Mengunjungi suatu kota rasanya memang tidak lengkap jika tidak membawa oleh-oleh atau buah tangan untuk keluarga atau kerabat. Begitu juga jika Anda mengunjungi Jakarta yang memiliki berbagai oleh-oleh yang menarik. Kota metropolitan yang paling padat ini menyediakan buah tangan tak hanya makanan saja.

Bagi Anda yang sedang bingung untuk mencari oleh-oleh khas Kota Jakarta, Anda bisa menyimak daftar rekomendasi buah tangan pada ulasan berikut ini.

1. Bir Pletok

Bir Pletok
Image Credit: Beritabaik.id

Bir pletok merupakan salah satu oleh-oleh khas dari Jakarta yang tak boleh dilewatkan. Meskipun bernama bir, namun tidak mengandung alkohol dan menyebabkan mabuk. Karena bir pletok merupakan minuman yang terbuat dari rempah rempah yang tradisional. Di dalam bir pletok terdapat serai, daun pandan, jahe dan juga lainnya. Oleh-oleh yang terkenal ini biasanya dikemas dalam botol kaca, namun ada juga yang menjualnya dalam bentuk serbuk.

2. Dodol Betawi

Dodol Betawi
Image Credit: Bekasipedia.com

Olahan dodol memang termasuk jajanan tradisional yang begitu digemari oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis dengan teksturnya yang legit akan membuat siapapun jatuh hati. Dan Jakarta memiliki dodol betawi yang juga bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh. Dodol betawi sendiri terbuat dari ketan hitam, ketan putih, durian dan gula aren. Semua bahan kemudian diolah hingga menjadi dodol Betawi yang rasanya manis dengan aroma yang menggugah.

Sebab ada campuran duriannya yang membuat dodol satu ini juga unik dan berbeda. Berkunjung ke Jakarta tidak akan lengkap jika tidak membeli buah tangan satu ini. Dodol Betawi termasuk oleh-oleh yang bisa bertahan lama, meskipun dalam pembuatannya tak menggunakan bahan pengawet. Anda bisa menemukan jajanan satu ini di berbagai pusat oleh-oleh di Jakarta dengan mudah. Harganya juga terbilang terjangkau dan sesuai dengan rasanya.

3. Kue Kembang Goyang

Kue Kembang Goyang Jakarta
Image Credit: Cookpad.com

Jajanan khas Betawi yang juga terkenal adalah kembang goyang. Kue Kembang Goyang merupakan jajanan yang bentuknya memang mirip dengan bunga. Dinamakan kembang goyang karena saat membuatnya cetakannya harus digoyang goyang akan lepas. Untuk rasanya Anda akan menemukan perpaduan yang unik dan pas. Kembang goyang memiliki rasa manis, gurih dengan tekstur yang renyah. Umumnya disajikan masyarakat Betawi saat lebaran.

Memang perlahan kue satu ini mulai banyak ditinggalkan, mengingat sudah banyak sekali kue modern yang muncul. Namun para pecinta kue kembang goyang juga banyak yang tetap setia pada jajanan kuno ini. Bahan dasar kembang goyang adalah tepung ketan atau tepung beras. Tak hanya memiliki bentuk yang cantik, kue ini juga memiliki berbagai pilihan rasa yang banyak. Mulai dari pandan, wijen dan juga framboze yang semuanya lezat.

4. Pencok Betawi

Pencok Betawi
Image Credit: Romlah.com

Jakarta memiliki banyak sajian kuliner yang menggoda dan istimewa. Sehingga Anda bisa menemukan banyak makanan khas seperti Pencok Jakarta ini. Makanan khas Betawi ini juga populer dan banyak digemari oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Umumnya makanan satu ini akan disajikan saat ada upacara pernikahan atau saat acara adat lainnya. Sehingga banyak juga yang menyebut jajanan ini sebagai pencok pengantin.

BACA:  33 Tempat Wisata di Jakarta Terbaru & Paling Hits

Kini makanan satu ini hadir dalam kemasan yang lebih modern, sehingga sangat cocok jika dijadikan oleh-oleh. Pencok merupakan makanan yang dibuat dari kentang dan memiliki rasa yang membuat Anda ketagihan. Beberapa rasa juga bisa Anda pilih seperti rasa bawang, pedas, original dan rasa lainnya. Denan dibungkus menggunakan alumunium foil membuatnya menjadi tahan lama sehingga banyak juga yang membawanya hingga luar negeri.

5. Biji Ketapang

Biji Ketapang
Image Credit: Cookpad.com

Masih jajanan, biji ketapang juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari Kota Jakarta. Kue Biki Ketapang juga masuk dalam jajaran kue legendaris yang juga bisa dijadikan oleh-oleh. Dinamakan dengan biji ketapang karena memang memiliki bentuk seperti biji ketapang. Untuk bahannya menggunakan tepung terigu, gula, mentega dan juga telur. Meskipun terkenal, namun saat ini keberadaannya cukup sulit untuk ditemukan.

6. Roti Buaya

Roti Buaya
Image Credit: Makanabis.com

Masyarakat Indonesia tentunya sudah banyak yang mengenal roti buaya ini. Roti buaya merupakan roti yang bentuknya memang mirip buaya. Biasanya roti ini akan dihadirkan dalam upacara pernikahan masyarakat Betawi. Tetapi kini juga bisa Anda temui meskipun tak sedang melangsungkan pernikahan. Karena beberapa toko roti yang memang menyediakan olahan roti dengan bentuk buaya ini untuk dijadikan buah tangan.

7. Baju Pangsi Betawi

Baju Pangsi Betawi
Image Credit: Bajuinspiratif.blogspot.com

Tak hanya seputar makanan, Anda juga bisa menjadikan baju khas Betawi yakni baju pangsi sebagai oleh-oleh. Suku asli Jakarta ini memang masih memegang eksistensinya hingga saat ini. Dan menjadikan oleh-oleh berupa baju pangsi merupakan pilihan yang cerdas. Dahulunya, baju ini memang digunakan oleh para masyarakat Betawi dalam kesehariannya. Baju ini terdiri dari beberapa bagian yakni, kemeja lengan panjang, celana model gantung dan kain kotak kotak.

Sebagai aksesoris ditambahkan dengan sabuk hijau, peci serta sandal terompah yang juga unik. Apabila dilihat sekilas busana adat ini mirip dengan pakaian yang digunakan oleh para ahli silat. Hingga kini, Baju Pangsi menjadi salah satu oleh-oleh yang populer dan menunjukkan khas Jakarta yang menonjol. Terdapat juga model baru yang membuat Anda akan memiliki banyak pilihan ketika akan menjadikan baju pangsi ini sebagai buah tangan.

8. Miniatur Transportasi di Jakarta

Miniatur Transportasi di Jakarta
Image Credit: Karyabule.com

Sebagai buah tangan, Anda juga bisa menjadikan miniatur alat transportasi ini alternatif. Di Jakarta memang ada beberapa transportasi khasnya seperti bajaj, helicak, bemo, opelet, bis tingkat dan lainnya. Selain ada miniatur kendaraan yang lawas, kini juga hadir miniatur transportasi modern seperti trans Jakarta dan MRT. Miniatur ini dibuat dari bahan kayu dan sangat cocok jika dipajang di rumah Anda sebagai hiasan yang unik dan cantik.

9. Telur Gabus Keju Jakarta

Telur Gabus Keju Jakarta
Image Credit: Omiyago.com

Makanan yang satu ini tidak hanya populer namun juga menjadi favorit masyarakat Jakarta. Telur gabus keju memiliki rasa yang gurih, manis dan memiliki tekstur yang renyah. Selain dikenal dengan telur gabus keju, juga banyak yang menyebutnya telur belanak. Kue kering ini berbahan dasar kanji, telur, gula, air serta memiliki bentuk seperti telur ikan gabus. Anda bisa menemukan jajanan ini di toko oleh-oleh yang banyak ditemui di Jakarta.

10. Tape Uli Khas Betawi

Tape Uli Khas Betawi
Image Credit: Minews.id

Di Jakarta memang memiliki banyak makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh. Salah satunya yang tak kalah populer di kalangan wisatawan adalah Tape Uli yang merupakan khas Betawi. Tape uli sendiri merupakan makanan yang dibuat dari beras ketan putih yang dicampurkan kelapa. Memiliki rasa yang gurih, manis dan aroma yang menggoda. Untuk menikmatinya, akan disandingkan dengan tape ketan hitam. Membuat perpaduan keduanya begitu nikmat dan menggugah.

BACA:  20 Wisata Kuliner di Jakarta yang Murah & Enak

11. Kue Geplak

Kue Geplak
Image Credit: Indonesiakaya.com

Kue geplak ini biasanya akan hadir dalam upacara pernikahan sebagai seserahan di suku Betawi. Meskipun termasuk jajanan yang populer, namun pembuatnya tak banyak. Sehingga perlahan makanan ini mulai mengalami kepunahan. Kue geplak dibuat dari tepung beras yang dicampurkan parutan kelapa sangrai. Rasanya manis dengan teksturnya yang sangat lembut. Kue satu ini bisa tahan mulai dari 3 sampai 7 hari sehingga cocok dijadikan oleh-oleh.

12. Kaos Jakarta

Kaos Jakarta
Image Credit: Tokopedia.com

Di setiap kota di Indonesia, terutama kota kota yang dijadikan tujuan wisata pasti memiliki kaos khasnya. Begitu juga dengan Jakarta yang juga memiliki aneka kaos yang cocok untuk dijadikan buah tangan. Kaos ini hadir dengan berbagai desain, mulai dari tulisan I love Jakarta hingga gambar tempat terkenal di Jakarta. Ada banyak penjual yang bisa Anda temui dan tempat tempat yang memang menyediakan kaos Jakarta dengan model dan bahan yang berbeda.

13. Akar Kelapa

Akar Kelapa
Image Credit: Tandaseru.id

Camilan khas Jakarta satu ini juga kerap dijadikan oleh-oleh para wisatawan. Kue akar kelapa juga merupakan makanan khas masyarakat Betawi yang banyak digemari. Umumnya makanan tradisional ini akan disajikan dengan rengginang maupun kacang goreng ketika ada acara spesial. Seperti namanya, kue satu ini memang memiliki bentuk yang mirip dengan akar kelapa. Rasanya gurih dan manis, sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

14. Aneka Souvenir Ondel Ondel

Aneka Souvenir Ondel Ondel
Image Credit: Tokopedia.com

Jakarta juga terkenal dengan Ondel Ondelnya, dan Anda bisa mendapatkan souvenir yang juga laris dijual. Aneka souvenir dengan bentuk ondel ondel ini memang beragam, mulai dari gantungan kunci, miniatur, magnet kulkas hingga boneka. Semua souvenir dengan bentuk ondel ondel ini memang sangat menunjukkan ciri khas dari kota Jakarta. Anda juga sangat mudah untuk menemukan oleh-oleh berupa souvernir ini karena memang banyak yang menjualnya.

15. Miniatur Monas

Miniatur Monas
Image Credit: Engineear.co

Jakarta identik dengan bangunan satu ini yaitu Monas. Monas bahkan menjadi ikon Jakarta yang juga menjadi tujuan wisata. Memberikan buah tangan berupa miniatur monas juga merupakan pilihan yang bagus. Sebab selain menunjukkan identitas Jakarta, miniatur ini juga bisa tahan lama serta mempercantik rumah pemiliknya. Anda bisa menemukan oleh-oleh khas dari Kota Jakarta ini di pasar kerajinan, toko oleh-oleh maupun toko souvenir.

16. Souvenir Kaleng Kerupuk

Souvenir Kaleng Kerupuk
Image Credit: Kalengkerupukmini.blogspot.com

Souvenir satu ini merupakan souvenir kekinian yang juga banyak diburu oleh para pelancong. Kaleng kerupuk berwarna warni ini akan diisi dengan berbagai permen maupun snack. Ukurannya tak terlalu besar, namun cukup unik untuk dijadikan oleh-oleh. Apalagi isiannya merupakan snack jaman dahulu yang membangkitkan nostalgia. Tak hanya dibeli di toko snack, souvenir ini juga bisa ditemukan di toko oleh-oleh khas Betawi.

17. Tumbler khas Jakarta

Tumbler khas Jakarta
Image Credit: Mamikos.com

Keberadaan Tumbler belakangan memang hits, terutama di kalangan anak muda. Untuk mengurangi limbah plastik, membawa tumbler akan sangat membantu. Tempat minum yang kekinian ini juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Sebab di tubuh tumbler akan tercetak tulisan Jakarta yang estetik. Apalagi ada banyak model dan warna yang juga bisa dijadikan pilihan untuk Anda. Yang jelas Tumbler ini kekinian dan cantik untuk dibawa sehari hari.

18. Marguerite Nougat

Marguerite Nougat
Image Credit: Zomato.com

Oleh-oleh satu ini memang terbilang baru di dunia oleh-oleh. Namun kehadirannya begitu populer dan langsung diburu oleh para pelancong. Marguerita Nouget sendiri merupakan panganan dengan rasa yang unik. perpaduan rasa manis dan juga gurih yang sangat pas dan nikmat. Kemasannya yang kekinian turut membuat oleh-oleh ini semakin cantik dan diburu. Sangat cocok untuk dijadikan buah tangan bagi keluarga maupun kerabat Anda.

BACA:  20 Wisata Kuliner di Jakarta yang Murah & Enak

19. Kue Semprong

Kue Semprong
Image Credit: Instagram.com @keriuksnack

Kue semprong juga menjadi oleh-oleh khas kota Jakarta yang populer. Kue yang biasanya memiliki bentuk memanjang layaknya semprong atau pipa ini begitu banyak penggemar. Keberadaan kue satu ini memang sudah lama dan hingga kini penggemarnya masih ada. Kue semprong memiliki rasa gurih dan tak terlalu manis. Wajar jika banyak orang ketagihan dengan jajanan, yang juga sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk kerabat ini.

Kini kue semprong hadir dengan berbagai bentuk yang membuatnya terlihat unik. bukan hanya bentuk, Anda juga bisa menemukan kue semprong dengan berbagai aroma yang memikat. Aroma tersebut antara lain, pandan, jahe, vanila atau bahkan durian. Inilah yang membuat jajanan satu ini tak lekang oleh jaman. Anda bisa mendapatkan kue semprong sangat murah di Jakarta, sebab banyak dijual di toko oleh-oleh.

20. Pepes Tulang Lunak Ikan Mas

Pepes Tulang Lunak Ikan Mas
Image Credit: Ramesia.com

Untuk panganan satu ini hanya bisa dibawa pulang oleh Anda yang jarak rumahnya tak terlalu jauh. Sebab, pepes satu ini termasuk makanan basah yang tidak akan bisa bertahan lama. Namun untuk rasanya tak akan mengecewakan Anda, proses memasak yang tak sebentar membuat dagingnya begitu lunak. Teksturnya yang lembut dengan rempah yang khas akan sangat nikmat jika disantap dengan nasi hangat. Tertarik membawa buah tangan satu ini?

21. Boneka Abang None

Boneka Abang None
Image Credit: Instagram.com @sskreasi

Abang None merupakan sebutan untuk pasangan perempuan dan laki laki yang dipilih menjadi duta Jakarta. Tugasnya tentunya mempromosikan pariwisata kota Jakarta. Abang None ini digambarkan dengan sepasang laki dan perempuan yang mengenakan busana tradisional adat Betawi. Dan dari sanalah muncul ide untuk menjadikan boneka yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Pengrajin boneka ini membuat dalam berbagai ukuran dan desain yang lucu.

22. Kebaya Betawi

Kebaya Betawi
Image Credit: Republika.co.id

Bagi Anda kaum perempuan yang ingin tampil cantik, bisa membeli Kebaya Betawi yang anggun. Bukan hanya bisa digunakan sendiri, Anda juga bisa menjadikan buah tangan untuk kerabat. Kebaya Betawi memiliki aksen yang lebih simpel namun tetap menonjolkan sisi elegannya. Anda bisa memadupadankan dengan bawahan yang bercorak agar lebih cantik. Membeli kebaya Betawi yang seragam pasti akan berkesan untuk penerima oleh-oleh.

Ada berbagai warna serta desain yang bisa Anda pilih dan beli nantinya. Ada banyak toko pakaian yang menyediakan pakaian khas Betawi satu ini. Harga yang ditawarkan juga beragam, biasanya dibedakan berdasarkan bahannya. Tidak hanya untuk orang dewasa, ada juga kebaya betawi untuk anak anak. Baju tradisional ini juga kaya akan filosofi bagi masyarakat Betawi.

23. Keripik Buah

Keripik Buah
Image Credit: Lazada.co.id

Bukan hanya singkong atau ubi yang bisa dijadikan keripik. Buah buahan juga bisa disulap menjadi keripik dengan rasa yang tak kalah nikmat. Berbagai buah mulai dari mangga, melon, salak, apel, jambu dan lainnya bisa Anda temukan dalam bentuk keripik. Jajanan yang unik ini juga sangat cocok untuk dijadikan buah tangan. Karena termasuk makanan ringan, keripik buah khas Jakarta ini juga tahan lama.

Jakarta tak hanya memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik. Kuliner yang dimiliki kota metropolitan ini juga sangat kaya. Semakin lengkap dengan hadirnya berbagai oleh-oleh khas dari Jakarta yang bisa dibawa pulang oleh para wisatawan. Tak hanya dalam bentuk makanan, Jakarta juga memiliki oleh-oleh berupa souvenir maupun pakaian. Apakah Anda sudah memutuskan untuk membeli oleh-oleh yang mana?