Inilah rekomendasi oleh-oleh khas dari Filipina yang paling populer dan wajib Anda bawa pulang sebagai buah tangan untuk orang di rumah.

Berwisata ke Filipina tentunya tidak lengkap jika tidak membawa oleh-oleh untuk sanak saudara, teman, dan keluarga di rumah. Apalagi negara yang unik ini menawarkan berbagai macam pernak-pernik, makanan, jajanan, dan souvenir yang beragam dan tentunya sangat cocok untuk dijadikan buah tangan.

Negara yang kaya akan produksi padinya ini juga menawarkan berbagai macam wisata. Sesuai dengan bentuk negaranya yang berkepulauan, Filipina menawarkan pantai-pantai yang indah. Penduduknya ramah dan menjunjung tinggi budaya serta tradisi. Tak hanya itu penggunaan Bahasa Inggris di Filipina juga sangat mempermudah para turis manca negara untuk berkomunikasi.

Bagi siapa saja yang saat ini atau baru ingin berlibur ke Filipina jangan sampai terlewatkan beberapa hal penting. Selain harus mencicipi berbagai macam kulinernya, Anda juga perlu membeli banyak oleh-oleh khas. Pastikan cendera mata yang Anda beli juga tentunya unik dan menarik seperti daftar oleh-oleh khas dari Filipina yang paling terkenal berikut.

1. Teh Filipina

Teh Filipina
Image Credit: Shutterstock.com

Teh khas Filipina bisa dibilang sangat unik. Pasalnya tumbuhannya tidak seperti di Indonesia. Di Filipina, pohon teh berbentuk seperti semak-semak. Tingginya bisa mencapai hingga empat meter, sementara lebar daunnya juga terbilang agak besar, yaitu 30 mm hingga 50mm.

Setelah dipetik, daun-daun teh tersebut dikeringkan. Setelah dikeringkan tampilan hampir sama dengan teh pada umumnya. Bentuk daunnya mengkerut dan warnanya juga berubah agak kehitaman.

Teh unik ini memiliki rasa yang nikmat dan aromanya juga khas. Selain itu, khasiatnya dapat mengobati batuk, melegakan hidung tersumbat, dan meredakan pilek. Ada juga yang percaya bahwa teh khas Filipina dapat dijadikan sebagai ramuan pelangsing. Harga yang dibandrol untuk satu kotak teh Filipina terbilang murah, yaitu sekitar Rp 35.000 hingga Rp 50.000 saja.

2. Kopi Filipina

Kopi Filipina
Image Credit: Gmanetwork.com

Pecinta kopi wajib banget untuk membeli oleh oleh satu ini. Ternyata tak hanya tehnya saja yang terkenal, Filipina juga memiliki kopi yang populer. Namanya adalah Kopi Batangas, atau banyak yang menyebutnya juga Kopi Barako.

BACA:  20 Tempat Wisata Menarik di Filipina yang Paling Populer

Diberi nama Batangas, karena kopi ini kebanyakan tumbuh di provinsi tersebut. Aromanya juga sangat nikmat, dan rasanya juga khas Filipina. Spesies Coffea Liberica satu ini dapat Anda temui di berbagai toko atau outlet dengan mudah.

Untuk menikmatinya, Anda juga bisa membeli di kedai kopi. Ada yang menjualnya berupa minuman yang sudah diseduh, atau bisa dibawa pulang dalam bentuk sachet. Kopi Filipina juga sudah banyak di ekspor ke luar negeri, jadi Anda bisa membelinya melalui beberapa online shop.

3. Barong Tagalog

Barong Tagalog
Image Credit: Filshopper.com

Salah satu oleh-oleh yang masih memiliki kaitan dengan budaya Filipina adalah pakaian adat. Baju ini biasa disebut Barong Tagalog. Bahannya yang transparan, membuatnya dijadikan sebagai pakaian luar atau luaran.

Bahan dasar pembuatannya juga berbeda dengan pakaian atau baju pada umumnya. Barong Tagalog dibuat dari serat batang atau pelepah pisang dan ditambah serat nanas. Kedua bahan tersebut disulam untuk membentuk sebuah pakaian. Ada yang masih putih, atau sudah diberi warna. Namun tampilannya tetap agak transparan.

Meski sederhana, namun saat ini desainnya sudah modern serta modis. Pakaian ini biasa digunakan penduduk Filipina saat acara-acara tertentu, seperti upacara adat. Harganya berkisar Rp 150.000 hingga Rp 200.000 tergantung pada warna, motif, serta modelnya.

4. Asinan Mangga

Asinan Mangga
Image Credit: Flickr.com

Makanan ringan satu ini juga memiliki sebutan Dried Mango. Sesuai namanya, bahan dasarnya yaitu buah mangga. Buah mangga yang digunakan adalah yang kualitasnya terbaik, yaitu Mangga Carabao yang penanamannya berada di daerah Mindanao.

Setelah membeli Asinan, tak ada salahnya juga agar Anda membungkus manisan mangga. Jangan lupa untuk mencicipi jus mangga khas Filipina. Semua olahan dari buah satu ini sangat cocok untuk camilan saat cuaca panas, apalagi Filipina juga beriklim tropis layaknya Indonesia.

Tidak perlu repot untuk membawanya, karena biasanya baik asinan maupun manisan ini sudah dibungkus dalam kemasan. Sebelum membeli, terlebih dahulu icipi bagaimana rasa dan teksturnya. Perhatikan juga tanggal kadaluarsanya, agar Anda tidak kecewa setelah membelinya.

BACA:  10 Makanan Khas Filipina yang Lezat & Wajib Anda Coba

5. Sungka

Sungka
Image Credit: Kwentongnanay.wordpress.com

Jika di Indonesia ada Congklak, maka di Filipina ada Sungka. Keduanya sama-sama mainan tradisional khas negara masing-masing. Bentuknya juga hampir sama, hanya saja bahannya berbeda. Sungka berbahan dasar kayu, dan diukir, serta terdapat beberapa lubang .

Sungka biasanya dipercantik dengan ujung yang dipenuhi ukiran-ukiran artistik. Cara memainkannya menggunakan kerikil, kerang, atau biji kopi dan dijalankan melewati lubang-lubang yang terdapat pada papan.

Perlu diketahui bahwasanya Sungka sangat terkenal juga di Mesir. Selain itu, permainan tradisional ini diklaim sebagai mainan tertua yang ada di dunia.

6. Jeepney

Jeepney
Image Credit: Shopee.co.id

Jeepney adalah alat transportasi umum di Filipina. Bentuknya mirip dengan jeep, hanya saja badannya lebih panjang. Kalau di Indonesia yang sering disebut angkot. Uniknya lagi, jeepney memiliki berbagai warna yang menarik. Jendelanya juga lebih lebar, jadi ketika naik bisa melihat sekeliling dengan leluasa.

Jika di jalanan ukurannya sangat besar karena untuk memuat penumpang, maka tidak usah khawatir. Banyak toko souvenir yang menjual Jeepney dalam ukuran kecil, minimalis, dan lucu. Miniatur ini biasa dibanderol dengan harga mulai Rp 80.000.

7. Banig

Banig
Image Credit: Shutterstock.com

Ketika Anda berlibur di pantai Filipina, akan banyak menemui tikar warna-warni yang digunakan sebagai alas duduk atau tidur. Itulah yang dinamakan Banig, sebuah kerajinan tangan khas Filipina.

Banig dibuat dari anyaman daun kelapa yang telah diwarnai. Model dan motif anyamannya juga beragam, begitu juga ukurannya. Bahkan saking indahnya, hasil anyamannya dapat lebih bagus dari karpet. Oleh-oleh satu ini, merupakan ikon dari Filipina. Jadi tidak masalah jika Anda membelinya.

Cara membawanya juga bisa digulung atau dilipat layaknya tikar biasa. Meski biasa digunakan di Pantai, namun untuk membelinya bisa di toko souvenir biasa. Untuk penyimpanan dan perawatannya harus lebih hati-hati karena bahannya yang masih original, namun jangan khawatir masalah keawetannya juga dijamin top.

8. Kubing

Kubing
Image Credit: Soundtravels.co.uk

Tak hanya kaya akan tradisi, Filipina yang kaya akan budayanya juga memiliki alat musik tradisional yang sering disebut Kubing. Instrumen musik ini dibuat dari bambu dan bentuknya sangat sederhana dan ringan sehingga bisa dibawa kemana-mana.

BACA:  10 Wisata Pantai di Filipina yang Paling Hits

Ukurannya kecil, hampir seperti stik eskrim namun agak lebih panjang. Bentuknya beragam dan biasanya dihiasi berbagai macam motif serta ukiran. Warnanya coklat, namun pada beberapa bentuk juga ada yang diberi warna lain. Cara memainkannya yaitu dengan ditiup.

Pada pertunjukan musik tradisional Filipina, Kubing berkedudukan sebagai inti. Apabila tertarik untuk membelinya, jangan lupa juga untuk belajar memainkannya. Siapa tahu, Anda berbakat menggunakan Kubing.

9. Kaos Khas Filipina

Kaos Khas Filipina
Image Credit: Shopee.co.id

Oleh-oleh paling populer setelah makanan selanjutnya adalah kaos. Sama halnya dengan kaos-kaos dari negara lain di Filipina juga ada. Bentuknya yang sederhana, bisa digunakan sehari-hari, membuat buah tangan satu banyak diburu oleh wisatawan.

Kaos khas Filipina memiliki keunikan tersendiri. Biasanya terlihat dari desainnya, warna, dan hiasan atau gambarnya. Anda bisa memilih kaos dengan landmark Filipina atau yang berhiaskan tulisan Tagalog.

Karena banyak dicari, untuk menemukan kaos tersebut tidaklah sulit. Hampir semua toko dan pusat perbelanjaan menjualnya. Harganya juga murah, yaitu mulai Rp 30.000 saja per buah. Jadi Anda bisa membelinya dalam jumlah banyak.

10. Buko Pie

Buko Pie
Image Credit: Yummy.ph

Nama makanan satu ini diambil dari bahasa Tagalog, Buko yang berarti kelapa. Jadi dapat diketahui bahwa bahan dasar makanan ini adalah buah kelapa. Kemudian kelapa tersebut diolah menjadi kue Pie. Mungkin hampir sama dengan Wingko di Indonesia.

Rasa yang dihasilkan tentunya renyah di bagian luar, gurih, dan enak saat dinikmati mulai gigitan pertama. Bentuknya bulat lebar dan bisa dipotong-potong seperti pizza. Meski populer di Pulau Cebu, namun Buko Pie dapat ditemukan dengan mudah di Filipina.

Itulah daftar oleh-oleh khas dari Filipina yang paling populer diburu wisatawan. Buah tangan tersebut dapat Anda jumpai di pusat perbelanjaan, pusat oleh-oleh. Anda juga bisa membeli berbagai macam pernak-pernik dan souvenir lain yang tentunya tidak kalah unik. Contohnya gantungan kunci, magnet kulkas, pajangan, lukisan, dan berbagai miniatur. Belilah yang sesuai dengan budget, dan berhati-hatilah saat menawar harga.