Depok menjadi salah satu kota metropolitan yang cukup ramai, karena memang dekat dengan Jakarta. Tidak hanya ada banyak tempat wisata yang membuat kota ini tujuan wisata hits, Anda yang berkunjung ke Depok juga bisa berburu buah tangan. Mengingat ada beberapa oleh-oleh khasnya yang unik dan cocok untuk dibagikan ke sanak saudara. Untuk mengetahui oleh-oleh khas dari kota Depok yang paling banyak diburu, yuk simak ulasannya berikut.

1. Dodol Jambu Biji

Dodol Jambu Biji
Image Credit: Putratravel.net

Dodol merupakan makanan yang banyak ditemukan di berbagai daerah Indonesia. Dodol yang memiliki tekstur legit dengan rasa manis ini bisa Anda temukan di Depok. Yang membuatnya berbeda adalah dodol yang di Depok dibuat dari jambu biji. Tentunya makanan manis ini tak hanya enak namun juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sebab jambu biji bisa menurunkan hipertensi, mencegah sembelit, mengobati diare dan lainnya.

Anda bisa dengan mudah menemukan dodol jambu biji ini berbagai toko oleh-oleh di Depok. Dikemas dalam kemasan kotak yang kekinian, Anda bisa menjadikan dodol ini sebagai buah tangan untuk kerabat maupun teman teman. Harganya juga terbilang murah, satu kotaknya dibandrol sekitar Rp. 20 ribuan. Dodol jambu biji ini juga termasuk makanan yang awet dan tidak mudah basi. Untuk Anda yang tempat tinggalnya jauh tak perlu khawatir akan hal ini.

2. Jus Rumput Laut

Jus Rumput Laut
Image Credit: Shopee.co.id

Oleh-oleh dari kota Depok yang harus Anda buru dan terbilang populer adalah jus rumput laut. Jika biasanya rumput laut menjadi campuran berbagai jenis minuman manis, kini Anda bisa menikmatinya dalam bentuk jus. Rasa manis yang menyegarkan dari jus rumput lain akan menjadi oleh-oleh unik sekaligus memiliki rasa yang nikmat. Belum lagi di balik jus rumput laut ini juga memiliki berbagai khasiat yang baik untuk tubuh.

Jus rumput laut mampu untuk menambah kadar antioksidan pada tubuh. Di mana antioksidan sangat berperan penting untuk melawan berbagai ancaman radikal bebas. Selain bisa dijadikan oleh-oleh, Anda juga bisa tetap langsung untuk mencicipinya. Anda bisa dengan mudah menemukan jus rumput laut di pusat oleh-oleh yang ada di Kota Depok. Dikemas dalam botol botol kecil dengan harga berkisar Rp. 7 ribuan ke atas.

BACA:  25 Tempat Wisata di Garut Terbaru & Paling Hits

3. Biskuit Temma

Biskuit Temma
Image Credit: Wisataku.id

Biskuit temma atau kepanjangan dari tepung tempe. Olahan tempe bagi masyarakat Indonesia sangat familiar, namun jika dijadikan biskuit? Tentunya tidak banyak untuk Anda temui. Di Depok, Anda bisa berburu buah tangan khas berupa biskuit yang terbuat dari tepung tempe. Bahan dasar pembuatan biskuit ini adalah tepung kedelai dan juga kurma. Selain unik, oleh-oleh satu ini juga mengandung protein maupun antioksidan yang baik bagi tubuh.

Selain memiliki kandungan tersebut, biskuit temma juga mengandung berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Biskuit ini diproduksi di bawah binaan dari Universitas Indonesia, sehingga sudah dipastikan jika nilai gizinya sudah diukur dengan tepat. Bukan hanya bisa dikonsumsi oleh orang dewasa, biskuit ini juga bisa dikonsumsi oleh balita maupun penderita diabetes. Bisa dikatakan jika biskuit temma merupakan biskuit yang baik untuk kesehatan.

4. Dodol Belimbing

Dodol Belimbing
Image Credit: Trubus.id

Selain dodol jambu biji, di kota Depo Anda juga bisa menemukan dodol yang dibuat dari belimbing. Bisa dikatakan jika jajanan di kota Depok lebih banyak terbuat dari buah buahan atau bahan yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Dan dodol belimbing ini juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh dengan rasa yang pastinya enak. Dodol belimbing mempunyai rasa khas yang berbeda dengan dodol lainnya. Anda yang di kota Depok wajib memburu panganan manis ini.

5. Pechoc atau Tempe Chocolate

Tempe Chocolate
Image Credit: Tempechocolate.blogspot.com

Bagi Anda penggemar coklat, Anda harus menjajal makanan khas dari Depok satu ini. Sebab coklat satu ini dibuat dari bahan tempe yang dicampurkan dengan coklat. Tempe yang memiliki rasa gurih sangat nikmat jika dipadukan dengan manisnya coklat. Camilan manis ini menjadi salah satu panganan yang digemari oleh wisatawan maupun masyarakat kota Depok. Pechoc memang sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk kerabat. Tertarik untuk menjajalnya?

6. Jus Lidah Buaya

Jus Lidah Buaya
Image Credit: Mamikos.com

Lidah buaya maupun aloevera ini tidak hanya memiliki banyak manfaat untuk kecantikan ataupun tubuh. Namun jika diolah menjadi minuman juga akan menjadi minuman yang begitu menyehatkan. Jus lidah buaya menjadi oleh-oleh khas dari Depok yang populer dan diburu oleh para wisatawan. Rasanya yang unik dan segar akan membuat Anda ketagihan dengan jus lidah buaya ini. Apalagi jus lidah buaya juga termasuk oleh-oleh yang awet dan tak mudah basi.

BACA:  22 Tempat Wisata di Cirebon Terbaru & Paling Hits

Jus lidah buaya juga menjadi salah satu minuman sehat yang banyak manfaat bagi tubuh. Sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin memulai hidup sehat dengan minuman bercita rasa unik ini. Di dalam jusnya biasanya juga masih ada potongan lidah buaya yang membuat rasanya makin nikmat. Jus ini biasanya dijual dalam kemasan cup kecil yang dibandrol dengan harga sekitar Rp. 7 ribuan untuk setiap botol kecil atau cupnya.

7. Manisan Kolang Kaling Mamih

Manisan Kolang Kaling Mamih
Image Credit: Mamikos.com

Manisan dari bahan buah buahan tentunya bukanlah hal yang asing. Namun bagaimana jika manisan tersebut terbuat dari kolang kaling? Dan manisan yang unik ini bisa Anda jumpai ketika mengunjungi kota Depok. Merek yang paling banyak diburu adalah merek Maming yang dibuat dari kolang kaling dengan tambahan sirup dan gula yang berkualitas. Ada beberapa rasa yang bisa Anda pilih yakni melon dan cocopandan.

Rasa manis dengan kenyalnya dari kolang kaling akan menjadi cita rasanya yang unik. Merek ini juga tidak menggunakan pengawet, walaupun manisan ini bisa bertahan lama dan sangat cocok untuk dijadikan buah tangan. Anda bisa dengan mudah mendapatkan makanan manis ini di beberapa toko oleh-oleh yang ada di kota Depok. Umumnya satu kemasannya akan dihargai mulai dari Rp. 15 ribu. Saat ini juga kemasannya sudah semakin menarik dan cantik.

8. Kopi Herbal

Kopi Herbal
Image Credit: Mamikos.com

Bagi Anda yang sangat menyukai kopi, sangat direkomendasikan mencoba kopi herbal asal kota Depok ini. Kopi unik ini diproduksi oleh UKM yang ada di daerah di Depok. Kopi herbal diracik tidak menggunakan gula sehingga sangat aman meskipun dikonsumsi penderita diabetes. Tidak hanya bisa mencicipinya di sana, Anda juga bisa membawa pulang dan menjadikan kopi herbal ini sebagai oleh-oleh keluarga maupun teman di rumah.

9. Kue Nastar Belimbing

Kue Nastar Belimbing
Image Credit: Facebook.com @Oleh2KhasDepok

Ketika Ramadhan tiba, kue nastar menjadi kue yang akan menghiasi meja. Kue yang biasanya berisi selai di tengahnya ini memang memiliki rasa yang nikmat. Namun Anda akan menemukan isian berbeda untuk kue nastar dari Depok ini. Karena isian selainya menggunakan selai belimbing. Tidak hanya unik, namun rasanya juga sangat unik dan segar. Sehingga wajar jika kue nastar belimbing ini begitu diburu oleh para wisatawan.

BACA:  23 Wisata Kuliner di Cirebon yang Murah & Enak

10. Sirup Belimbing

Sirup Belimbing
Image Credit: Mamikos.com

Belimbing memang menjadi ikon khas Depok yang bisa diolah menjadi berbagai makanan yang unik dan menarik. Mulai dari minuman hingga jajanan bisa diolah dari buah yang biasanya berwarna kuning ini. Salah satu olahan belimbing yang tak boleh Anda lewatkan selanjutnya dan banyak diburu adalah sirup belimbing. Tidak hanya digemari oleh para pelancong, warga lokal juga sangat menyukai sirup belimbing ini.

Hal ini dikarenakan sirup belimbing memiliki rasa unik yang membuat siapapun yang mencobanya ketagihan. Rasa manis dan juga asam yang dihasilkan menjadi perpaduan rasa yang menyegarkan. Apalagi ketika dinikmati saat cuaca sedang terik teriknya. Bukan hanya nikmat untuk Anda jajal langsung, Anda juga bisa membawa sirup belimbing ini sebagai oleh-oleh kerabat Anda di rumah. Sirup belimbing juga sangat mudah Anda temukan di kota Depok ini.

11. Selai Belimbing

Selai Belimbing
Image Credit: Kabardemak.wordpress.com

Satu lagi produk dari buah belimbing yang juga tak boleh dilewatkan. Selai belimbing bisa menjadi alternatif bagi Anda yang bosan dengan selai buah buahan pada umumnya. Selai belimbing tak hanya memiliki rasa yang manis, namun juga segar yang unik. Selai belimbing ini sangat cocok dikonsumsi bersama dengan roti ataupun bahan membuat kue. Selai belimbing juga sangat mudah untuk Anda dapatkan di pusat oleh-oleh khas kota Depok dengan berbagai ukuran.

12. Kaos Depok

Kaos Depok
Image Credit: Ask.fm @SatuAksi

Selain makanan, kaos depok juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang mencari oleh-oleh. Kaos dengan tulisan Depok dengan berbagai desain sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Terkadang kaos juga dilengkapi dengan quote maupun tulisan yang unik. Anda bisa membeli beberapa kaos untuk sanak saudara maupun teman teman. Satu buah kaos biasanya akan dibandrol mulai dari Rp. 85 ribu setiap satu kaosnya.

Kota Depok bukan hanyaa sebagai kota yang dekat dengan Jakarta dan kota lainnya. Namun juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Yang juga diikuti dengan hadirnya berbagai buah tangan untuk dibawa pulang. Kebanyakan merupakan olahan dari buah belimbing yang memang menjadi komoditas unggulannya. Meskipun masih ada oleh-oleh lainnya yang tak kalah unik dan menarik.