Jepara yang dikenal sebagai Kota Ukir ini memiliki beragam kuliner khas dan cinderamata yang unik bisa dijadikan buah tangan. Inilah rekomendasi oleh-oleh khas dari Jepara yang paling populer dan bisa Anda bawa pulang.

Saat berlibur di Jepara, tentunya akan langsung teringat dengan berbagai budaya dan kerajinan khas daerahnya. Seperti yang diketahui bahwa kota ini merupakan daerah penghasil kerajinan kayu jati. Tak hanya menjadi kota pusat kerajinan, Jepara juga menjadi kota sejarah. Oleh sebab itu, tak heran apabila daerahnya memiliki buah tangan khas yang menjadi incaran. Berikut daftar oleh-oleh khas Jepara yang paling diburu wisatawan.

1. Kacang Listrik

Kacang Listrik
Image Credit: Tic.jepara.go.id

Buah tangan pertama yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan saat membeli adalah Kacang Listrik. Makanan atau jajanan ringan ini menjadi salah satu menu favorit atau andalan bagi masyarakat sekitar hingga para wisatawan yang berkunjung di Jepara. Dikarenakan sangat cocok dan pas untuk dijadikan sebagai cemilan di siang hari atau bahkan dapat dijadikan sebagai teman selama perjalanan.

Saat pertama kali mendengar namanya, tentu Anda akan dibuat merasa terkejut. Kacang Listrik ini merupakan jenis makanan unik dari bahan baku berupa kacang yang dipanggang dengan menggunakan oven. Untuk cita rasanya sendiri tidak perlu diragukan, dikarenakan sudah pasti memiliki rasa yang asin dan gurih. Sedangkan untuk kisaran harganya sangat terjangkau dan ramah di kantong.

2. Kerupuk Tenggiri dan Udang Echo

Kerupuk Tenggiri dan Udang Echo
Image Credit: Instagram.com @kerupukjepara

Jajanan ringan selanjutnya yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan adalah Kerupuk Tenggiri dan Udang Echo. Mengingat bahwa lokasi dari Jepara yang berada berdekatan dengan pinggir pantai. Tentunya akan kurang lengkap jika tidak menyempatkan waktu untuk mencicipi dan menikmati sajian khasnya. Terlebih lagi sajian khas seperti kerupuk ini mempunyai rasa yang sangat gurih dan renyah.

Sebenarnya jenis makanan satu ini termasuk ke dalam jenis cemilan yang sulit untuk ditemukan. Hal tersebut dikarenakan para produsen atau pembuatnya mulai berkurang. Meskipun begitu, kini kerupuk tengiri dan udang echo sudah tersedia dalam kemasan mentahan. Yang mana dapat Anda masak atau buat sesuai dengan keinginan. Untuk kisaran harganya sangat terjangkau dan ramah di kantong.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Kudus yang Paling Populer

3. Carang Madu

Carang Madu
Image Credit: Bukalapak.com

Menu atau olahan makanan khas Jepara yang dapat dijadikan sebagai pilihan untuk oleh-oleh adalah Carang Madu. Termasuk kedalam jenis jajanan ringan, yang mana dapat Anda nikmati dalam berbagai suasana dan keadaan. Bahkan tak jarang banyak orang atau wisatawan yang menjadikan makanan ini sebagai teman selama di perjalanan. Dikarenakan memiliki rasa yang enak dan membuat ketagihan.

Untuk namanya sendiri, sebenarnya memiliki arti yakni sebuah ranting bambu. Namun hal tersebut bukan berarti bahwa bahannya terbuat dari bambu. Umumnya kue satu ini terbuat dari beberapa perpaduan bahan dapur seperti santan, tepung, dan gula. Dengan perpaduan bumbu dan cara membuat yang benar mampu menghasilkan Carang Madu dengan cita rasa yang sungguh enak.

4. Jeruk Jepara

Jeruk Jepara
Image Credit: Makananoleholeh.com

Tak hanya beberapa jenis jajanan atau makanan ringan yang dapat dijadikan sebagai buah tangan. Ada beberapa buah khas dari daerah Jepara, yang mana wajib untuk dicoba dan dibeli. Salah satunya adalah Jeruk Jepara atau lebih akrab disebut Jeruk Swing. Jeruk satu ini termasuk kedalam jenis Limnocitrus Littoralis, yang dapat tumbuh dan berkembang di tanah berpasir dan kadar garam tinggi.

Dahulu, sempat dikabarkan dan dinyatakan oleh ahli botani bahwa jenis jeruk ini telah punah. Namun tanaman satu ini dapat tumbuh dengan baik dan tanpa hambatan di Jepara. Untuk segi rasanya, buah ini memiliki rasa yang sedikit aneh. Perpaduan antara asam dan asin, namun terkadang juga seperti jeruk nipis. Meskipun begitu, Anda wajib sekali untuk mencoba jenis jeruk ini.

5. Durian Petruk

Durian Petruk
Image Credit: Tokopedia.com

Masih seputar buah-buahan khas dari Jepara yang wajib sekali Anda coba adalah Durian Petruk. Jenis buah satu ini termasuk kedalam menu atau makanan andalan dan favorit bagi masyarakat sekitar. Bahkan tak jarang para pengunjung Jepara atau wisatawan juga sangat menyukai buah satu ini. Khususnya bagi Anda penyuka buah durian, sangat wajib untuk menikmati kenikmatan rasa Durian Petruk.

Untuk jenisnya termasuk kedalam bibit durian unggul, yang mana memiliki cita rasa yang sangat manis dan tentunya nikmat. Bahkan pada tekstur dagingnya sangat tebal dan lembut. Dengan begitu, akan membuat daging duriannya langsung lumer dan hancur ketika dimakan. Tak heran apabila, jenis Durian Petruk khas Jepara ini menjadi salah satu produk unggulan dari Indonesia.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Temanggung yang Paling Populer

6. Kerupuk Bawang

Kerupuk Bawang
Image Credit: Instagram.com @restuku_kerupukmentah

Bagi Anda penyuka makanan ringan atau cemilan seperti kerupuk? Tentunya wajib sekali untuk membeli dan mencicipi berbagai kerupuk khas Jepara. Salah satu jajanan ringan yang menjadi favorit dan sangat populer dikalangan para wisatawan adalah Kerupuk Bawang. Makanan ringan satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jepara, dikarenakan kenikmatan rasanya.

Kerupuk Bawang ini sudah sangat terkenal dengan cita rasanya yang sangat unik. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa kerupuk khas Jepara ini sangat berbeda dengan daerah lainnya. Hal ini dikarenakan dalam proses pembuatannya menggunakan bahan-bahan dengan kualitas yang tinggi. Serta dalam proses pemasakannya juga dimasak dan diolah dengan sangat terampil oleh ahlinya.

7. Tenun Troso

Tenun Troso
Image Credit: Instagram.com @tenun_ethnic_jepara

Tak hanya olahan makanan atau jajanan ringan, yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh atau buah tangan untuk dibawa pulang. Umumnya di daerah Jepara ini memiliki beberapa hal atau benda lain yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan. Salah satunya adalah sebuah Tenun Troso, yang mana menjadi salah satu buah tangan khas Jepara dan menjadi sebuah andalan atau pilihan alternatif para wisatawan.

Untuk dapat membeli atau bahkan menyaksikan secara langsung bagaimana pembuatan kain tenun khas ini, maka Anda wajib datang dan berkunjung di Desa Troso. Disana para wisatawan akan berjumpa langsung dengan para pengrajin kain tenun ini. Perlu diketahui bahwa, kain tenun ini memiliki ciri khasnya tersendiri. Yang mana dalam pembuatannya menggunakan sebuah teknik khusus.

Dalam prosesnya mengusung teknik tenun gedog atau saat ini lebih dikenal dengan sebutan ngeteng plangkan. Memiliki ciri khas yang sangat kental membuatnya mempunyai cita rasa atau nilai seni yang sangat tinggi dan mahal. Meskipun dibandrol dengan harga yang lumayan, namun kain tenun khas ini sangat direkomendasikan untuk dibeli dan dijadikan sebagai oleh-oleh khas.

8. Kebaya Kartini Jepara

Kebaya Kartini Jepara
Image Credit: Bukalapak.com

Tak hanya kain tenun khas Jepara yang dapat Anda jadikan sebagai bentuk buah tangan. Masih seputar tentang perkainan, selanjutnya ada Kebaya Kartini Jepara. Yang mana pakaian khas daerah Jepara ini dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh khas daerahnya. Dikarenakan melambangkan sebuah identitas atau sosok wanita yang sangat tangguh untuk memperjuangkan hak-haknya.

BACA:  12 Oleh-Oleh Khas Wonosobo yang Paling Populer

Umumnya, dalam penggunaan pakaian khas Jepara ini dipakai untuk memperingati sosok pahlawan wanita yakni RA Kartini. Terlebih lagi adanya berbagai motif yang ditawarkan tentunya memberikan nilai atau kesan keindahannya tersendiri. Untuk kisaran harganya sangat beragam. Dengan begitu, sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai oleh-oleh atau sebuah bingkisan untuk sanak saudara atau keluarga.

9. Kerajinan Patung dan Ukiran

Kerajinan Patung dan Ukiran
Image Credit: Instagram.com @dwi_furniturejepara

Seperti yang telah banyak diketahui bahwa Kabupaten Jepara merupakan salah satu pusat daerah penghasil kerajinan. Yang mana sudah tidak perlu diragukan kembali bagaimana hasil atau karyanya. Terlebih lagi Jepara sangat terkenal dan populer dengan hasil kerajinan patung dan ukirannya. Umumnya dalam pembuatan kerajinan ini menggunakan kayu seperti jati, meh , mahoni, dan lain sebagainya.

Untuk karya seni yang dihasilkan dari beberapa jenis kayu tersebut, sudah sangat dikenal oleh dunia. Dikarenakan keunggulan dari segi sifatnya, yang mana sangat kuat dan tahan rapuh serta dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Saat berada di Jepara, tentunya Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai hasil kerajinan unik dan kokoh yang dapat dijadikan sebagai buah tangan.

10. Kerajinan Monel Kalinyamatan

Kerajinan Monel Kalinyamatan Jepara
Image Credit: Google Maps (Kerajinan Monel Jepara)

Oleh-oleh khas yang terakhir dapat Anda jadikan sebagai alternatif pilihan adalah Kerajinan Monel Kalinyamatan. Masih seputar tentang hasil kerajinan, tak perlu diragukan lagi hasil atau karya kerajinan yang ada di kota ini. Salah satunya adalah adanya benda dari bahan monel yang dijadikan sebagai perhiasan di Jepara. Bahkan kerajinan satu ini hadir dengan berbagai bentuk dan motif yang indah.

Untuk pemanfaatan bahan baku monel ini, sebenarnya sudah ada sejak zaman Kerajaan Kalinyamat. Sehingga nama kerajinan yang diberikan ini sesuai dengan kerajaannya pada zaman dahulu. Sedangkan untuk hasilnya sangatlah beragam mulai dari anting, cincin, gelang, kalung, dan masih banyak jenis lainnya. Dan menjadi daya tariknya adalah harga yang dibanderol sangat murah dan terjangkau.

Itulah rekomendasi oleh-oleh khas Jepara, yang mana wajib untuk beli saat berkunjung. Terlebih lagi buah tangan khas daerahnya sangatlah beragam. Mulai dari adanya jajanan ringan, buah-buahan, hingga pakaian atau kain. Tak lupa, adanya sebuah kerajinan dari kayu jati yang sudah menjadi ikonik dari daerah ini. Dengan keberagaman oleh-olehnya, tentu akan memberikan kemudahan bagi para pengunjung atau wisatawan.