Bogor menjadi salah satu kota yang kerap dikunjungi oleh para pelancong dari berbagai daerah. Bukan hanya berburu wisata alamnya semata, sebab wisata kuliner yang dimiliki oleh Bogor tak kalah menarik untuk dikulik. Bahkan kota populer satu ini, menyediakan beragam jenis oleh-oleh yang bisa dibawa pulang sebagai bukti pernah mengunjungi Bogor. Berikut rekomendasi buah tangan terbaik khas Bogor yang paling banyak dibeli wisatawan.

1. Macaroni Panggang Bogor

Macaroni Panggang Bogor
Image Credit: Archiexfood.blogspot.com

Para pecinta makaroni, tampaknya perlu mencoba si makaroni panggang khas Bogor satu ini. Tampilannya memang serupa dengan macaroni schotel, namun yang membedakan keduanya terletak pada tekstur makaroni panggang yang lebih garing di bagian luar dan terasa lembut d i bagian dalam. Ditambah lagi dengan topping keju yang ikut terbakar kering dan isian makaroni yang lezat, dijamin siap menggoyangkan lidah siapapun yang mencobanya.

Demi memenuhi kebutuhan para penggemarnya, makaroni ini pun dihadirkan dalam tiga ukuran berbeda. Jika berniat menjadikannya sebagai buah tangan, akan lebih baik membeli ukuran sedang atau langsung ukuran besar sekaligus. Dengan begitu, Anda bisa saling berbagi dengan orang tersayang saat sudah sampai di rumah. Jika belum yakin membelinya, tidak ada salahnya membeli dalam ukuran kecil dan mencicipinya di tempat.

2. Roti Unyil Venus

Roti Unyil Venus
Image Credit: Bukalapak.com

Siapa yang tidak mengenal si roti mungil khas Bogor satu ini ? Sesuai dengan nama yang diberikan, roti unik satu ini berukuran mini yang membuatnya terlihat menggemaskan. Ukuran boleh saja imut, namun jika sudah berbicara mengenai rasa maka dialah yang menjadi juaranya. Sejak gigitan pertama, siapapun akan dibuat ketagihan dan seakan tak pernah lelah untuk mengunyahnya lagi dan lagi.

Tersedia dalam berbagai varian rasa, sehingga dapat dilipih sesuai selera. Mulai dari kimis, srikaya, fla jagung, fla cokelat, abon, pisang keju, serta sosis keju. Agar lebih leluasa memilih ataupun mendapatkan varian rasa berbeda, dianjurkan untuk datang di pagi hari saja. Sebab stok roti akan mulai menipis jika Anda datang di sore hari maupun di malam hari. Datang terlambat sedikit saja, kemungkinan varian rasa yang Anda incar telah ludes diborong oleh para penggemar lainnya.

3. Pia Apple Pie

Pia Apple Pie
Image Credit: Gotravelly.com

Namanya tidak lagi asing terdengar, dimana Pia Apple Pie bisa menjadi oleh-oleh terbaik yang tidak akan pernah terlupa. Diolah di sebuah rumah sederhana, namun hal tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya. Sebab pengunjung merasa nyaman bak seperti berada di rumah sendiri ketika berkunjung ke dapur pembuatannya langsung. Tidak heran jika restoran yang menjajakannya tidak pernah sepi pengunjung.

BACA:  25 Tempat Wisata di Depok Terbaru & Paling Hits

Keunikan yang disajikan oleh Pia Apple Pie tidak hanya dari segi rasa, namun bentuk hati yang cukup besar dianggap sebagai daya tarik tersendiri. Bahkan teksturnya yang terlihat garing dan renyah di luar, ternyata memiliki sisi lembut di bagian dalam yang menyatu sempurna dengan selai apelnya. Selain dikonsumsi di tempat selagi hangat, Anda juga bisa menjadikannya sebagai buah tangan.

4. Bolu Lapis Sangkuriang

Bolu Lapis Sangkuriang
Image Credit: Tokopedia.com

Talas merupakan salah satu bahan makanan yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Bogor. Selain dikonsumsi langsung, kini telah muncul Bolu Lapis Sangkuriang yang memanfaatkan talas sebagai bahan utama pembuatannya. Roti bolunya yang lembut dan cita rasa talas yang tidak hilang, seakan menghadirkan pengalaman baru untuk menikmati talas. Dihadirkan dalam warna ungu dan kuning, membuat bolu unik satu ini semakin menarik dicoba.

Dihadirkan dengan aneka variasi topping, dijamin para penggemarnya tidak akan pernah bosan mengkonsumsinya. Mulai dari topping keju, rainbow chip, hingga choco chip terasa berpadu mesra ketika dikonsumsi. Tahan hingga 4 hari tanpa masuk ke dalam lemari pendingin, inilah alasan mengapa bolu satu ini sangat cocok dijadikan sebagai buah tangan terbaik bagi keluarga tercinta yang sedang menunggu Anda di rumah.

5. Kacang Bogor Istana

Kacang Bogor Istana
Image Credit: Ksmtour.com

Berbeda dengan jenis kacang pada umumnya, kacang Bogor Istana nampaknya tidak akan pernah ditemukan di kota lainnya. Sebab kacang unik ini berbentuk bulat memiliki warna ungu yang tentu saja jauh dari kriteria kacang kebanyakan. Jika Anda berkunjung ke Bogor pada bulan Februari hingga April, bahkan Anda bisa menemukan kacang Bogor rebus tengah dijajakan keliling di berbagai sudut kota.

Bukan hanya direbus, kini kacang Bogor telah diolah lebih garing sehingga lebih tahan lama. Berkat daya tahannya yang cukup lama, membuatnya sangat ideal dijadikan sebagai buah tangan yang unik dari Bogor. Bahkan para penggemarnya pun dapat menikmati kacang satu ini tanpa perlu menunggu masa panen selanjutnya datang. Demi memenuhi keinginan para penggemarnya, kacang ini pun dihadirkan dengan varian rasa mulai dari balado hingga keju.

6. Miss Pumpkin

Miss Pumpkin
Image Credit: Makananoleholeh.com

Terbuat dari kreatifitas warga Bogor, siapa sangka ternyata Miss Pumpkin disambut bahagia oleh para penggemarnya. Kuliner lezat satu ini terbuat dari labu parang yang umumnya digunakan sebagai dekorasi Halowen. Ketika berada di tangan yang tepat, labu satu ini pun berubah menjadi kue yang lezat tiada banding. Dijamin saat mencicipinya, Anda akan dibuat ketagihan dan ingin membelinya lagi ketika berkunjung ke Bogor di lain waktu.

Demi memenuhi selera para penggemarnya, bahkan bolu lezat satu ini telah dihadirkan dalam varian rasa berbeda. Mulai dari rasa cokelat, jeruk, original hingga green tea yang siap memanjakan lidah dan perut yang sedari tadi berbunyi. Namun karena terkenal akan rasanya, Anda perlu mengantri cukup lama hanya untuk membelinya. Namun proses menunggu tersebut tidak akan sia sia ketika sudah mencici kelezatan rasanya.

BACA:  33 Tempat Wisata di Bogor Terbaru & Paling Hits

7. Risollaku

Risollaku
Image Credit: Shopee.co.id

Risollaku merupakan satu dari sekian banyak buah tangan yang wajib untuk dibeli. Kuliner lezat satu ini tersedia dalam varian rasa yang cukup lengkap seperti keju, chicken, tuna, mayonaise, ragout, serta smooked beef dapat dipilih sesuai selera. Sebelum dikenal oleh masyarakat luas, siapa sangka dahulunya risol buatan Bunda Nisa ini hanyalah sebuah bekal yang dibuat khusus bagi sang suami dan anak. Namun dengan cita rasanya, risollaku pun dijual di pasaran.

8. Keripik Mbah Gugel

Keripik Mbah Gugel
Image Credit: Masihbaru.com

Bagi para pecinta rasa pedas, tampaknya tidak boleh ketinggalan mencicipi keripik Mbah Gugel. Keripik dengan cita rasa membakar lidah ini, sebenarnya hasil dari kreasi anak muda yang ada di Bogor yang ternyata disambut bahagia oleh para penggemarnya. Bahkan keripik ini dihadirkan dengan level pedas yang berbeda, sehingga dapat disesuaikan dengan batas ketahanan rasa pedas setiap orang yang mencicipinya.

Melihat antusias penggemar untuk mengkonsumsinya, bahkan kini telah tersedia dalam versi basreng atau bakso goreng pedas menggugah selera. Demi menjaga keripik agar tetap gurih, camilan satu ini pun dikemas sedemikian rupa agar lebih mudah dibuka dan dibawa kemana saja. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Keripik Mbah Gugel, pantas dijadikan sebagai oleh-oleh yang tidak boleh terlupakan.

9. Ubi Bakar Cilembu

Ubi Bakar Cilembu
Image Credit: Bayuwin.com

Apabila bertolak menuju kawasan Puncak Bogor, pastinya tidak asing mendengar nama ataupun wujud dari Ubi Bakar Cilembu. Makanan khas satu ini sangat mudah ditemui di sepanjang jalanan menuju Puncak. Meski terkesan sederhana, Ubi ini menawarkan rasa semanis madu asli yang berasal dari cairan lengket bak gula yang keluar ketika ubi dibakar.

10. Bika Bogor

Bika Bogor
Image Credit: Evrinasp.com

Menggunakan umbi talas sebagai bahan dasar pembuatan, Bika Bogor berhasil mencuri hati sejak gigitan pertama. Bika Bogor Talubi merupakan salah satu bika terkenal, lantaran teksturnya yang lembut ketika menyentuh mulut. Dihadirkan dalam berbagai varian rasa seprti cokelat, alas, coco pandan, green tea, hingga nangka dapat dipilih sesuai selera. Diharapkan dengan adanya varian rasa ini, penggemar tidak akan bosan mengkonsumsinya.

11. Brownies Pisang

Brownies Pisang
Image Credit: Ayobogor.com

Tampaknya pecinta brownies harus bersenang hati ketika ke kota Bogor, karena disini terdapat Brownies Pisang yang bisa dijadikan sebagai buah tangan terbaik. Perpaduan dari tekstur pisang yang lembut, rasa coklat yang cukup kuat, serta aroma manis yang dikeluarkan, menghasilkan rasa yang begitu menakjubkan. Rasanya pun akan semakin lezat jika disantap bersama dengan orang terkasih.

Meski terkenal sebagai Brownies Pisang, kuliner khas satu ini tersedia dalam varian rasa yang cukup komplit. Mulai dari rasa green tea, cream keju, cream cokelat telah tersedia demi memenuhi selera para penggemarnya. Harga untuk satu kotak browniesnya pun cukup terjangkau, sehingga tidak ada salahnya membeli dalam jumlah banyak sebagai buah tangan ketika pulang dari kota Bogor.

BACA:  25 Tempat Wisata di Bekasi Terbaru dan Paling Hits

12. Asinan Sedap Gedung Dalam

Asinan Sedap Gedung Dalam
Image Credit: Lovelybogor.com

Asinan satu ini mungkin dapat ditemukan di kota lainnya, namun tidak ada yang lebih lezat dari Asinan khas Bogor. Bahkan rasa asinan satu ini tidak pernah berubah sejak diperkenalkan kepada publik pada tahun 1978 silam. Kuliner lezat satu ini tersedia dalam dua macam asinan, yaitu asinan sayur serta asinan buah. Bagi mereka yang doyan dengan dua rasa tersebut, dapat memesan asinan campur sebagai solusi tepat.

13. Papapia

Papapia
Image Credit: Jejakpiknik.com

Selama ini Pia identik sebagai salah satu oleh-oleh yang berasal dari Jogja. Selain di kota Jogja, ternyata Bogor juga memiliki Pia yang bisa dijadikan sebagai buah tangan terbaik. Yang membedakan kedua Pia ini terletak pada varian rasa yang dimiliki, dimana Pia khas Bogor memiliki rasa unik karena terbuat dari talas. Ketika disantap, Anda bisa merasakan renyah di bagian luar yang berpadu mesra dengan kelembutan di bagian dalamnya.

14. Keripik Talas

Keripik Talas
Image Credit: Masakandapurku.com

Bagi Anda yang senang mengkonsumsi camilan renyah nan sedap, tampaknya membeli keripik talas bisa menjadi pilihan tepat. Potongan talas yang tipis tipis dan digoreng kering, membuatnya semakin renyah dan lezat sebagai camilan sehari hari. Dibandrol dengan harga bersahabat, dijamin isi dompet tidak akan terkuras meski Anda membelinya dalam jumlah banyak sebagai oleh-oleh dari Bogor.

15. Lapis Talas

Lapis Talas
Image Credit: Cookpad.com

Aneka olahan dari Talas memang cukup mudah ditemukan di Bogor, salah satunya tersedia dalam bentuk Lapis Talas. Jika soal rasa, dijamin kuliner ini akan membuat Anda ketagihan dan tidak bisa berhenti mengunyahnya. Ditambah lagi dengan warnanya yang tampak cantik, membuatnya semakin cocok dijadikan sebagai oleh-oleh terbaik bagi keluarga maupun kerabat terdekat.

16. Pie Talas

Pie Talas
Image Credit: Lapistalas.blogspot.com

Berbeda dengan Pie pada umumnya, pastry satu ini menggunakan talas sebagai bahan utama pembuatannya. Dari segi tampilan, kuliner satu ini bak kue modern dengan isian tradisional yang memiliki rasa yang luar biasa sedap dan menarik untuk dicoba. Pie Talas juga bisa menjadi salah satu oleh-oleh alternatif bagi orang yang Anda sayangi.

Singgah di kota hujan memang tidak akan lengkap sebelum membeli aneka oleh-oleh khas dari kota Bogor. Bahkan beberapa diantaranya, termasuk kuliner legendaris yang hanya bisa ditemukan di kota asalnya. Jika berbicara soal cita rasa, tampaknya Anda tidak perlu meragukannya lagi. Tunggu apa lagi, segera pilih buah tangan terbaik Anda dan tebarkan kebahagiaan bersama dengan orang tersayang.