Boyolali merupakan daerah penghasil susu terbesar, sehingga banyak olahan berbahan baku susu yang dijadikan sebagai buah tangan. Inilah daftar oleh-oleh khas Boyolali yang paling populer dan menarik untuk dibawa pulang.

Datang dan berkunjung di suatu daerah tentu akan kurang lengkap bila tidak mencoba berbagai olahan atau kuliner khas daerahnya. Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak sekali produk olahannya adalah Kota Boyolali. Terlebih lagi daerah satu ini sangat unggul dalam penghasil susu. Hasil olahan tersebut sudah pasti dapat Anda jadikan sebagai buah tangan. Berikut beberapa oleh-oleh khas Boyolali yang paling diminati wisatawan.

1. Tahu Susu

Tahu Susu
Image Credit: Instagram.com @tasugo.id

Produk khas daerah Boyolali pertama yang dapat Anda jadikan sebagai buah tangan adalah Tahu Susu. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa daerah satu ini menjadi kota dengan penghasilan susu terbesar di Jawa Tengah. Sehingga tak heran apabila banyak sekali produk olahan dengan bahan baku berupa susu. Yang mana memiliki cita rasa sangat khas dan unik.

Tahu Susu merupakan salah satu kuliner khas Boyolali yang memiliki kelezatan tiada banding. Bahkan olahan makanan yang berbahan susu ini termasuk kedalam jenis bahan makan yang mengenyangkan. Saat pertama kali Anda merasakan makanan satu ini pastinya akan membuat lidah para penikmatnya bergoyang. Hal ini dikarenakan cita rasanya yang khas dan sangat enak.

Meskipun terlihat mirip seperti tahu pada umumnya, namun jenis tahu yang ada di Boyolali ini sangat berbeda. Terlebih lagi dari segi aroma dan rasa yang dihadirkannya. Untuk segi tekstur dari tahu ini sangatlah lembut, bahkan ada beberapa yang ketika pertama kali dipegang langsung hancur atau rapuh seketika. Hal tersebut tentunya sudah membuktikan bahwa tahu ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal.

2. Dodol Susu

Dodol Susu
Image Credit: Budaya-indonesia.org

Kota Boyolali yang sudah sangat terkenal dengan penghasil susu sapi pilihan, tentunya membuat daerah ini memanfaatkan potensi yang ada dengan baik. Masyarakat sekitar menggunakan produk susu yang melimpah tersebut menjadi berbagai macam produk olahan yang sangat enak dan nikmat. Salah satu produk unggulan dari olahan susu sapi pilihan yang ada di Boyolali adalah Dodol Susu.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Brebes yang Paling Populer

Makanan khas daerah satu ini sangat cocok untuk jadikan sebagai oleh-oleh atau buah tangan untuk keluarga Anda. Dodol dari tempat ini merupakan makanan yang terbuat dari campuran susu sapi segar dengan beberapa bahan-bahan lainnya. Untuk rasanya sendiri sangatlah manis dan creamy, sangat cocok bagi Anda yang menyukai olahan susu atau penyuka makanan dengan rasa yang manis.

Untuk tekstur yang dihadirkan oleh makanan satu ini sangatlah kenyal, tak heran dikarenakan dodol ini terbuat dari bahan-bahan makanan yang berkualitas. Dodol susu ini sangat disukai oleh berbagai kalangan mulai dari anak kecil hingga orang tua sekalipun. Makanan ini dibandrol dengan kisaran harga yang sangat terjangkau dan ekonomis. Sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk mencoba dan membelinya.

3. Keju Meneer

Keju Meneer
Image Credit: Twitter.com @melianach

Makanan khas dari Boyolali selanjutnya yang dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara dan keluarga adalah Keju Meneer. Seperti yang telah banyak orang ketahui bahwa keju merupakan salah satu bahan makanan yang terbuat dari campuran susu. Sehingga di Kota Boyolali ini juga memanfaatkan produk susu sapi segarnya yang melimpah menjadi produk olahan keju.

Keju satu ini berasal dari daerah Selo, yang mana dulunya ada warga Belanda yang tinggal disini dan berkeinginan untuk mengembangkan potensi susu sapi di wilayah ini dengan baik. Dengan keinginannya tersebut membuat produk keju satu ini memiliki rasa yang sangat gurih, yang mana berbeda jika dibandingkan dengan keju lainnya. Untuk kisaran harganya masih terjangkau dengan daya tahan sekitar 7 hari.

4. Dendeng Sapi

Dendeng Sapi
Image Credit: Lazada.co.id

Saat berkunjung ke daerah ini tentunya tidak lengkap bila belum mencoba olahan makanannya berupa Dendeng Sapi. Kota Boyolali tak hanya terkenal sebagai daerah penghasil susu sapi segar terbesar di Jawa Tengah. Daerah ini juga terkenal dengan berbagai menu makanan olahan dari daging sapi. Yang mana makanan satu ini memiliki cita rasa yang sangat enak dan nikmat untuk disantap.

Dalam proses pengolahannya daging sapi yang digunakan merupakan daging pilihan dan untuk bumbu yang digunakan dalam proses memasaknya juga sangat berkualitas. Hal ini ditujukan agar dapat menciptakan sebuah menu dendeng sapi yang memiliki cita rasa khasnya. Yang mana cita rasa tersebut mampu membuat para wisatawan tertarik untuk membeli dan mencobanya lagi dan lagi.

BACA:  12 Wisata Kuliner di Purworejo yang Murah & Enak

Makanan satu ini menggunakan sebuah daging sapi yang telah diiris setipis mungkin. Kemudian daging tersebut akan dibumbui dan direndam dengan bahan rempah pilihan. Nantinya, setelah proses yang lama daging sapi tersebut dikeringkan hingga benar-benar kering. Sehingga mampu menghasilkan rasa yang sangat gurih dan nikmat serta bercampur dengan rasa pedas manis yang enak.

5. Petis Sapi

Petis Sapi
Image Credit: Anekatempatwisata.com

Terkenal dengan banyaknya peternakan sapi yang ada di daerah Boyolali membuat daerah satu ini mampu menghasilkan berbagai produk olahan. Yang mana produk tersebut sangatlah unik dan tentunya enak untuk dimakan. Salah satu hasil dari olahan sapi dan cocok untuk dijadikan sebagai bentuk oleh-oleh untuk keluarga dan sanak saudara di rumah adalah Petis Sapi.

Petis khas Boyolali ini dapat Anda jadikan sebagai bumbu atau penambah rasa pada makanan atau masakan Anda. Tentunya sangat sedap ketika dicampurkan dengan suatu masakan. Rasa sedap yang diciptakan pada masakan nantinya berasal dari aroma sapinya. Pada umumnya, petis kebanyakan terbuat dari udang. Meskipun begitu petis sapi khas Boyolali ini juga mampu menghasilkan cita rasa yang enak.

Rasa petis yang dihadirkan tidaklah jauh berbeda dari rasa abon sapi. Untuk hal yang membedakannya adalah tingkat kekentalan antara petis dan abon. Jika dibandingkan dengan abon, petis sapi ini memiliki tekstur yang jauh lebih kental. Perlu diketahui bahwa, petis sapi satu ini tidak dapat bertahan terlalu lama bila tidak disimpan pada lemari pendingin.

6. Abon Sapi

Abon Sapi
Image Credit: Torch.id

Masih seputar olahan sapi, selanjutnya ada Abon Sapi khas Boyolali. Yang mana makanan satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Seperti penampilan abon pada umumnya yakni berwarna kecoklatan terang hingga kehitaman. Untuk cita rasanya sendiri sangatlah gurih dan manis. Yang mana sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan pendamping nasi.

Untuk makanan satu ini sangat pas dijadikan buah tangan sebab termasuk bahan makanan yang dapat bertahan lama dan jauh lebih awet. Hal ini dikarenakan abon memiliki bentuk kering dan hampir tak ada air di dalam kemasan makanannya. Untuk kisaran harga dari abon sapi khas Boyolali ini masih sangat terjangkau dan ekonomis.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Pekalongan yang Murah & Enak

7. Keripik Lele

Keripik Lele
Image Credit: Instagram.com @lelenak_

Tak hanya terkenal dengan berbagai olahan susu dan sapi, di Boyolali juga memiliki keunggulan produk lainnya. Penduduk Boyolali juga mampu menghasilkan sebuah kreasi menu makanan lainnya. Umumnya, menu makanan yang dibuat kebanyakan dari bahan hewani salah satunya adalah Keripik Lele. Olahan keripik makanan satu ini memiliki cita rasa yang enak, gurih, dan nikmat.

Dalam proses pembuatannya cukup mudah, mulai dari membersihkan sisik lele kemudian dimasukkan ke dalam bumbu rempah pilihan. Seperti kencur, kemiri, bawang putih, ketumbar, garam, dan masih banyak lainnya. Lele tersebut dipotong kecil dan dilumuri tepung hingga menghasilkan makanan atau keripik yang sangat gurih dan renyah.

8. Keripik Ceker

Keripik Ceker
Image Credit: WordPress.com

Tak hanya keripik lele, di Boyolali juga memiliki olahan menu keripik lainnya yakni Keripik Ceker. Bagi Anda penyuka ceker tentunya makanan ringan satu ini wajib untuk dicoba dan dibeli. Dengan berbahan baku utama berupa kaki ayam dan kemudian diolah dan diberi berbagai bumbu pilihan. Hingga akhirnya mampu menjadi sebuah olahan ceker yang sangat enak dan gurih.

9. Rambak

Rambak
Image Credit: Instagram.com @rambak.ecoo

Rambak merupakan salah satu jajanan ringan yang dibuat dari daging sapi. Yang mana diolah dengan dikeringkan hingga menjadi sebuah kerupuk. Makanan satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Rambak termasuk ke dalam salah satu jajanan ringan yang dapat bertahan lama. Sedangkan harganya dibandrol dengan kisaran yang sangat terjangkau dan ekonomis.

10. Marning

Marning
Image Credit: Instagram.com @terryscakecookies

Makanan ringan khas Boyolali terakhir yang wajib untuk Anda coba dan beli adalah Marning. Jajanan ringan satu ini terbuat dari butiran jagung yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi sangat garing. Dengan teksturnya yang sangat gurih dan renyah bahkan ketika digigit mampu menghasilkan suara yang keras. Untuk kisaran harga marning ini sangatlah terjangkau di kantong para wisatawan.

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas dari Boyolali, yang mana dapat Anda jadikan sebagai buah tangan untuk keluarga dan sanak saudara. Terlebih lagi daerah satu ini terkenal dengan berbagai produk olahan berbahan baku susu. Tak hanya itu, masih banyak produk lainnya yang dapat Anda bawa pulang. Dengan cita rasanya yang khas dan enak tentunya membuat para wisatawan tertarik untuk mencobanya kembali.