Selain terkenal dengan telur asinnya, Brebes juga memiliki banyak buah tangan lainnya yang menarik dibawa pulang. Inilah daftar oleh-oleh khas Brebes yang populer dan paling diminati wisatawan.

Brebes menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak penduduk jika dibandingkan kabupaten lain di Jawa Tengah. Terkenal dengan telur asinnya, ternyata Anda bisa menemukan produk olahan lain yang juga bisa dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Brebes yang wajib Anda buru ketika singgah disini.

1. Telur Asin Rasa Udang

Telur Asin Rasa Udang
Image Credit: Jalandamai.com

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, telur asin menjadi komoditas andalan kabupaten satu ini. Bukan hanya telur asin pada umumnya, Anda bisa menemukan buah tangan berupa telur asin rasa udang. Karena memiliki rasa yang berbeda, tentunya hal ini mengundang rasa penasaran bagi setiap wisatawan yang datang.

Yang membedakan telur asin ini adalah bagian kuning telur yang masih dengan rasa asin yang pas. Ketika dibelah akan memiliki lelehan minyak seperti madu pada kuning telurnya. Sebenarnya cara pembuatan telur asin ini tak berbeda dengan telur asin pada umumnya. Hanya saja, pakan yang diberikan pada bebek berbeda dari biasanya.

Makanan bebek ditambahkan dengan campuran tepung udang sehingga hasil telurnya memiliki aroma udang yang menggugah. Tepung udang ini juga dicampurkan pada abunya, sehingga semakin merasuk ke dalam. Untuk itu rasa dari telur asin udang ini begitu kondang dan diburu oleh banyak pelancong yang sedang singgah di Brebes.

Untuk menemukan telur asin di Brebes bukanlah hal yang sulit. Ada banyak toko atau pusat oleh-oleh yang menjualnya. Bahkan ada toko telur asin yang memang sudah melegenda dan tak pernah sepi. Tahan lama, Anda tak perlu khawatir jika nantinya akan basi sekalipun tujuan Anda jauh. Harga yang ditawarkan untuk buah tangan satu ini juga terbilang terjangkau.

2. Ikan Bandeng

Ikan Bandeng
Image Credit: Warungbandengpresto.blogspot.com

Ikan Bandeng juga menjadi buah tangan khas Brebes yang sangat menarik untuk Anda kunjungi. Daging ikan bandeng memang terkenal gurih sehingga sangat cocok untuk dijadikan teman makan. Ikan yang terkenal dengan durinya ini juga diolah menjadi berbagai menu atau bumbu. Jika untuk buah tangan, Anda bisa membeli yang bisa tahan lama.

BACA:  12 Wisata Kuliner di Purworejo yang Murah & Enak

Seperti bandeng presto misalnya, dimana nantinya begitu tiba di rumah hanya tinggal dinikmati saja. Anda juga bisa membeli ikan bandeng segar jika tujuan Anda nantinya tidak jauh. Ikan satu ini bisa Anda temukan di pasar tradisional yang memiliki harga ramah kantong. Kondisi ikannya juga segar sehingga tidak masalah jika Anda bawa pulang.

3. Kerupuk Telur Asin

Kerupuk Telur Asin
Image Credit: Instagram.com @kerupuk.telurasin

Tidak hanya bisa membawa pulang telur asinnya, Anda juga bisa membeli dalam bentuk kerupuk telur asin. Oleh-oleh khas Brebes satu ini menjadi salah satu buah tangan yang paling banyak diburu pengunjung. Inovasi camilan ini memiliki rasa yang gurih dengan bentuk yang begitu menarik. Bentuknya bulat dengan bagian tengah ada bagian kuningnya.

Sangat sangat mirip dengan telur asin yang sebenarnya. Kerupuk ini memang dibuat dari telur asin yang akan diiris tipis dan kemudian dijemur. Setelah itu barulah memasuki proses penggorengan. Rasa gurih dengan tekstur yang renyah akan membuat siapapun ketagihan akan rasanya. Apalagi kerupuk ini terbilang unik, wajar jika begitu diburu oleh para pelancong.

Bukan hanya nikmat, ternyata camilan ini juga memiliki kandungan gizi yang baik. Kandungan proteinnya terbilang tinggi dan bermanfaat untuk tubuh. Selain membeli yang sudah digoreng, Anda juga bisa membeli kerupuk ini yang masih mentah. Keduanya sama sama bisa tahan lama sekalipun harus menempuh perjalanan panjang.

Sehingga Anda tak perlu khawatir camilan akan rusak atau basi. Untuk menemukan buah tangan ini juga tidaklah sulit, sudah ada banyak pusat oleh-oleh yang menawarkannya. Harganya mulai dari Rp10 ribu tergantung dari ukurannya. Pastikan Anda memburu oleh-oleh satu ini ketika singgah di Brebes, sangat cocok untuk kerabat atau teman Anda.

4. Bawang Merah

Bawang Merah
Image Credit: Wartatani.co

Selain bandeng, Brebes juga terkenal akan komoditas bawang merahnya yang bagus. Ketika melintasi daerah Brebes, Anda memang akan melihat lahan tani yang dipenuhi tanaman bawang merah. Terkenal dengan kualitasnya yang jempolan, menjadikan bawang merah juga menjadi buah tangan yang bisa Anda jadikan pilihan.

Kualitas unggulannya ini dikarenakan tanah juga cuaca kota Brebes sangat cocok untuk menanam bawang merah. Tidak hanya bisa membeli bawang merah dengan kualitas yang super. Anda juga bisa mendapatkan harga yang lebih miring jika membeli di Brebes. Mengingat Anda bisa langsung membelinya di petani. Tertarik untuk memburunya?

BACA:  20 Tempat Wisata di Purworejo Terbaru & Paling Hits

5. Abon Ikan Bandeng

Abon Ikan Bandeng
Image Credit: Tokopedia.com

Selain dijual dalam bentuk utuh, Ikan Bandeng juga bisa diolah menjadi berbagai makanan yang menggoda. Salah satu hasil produk dari ikan bandeng adalah abin ikan Bandeng yang juga banyak penggemarnya. Olahan abon ini memiliki tekstur yang mirip dengan abon sapi. Tetapi rasa yang dihasilkan memang lebih gurih dan membuat siapapun ketagihan.

Pengolahan abon ini sama dengan abon pada umumnya, namun Anda tidak akan menemukan rasa amis dalam olahan ini. Hal ini dikarenakan ikan bandeng yang digunakan adalah ikan bandeng dengan kualitas terbaik. Proses pengolahannya memang sangat sederhana, tetapi Anda tidak perlu khawatir akan kehigienisan dari abon ini.

Kandungan kolesterol dalam ikan bandeng terbilang rendah, sehingga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Harga makanan satu ini juga terbilang terjangkau dan mudah untuk didapatkan. Sudah diolah menjadi abon, tentunya bisa bertahan lama walaupun tujuan Anda jauh. Oleh-oleh ini bisa menjadi alternatif untuk Anda yang ingin makan bandeng tanpa duri.

6. Kerupuk Ikan Bandeng

Kerupuk Ikan Bandeng
Image Credit: Tfamanasek.com

Hasil ikan bandeng di Brebes memang begitu melimpah, sehingga wajar jika banyak olahan dari ikan penuh diri. Selain diolah menjadi abon, Anda juga bisa menemukan kerupuk tulang bandeng. Terdengar begitu unik bukan, karena yang diolah menjadi kerupuk bukan dagingnya. Melainkan adalah duri ikan bandeng yang kerap kali disisihkan.

Inovasi ini memang dilakukan untuk menanggulangi masalah limbah tulang bandeng. Sekalipun dibuat dari tulangnya tetapi tetap bisa aman untuk dikonsumsi oleh semua orang. Kandungan gizi di duri ikan bandeng juga tak kalah dengan yang ada pada dagingnya. Anda bisa membawa pulang kerupuk yang sudah matang atau yang masih dalam kondisi mentah.

7. Krispi Ikan Serinding

Krispi Ikan Serinding
Image Credit: Bukalapak.com

Masyarakat Indonesia termasuk gemar mengkonsumsi makanan dengan tekstur yang renyah. Bagi Anda yang singgah di Brebes, Anda bisa berburu cemilan unik yang dikenal dengan Krispi Ikan Serinding. Makanan ini cukup kondang dan banyak diburu oleh wisatawan. Ikan serinding sendiri memiliki ukuran yang kecil dengan warna keperakan.

Ikan ini biasanya akan ditangkap oleh nelayan yang sedang melaut. Ikan yang sudah dibersihkan sisiknya akan diberikan bumbu, barulah kemudian digoreng hingga garing. Saat ini, camilan satu ini sudah hadir dalam berbagai rasa. Mulai dari pedas manis hingga rasa keju atau ayam bakar. selain jadi camilan juga cocok untuk teman makan Anda.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Purbalingga yang Murah & Enak

8. Kerupuk Rumput Laut Aneka Rasa

Kerupuk Rumput Laut Aneka Rasa
Image Credit: Instagram.com @nyonyagozalivegetarian

Kerupuk lainnya khas Brebes yang tak kalah unik adalah Kerupuk Rumput Laut. Kerupuk memang masih menjadi panganan yang banyak penggemar. Rasanya ada yang kurang ketika makan tidak ditemani kerupuk. Dan di kota satu ini, Anda bisa menemukan banyak sekali jenis kerupuk yang unik dan berbeda dari lainnya.

Seperti namanya, Kerupuk Rumput laut ini memang dibuat dari rumput laut. Di Brebes Anda memang mudah untuk menemukan budidaya rumput laut. Rumput laut yang digunakan adalah jenis Gracilaria yang bisa dijadikan sebagai kerupuk rumput laut. Kandungan dari rumput laut ini terbilang melimpah, mulai dari mineral hingga vitamin yang baik untuk tubuh.

Rumput laut ini akan diolah terlebih dahulu menjadi tepung. Kerupuk ini memiliki pilihan rasa kerang dan juga bandeng presto yang lebih dahulu diekstrak. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah akan membuat Anda ketagihan. Selain bisa dijadikan teman makan, kerupuk ini juga sangat cocok untuk camilan keluarga atau teman teman di rumah.

9. Bawang Goreng

Bawang Goreng
Image Credit: Instagram.com @dapoermamahyani

Seperti yang disinggung sebelumnya, kota satu ini memang kondang dengan Bawang merahnya. Bawang gorengnya akan dikemas dengan kemasan yang begitu kekinian dan menarik minat. Soal rasa Anda tak perlu ragu, karena selain gurih aromanya juga menggugah. Untuk menemukan buah tangan ini juga begitu mudah, harganya juga ramah kantong.

10. Ketan Pencok

Ketan Pencok
Image Credit: Shopee.co.id

Ketika mengunjungi kota Brebes Anda tak boleh melewatkan wisata kulinernya. Ketan Pencok adalah kuliner tradisional yang juga bisa Anda jadikan buah tangan. Ketan yang memiliki bentuk persegi ini akan disajikan dengan kelapa parut yang dicampur gula jawa. Jika Anda berniat membawa pulang pastikan sudah mengetahui berapa lama bisa bertahan.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Brebes yang menarik untuk Anda bawa pulang. Produk olahan yang ada sangat cocok untuk dijadikan buah tangan untuk keluarga ataupun teman. Pastikan Anda membawa pulang yang memang bisa tahan lama jika tujuan Anda jauh. Jadi sudah tahu, oleh-oleh mana yang akan Anda bawa pulang?