Setelah puas berjalan-jalan dan menikmati sajian kuliner di kota Cirebon, maka Anda pun bisa untuk berbelanja oleh-oleh. Untuk itu, Anda pun bisa untuk mencoba membawa pulang beberapa rekomendasi dari buah tangan yang cocok untuk keluarga Anda di rumah. Tunggu apalagi? Anda pun bisa menyimak ulasan oleh-oleh khas Cirebon berikut ini.

1. Petis Udang

Petis Udang
Image Credit: Masakanewongcirebon.blogspot.com

Dikenal sebagai kota udang, maka Anda pun wajib untuk membeli oleh-oleh satu ini. Ketika Anda mulai bosan untuk mengonsumsi sambal kacang, maka petis udang pun dapat menjadi referensi cocolan yang bisa untuk Anda coba. Untuk mencarinya pun cukup mudah dimana Anda akan dengan mudah untuk menemukannya di pusat oleh-oleh kota Cirebon.

Dengan sensasi rasa udang yang bercampur dengan rasa pedas manis dari petis satu ini pun akan membuat Anda ketagihan. Sehingga Anda pun wajib untuk membawa pulang bagi keluarga Anda di rumah ketika Anda sedang mampir ke kota Cirebon. Pasalnya, petis udang ini sangat cocok dikonsumsi dengan berbagai macam gorengan atau sebagai tambahan bahan masakan Anda.

2. Kerupuk Udang

Kerupuk Udang
Image Credit: Lazada.co.id

Belum lengkap rasanya jika Anda tidak merasakan kelezatan dari kerupuk udang saat berada di Cirebon. Untuk itu, Anda pun bisa membawa pulang kerupuk udang ini sebagai salah satu oleh-oleh untuk kerabat Anda. Pastinya keluarga Anda di rumah pun akan senang dengan kuliner satu ini jika Anda membawanya sebagai buah tangan.

3. Ikan Asin

Ikan Asin
Image Credit: Liputan6.com

Siapa sih diantara kalian yang tidak menyukai ikan asin? Di Cirebon sendiri ikan asin pun dapat untuk Anda jadikan oleh-oleh. Teman makan nasi yang nikmat ini bisa Anda beli di kota satu ini. nantinya ketika telah sampai rumah, maka Anda pun hanya tinggal untuk membakar ikan asin tersebut sebelum mulai untuk mengonsumsinya. Untuk Anda yang tidak ingin merasakan rasa asin yang terlalu kuat, maka Anda pun bisa untuk merendamnya dengan air sebelum mulai membakarnya.

Ikan asin ini akan terasa sangat cocok untuk dikonsumsi dengan sepiring nasi hangat. Ditambah dengan sambal terasi, maka Anda pun akan langsng ketagihan dan ingin nambah. Untuk itu, pastikan Anda membawa oleh-oleh satu ini ketika sedang bepergian ke kota Cirebon. Tentu saja keluarga Anda di rumah pun akan menyukai ikan asin satu ini.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Tasikmalaya yang Murah & Enak

4. Atom Cirebon

Atom Cirebon
Image Credit: Titabaadilla.tumblr.com

Kue atom juga merupakan salah satu makanan yang wajib untuk Anda cicipi ketika berada di kota Cirebon. Ketika pertama kali melihat kemasannya, maka Anda pun akan mengira bahwa kue ini akan mirip dengan bakpia Jogja. Akan tetapi, ketika Anda merasakannya maka Anda pun akan mengetahui perbedaan dari kue atom ini. Anda pun bisa memilih berbagai macam varian rasa dari kue satu ini.

Hal ini dikarenakan kue atom tidak ingin kalah pasar dengan produsen kue lain. Untuk itu, dengan banyaknya varian rasa yang bisa untuk Anda pilih maka hal ini pun akan membuat Anda bisa mencicipi berbagai jenis rasa dan memilih rasa yang paling Anda suka. Harga yang ditawarkan pun cukup bersaing, tergantung dari kualitas dan pilihan rasanya. Untuk itu, bagi Anda yang masih bingung memberikan oleh-oleh untuk keluarga, maka kue atom ini dapat Anda jadikan pilihan.

5. Jeniper

Jeniper
Image Credit: Instagram.com @jeniperofficial

Minuman khas Cirebon satu ini tentu saja menjadi salah satu oleh-oleh wajib yang bisa untuk Anda bawa pulang. Singkatan dari Jeruk Nipis Peras maka Anda pun akan bisa untuk merasakan perpadua rasa manis dan asam dari minuman satu ini. Tentu saja hal ini pun akan menjadi salah satu daya tarik dari pemburu oleh-oleh ketika sedang berada di kota udang ini. Minuman ini pun memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk tubuh Anda.

6. Kue Gapit

Image Credit: Liputan6.com
Image Credit: Liputan6.com

Untuk Anda yang menyukai cemilan ringan dari kota Cirebon, maka kue gapit tentu saja akan menjadi favorit Anda. Memiliki nama gapit yang berarti jepit, hal ini dikarenakan di dalam proses pembuatanya makanan ini dibuat dengan cara dijepit oleh alat. Sehingga kue yang berbahan dasar tapioka ini pun akan memiliki bentuk yang tipis

Ketika mengonsumsi kue satu ini, maka Anda pun akan mendapatkan tekstur yang tipis nan renyah. Sehingga kue gapit pun akan cocok dijadikan oleh-oleh dan juga untuk camilan ketika sedang bersantai di rumah. untuk Anda yang tertarik membelinya, maka Anda pun akan bisa untuk memilih berbagai varian rasa yang tersedia. Mulai dari keju, balado, bawang, udang dan juga lain sebagainya.

7. Emping Bumbu

Emping Bumbu
Image Credit: Detik.com

Keripik lainnya yang bisa untuk Anda jadikan oleh-oleh ketika sedang berada di kota Cirebon adalah emping bumbu. Makanan yang terbuat dari olahan melinjo ini akan sangat cocok dan selalu diburu wisatawan sebagai buah tangan. Tidak hanya memiliki rasa original, maka keripik ini pun juga terus berkembang dan memiliki berbagai macam rasa yang bisa untuk Anda pilih.

Disini Anda bisa memilih emping yang sudah matang ataupun yang masih mentah. Atau Anda pun juga bisa untuk memilih keduanya. Jika Anda membeli yang siap santap maka Anda pun akan bisa memilih berbagai jenis rasa sesuai dengan selera Anda. Ada beberapa rasa yang bisa untuk Anda pilih, mulai dari rasa udang, asin dan juga rumput laut. Untuk harganya sendiri yakni sekitar 20 ribu hingga 50 ribu rupiah saja.

BACA:  12 Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya yang Paling Populer

8. Tape Ketan

Tape Ketan
Image Credit: Bukalapak.com

Selain itu, makanan yang berasal dari fermentasi ketan yang dibungkus oleh daun pisang ini pun juga laris diburu untuk dijadikan oleh-oleh. Cara pembuatan yang didiamkan selama beberapa hari ini nantinya akan menghasilkan cita rasa yang asam dan sangat enak untuk Anda nikmati. Anda pun akan dengan mudah untuk menemui makanan satu ini ketika sedang berada di pasar tradisional. Untuk harganya sendiri pun juga cukup ramah di kantong Anda.

9. Batik Cirebon

Batik Cirebon
Image Credit: Infokbn.com

Bagi Anda yang ingin membawa buah tangan selain makanan, maka Batik Cirebon adalah salah satu oleh-oleh yang cocok. Di sentra batik Trusmi, maka Anda pun tidak akan kesulitan untuk mencari batik yang memiliki kualitas jempolan. Ada cukup banyak motif yang bisa untuk Anda pilih ketika berada di tempat satu ini. Sehingga Anda pun bisa membawa pulang oleh-oleh yang sesuai dengan selera dan budget Anda.

10. Terasi Udang Cirebon

Terasi Udang Cirebon
Image Credit: Mamikos.com

Cirebon sendiri juga dikenal dengan terasi udangnya. Untuk itu, ketika berada di kota Cirebon, maka Anda pun wajib untuk membeli terasi khas satu ini. Bumbu masak ini pun 100 persen terbuat dari udang rebon pilihan. Sehingga nantinya akan bisa untuk menghasilkan cita rasa yang sangat khas. Untuk Anda yang gemar memasak, maka Anda pun wajib untuk membawa pulang terasi udang satu ini.

11. Keripik Tempe Sagu

Keripik Tempe Sagu
Image Credit: Limakaki.com

Untuk Anda yang menyukai makanan gurih nan renyah maka Anda pun tentu saja harus membawa pulang makanan satu ini. Keripik tempe sagu khas Cirebon adalah salah satu keripik tempe yang sedikit berbeda dengan keripik tempe pada umumnya. Hal ini dikarenakan adanya lapisan sagu yang terdapat pada tempe. Sehingga akan jauh memiliki tekstur yang lebih renyah. Jika Anda tertarik untuk membelinya, maka Anda pun hanya perlu menyiapkan kocek yakni sekitar 25 ribu rupiah saja.

12. Sirup Tjampolay

Sirup Tjampolay
Image Credit: Bukalapak.com

Salah satu oleh-oleh yang tidak boleh untuk Anda lewatkan adalah sirup Tjampolay. Sirup satu ini merupakan buah tangan khas Cirebon yang telah trun temurun sejak tahun 1964. Bahkan sirup ini pun juga telah digunakan oleh berbagai restoran yang ada di Cirebon sebagai salah satu menu andalan.

BACA:  33 Tempat Wisata di Bogor Terbaru & Paling Hits

Untuk itu, bagi Anda yang tertarik mencoba maka Anda pun bisa membelinya sebagai oleh-oleh. Ada beberapa varian rasa yang bisa untuk Anda pilih. Mulaidari strawberry, kopyor, melon, mangga, leci dan juga pisang susu yang menjadi favorit bagi banyak orang. Untuk Anda yang ingin membelinya dalam jumlah banyak, maka Anda pun bisa mengunjungi pusat produksinya secara langsung yang berada di Jalan Elang Raya, Cirebon.

13. Kerupuk Melarat

Kerupuk Melarat
Image Credit: Wowkeren.com

Meskipun memiliki nama kerupuk melarat, namun cemilan satu ini tentu saja tidak akan membuat Anda menjadi melarat. Dinamakan kerupuk melarat, hal ini dikarenakan di dalam proses menggorengnya tidak menggunakan minyak melainkan dengan menggunakan pasir hitam yang melalui proses sangrai. Anda pun tak perlu khawatir untuk memakan kerupuk satu ini, dikarenakan mengalami proses sangrai berulang kali maka pasir yang digunakan untuk menggoreng pun dipastikan akan aman.

Kerupuk yang berwarna merah muda dan juga kuning ini memiliki cita rasa yang sangat gurih. Sehingga akan cocok dinikmati ketika sedang bersantai ataupun teman untuk makan malam. Untuk Anda yang tertarik membelinya, maka Anda pun tak perlu untuk mengeluarkan kocek yang banyak. Pasalnya, satu bungkus kerupuk melarat ini hanya dijual dengan harga mulai 5 ribu rupiah saja.

14. Kerupuk Rambak

Kerupuk Rambak
Image Credit: Ecaexpress.id

Kota Cirebon memang dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki jajanan kerupuk yang banyak dan juga beragam. Untuk itu, Anda pun juga akan bisa untuk menemukan kerupuk rambak yang banyak dijual di kota satu ini. Untuk cemilan yang juga sering disebut sebagai kerupuk kulit ini pun sangat cocok untuk Anda konsumsi ketika sedang menikmati makanan yang berkuah.

15. Rengginang

Rengginang
Image Credit: Bukalapak.com

Rengginang adalah salah satu camilan yang dikenal oleh banyak orang. Di Cirebon sendiri, Anda pun juga akan bisa untuk membawa pulang camilan satu ini sebagai oleh-oleh. Ada berbagai macam varian rasa yang bisa untuk Anda bawa pulang. Mulai dari rasa udang, keju, dan juga terasi bisa untuk Anda nikmati. Jika Anda tertarik untuk membawa pulang makanan satu ini, maka Anda pun bisa menyiapkan kocek sekitar 15 ribu hingga 50 ribu rupiah saja.

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas yang bisa untuk Anda bawa pulang ketika sedang berada di Cirebon. Bagi Anda yang masih bingung untuk memilih jenis oleh-oleh apa saja, maka Anda pun bisa memilih salah satu dari referensi tersebut. Dengan beragam jenis buah tangan yang bisa untuk Anda bawa pulang tersebut, maka Anda nantinya akan bisa menikmati sajian khas yang berasal dari Cirebon.