Jombang yang dikenal dengan Kota Santri menghadirkan beragam variasi oleh-oleh khas yang populer dan bisa Anda beli. Mulai dari jajanan, buah hingga souvenir kerajinan tangan bisa Anda temukan.

Salah satu kabupaten di Jawa Timur yang banyak sekali berdiri pesantren adalah Jombang. Oleh karena itu, daerah ini juga dikenal sebagai kota santri. Tidak lengkap rasanya jika Anda sudah mengunjungi tempat wisata yang menarik di daerah ini tanpa membawakan buah tangan untuk keluarga di rumah dan juga orang-orang terdekat. Berikut beberapa oleh-oleh khas dari Jombang yang paling diminati wisatawan.

1. Kue Jenang Kupas

Kue Jenang Kupas
Image Credit: Facebook.com @906fm

Oleh-oleh khas yang pertama adalah kue jenang kupas. Kue yang satu ini banyak sekali diburu oleh para wisatawan sebab jenang tersebut sudah menjadi jajanan primadona khususnya saat hari raya Idul Fitri. Biasanya, jenang ini akan dijadikan buah tangan untuk para pemudik.

Jenang kupas khas dari kota santri ini terbuat dari bahan utama kelapa muda yang kemudian dicampurkan dengan tepung terigu, tepung ketan, dan juga gula pasir. Jajanan tradisional tersebut juga memiliki citarasa khas yang legit dan manis. Selain itu, kue ini juga mempunyai aroma sedap yang dihasilkan oleh kelapa mudanya.

Tekstur yang dimiliki jenang kupas ini adalah kenyal dan juga lembut. Hal ini akan membuat Anda semakin ketagihan untuk terus memakannya. Anda dapat dengan mudah untuk memperoleh kue jenang ini, sebab Anda hanya perlu mendatangi berbagai pusat oleh-oleh yang ada di Jombang saja. Dari sekian banyak merek yang ada, jenang yang paling disukai adalah dari UD Jenang Kelapa Muda.

2. Donat Kampoeng

Donat Kampoeng
Image Credit: Facebook.com @davidmario

Donat kampoeng juga merupakan jajanan khas Jombang yang tidak boleh dilewatkan. Dinamakan seperti itu karena donat tersebut dibuat dengan cara yang tradisional. Walaupun demikian, rasa yang dimiliki kue donat ini tidak kalah enaknya dengan kue-kue donat yang dibuat dengan cara modern. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi untuk membeli donat kampoeng ini.

Jajanan khas Jombang ini mempunyai rasa yang manis dan sangat nikmat. Hal ini menjadikan donat tersebut banyak diminati untuk oleh-oleh keluarga tersayang. Kue yang satu ini juga bertekstur halus dan lembut yang sudah terasa saat gigitan pertamanya. Oleh karena itu, dapat dipastikan Anda tidak akan merasa menyesal setelah membeli donat kampoeng ini.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Pacitan yang Paling Populer

Anda dapat menjumpai donat ini dengan mudah, sebab hampir semua penjual di pasar Tradisional Jombang menjajankannya. Adapun produsen donat kampoeng yang sangat populer yakni donat kampoeng Utami. Di tempat tersebut, Anda bisa membeli donatnya dengan berbagai toppingnya yang menarik dan warna-warni.

3. Jambu Bol Gondang Manis

Jambu Bol Gondang Manis
Image Credit: Majalahsuarapendidikan.com

Bukan hanya oleh-oleh khas berupa jajanan atau camilan saja, namun Anda juga bisa menemukan buah jambu asli Jombang yang bisa Anda bawa pulang. Buah tersebut adalah jambu bol gondang manis yang hanya dapat Anda jumpai di kota santri ini. Jadi, jambu bol yang satu ini merupakan rekomendasi terbaik untuk dicicipi.

Kulit jambunya berwarna merah segar dan isi buahnya berwarna putih seperti kapas. Selain itu, buah ini juga mempunyai tekstur yang empuk dan lunak sehingga aman untuk dikonsumsi bagi orang-orang yang sensitif dengan giginya. Untuk harganya sendiri dibandrol dengan harga sekitar Rp.5.000 per kilogramnya.

4. Kerupuk Beras

Kerupuk Beras
Image Credit: Cookpad.com

Buah tangan khas kota santri yang selanjutnya adalah kerupuk beras. Kerupuk ini biasanya disebut juga dengan gendar oleh para warga lokal Jombang. Sama dengan namanya, jajanan ini terbuat dari bahan dasar nasi yang kemudian akan ditumbuk sampai halus dan juga ditambahkan bumbu rempah-rempah pilihan.

Setelah itu, apabila bumbu rempah dan nasi sudah bercampur dengan rata, adonan tersebut akan dijemur dibawah teriknya matahari hingga kering dan siap untuk digoreng kapan saja. Jangan lupa untuk menggoreng kerupuk beras ini dengan api sedang saja agar kerupuk tersebut bisa matang secara merata dan tidak gosong.

Jajanan khas yang satu ini juga memiliki citarasa yang gurih dan sangat khas. Hal ini membuat Anda akan terus-terusan mengunyahnya. Tidak usah bingung untuk mencari kerupuk ini, Anda bisa membelinya di pasar-pasar tradisional Jombang maupun di pusat oleh-oleh terdekat. Tentunya, Anda akan mendapatkan penawaran harga yang sangat terjangkau.

5. Brondong Ketan

Brondong Ketan
Image Credit: Facebook.com @galankrockerz

Istilah dari brondong sendiri biasanya dikenal dengan sebutan popcorn. Pada umumnya camilan brondong terbuat dari jagung, namun brondong asli Jombang yang satu ini justru berbahan utama ketan. Walaupun demikian, rasa yang dihasilkan oleh brondong ketan ini tidak kalah mantapnya dengan brondong yang terbuat dari jagung.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Bojonegoro yang Murah & Enak

Brondong ketan ini memiliki tekstur yang sedikit lengket. Hal ini dikarenakan oleh gula karamel yang digunakan untuk merekatkannya. Selain itu, bentuk brondong ketan sendiri bulat dengan sensasi renyah ketika memakannya. Rasa yang dimilikinya juga dominan manis. Akan semakin nikmat, jika Anda menyantapnya saat sedang bersantai sambil menonton film maupun mendengarkan music.

Bentuk mungilnya yang dikemas secara rapi, membuat camilan khas yang satu ini sangat mudah untuk dibawa kemana-mana. Akan tetapi, Anda harus tetap berhati-hati saat membawa agar tidak hancur. Anda bisa mengantisipasinya dengan memasukkan brondong ketan tersebut ke dalam kotak jajan atau kardus jika Anda membelinya dalam jumlah yang banyak.

6. Manik-Manik Kaca

Manik-Manik Kaca
Image Credit: Facebook.com (Ade Januanta)

Tidak hanya camilan khas dan buah jambu khasnya saja yang bisa dijadikan sebagai buah tangan dari Jombang, namun Anda juga bisa membelikan buah tangan berupa manik-manik kaca. Selain terlihat antik dan unik, souvenir ini juga bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama. Jadi, Anda juga dapat menyimpannya sebagai barang kenang-kenangan.

Manik-manik kaca ini banyak dicari oleh para wisatawan karena barangnya yang mudah disimpan dimana saja dan tidak memakan tempat yang banyak. Terbuat dari pecahan kaca yang setelah itu didaur ulang menjadikan kerajinan tangan ini semakin setetik dan cantik. Manik-manik tersebut juga mempunyai bentuk yang bervariasi seperti bros, gantungan kunci, untaian ikat pinggang, gelang, dan juga kalung.

7. Pernak-Pernik Gus Dur

Pernak-Pernik Gus Dur
Image Credit: Jombangcityguide.blogspot.com

Disamping manik-manik kacanya saja yang khas, souvenir yang lainnya dan tidak kalah terkenalnya adalah pernak-pernik Gus Dur. Pernak-pernik ini termasuk benda yang sangat unik dengan beragam jenisnya yaitu kaos, pin, serta juga buku geografi. Pasalnya, souvenir tersebut memang masih erat kaitannya dengan Gus Dur. Oleh karenanya, diberikanlah nama Gus Dur pada pernak-pernik tersebut.

Dengan mendengar namanya saja, akan ada banyak para wisatawan yang tertarik untuk membeli serba-serbi bernuansa mantan presiden Indonesia yang ke-4 ini. Apalagi orang-orang yang sangat fanatik dengan bapak Gus Dur ini, mereka tentunya akan rela menyisihkan uangnya untuk mendapatkan pernak-perniknya.

8. Aneka Olahan Salak

Aneka Olahan Salak
Image Credit: Google Maps (Tono Wartono)

Buah tangan yang bisa dijadikan sebagai pilihan Anda selanjutnya adalah aneka olahan salak. Di Jombang adalah sebuah wilayah yang digunakan untuk mengolah buah salak agar dijadikan beragam jenis jajanan khas kota santri tersebut. Salah satu jenis jajanannya adalah jenang salak. Mengapa harus jenang? Karena jenang memang telah menjadi ciri khas kota Jombang sendiri.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Blitar yang Murah & Enak

Jenang berbahan dasar salak ini memiliki tekstur yang sama dengan jenang-jenang pada umumnya. Namun, hal yang membedakan antara jenang salak ini dengan lainnya adalah rasanya yang manis dengan aroma buah salaknya. Disamping itu, buah salak juga dijadikan olahan lainnya yang berupa teh salak, kurma salak, sirup buah salak, asinan, manisan, dan juga keripik salak.

9. Bolu Plemben

Bolu Plemben
Image Credit: Facebook.com @heny.ratnasari.18

Panganan yang satu ini termasuk kue jadul dan tradisional yang berasal dari kota Jombang. Kue bolu plemben ini terdiri dari dua varian yang dapat Anda pilih yaitu bolu plemben basah dan kering. Bolu yang basah biasanya mempunyai tekstur yang lembut, sedangkan bolu yang kering bertekstur renyah. Anda dapat memilihnya sesuai dengan selera.

Untuk cara pembuatannya sendiri sangatlah sederhana. Hanya dengan memakai bahan telur, tepung, gula, dan juga mentega Anda sudah bisa membuat adonannya. Apabila adonan bolu tersebut sudah jadi, maka Anda bisa membentuknya menjadi bulatan bulatan kecil seperti tempurung kura-kura. Baru kemudian Anda dapat langsung memanggangnya dengan oven.

Kedua jenis bolu tersebut melalui proses pembuatan yang sama, namun bolu keringnya harus dioven sebanyak 2x agar kadar airnya berkurang. Tidak hanya itu, kekuatan yang dimiliki kedua bolu plemben tersebut juga berbeda. Biasanya bolu kering akan bisa bertahan lebih lama selama kurang lebih satu bulan, namun bolu basah hanya bertahan dalam beberapa hari saja.

10. Pia Kacang Hijau

Pia Kacang Hijau
Image Credit: Google Maps (Pia Alaska)

Oleh-oleh khas yang terakhir adalah pia kacang hijau. Kue pia dari kota santri ini hampir sama seperti kue pia Jogja. Akan tetapi, tekstur yang ada pada kue pia kacang hijau ini lebih empuk dan halus. Kue ini juga mempunyai cita rasa yang khas yaitu manis dan juga legit. Disamping itu, terdapat varian pia selain yang original kacang hijau yaitu pia durian, keju, dan coklat.

Itulah beberapa jenis oleh-oleh atau buah tangan yang bisa Anda temukan saat berkunjung ke Jombang. Tidak hanya berupa jajanan atau camilan saja, melainkan juga berupa buah khas jombang dan kerajinan-kerajinan tangannya. Dengan begitu, Anda tidak akan membeli oleh-oleh yang membosankan untuk keluarga di rumah.