Jika Anda sedang bepergian ke kota Jogja, tak lengkap rasanya apabila tidak membawa pulang oleh-oleh yang berasal dari Jogja. Untuk itu, ada beberapa jenis buah tangan yang bisa untuk Anda berikan kepada kerabat maupun keluarga saat berada di Jogja. Tak hanya makanan saja, berikut ini adalah rekomendasi oleh-oleh khas Jogja yang cocok untuk Anda bawa pulang. Simak ulasan selengkapnya.

1. Geblek Kulonprogo

Geblek Kulonprogo
Image Credit: Theboxsceneproject.org

Untuk Anda yang ingin menikmati oleh-oleh ataupun camilan yang terbuat dari tepung tapioka ini, maka Anda pun tak perlu jauh jauh untuk pergi ke Kulon Progo. Pasalnya, Anda pun bisa menemukan makanan ini di jalan Kaliurang, tepatnya di Geblek Samigaluh Pak Sabar. Disini, Anda bisa membeli yang mentah dan kemudian menggorengnya sendiri di rumah.

2. Wedang Uwuh

Wedang Uwuh
Image Credit: Genpi.co

Oleh-oleh khas Jogja selanjutnya yang wajib untuk Anda bawa pulang adalah wedang uwuh. Sering kali disebut juga sebagai wedang rempah, minuman satu ini memiliki khasiat yang bagus untuk tubuh Anda. Perpaduan yang unik antara rasa pedas dan manis ini dapat dengan mudah untuk Anda temukan di sekitar Malioboro ataupun Pasar Beringharjo.

3. Belalang Goreng

Belalang Goreng
Image Credit: Eksotisjogja.com

Belalang yang digoreng ini juga menjadi salah satu camilan khas dari Gunung Kidul. Namun, kuliner satu ini pun semakin naik daun sehingga Anda akan dengan mudah untuk menjumpainya di sekitar pinggir jalan Gunung Kidul. Untuk Anda yang ingin mencoba mencicipi kuliner ini, maka Anda pun hanya perlu untuk mengeluarkan kocek senilai 20 ribu rupiah saja per satu toplesnya.

4. Bakpia Princess Cake

Bakpia Princess Cake
Image Credit: Jogjaspace.com

Bagi Anda yang bosan dengan sajian bakpia pathok, maka Anda pun bisa mencoba untuk membeli bakpia princess cake. Untuk kuliner satu ini, memiliki ukuran yang lebih besar. Selain itu, untuk isiannya sendiri pun cukup beragam. Usaha roti milik Syahrini ini pun dapat Anda jadikan pilihan untuk dibawa pulang. Anda bisa menemukannya di Malioboro ataupun depan Stasiun Tugu.

5. Jadah Tempe

Jadah Tempe
Image Credit: Kompas.com

Ketika berkunjung ke Jogja, Anda pun juga perlu untuk mencoba salah satu makanan yang terbuat dari tepung ketan ini. Untuk membuat rasa lebih enak, maka Anda pun bisa menambahkan tempe ataupun tahu bacem. Untuk Anda yang menyukai pedas, maka Anda pun bisa menambah cabe hijau. Jajanan yang sederhana ini bisa menjadi salah satu oleh-oleh untuk keluarga Anda di rumah.

6. Tas Dowa

Tas Dowa
Image Credit: Tokopedia.com

Untuk Anda yang tidak ingin membawa pulang oleh-oleh berupa makanan, maka tas dowa dapat menjadi buah tangan yang cocok. Tas rajut ini sangat cocok untuk Anda berikan kepada ibu maupun saudara perempuan Anda. Sejak dirintis dari tahun 1989, tas Dowa ini pun semakin populer bahkan hingga menembus pasar Internasional. Bagi Anda yang tertarik, maka Anda bisa melihat koleksi tas tersebut di lantai 2 Honje Restaurant.

7. Aksesoris Khas Jogja

Aksesoris Khas Jogja
Image Credit: Tokopedia.com

Selain itu, untuk Anda yang ingin membawa oleh-oleh untuk teman teman dalam jumlah banyak, maka kota Jogja pun merupakan salah satu destinasi yang tepat. Pasalnya, di Jogja sendiri banyak sekali aksesoris lucu yang dijual dengan harga cukup terjangkau. Ketika Anda sedang berjalan jalan di Malioboro maka Anda pun akan menemukan banyak penjual yang menjajakan dagangannya.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Kulon Progo yang Paling Populer

Mulai dari satu set gantungan kunci, gelang tangan yang etnik dan lain sebagainya. Tentu saja aksesoris dengan harga murah tersebut dapat Anda berikan ke banyak orang. Selain memiliki harga yang murah, barang barang tersebut juga cukup awet untuk digunakan. Sehingga untuk Anda yang masih bingung membawa oleh-oleh apa untuk sahabat di rumah, aksesoris tersebut dapat menjadi salah satu pilihan.

8. Kerajinan Kulit

Kerajinan Kulit
Image Credit: Bukalapak.com

Tak hanya makanan dan juga aksesoris, maka Anda pun juga bisa untuk membawa pulang kerajinan kulit ketika sedang berkunjung ke Jogja. Untuk Anda yang tertarik, maka Anda pun bisa datang untuk mengunjungi Desa Wisata Manding yang berada di Bantul. Disana Anda nantinya akan bisa untuk melihat secara langsung sentra kerajinan kulit yang sudah ada sejak tahun 1957. Mulai dari tas, jaket, sepatu kulit dan lainnya tersedia di tempat satu ini.

9. Wayang

Wayang
Image Credit: Wargajogja.net

Wayang juga menjadi salah satu oleh-oleh khas yang berasal dari Jogja. Pasalnya, wayang Jogja akan memiliki perbedaan dengan jenis wayang yang lain. Untuk itu, apabila Anda atau keluarga menyukai barang yang mempunyai seni tinggi, maka wayang pun dapat menjadi salah satu buah tangan yang menarik. Tentu saja, koleksi wayang yang Anda miliki pun akan menjadi bertambah.

10. Keripik Belut

Keripik Belut
Image Credit: Jogjakartamall.com

Untuk Anda yang ingin membawa pulang oleh-oleh unik yang berasal dari Jogja, maka Anda pun bisa membawa pulang keripik belut. Memiliki rasa yang gurih dan juga enak, keripik satu ini pastinya akan membuat Anda ketagihan. Bagi Anda yang penasaran dan ingin mencoba makanan satu ini, maka Anda pun bisa mengunjungi sentra bisnis dari keripik belut ini di Pusat Kuliner Belut Godean.

11. Batik Jogja

Batik Jogja
Image Credit: Tokopedia.com

Selain itu, batik masih menjadi salah satu buah tangan yang diminati oleh sebagian orang. Sehingga, tak heran ketika Anda sedang berkunjung ke Jogja maka Anda pun akan banyak menemukan toko kain yang menjual batik. Dengan memberikan baju maupun kain batik kepada orang tua, pastinya akan membuat mereka senang.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin berburu baju batik Jogja maka Anda pun bisa melakukannya di sekitar jalan Malioboro. Tak hanya disitu saja, Anda pun juga bisa untuk mendapatkan batik di Pasar Beringharjo. Selain itu, apabila Anda belum puas dan belum menemukan batik Jogja yang Anda inginkan, maka Anda pun juga bisa untuk mengunjungi Mirota yang memiliki banyak sekali koleksi batik.

12. Mamahke Jogja

Mamahke Jogja
Image Credit: Kompasiana.com

Salah satu kue artis yang menjadi oleh-oleh khas Jogja adalah Mamahke Jogja. Kue yang menyita perhatian dan memiliki rasa yang enak ini dapat menjadi salah satu alternatif pilihan bagi Anda. Mamahke sendiri merupakan salah satu kue yang dimiliki oleh Zaskia Adya Mecca. Kue satu ini pun dapat dengan mudah untuk Anda temukan di dekat Taman Sari maupun Plaza Ambarukmo Jogja.

13. Kaos Dagadu

Kaos Dagadu
Image Credit: Jogjaminded.com

Masih bingung untuk memberikan oleh-oleh kepada adik di rumah? Untuk itu, Anda pun bisa mencoba untuk datang ke Dagadu. Kaos satu ini memang cukup terkenal sebagai buah tangan khas Jogja. Dengan menjual berbagai produk fashion dan juga aksesoris yang mencitrakan Jogja. Untuk Anda yang ingin kesana, maka Anda pun dapat dengan mudah untuk menemukannya. Hal ini dikarenakan Dagadu telah memiliki banyak cabang di Jojga.

BACA:  25 Wisata Kuliner di Jogja yang Murah & Enak

14. Gerabah Kasongan

Gerabah Kasongan
Image Credit: Eksotisjogja.com

Sedangkan, untuk Anda yang sedang mencari pajangan rumah ataupun alat dapur yang terbuat dari gerabah maka Anda pun bisa langsung untuk mengunjungi sentra kerajinan gerabah. Disini, Anda bisa mendapatkan beragam kerajinan gabah yang berkualitas. Oleh-oleh satu ini pun akan cocok untuk Anda berikan kepada keluarga di rumah.

15. Tasuba

Tasuba
Image Credit: Jogjaday.com

Oleh-oleh lainnya yang bisa untuk Anda bawa pulang ketika berada di Jogja adalah Tasuba. Mungkin bagi Anda yang bukan merupakan orang Jogja, makanan satu ini akan terdengar sangat aneh. Tasuba sendiri merupakan singkatan dari Tahu Susu Bakso yang memiliki rasa enak dan tekstur yang lembut. Untuk Anda yang ingin mencoba dan menyantapnya secara langsung maka Anda pun bisa mengunjungi tempatnya yang berada di daerah Laksamana Adisucipto, Jogja.

16. Blangkon

Blangkon
Image Credit: Bp-guide.id

Blangkon merupakan salah satu tutup kepala yang terbuat dari kain batik. Pada umunya, blangkon ini digunakan sebagai salah satu aksesoris untuk acara acara adat. Namun, Anda pun juga bisa untuk membawa pulang benda satu ini sebagai salah satu oleh-oleh khas yang berasal dari Jogja. Bagi Anda yang tertarik, maka Anda pun bisa membelinya di sekitaran Malioboro.

17. Kerajinan Perak

Kerajinan Perak
Image Credit: Genpi.co

Tidak hanya kerajinan kulit saja, ketika Anda berada di Jogja maka Anda pun juga bisa untuk membeli kerajinan perak sebagai salah satu oleh-oleh untuk Anda. Nantinya, Anda bisa berkunjung ke daerah Kotagede untuk menemukan souvenir satu ini. Untuk kerajinan satu ini pun dibuat dengan berbagai macam bentuk seperti perhiasan, bros hingga pajangan yang memiliki motif unik. Tentu saja, kerajinan satu ini akan menjadi salah satu benda cantik yang bisa untuk Anda bawa pulang.

18. Gudeg Kaleng

Gudeg Kaleng
Image Credit: Omiyago.com

Gudeg adalah salah satu kuliner khas Jogja yang wajib untuk Anda cicipi. Namun, bagaimana jika Anda ingin membawa makanan satu ini pulang ke kampung halaman? Untuk itu, Anda pun tak perlu khawatir. Ada beberapa jenis gudeg yang ada di Jogja yakni gudeg basah dan gudeg kering. Untuk gudeg kering sendiri Anda pun bisa dengan mudah untuk membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Apalagi, saat ini terdapat gudeg yang telah dikemas dalam bentuk kaleng. Sehingga Anda pun nantinya akan lebih mudah untuk membawanya dan lebih aman dalam jangka waktu yang lebih lama. Untuk mendapatkannya maka Anda pun bisa mengunjungi salah satu sentra gudeg yakni Gudeg Bu Tjitro yang berada di daerah Jalan Janti, Jogja.

19. Coklat Monggo

Coklat Monggo
Image Credit: Katalogkuliner.com

Tertarik untuk membawa pulang coklat sebagai oleh-oleh? Untuk itu, Anda pun wajib untuk mampir ke Coklat Monggo. Coklat satu ini merupakan salah satu coklat yang khas dari daerah Jogja. Memiliki rasa yang cukup lezat dan tak kalah dari coklat luar negeri, maka Anda pun bisa membawa pulang coklat satu ini untuk keluarga di rumah. Untuk itu, Anda pun bisa mengunjunginya di Monggo Shop yang berada di Jalan Dalem, Jogja.

20. Salak Pondoh Sleman

Salak Pondoh Sleman
Image Credit: Bukalapak.com

Bagi Anda yang merupakan penggemar salak, maka Anda pun bisa menjadikan buah satu ini sebagai salah satu oleh-oleh ketika liburan ke Jogja. Buah salak ini memiliki cita rasa yang manis dan juga segar. Sehingga akan bisa Anda nikmati selama perjalanan. Untuk Anda yang ingin membawa pulang buah satu ini, maka Anda pun bisa mengunjungi salah satu daerah di Jogja yakni Sleman.

BACA:  20 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru & Paling Hits

Berada di lereng gunung Merapi, Sleman memang terkenal sebagai salah satu daerah di Jogja yag menjadi lokasi budidaya salak. Ketika Anda mengunjungi tempat satu ini maka Anda pun akan bisa untuk memetik buah salak sendiri sesuai dengan yang Anda inginkan. Sehingga Anda pun nantinya akan bisa membawa buah salak ini sebagai oleh-oleh khas yang berasal dari Jogja.

21. Yangko

Yangko
Image Credit: Omiyago.com

Yangko sering kali disebut sebagai mochi khas Jogja. Memiliki rasa yang manis dan enak ini akan membuat Anda ketagihan untuk mencobanya. Makanan satu ini pun terbuat dari tepung ketan sehingga akan membuat teksturnya lebih padat dibandingkan dengan mochi yang biasa Anda temui. Tentu saja, Anda pun hanya bisa menemukan camilan satu ini ketika berada di Jogja.

Sehingga Anda pun wajib untuk membawa pulang Yangko sebagai salah satu oleh-oleh khas Jogja. Ada berbagai varian rasa yang bisa untuk Anda pilih dan bawa pulang. Mulai dari rasa coklat hingga rasa durian dengan berbagai warna pun bisa Anda jadikan pilihan oleh-oleh. Salah satu toko oleh-oleh yang menjual Yangko adalah Yangko Pak Prapto yang berada di Jalan Pramuka, Jogjakarta.

22. Jogja Scrummy

Jogja Scrummy
Image Credit: Jogjascrummy.com

Kue kekinian yang berasal dari Jogja ini pun dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Oleh-oleh yang digagas oleh artis ternama yakni Dude Herlino ini memiliki rasa yang enak dan lezat. Dengan perpaduan dari puff pastry dan kue brownies kukus akan membuat Anda merasakan sensasi renyah dan lembut sekaligus.

Untuk varian rasanya sendiri, Anda pun bisa memilihnya sesuai dengan selera Anda. Mulai dari rasa coklat hingga rasa taro tersedia lengkap di toko satu ini. Untuk itu, bagi Anda yang ingin mencoba kue dengan rasa yang enak ini, maka tak ada salahnya untuk membawanya pulang sebagai teman di perjalanan ataupun untuk oleh-oleh kelurga yang ada di rumah.

23. Geplak

Geplak
Image Credit: Inibaru.id

Jajanan tradisional yang berasal dari Jogja ini merupakan salah satu oleh-oleh yang masih ada hingga sekarang. Apalagi bagi Anda yang ingin untuk membawanya pulang, maka Anda pun akan dengan mudah untuk menemukannya. Makanan yang terbuat dari ketan dan juga campuran kelapa ini cukup awet dan tahan lama. Sehingga Anda pun bisa menjadikannya sebagai Malioboro.

24. Bakpia Pathok

Bakpia Pathok
Image Credit: Bakpiajogja.id

Bakpia Pathok merupakan salah satu oleh-oleh khas yang berasal dari Jogja dan sering diburu oleh wisatawan. Dengan memiliki bentuk bulat dan berisi kacang hijau serta varian lain seperti keju hingga coklat menjadi salah satu camilan yang wajib untuk Anda bawa pulang ketika sedang berada di Jogja. Bagi Anda yang tertarik, maka Anda pun bisa menemukannya di sekitar Malioboro.

25. Bakpia Tugu

Bakpia Tugu
Image Credit: Makankeliling.com

Tak hanya bakpia pathok saja, ketika berada di Jogja maka Anda pun juga bisa membawa pulang bakpia Tugu yang menjadi oleh-oleh khas Jogja. Bakpia satu ini memiliki tekstur yang cukup lembut layaknya kue brownies dalam bentuk bulat. Ada berbagai varian rasa yang tersedia, mulai dari coklat hingga keju bisa Anda pilih untuk buah tangan keluarga Anda di rumah.

Itulah beberapa makanan maupun kerajinan khas dari Jogja. Untuk itu, bagi Anda yang masih bingung di dalam memilih buah tangan yang ingin Anda bawa pulang, maka Anda pun bisa mencoba salah satu referensi tersebut. Pastinya dengan membawa pulang oleh-oleh khas Jogja, keluarga Anda pun menjadi senang karena bisa mencicipi sesuatu yang khas dari daerah Jogja.