Gresik dikenal dengan banyak sajian kuliner yang lezat dan beragam cinderamata yang menarik. Inilah rekomendasi oleh-oleh khas Gresik yang paling populer dan bisa Anda bawa pulang.

Kota Gresik merupakan salah satu daerah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Yang menarik dari kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini adalah julukannya sebagai kota santri. Saat berlibur ke kota santri ini, ada banyak tempat wisata yang bisa Anda datangi seperti wisata religi & edukasi, serta wisata alamnya. Tidak hanya itu kota ini juga mempunyai berbagai kuliner khas yang menarik untuk dicicipi dan dibawah pulang. Berikut daftar oleh-oleh khas daerah Gresik yang bisa Anda pilih.

1. Pudak

Pudak
Image Credit: Facebook.com @imas.ahmad.547

Makanan khas Gresik yang pertama adalah pudak. Jajanan ini terbuat dari bahan utama tepung beras dengan ditambahkan gula merah atau gula jawa dan juga santan. Semua bahan-bahan tersebut kemudian dicampur menjadi satu hingga adonannya merata. Bungkus dari pudak sendiri berupa pelepah daun pinang yang sudah banyak dimanfaatkan menjadi wadah jajanan tradisional lainnya.

Selain itu, Anda akan bisa menemukan berbagai variasi pudak tersebut di kota Gresik ini. Lalu apa saja variasinya? Yang pertama adalah pudak yang berwarna coklat sebab memakai gula jawa asli. Kedua, ada juga pudak yang berwarna putih karena menggunakan gula pasir. Dan yang terakhir adalah pudak sagu yang dibuat dengan memanfaatkan tepung sagu.

Pudak mempunyai tekstur rasa yang kenyal seperti kue dodol, namun tidak sekenyal dodol tersebut. Saat dimakan, pudaknya akan terasa manis dan lembut. Makanan khas ini banyak sekali dicari oleh para wisatawan yang sedang berada di kota santri ini. Hal ini dikarenakan oleh rasanya yang enak dan kemasannya yang unik.

2. Bandeng Asap

Bandeng Asap
Image Credit: Facebook.com @alex.mic1

Saat berlibur ke kota Gresik, Anda pastinya akan melihat kota santri yang satu ini dekat dengan pantai. Oleh karena itu, Anda dapat dengan mudah untuk memperoleh ikan-ikan dari hasil lautnya. Dengan kemudahan tersebut, masyarakat Gresik sendiri telah mengembangkan inovasinya untuk menjadikan hasil laut tersebut menjadi ciri khas dari kota ini.

Salah satu produksi dari hasil lautnya adalah bandeng asap. Bandeng ini sudah sangat terkenal dan kerap sekali dijadikan sebagai oleh-oleh. Disamping memiliki rasa yang lezat, olahan ikan ini juga bisa bertahan hingga sekitar 2 hari. Jadi, bandeng asap ini juga sangat cocok dibawa pulang dan dibagikan kepada orang-orang terdekat Anda.

BACA:  20 Wisata Kuliner di Malang yang Murah & Enak

Hal yang menjadikan ikan tersebut bisa awet adalah karena proses pembuatannya yang harus melalui pengasapan. Selain itu, bandeng asap dari Gresik ini mempunyai cita rasa yang khas dan bisa membuat Anda ingin terus memakannya. Agar terasa lebih enak lagi, Anda bisa menyantap bandeng asap ini dengan nasi putih hangat.

3. Keripik Bayam

Keripik Bayam
Image Credit: Facebook.com @syahrizalws

Salah satu oleh-oleh khas yang satu ini sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia khususnya warga Gresik sendiri. Apabila Anda berada di kota ini, tentunya buah tangan keripik bayam ini tidak boleh Anda lewatkan. Camilan ini memiliki rasa yang gurih dan dapat membuat Anda ketagihan untuk terus mengunyahnya.

Untuk bahan utamanya sendiri adalah sayur bayam yang sudah dipilih kualitas terbaiknya. Lalu bayam segar tersebut dibalut dengan tepung dan digoreng. Hal ini membuat keripik bayam ini menjadi sangat renyah dan enak. Tidak perlu khawatir, camilan ini menyehatkan dan tanpa bahan pengawet. Jadi, keripik yang satu ini aman untuk dimakan.

4. Petis

Petis
Image Credit: Facebook.com @imot.imot.1466

Oleh-oleh khas Gresik yang selanjutnya adalah petis. Tidak heran lagi jika Anda sering menemukannya di banyak wilayah jawa timur terutama kota santri ini. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan masyarakatnya yang sangat gemar memakai bumbu petis ini. Tidak akan terasa lengkap jika makan tanpa ditemani oleh petis Gresik ini.

Bumbu petis pada umumnya terbuat dari ikan, namun petis yang sangat disukai oleh orang-orang adalah yang terbuat dari udang atau yang disebut dengan petis udang. Selain itu, petis memiliki rasa yang sangat khas dengan warna kecoklatan dan kehitamannya. Teksturnya juga sangat lembut dan lembek.

Karena rasanya yang gurih, biasanya petis ini juga digunakan sebagai bahan untuk membuat sambal. Hal ini akan menjadikan sambal buatan Anda lebih terasa dan enak. Petis ini juga sangat awet dan tahan lama. Jadi, bumbu ini sangat cocok untuk dibawa pulang dan dijadikan oleh-oleh. Kemasannya yang sangat praktis juga membuatnya lebih mudah untuk dibawa kemana saja.

5. Kopi Gresik

Kopi Gresik
Image Credit: Facebook.com @kopigendhos

Jika Anda adalah pecinta kopi, Anda wajib untuk mencoba kopi dari Gresik ini. Kopi tersebut berasal dari jenis kopi robusta. Aroma dan rasanya yang enak membuat kopi ini berbeda dengan kopi-kopi dari daerah lainnya. Populer dengan rasanya yang mantap saat diseduh, membuat aktifitas nongkrong Anda lebih berkesan.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Magetan yang Murah & Enak

Bukan hanya sebagai minuman saja, kopi Gresik ini juga sudah menjadi budaya yang sangat melekat pada orang-orang di sekitar sana. Hal ini terbukti dari banyaknya jajaran warung yang berjualan kopi ini. Anda bisa menikmati kopi tersebut di tempat atau bahkan dibawa pulang. Kopi Gresik dalam bentuk kemasan bisa Anda beli dan dijadikan oleh-oleh.

6. Bonggolan

Bonggolan
Image Credit: Facebook.com @fierzaaciecabeyayankcemuwaa

Buah tangan khas Gresik yang berikutnya adalah bonggolan. Makanan ini memang belum banyak yang mengetahuinya, sebab Anda hanya bisa menemukannya di kota Gresik dan sekitarnya saja. Kue yang satu ini memiliki rasa yang sangat nikmat sehingga banyak yang ingin membelinya.

Proses pembuatannya sangatlah mudah dengan menggunakan bahan utama daging ikan yang kemudian dicampurkan pada tepung kanji, garam, dan bumbu rempah-rempah pilihan lainnya. Kemudian, adonan tersebut dibentuk seperti lingkaran memanjang dan dibungkus dengan daun pisang. Akan tetapi, sebelum dibungkus harus dilumuri dengan tepung kanji terlebih dahulu agar tidak lengket.

Supaya dapat menyantapnya, Anda harus memotong bonggolan tersebut menjadi potongan yang bulat pipih atau sesuai keinginan Anda. Setelah itu, Anda baru bisa menggorengnya. Kue bonggolan ini sangat cocok jika disantap bersama saus, sambal, atau bahkan petis. Rasanya sendiri adalah asin dan gurih dengan aroma khas ikan.

Selain rasanya yang enak, bonggolan ini juga kaya akan vitamin dan protein. Hal ini karena kue tersebut terbuat dari bahan yang alami yaitu ikan yang berkualitas. Disamping itu, bonggolan ini juga sangat awet sebab adonan yang sudah dibungkus tadi direbus dulu sebelum digoreng. Anda juga bisa menyimpannya pada lemari es atau kulkas agar lebih tahan lama.

7. Kerupuk Ikan Payus

Kerupuk Ikan Payus
Image Credit: Facebook.com @afrinatul.ifriyah

Kerupuk ikan payus juga menjadi salah satu buah tangan khas Gresik yang bisa Anda bawa pulang. Kerupuk ini bukanlah sembarang kerupuk. Pasalnya, ikan payus yang dipakai untuk membuat kerupuk tersebut adalah jenis ikan endemik dari kota santri tersebut. Bahkan ikan tersebut tidak bisa ditemukan keberadaanya pada beberapa daerah lain.

Cara pembuatannya adalah dengan memisahkan duri dan tulang dari ikan payusnya terlebih dahulu baru kemudian dicampurkan dengan tepung dan bumbu. Setelah itu, Anda bisa memotongnya bulat kecil dan tipis-tipis agar saat Anda menjemurnya ikan tersebut segera kering. Rasa dari kerupuk ikan ini mirip dengan makanan khas yang berasal dari jepang yaitu tempura.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Pacitan yang Paling Populer

Rasa gurih yang khas dari ikannya membuat kerupuk ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai camilan atau pelengkap saat makan nasi. Selain itu, Anda bisa membawanya pulang dalam keadaan matang maupun masih mentah. Anda juga bisa membelinya secara online jika Anda tidak memiliki banyak waktu luang untuk membelinya langsung.

8. Kerajinan Tangan Damar Kurung

Kerajinan Tangan Damar Kurung
Image Credit: Facebook.com @fenny.vandaboel

Kerajinan damar kurung adalah salah satu kerajinan yang bisa dipakai untuk penutup lampu. Bentuk dari damar kurung sendiri mirip dengan kerangka lampion lampu. Disamping itu, kerajinan ini mempunyai ukuran yang kecil dan besar. Jadi, Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Kerajinan tangan ini juga sangat cocok dijadikan cenderamata. Biasanya banyak yang memilih ukuran kecil untuk cenderamata tersebut. Keunikan dari lampion tersebut adalah hiasan lukisannya yang menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat Gresik. Warnanya juga sangat beragam sehingga membuat lampion damar kurung sangat artistic dan bisa dijadikan pajangan.

9. Legen

Legen
Image Credit: Tokopedia.com

Bukan hanya oleh-oleh khas berupa makanan saja, melainkan kota santri Gresik ini juga memiliki minuman khas tradisional yaitu legen. Minuman ini terbuat dari getah bunga siwalan. Pada pohon siwalan berjenis lontar akan ditemukan sulur bunga. Lalu sulur bunga tersebut akan dipotong sedikit dan diambil getahnya.

Disamping dijadikan minuman, legen juga biasanya dapat dijadikan sebagai sirup atau gula. Legen mempunyai rasa yang cenderung manis dan keasam-asaman. Didalamnya juga terdapat kandungan soda alami. Akan sangat tepat jika Anda mencicipi legen ini di siang hari dengan ditambahkan es. Kesegaran dari es legen tersebut seketika dapat melegakan tenggorokan Anda.

10. Jubung

Jubung
Image Credit: Facebook.com @yukasinyuk

Oleh-Oleh khas Gresik yang terakhir adalah kue jubung. Kue ini berbahan dasar ketan hitam yang memberikan warna pekat dan alami. Terdapat juga taburan wijen diatas kue tersebut yang menjadikan tampilannya semakin cantik. Kue ini dikemas dengan kulit pohon pinang atau yang disebut dengan jubung. Selain itu, rasa dan teksturnya juga kenyal, legit, manis, dan akan melar jika digigit.

Nah, itulah beberapa oleh-oleh khas dari Gresik yang bisa dibawa pulang dan dibagi-bagi untuk keluarga Anda. Tidak hanya berupa makanan atau jajanan saja, melainkan juga berupa minuman dan kerajinan tangan. Jadi, ini akan memudahkan Anda untuk menentukan buah tangan apa yang ingin dibeli.