Jambi menawarkan beragam jenis oleh-oleh khas yang dapat dibawa pulang. Mulai dari camilan yang bercitarasa unik hingga minuman khas yang menggugah selera.

Setelah berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Kota Jambi, tentu akan tiba saatnya untuk kembali ke daerah masing masing untuk kembali menjalani rutinitas sehari hari. Sebelum pulang tentu sangat sesuai jika mampir sejenak untuk membeli buah tangan khas dari kota ini.

Lalu apa saja oleh-oleh khas dari Jambi yang paling populer untuk dibeli? Mari simak ulasannya secara lebih lengkap.

1. Dodol Nanas

Dodol Nanas
Image Credit: Rinoitink.blogspot.com

Dodol memang merupakan salah satu jenis camilan legit yang bisa ditemui di berbagai daerah di tanah air. Namun saat berada di Jambi, Anda akan disuguhi dodol khas yang terbuat dari buah nanas. Tentu citarasa dari dodol yang satu ini akan berbeda dengan dodol jenis lainnya yang biasanya terbuat dari bahan dasar tepung ketan, santan, dan gula merah.

Memang nanas adalah salah satu komoditas utama yang ada di kota ini. Tak ayal terdapat banyak jenis camilan yang terbuat dari buah tersebut di Jambi. Tanpa menggunakan bahan pengawet berbahaya, dodol nanas ini juga terbilang mampu bertahan lama. Begitu dodol ini digigit, citarasa legit pun akan langsung terasa. Dengan rasanya yang juara tentu saja membuat oleh-oleh yang satu ini begitu populer dan diburu oleh banyak wisatawan.

2. Duku Kumpeh

Duku Kumpeh
Image Credit: Traveloka.com

Bagi Anda yang mencari oleh-oleh khas Jambi, maka tidak ada salahnya untuk membeli buah duku kumpeh ini. Tanpa proses pengolahan apapun, tentu buah ini akan terasa lebih segar saat dinikmati. Buah duku ini juga cenderung berbeda dengan jenis buah duku lainnya yang ada di tanah air. Istilah kumpeh yang ada di belakang nama buah itu sendiri diperoleh dari nama kecamatan yang ada di kawasan ini.

Beragam keunggulan dapat Anda rasakan saat mencoba buah yang satu ini. Sebut saja dari rasanya yang manis dan ukurannya yang besar. Tidak hanya itu, di dalam buah ini juga tidak terdapat biji buah layaknya jenis buah yang lain. Dengan hal hal tersebut, tak ayal membuat banyak orang menyukai buah yang populer ini. Membelinya untuk buah tangan pun menjadi opsi yang tepat untuk dipilih.

BACA:  20 Tempat Wisata di Jambi Terbaru & Paling Hits

3. Bolu Kojo Jambi

Bolu Kojo Jambi
Image Credit: Sajiansedap.grid.id

Bolu kojo khas dari Jambi ini memiliki perbedaan dengan bolu kojo yang ada di Palembang. Perbedaan tersebut dapat terlihat secara jelas dari segi tampilannya. Pada bolu kojo khas Jambi akan tersaji dalam bentuk polos atau tanpa lapisan. Sementara untuk bolu kojo dari Palembang biasanya akan dibuat dengan lapisan yang membuatnya berbeda. Dulunya nama bolu tersebut lebih sering disebut dengan istilah bolu kamboja.

Hal ini disebabkan karena bentuk loyang yang digunakan untuk mencetak kue memiliki bentuk mirip bunga kamboja. Kue yang memiliki tampilan ayu ini memiliki rasa yang manis. Selain itu, tekstur dari bolu ini juga begitu lembut saat disantap. Hal lain yang tak kalah menarik adalah dari aroma yang dikeluarkan oleh bolu khas Jambi ini. Karena aroma pandan dari bolu ini begitu terasa sehingga membuatnya semakin banyak disukai.

4. Lempok Durian

Lempok Durian
Image Credit: Omiyago.com

Tidak hanya terkenal akan komoditas berupa buah nanas saja, di Jambi juga terkenal akan buah duriannya yang melimpah. Daging buah durian tersebut juga telah diolah sedemikian rupa menjadi beragam jenis hidangan atau camilan. Salah satunya adalah lempok durian ini. Rasa manis dan legit dari penganan ini menjadikannya banyak disukai. camilan unik ini juga sangat direkomendasikan untuk Anda bawa pulang sebagai buah tangan khas dari Jambi.

5. Tempoyak Durian

Tempoyak Durian
Image Credit: Hipwee.com

Tidak hanya dapat dioleh menjadi lempok, buah durian dapat pula disulap menjadi makanan unik bernama tempoyak. Dengan proses pembuatan yang ada di baliknya, tempoyak ini memiliki citarasa yang asam dan pedas. Biasanya tempoyak durian juga sangat nikmat saat disantap bersama dengan ikan patin, ikan mujair, maupun ikan mas. Karena rasa dan kepopulerannya, jenis makanan ini juga sangat direkomendasikan untuk oleh-oleh khas Jambi.

6. Pempek

Image Credit: Cookpad.com

Tidak hanya di Palembang saja, pempek juga merupakan hidangan yang populer di kawasan Jambi. Jika dilihat dari beberapa sisi, pempek yang berasal dari dua daerah ini juga memiliki perbedaan di dalamnya. Seperti misalnya dari segi cara penyajian pempek yang cenderung berbeda. Namun saat dilihat dari bentuk atau tampilan luar memang terkesan mirip dan serupa.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Jambi yang Murah & Enak

Hal lain yang membedakan keuda jenis pempek ini adalah dari jenis cuka yang akan digunakan. Di Jambi sendiri, pempek adalah salah satu hidangan yang akan disajikan di acara acara besar. Namun seiring berjalannya waktu, terdapat banyak wisatawan yang akan memiliki pempek Jambi sebagai oleh-oleh. Anda berminat untuk membeli oleh-oleh yang satu ini ?

7. Dodol Kentang

Dodol Kentang
Image Credit: Omiyago.com

Selain terbuat dari nanas, terdapat pula dodol khas Jambi yang terbuat dari bahan kentang. Tentu keduanya memiliki perbedaan dari segi rasa yang dimilikinya. Tekstur dari dodol kentang juga cenderung lebih kenyal daripada jenis dodol yang lainnya. Kentang sendiri merupakan hasil perkebunan utama di kawasan kaki Gunung Kerinci. Tentu camilan lezat ini sangat sayang jika dilewatkan begitu saja untuk buah tangan orang orang di rumah.

8. Kopi Bubuk Cap AAA

Kopi Bubuk Cap AAA
Image Credit: Kongkrit.com

Tidak hanya sajian lezat dan camilan saja, di Jambi juga terkenal akan salah satu minuman khasnya. Minuman ini adalah kopi bubuk cap AAA. Tentu oleh-oleh ini sangat tepat diberikan bagi mereka yang menyukai minuman kopi. Citarasa dari bubuk kopi yang telah diseduh pun tidak bisa ditemui pada jenis kopi lainnya. Biasanya jenis buah tangan yang satu ini dijual dalam bentuk paket bersama dengan pempek.

9. Teh Kayu Aro

Teh Kayu Aro
Image Credit: Len-diary.com

Tidak hanya kopi, salah satu minuman yang banyak dikonsumsi masyarakat di tanah air adalah teh. Di Jambi sendiri terdapat teh populer yang bisa Anda jadikan sebagai buah tangan. Jenis minuman khas ini adalah teh hitam celup Kayu Aro. Tempat dibuatnya teh tersebut adalah dari kawasan perbukitan Kerinci. Memang di area tersebut terhampar perkebunan teh yang luas yang juga bisa dituju untuk kegiatan wisata.

Harga dari oleh-oleh berupa teh celup hitam ini juga relatif terjangkau. Dengan menyeduhnya bersama air panas, maka sari dari daun teh tersebut akan keluar dan menghasilkan aroma yang enak. Minuman ini juga sangat cocok dinikmati bersama makanan ringan yang ada. Terlebih dimium saat sore hari sembari menikmati kenangan akan liburan di kota indah yang terletak di Sumatera ini.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Jambi yang Murah & Enak

10. Gelamai Perentak

Gelamai Perentak
Image Credit: Tribunnews.com

Gelamai perentak juga masuk di jajaran oleh-oleh khas Jambi yang populer. Tekstur dari camilan yang satu ini dapat dikatakan mirip dengan dodol yang terbuat dari kentang. Karena citarasanya yang lezat, kue khas ini sangat direkomendasikan untuk dijadikan buah tangan. Untuk membelinya juga terbilang cukup mudah di toko oleh-oleh yang ada di kawasan tersebut. Harga dari gelamai perentak pun terbilang bersahabat bagi kantong.

11. Kue Padamaran

Kue Padamaran
Image Credit: Daerahkita.com

Kue padamaran adalah salah satu jenis camilan yang dibuat dengan cara tradisional. Citarasa kue yang lezat menjadikan kue khas Jambi ini sangat digemari. Belum lagi dengan tampilan kue yang dikemas dengan wadah alami yang terbuat dari daun. Bahan dasar kue padamaran ini diketahui terbuat dari tepung beras. Dengan campuran bahan lainnya menjadikan camilan ringan ini memiliki tekstur yang lembut.

Ciri khas dari kue ini adalah tampilannya yang berwarna hijau muda. Warna hijau tersebut juga berasal dari bahan alami berupa air dari daun suji. Di bagian atasnya akan terdapat cairan yang terbuat dari gula merah. Maka rasa gurih adonan kue di bawahnya akan berpadu sempurna bersama rasa manis dari gula merah tersebut. Harga dari kue khas ini juga terbilang sangat bersahabat di kantong.

12. Gelang Sebelik Sumpah

Gelang Sebelik Sumpah
Image Credit: Shopee.co.id

Salah satu oleh-oleh khas Jambi yang juga terkenal adalah gelang. Untuk membuat gelang ini diperlukan biji dari pohon bernama sebelik sumpah. Nama pohon inilah yang diadaptasi menjadi nama gelang yang unik dan artistik ini. Selain dijadikan sebagai gelang, biji tersebut juga bisa dirangkai menjadi kalung. Karena keunikan dan cerita historis yang ada di baliknya, membuat banyak orang juga mengoleksi jenis buah tangan yang satu ini.

Terdapat banyak jenis oleh-oleh khas yang bisa Anda pilih saat berkunjung ke Kota Jambi. Mulai dari dodol, bolu, tempoyak, kopi, teh, dan masih banyak lagi. Terdapat pula gelang unik yang menarik jika dibeli untuk buah tangan. Saat berburu oleh-oleh khas tersebut, Anda dapat sekaligus menikmati pemandangan kota nan indah ini. Dari ulasan yang ada, jenis oleh-oleh mana yang akan Anda beli pertama kali ?