehingga kamu dapat mencari produk Fatiana ini dengan sangat mudah.

11. Bilis Molen

Bilis Molen
Image Credit: Kumpulankuekering.wordpress.com

Oleh-oleh lain yang harus kamu beli untuk keluarga di rumah adalah bilis molen. Makanan satu ini cukup populer di Batam karena bahan yang dipakai berbeda dari molen lainnya. Ikan bilis jadi bahan utama lalu dibalut dengan adonan kulit dan digoreng hingga kering di bagian luar. Rasa yang ditawarkan adalah paduan rasa manis dari adonan kulitnya dan gurih dari ikan. Kue ini diproduksi oleh industri rumahan, tetapi telah dipasarkan di beberapa tempat beli oleh-oleh.

BACA:  20 Tempat Wisata di Batam Terbaru & Paling Hits

12. Mamma Otak Otak

Mamma Otak Otak
Image Credit: Bukalapak.com

Kota Industri ini terletak di area kepulauan, sehingga bahan pangan yang melimpah ruah adalah hasil laut. Tidak heran banyak makanan olahan yang memakai bahan utama dari ikan, salah satu oleh-oleh khasnya adalah otak otak. Mamma otak otak menjadi makanan yang cukup populer dengan cita rasa yang tidak pernah berubah sejak 38 tahun lalu. Varian rasa yang ada sangat beragam, yaitu otak otak putih, otak otak sotong, otak otak original, dan masih banyak lagi.

13. Kek Buah Naga Aroma

Kek Buah Naga Aroma
Image Credit: Facebook.com @cakebuahnagaaroma

Ingin oleh-oleh yang enak, aman, sehat, dan bergizi? Kek Buah Naga Aroma adalah pilihan yang paling tepat untuk dibawa pulang selepas liburan di Batam. Bahan utama yang dipakai ialah sari buah naga merah yang dapat kamu jumpai dengan mudah di kota Industri ini. Manfaat dari kek ini sangat banyak, seperti pengembang kadar gula, vitamin, dan serat. Ada beberapa rasa, yaitu original, keju, mocaa, almond victoria, dan beberapa varian rasa lainnya yang tidak kalah enak.

14. Olahan Buah Naga

Olahan Buah Naga
Image Credit: Alatpresplastik.com

Buah yang dapat tumbuh dengan mudah di kota Industri ini membuat banyak orang mulai berkreasi membuat aneka macam panganan. Buah naga memiliki kandungan air yang tinggi, gizi yang baik, warna yang cantik, dan rasa manis alami. Kandungan yang sangat baik ini membuat buah naga dapat dikonsumsi setiap hari. Jika kamu bosan dan ingin variasi lain, terdapat aneka jajanan olahan yang tidak kalah enak, yaitu keripik dan stik dengan bahan utama buah naga.

15. Kek Durian

Kek Durian
Image Credit: Kekpisangvilla.com

Menjadi salah satu buah yang digemari orang Indonesia, durian tetap jadi primadona di negeri ini. Buah yang banyak penggemarnya ini memiliki rasa dan aroma yang kuat, sehingga melekat di hati dan indra manusia. Oleh karena itu, dibuatlah berbagai macam olahan untuk oleh-oleh dengan bahan dasar buah durian. Kek durian jadi buah tangan yang tidak boleh ketinggalan karena olahan ini dapat bertahan lebih lama daripada kamu membawa pulang buah durian.

Batam terkenal sebagai kota Industri, tetapi juga banyak penawaran destinasi menarik di kota ini. Tidak heran banyak pula oleh-oleh khas asal Batam yang digemari dan populer hingga ke luar negeri. Bagi kamu yang sempat berkunjung ke salah satu kota di Riau ini wajib menjajal beberapa jajanan khas dari 15 rekomendasi yang telah disebutkan. Di kota ini juga banyak buah tropis, sehingga banyak pula olahan oleh-oleh dengan cita rasa buah yang sangat unik dan melekat di hati penggemarnya.