Menawarkan banyak wisata yang menarik dan cantik, kota Bintan memang cocok sebagai tempat wisata keluarga. Saat pulang, jangan lupakan berburu oleh-oleh khas Bintan yang paling favorit dan populer di kalangan wisatawan.

Ketika sedang liburan, berbelanja oleh-oleh untuk kerabat di rumah memang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Apalagi setiap daerah di Indonesia selalu memiliki ciri khas tersendiri. Bagi Anda yang sedang berada di Bintan, Kepulauan Riau Anda bisa berburu beberapa oleh-oleh khas berikut. Mengingat Bintan juga memiliki banyak wisata yang unik dan cantik.

1. Kue Batang Buruk

Kue Batang Buruk
Image Credit: Shopee.com

Mendengar namanya saja, Anda tentu akan penasaran dengan bentuk dari kue khas Kepulauan Riau. Memang bagi masyarakat Kepri, makanan satu ini begitu dikenal. Ketika lebaran tiba, jajanan ini akan senantiasa menghiasi setiap meja. Dan bagi Anda yang ingin mencari oleh-oleh, Kue Batang Buruk ini sangat rekomen untuk diburu,

Bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya adalah kacang hijau, gula dan juga susu. Sehingga ketika pertama kali masuk ke dalam mulut, maka rasa manisnya akan begitu mendominasi. Jangan lupakan sensasi gurih yang akan membuat siapapun ketagihan akan rasanya. Memiliki potongan kecil kecil, kue ini memang sangat mudah untuk dikonsumsi.

Untuk mendapatkan kudapan satu ini di Bintan bukanlah hal yang sulit. Hampir semua tempat oleh-oleh sudah menjual makanan ini. Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan jauh, sebaiknya hati hati ketika membawa panganan ini. Hal ini dikarenakan Kue Batang Buruk mudah untuk hancur, karena teksturnya yang begitu lembut.

Oleh sebab itu, ada baiknya Anda menggunakan plastik dobel ketika menyimpannya. Dengan begitu kue unik ini akan tetap aman hingga Anda sampai rumah. Anda tidak perlu khawatir masalah keawetannya, Kue satu ini terbilang bisa bertahan lama dan tidak mudah basi. Harga yang ditawarkan untuk makanan satu ini juga terbilang terjangkau.

2. Bingka Pandan

Bingka Pandan
Image Credit: Instagram.com @nyonyacats

Buah tangan selanjutnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah Bingka Pandan. Kue yang terkenal dari suku Melayu ini memang memiliki rasa yang terkenal nikmat. Bingka Pandan juga bisa Anda temukan ketika Anda berada di Bintan. Sekilas kue satu ini memiliki tekstur yang padat, padahal begitu masuk mulut akan sangat lembut.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Batam yang Paling Populer

Tambahan santan menjadikan rasanya manis dan juga gurih, jangan lupakan aromanya yang menggoda siapapun menjajalnya. Anda akan sangat mudah menemukan buah tangan satu ini. Langsung datang saja ke beberapa pusat oleh-oleh yang ada di Bintan. Pastikan Anda sudah mendapatkan informasi berapa lama makanan ini bisa bertahan nantinya.

3. Tepung Gomak

Tepung Gomak
Image Credit: Instagram.com @norlizahyakob6

Dalam bahasa Malaysia, Tepung Gomak berarti tepung kanji. Sementara Tepung Gomak yang ada di Bintan berbeda dengan pengertian tersebut. kue satu ini merupakan jajanan khas Melayu yang begitu populer di Kepulauan Riau, termasuk di Bintan. Dalam bahannya bahkan tidak menggunakan tepung kanji, melainkan tepung ketan.

Berbentuk bulat pipih, pada bagian dalam kue ini berisi serundeng kelapa yang memiliki rasa gurih. Rasanya semakin nikmat ketika bagian luarnya dibalut menggunakan tepung yang dibuat dari kacang hijau. Dinamakan dengan tepuk Gomak karena memang bentuknya putih menyerupai bedak. Dan Anda bisa menjadikan jajanan ini sebagai buah tangan dari Bintan.

Umumnya Tepung Gomak akan dihidangkan saat perayaan hari besar. Tetapi saat ini sudah bisa menemukan panganan ini di berbagai pusat oleh-oleh. Dengan tekstur yang kenyal dan rasa yang nikmat, makanan ini sangat cocok sebagai teman minum teh. Termasuk dalam makanan yang bisa bertahan lama, Anda tak perlu khawatir akan basi atau busuk.

4. Kerupuk Gonggong

Kerupuk Gonggong
Image Credit: Komputersiunyil.blogspot.com

Oleh-oleh satu ini menjadi oleh-oleh yang unik sekaligus populer di kalangan wisatawan. Bahan yang digunakan untuk membuat kerupuk ini adalah siput. Hal ini tentunya menjadi keunikan tersendiri, mengingat tidak banyak yang mengolah siput menjadi makanan seperti kerupuk. Memiliki rasa yang gurih dengan tekstur yang renyah menjadikan banyak yang memburunya.

Tidak hanya dijadikan sebagai teman bersantai, kerupuk ini juga cocok untuk dijadikan teman makan. Menikmati Kerupuk Gonggong dengan nasi putih hangat akan membuat siapapun ketagihan. Menu menu lainnya juga akan makin nikmat jika disantap dengan kerupuk satu ini. Di Bintan sendiri tidak sulit untuk menemukan kerupuk satu ini.

Apalagi bentuknya sedikit lebih mencolok, sehingga sangat mudah untuk menemukan panganan ini. Memiliki pengemasan yang rapi, kerupuk ini termasuk makanan yang bisa bertahan lama. Sehingga Anda tak perlu takut akan rusak karena dibawa perjalanan jauh. Untuk harganya memang sedikit lebih mahal, yakni mulai dari Rp. 15 ribu untuk setiap kemasannya.

BACA:  20 Tempat Wisata di Batam Terbaru & Paling Hits

5. Bilis Gulung

Bilis Gulung
Image Credit: Instagram.com @msyidach

Sekilas mungkin Bilis Gulung mirip dengan kue, padahal sebenarnya bilis gulung adalah camilan. Selain dikenal dengan nama Bilis Gulung, makanan ini juga memiliki nama lain yaitu angko bilis ada juga yang menyebutnya bilis berselimut. Oleh-oleh khas Bintan ini masih dibuat dengan cara tradisional, alias tanpa mengandalkan mesin sama sekali.

Tangan tangan terampilah yang menjadikan makanan dari ikan bilis ini begitu favorit. Karena dibuat dari ikan bilis, maka sudah pasti memiliki rasa yang gurih. Teksturnya yang renyah dan garing semakin menambah alasan buah tangan ini memiliki banyak penggemar. Tak perlu takut basi atau busuk, makanan ini bahkan bisa bertahan dalam hitungan bulan.

Di Bintan sendiri, makanan ini seringkali dihadirkan dalam acara keagamaan. Tetapi bukan berarti nantinya Anda akan kesulitan mendapatkanya. Menemukan Bilis Gulung tidaklah sulit, Anda bisa langsung mengunjungi pusat oleh-oleh yang ada di Bintan. Harga yang ditawarkan untuk panganan ini terbilang ramah kantong, tergantung ukuran yang Anda kehendaki.

6. Kopi Hawai

Kopi Hawai
Image Credit: Kompas.com

Tidak hanya makanan, di Bintan Anda juga bisa menemukan buah tangan favorit berupa kopi. Walaupun nama yang disematkan adalah Kopi Hawai, sebenarnya tidak ada kaitan apapun dengan pulau yang ada di Amerika Serikat ini. Karena nama ini sudah begitu dikenal oleh masyarakat luas, maka hingga saat ini masih menggunakan nama ini.

Bagi Anda yang memiliki kerabat pecinta kopi, maka jangan sampai melewatkan buah tangan ini. Kopi Hawaii diproduksi dengan bahan pilihan yang berkualitas. Dari bubuknya saja Anda sudah bisa mencium aroma khasnya, apalagi ketika diseduh. Dijamin akan membuat siapapun ketagihan. Anda bisa menemukan Kopi ini dalam ukuran yang beragam dan hemat kantong.

7. Deram Deram

Deram Deram
Image Credit: Facebook.com @fajarnindyo

Deram deram adalah kue yang asalnya dari Pulau Penyengat, sebuah pulau kecil yang berada di sekitar Bintan. Inilah alasan akhirnya deram deram menjadi buah tangan khas Bintan yang begitu unik. Banyak yang mengatakan, jika camilan ini adalah camilan yang dibuat untuk Kesultanan Melayu sampai saat ini.

Tak heran jika kue satu ini masih menjadi favorit untuk dijadikan sebagai buah tangan. Memiliki bentuk bulat dengan lingkaran di tengahnya, mirip dengan kue donat. Bedanya bahan yang digunakan adalah tepung beras dan ditambahkan dengan gula merah. Rasa manis dan gurih yang berpadu jadi satu, Anda bisa dengan mudah menemukan buah tangan satu ini.

BACA:  15 Tempat Wisata di Bintan Terbaru & Paling Hits

8. Otak-Otak

Otak-Otak
Image Credit: Facebook.com @nekoyumyum

Otak Otak menjadi makanan yang juga memiliki banyak penggemar. Anda mungkin bisa menemukan otak otak di berbagai daerah di Indonesia. Hanya saja, otak otak khas Bintan memiliki perbedaan. Jika umumnya panganan ini dibungkus menggunakan daun pisang, maka di Bintan akan dibungkus dengan menggunakan daun kelapa yang segar.

Dalam proses pembuatannya, bahan yang ada akan ditambahkan dengan parutan kelapa. Dengan begitu rasa yang dihadirkan dalam otak otak nantinya lebih gurih. Warnanya cenderung kemerahan, karena memang ditambahkan rempah rempah dan juga cabai. Teksturnya juga lebih lumer dan lembut, Anda bisa mendapatkannya di berbagai pusat oleh-oleh di kota Bintan.

9. Souvenir Ganci

Souvenir Ganci
Image Credit: Bukalapak.com

Anda yang tidak ingin membeli buah tangan dalam bentuk makanan, maka Anda bisa menjadikan Souvenir Ganci sebagai aternatif. Souvenir yang dijadikan gantungan kunci hingga kaos bisa menjadi buah tangan untuk keluarga di rumah. Apalagi ada banyak desain yang bisa Anda pilih untuk dibawa pulang.

Gantungan kunci lucu sangat cocok untuk buah tangan keponakan ataupun adik. Ada juga souvenir berupa kaos yang bisa Anda pilihan. Kaos dengan desain bertuliskan I Love Bintan menjadi yang paling banyak diburu. Desain lainnya juga tak kalah menarik untuk dijadikan pilihan. Silahkan saja mengunjungi toko oleh-oleh atau pedagang asongan pinggir jalan.

10. Batik Gonggong Bintan

Batik Gonggong Bintan
Image Credit: Kompas.com

Kota Bintan juga memiliki batik khas yang tak kalah cantik dari kain batik di daerah Indonesia lainnya. Batik khas Bintan mengusung tema khas kehidupan pesisir dalam bentuk hewan laut siput gonggong. Motif siput laut ini mengalami proses kreatif yang membuat hasil kainnya begitu unik. banyak yang menjadikan kain batik ini sebagai buah tangan kerabat di rumah.

Itulah beberapa buah tangan khas Bintan yang bisa Anda bawa pulang. Oleh-oleh khas yang ditawarkan tidak hanya dalam bentuk makanan saja, tetapi Anda juga bisa membawa pulang souvenir atau pakaian. Mana saja yang akan Anda pilih, pastikan untuk memastikan jika buah tangan tak akan rusak dalam perjalanan pulang nanti.