Kota Bengkulu memiliki beragam oleh-oleh khas yang menarik. Tidak hanya makanan dan minuman, ada pula kerajinan dengan bentuk yang unik. Jadi Anda bisa memberikan buah tangan yang cocok untuk kerabat.

Selain menawarkan keindahan bunga Rafflesia, Bengkulu juga memiliki destinasi wisata yang menarik. Mulai dari tempat sejarah, pantai, hingga air terjun rasanya tidak bisa dilewatkan begitu saja. Setelah puas menjelajahi kawasan wisatanya, Anda bisa lanjut berburu oleh-oleh khas dari kota ini untuk dijadikan buah tangan.

Meskipun hanya provinsi kecil ternyata bumi Rafflesia ini menyimpan banyak olahan asli buatan warganya. Penasaran apa saja? Berikut 10 rekomendasi oleh-oleh khas Bengkulu yang wajib Anda bawa pulang.

1. Kerajinan Kulit Lantung

Kerajinan Kulit Lantung
Image Credit: Intaimag.blogspot.com

Kulit Lantung merupakan kulit pohon bergetah yang ditipiskan menggunakan lesung. Dulu saat masa penjajahan Jepang, masyarakat Bengkulu menjadikan kulit Lantung sebagai bahan pengganti kain untuk pakaian. Tekstur kulit ini berserabut dan lumayan kasar tetapi warna aslinya tetap bertahan meski diolah menjadi beragam bentuk. Sehingga memudahkan para pengrajin untuk mengkreasi lantung menjadi sebuah kerajinan tangan.

Berbagai macam bentuk kerajinan pun dihadirkan seperti tas, gantungan kunci, pigura, miniatur, hingga dompet. Kerajinan ini tidak hanya populer di kalangan wisatawan lokal saja, tetapi juga para pelancong mancanegara. Alasannya karena buah tangan Bengkulu ini memiliki corak unik serta tekstur yang tampak natural. Harga yang ditawarkan cukup beragam namun masih terjangkau. Spesialnya karya unik ini hanya bisa ditemukan saat Anda berkunjung ke Bengkulu.

2. Lempuk Durian

Lempuk Durian
Image Credit: Omyago.com

Sebagai salah satu daerah penghasil durian terbesar di Pulau Sumatera, tentu banyak makanan khas Bengkulu yang terbuat dari durian. Salah satunya adalah Lempok Durian yang cukup populer di kalangan para wisatawan. Berawal dari saat musim durian tiba yang mana jumlah buahnya sangat melimpah. Kemudian satu kelompok masyarakat mencetus gagasan baru bagaimana caranya mengawetkan buah ini supaya bisa dikonsumsi jangka panjang.

Makanan sejenis dodol ini terbuat dari daging buah durian, lalu dicampur dengan tepung gandum. Rasanya legit dan sangat nikmat ketika digigit, ditambah aroma durian yang sangat menggoda. Sehingga membuat siapapun pasti tidak sabar untuk mencicipinya, bahkan wisawatan kerap memborong Lempuk Durian. Anda bisa membeli dodol khas Bengkulu ini dengan harga terjangkau, dan biasanya ditemukan di gerai makanan khas dekat area wisata.

BACA:  25 Tempat Wisata di Bengkulu Terbaru & Paling Hits

3. Batik Besurek

Batik Besurek
Image Credit: Infobatik.id

Tidak hanya Yogjakarta yang memiliki khas batik ternyata ada pula batik khas Bengkulu. Warisan leluhur ini sudah ada sejak zaman dahulu kala hanya saja belum begitu terkenal. Dulu kain batik Bengkulu hanya dikenakan oleh para bangsawan, atau ketika akan melaksanakan upacara adat. Ciri khasnya terletak pada warna yang terang dengan motif kaligrafi. Kini motif tersebut kerap dipadukan dengan corak lain seperti rembulan, relung paku, hingga bunga rafflesia.

Batik asli Bengkulu ini tidak dibuat menggunakan mesin cetakan, melainkan dengan metode tulis tangan. Tidak heran apabila kualitas kain berada diatas rata-rata, bisa dibilang mampu bersaing dengan batik daerah lain. Bahannya adem serta tampak halus saat dipakai, menghilangkan kesan kaku pada batik. Kain bercorak ini selalu diburu para wisatawan meskipun harganya sedikit mahal. Baik membelinya dalam bentuk pakaian atau masih kain utuh.

4. Kerajinan Kayu Bengkulu

Kerajinan Kayu Bengkulu
Image Credit: Kerajinanindonesia.id

Selain kerajinan lantung, kayu juga sering dijadikan sebagai bahan dasar kerajinan di bumi Rafflesia ini. Meskipun terlihat sederhana tetapi bahan kayunya sangat berkualitas, serta mudah dibentuk ke berbagai kerajinan. Biasanya wisatawan memburu olahan kayu berupa tas, asbak, hingga tempat tisu. Tidak cukup itu saja para pengrajin juga membentuk kayu menjadi beberapa perabotan rumah, seperti gelas dan piring.

Bisa dikatakan kerajinan kayu dari Bengkulu ini digemari warga lokal hingga mancangera. Bagaimana tidak, bagian permukaannya dipoles halus sehingga kesan tekstur kasar kayu hilang. Pinggirannya dihias dengan ornamen-ornamen unik membuat buah tangan ini tampak cantik. Rata-rata orang membelinya sebagai pajangan di rumah atau kantor agar terkesan estetik. Untuk mendapatkannya Anda bisa datang ke toko-toko souvenir yang ada di Bengkulu.

5. Perut Punai

Perut Punai
Image Credit: Oleholehkhasbkl.blogspot.com

Mungkin nama makanan khas Bengkulu ini terdengar asing, karena memang kurang begitu populer. Tapi jangan salah soal rasanya tidak tertandingi bahkan bisa membuat Anda ketagihan. Nama Punai sendiri sendiri terinspirasi dari isi perut Burung Punai yang melilit dan melingkar. Itulah mengapa oleh-oleh ini cukup unik karena dari bentuknya saja sudah menonjolkan sisi ciri khas yang mudah diingat.

Kue enak ini terbuat dari tepung terigu yang disangrai terlebih dahulu. Kemudian adonan diolah serta diberi dua varian rasa yaitu gurih dan manis. Bentuk kuenya kecil-kecil seperti kepingan koin sehingga muat saat digigit. Pembeli bebas membelinya dalam kemasan atau ball kiloan, tergantung kebutuhan masing-masing. Anda bisa menemukan kue unik ini di berbagai toko oleh-oleh, tentunya dibanderol dengan harga yang terjangkau.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Bengkulu yang Murah & Enak

6. Kue Bay Tat

Kue Bay Tat
Image Credit: Correcto.id

Kudapan khas Bengkulu ini dulunya merupakan sajian yang dihidangkan untuk sang Raja. Namun seiring berkembangnya zaman kue lezat ini mulai dinikmati rakyat, sampai sekarang justru menjadi oleh-oleh khas wisata. Kue Bay Tart mempunyai bentuk segi empat sedikit menyerupai kue pie. Meskipun begitu dari segi rasanya berbeda jika kue pie cenderung manis, sedangkan kue khas bumi Rafflesia ini sedikit gurih.

Sajian saat Idul Fitri ini terbuat dari campuran tepung gandum, telur, gula pasir, dan mentega. Tekstur kue cukup lembut dan agak renyah membuat siapapun jatuh hati pada gigitan pertama. Biasanya masyarakat Bengkulu menambahkan selai nanas yang digunakan sebagai topping. Perpaduan gurih dan manisnya selai menghadirkan sensasi rasa yang tiada dua. Kue enak ini mudah ditemui di toko oleh-oleh dengan harga yang bervariasi tergantung ukuran kue.

7. Sirup Jeruk Kalamansi

Image Credit: Omiyago.com

Selain makanan, Bengkulu juga mempunyai aneka minuman yang cocok untuk melepaskan dahaga. Tak hanya menyegarkan, Sirup Jeruk Kalamansi dipercaya bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Karena mengandung vitamin C yang dapat mencegah pernafasan, antioksidan, dan memperlancar sirkulasi darah. Oleh karena itu banyak diburu oleh masyarakat sekitar bahkan terkenal di kalangan wisatawan.

Sirup ini berasal dari sari jeruk Kalamansi yang dicampur dengan gula pasir sebagai pemanis. Kemudian dikemas dalam botol ukuran kecil dan tanggung dengan variasi harga berbeda. Anda bisa mencicipi minuman asli Bengkulu ini dalam kadaan hangat maupun dingin. Biasanya wisatawan kerap memborong hingga beberapa dus untuk dijadikan buah tangan. Menemukan minuman ini sangat mudah karena banyak dijual di toko oleh-oleh.

8. Kopi Bubuk

Kopi Bubuk
Image Credit: Gerbangbengkulu.com

Daerah Aceh dan Sumatera memang terkenal sebagai wilayah penghasil kopi. Karena perkembangannya cukup potensial tidak heran bila populer di Nusantara maupun mancanegara. Termasuk kopi bubuk khas Bengkulu yang memiliki cita rasa berbeda dari kopi lainnya. Dengan aroma biji kopi yang harum serta menggugah selera para penikmatnya. Dari yang awalnya tidak ada keinginan membeli jadi tergoda untuk memborong dalam jumlah banyak.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Bengkulu yang Murah & Enak

Banyak wisatawan menjadikan kopi ini sebagai oleh-oleh untuk dibagikan kepada kerabat dekat. Mereka rela jauh-jauh datang dari berbagai pulau agar bisa mencicipi kelezatan kopi khas Bengkulu. Ada beragam varian rasa yang ditawarkan mulai dari Robusta hingga kopi hitam biasa. Buah tangan ini dikemas dalam bentuk yang bermacam-macam, namun tetap mudah dibawa oleh si pembeli.

Kopi Bengkulu memang mudah ditemukan di segala penjuru kota, tidak hanya di toko oleh-oleh saja. Jika Anda ingin mencicipi olahannya tinggal datang ke cafe atau restoran yang menyajikan menu aneka kopi. Karena hampir semua pebisnis kuliner kopi di Bengkulu wajib menggunakan kopi khas daerah. Tujuannya untuk mengembangkan produk dalam negeri supaya semakin dikenal oleh masyarakat luas.

9. Manisan Terong

Manisan Terong
Image Credit: Lensabengkulu.com

Umumnya terong diolah menjadi sayur atau sekedar digoreng sebagai pelengkap sajian saat makan. Namun masyarakat Bengkulu justru mengolahnya menjadi manisan yang dijual secara luas. Terong yang diambil bukan terong sayur pada umumnya, tetapi terong berwarna ungu dengan daging yang tebal. Setelah dikupas bersih barulah dicampur dengan gula pasir hingga teksturnya tampak kenyal.

Banyak yang bilang jika manisan ini memiliki rupa seperti kurma, karena rasa legitnya hampir sama. Bedanya olahan terong ini mempunyai bentuk yang sedikit lebih panjang dibandingkan kurma. Karena daya tahannya lama sehingga cocok untuk menjawab apa oleh-oleh Bengkulu yang harus dibeli. Meskipun cara pengolahannya memakan waktu lama namun harganya tidak mahal.

10. Emping Bengkulu

Emping Bengkulu
Image Credit: Empingmelinjobengkulu.blogspot.com

Biasanya saat bersilaturahmi ke rumah tetangga atau kerabat saat Idul Fitri, pasti sudah tidak asing dengan sajian emping. Ternyata makanan ini berasal dari Bengkulu Selatan dan kerap dijadikan oleh-oleh para wisatawan. Emping sendiri terbuat dari biji buah melinjo yang direbus lalu ditumbuk sampai pipih. Memang paling enak dinikmati saat bersantai sambil ngobrol dengan keluarga.

Berkunjung ke Bengkulu kurang afdol rasanya jika tidak memborong berbagai oleh-oleh khasnya. Anda bisa memilih sembarang buah tangan mulai dari kerajinan sampai olahan minuman dan makanan. Semuanya dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau cocok untuk semua isi kantong. Hampir semua oleh-oleh yang ditawarkan mempunyai ciri khas tersendiri, sangat rugi apabila dilewatkan begitu saja. Bahkan Anda bisa memberi sedikit buah tangan untuk kerabat.