Kediri menjadi salah satu kota di Jawa Timur yang menawarkan berbagai objek wisata yang menarik. Mulai dari kemolekan Gunung Kelud hingga megahnya Monumen Simpang Lima Gumul menjadi daya tarik wisata yang luar biasa. Jika kamu sedang berlibur di kota Kediri, tak lengkap rasanya jika tak memburu oleh oleh khasnya.

Dalam ulasan berikut ada beberapa rekomendasi oleh-oleh khas dari kota Kediri yang populer dan banyak diburu oleh para pelancong.

1. Gethuk Pisang Kediri

Gethuk Pisang Kediri
Image Credit: Jelajahindonesia2017.wordpress.com

Apakah Anda penggemar buah pisang? Untuk menambah variasi olahan dari pisang, Anda harus menjajal gethuk pisang Kediri ini. Memiliki rasa legit dan ada sedikit rasa masamnya membuat siapapun akan ketagihan. Selain bisa dinikmati langsung, Gethuk Pisang ini juga menjadi oleh oleh yang begitu populer. Bahan yang digunakan merupakan bahan berkualitas dan tidak menggunakan pemanis buatan sehingga aman dikonsumsi.

Meskipun tanpa pengawet, gethuk yang dibungkus dengan daun pisang ini bisa tahan hingga 1 minggu jika disimpan di tempat yang kering. Anda bisa menemukan gethuk pisang ini di berbagai tempat oleh oleh dengan berbagai merek. Harganya juga terbilang murah, untuk satu buahnya dihargai mulai dari Rp. 6500 saja. Gethuk Pisang merupakan oleh oleh yang tak boleh Anda lewatkan ketika Anda singgah di kota Kediri ini.

2. Cokelat Tahu

Cokelat Tahu
Image Credit: Tokopedia.com (mbatoryshop2)

Kediri merupakan kota yang dijuluki sebagai kota Tahu, sehingga tak heran jika Anda akan menemukan banyak olahan dari tahu. Salah satunya yang terbilang unik adalah cokelat tahu. Perpaduan rasa gurih dan manisnya menjadikan jajanan satu ini begitu diminati oleh wisatawan. Banyak yang berpendapat jika rasanya mirip dengan cokelat kacang mete. Oleh oleh satu ini juga dibandrol dengan harga terjangkau yakni sekitar Rp. 10 ribu setiap bungkusnya.

3. Roti Melinjo

Roti Melinjo
Image Credit: Ukmkedirilagi.blogspot.com

Roti Melinjo merupakan salah satu produk yang unggul dan banyak dijadikan sebagai oleh oleh. Roti ini memiliki rasa yang begitu unik, perpaduan rasa gurih dan renyah karena ada sentuhan melinjonya. Roti ini memiliki bentuk serta ukuran seperti bakpia. Namun rasanya begitu unik dan akan membuat siapapun ketagihan. Anda bisa dengan mudah mendapatkan jajanan satu ini di pusat oleh oleh dengan harga yang terjangkau yakni mulai Rp. 21 ribu satu toplesnya.

BACA:  20 Wisata Kuliner di Malang yang Murah & Enak

4. Tahu Pong Khas Kediri

Tahu Pong Khas Kediri
Image Credit: Makananoleholeh.com

Tahu Pong sebenarnya bisa Anda temukan di daerah selain Kediri. Namun tetap saja tahu Pong dari Kediri ini memiliki keunikan tersendiri. Dimana di dalamnya memang tidak ada isinya alias kopong. Yang justru membuat panganan satu ini memiliki rasa yang unik. Semakin nikmat jika dinikmati saat kondisi hangat, umumnya oleh oleh ini dijual dalam kondisi belum digoreng. Sehingga ketika sampai di rumah nanti, Anda hanya tinggal menggorengnya.

5. Keripik Bekicot

Keripik Bekicot
Image Credit: Daerahwisata.com

Apakah Anda pecinta makanan ekstrim? Maka Anda bisa memburu panganan satu ini. Keripik yang dibuat dari bahan bekicot ini menjadi salah satu oleh oleh khas Kediri yang unik. Rasanya yang gurih dan memiliki tekstur yang renyah menjadikan camilan satu ini akan membuat siapapun ketagihan. Meskipun dianggap aneh, namun makanan satu ini aman untuk dikonsumsi serta higienis. Karena sebelum dijadikan  keripik akan diproses dengan waktu yang lama.

6. Tenun Ikat Bandar

Tenun Ikat Bandar
Image Credit: Gpswisataindonesia.info

Tak hanya memiliki oleh oleh berupa panganan, Kediri juga memiliki kain yang unik dan khas. Tenun Ikat ini merupakan karta tenun Indonesia yang banyak diproduksi masyarakat Bandar Kidul. Helaian benang yang dijadikan satu menjadi kain yang indah dengan berbagai motif dan warna yang menawan. Cinderamata satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan khas kota Kediri, bagi teman maupun kerabat di rumah.

Kain yang indah ini, akan semakin cantik jika dipadukan dengan pakaian modern. Unsur etniknya yang kental akan membuat tampilan Anda semakin mengagumkan. Tenun Ikat Bandar khas Kediri ini bahkan sudah hadir di berbagai peragaan busana. Jika ingin mendapatkannya Anda bisa mengunjungi toko toko kain ini di sekitaran Kota Kediri. Untuk harganya bervariasi, biasanya mulai dari Rp. 140 ribu setiap kainnya.

7.  Kerajinan Jenitri

Kerajinan Jenitri
Image Credit: Tamasya.com

Jenitri adalah tanaman yang dibudidayakan oleh para petani di Desa Paron. Jenitri memiliki biji kecil dengan bentuk yang khas dengan tesktur yang bergelombang atau tidak mulus. Dari buah pohon inilah hadir kerajinan tangan yang begitu menawan. Umumnya Jenitri akan diubah menjadi gelang maupun tasbih serta benda lainnya. Kerajinan ini begitu mudah untuk ditemui di pusat oleh oleh dengan harga yang bervariasi yang terbilang bersahabat.

BACA:  20 Tempat Wisata di Madiun Terbaru & Paling Hits

8. Kletik Nanas

Kletik Nanas
Image Credit: Radarkediri.jawapos.com

Di daerah Lereng Gunung Kelud dikenal sebagai daerah yang memiliki perkebunan nanas yang luas dengan hasil melimpah. Hal inilah yang membuat masyarakat sekitar membuat olahan dari nanas berupa kletik. Kletik sendiri merupakan jajanan tradisional yang dibuat dari berbagai campuran bahan seperti beras ketan, kelapa giling dan juga gula pasir. Rasanya yang manis dan tekstur legit menjadikan makanan ini tak lekang oleh zaman.

Untuk menjadikan kuliner satu ini tetap eksis, akhirnya ditambahkanlah nanas yang membuat rasanya semakin unik. Kletik biasanya dibungku menggunakan kulit jagung kering atau disebut dengn klobot. Rasanya yang semakin modern ini menjadikan kletik nanas banyak diburu oleh wisatawan. Tak jarang kue satu ini dihadirkan ketika lebaran tiba. Untuk membeli kletik ini, bisa mengunjungi pusat oleh oleh dengan harga mulai dari Rp. 10 ribu isi 30 biji.

9. Kopi Bubuk Brontoseno

Kopi Bubuk Brontoseno
Image Credit: Firmankasan.com

Anda juga bisa memburu oleh oleh berupa kopi bubuk yang sangat cocok bagi para pecinta kopi. Bubuk kopi satu ini memiliki aroma wangi yang cukup menyengat. Selain aroma, rasanya yang nikmat juga menjadikan kopi bubuk ini banyak diburu oleh pecinta kopi. Baik warga lokal maupun dari luar daerah yang kebetulan singgah di Kediri. Oleh oleh satu ini begitu mudah untuk Anda temukan di sekitaran Jalan Dhoho, dengan harga sekitar Rp. 27 ke atas.

10. Sambal Tumpang

Sambal Tumpang
Image Credit: Cookpad.com

Sambal Tumpang dan pecel merupakan perpaduan kuliner yang begitu nikmat. Sambal satu ini dibuat dari tempe yang sudah hampir membusuk. Membuat sambal tumpang ini memiliki aroma dan rasa yang unik. Perpaduan antara rasa pedas dan juga gurihnya tempe membuat siapapun akan ketagihan dengan makanan ini. Meskipun makanan basah, namun ternyata sambal Tumpang bisa dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Anda bisa mendapatkan sambal tumbang di daerah Jalan Dhoho. Ada banyak penjual pecel yang menyediakan menu sambal tumpang ini. Selain bisa dinikmati langsung di sana, Anda juga bisa membawanya pulang. Terutama untuk Anda yang rumahnya tak begitu jauh dari Kediri. Namun, kini ada kabar baik karena sambal tumpang sudah tersedia dalam bentuk instant. Dan harganya juga terbilang bersahabat, sekitar Rp. 20 ribu setiap bungkusnya.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Sidoarjo yang Murah & Enak

11. Coklat Tempe

Coklat Tempe
Image Credit: Bukalapak.com

Selain hadir cokelat Tahu, Kediri juga memiliki cokelat dari tempe. Tempe yang memiliki rasa gurih ternyata semakin nikmat jika dipadukan dengan legitnya cokelat. Tak hanya nikmat, namun kandungan proteinnya juga baik untuk tubuh. Cokelat tempe memiliki tekstur yang renyah dan akan membuat siapapun ketagihan. Terdapat dua varian rasa yang bisa Anda pilih yakni rasa original dan rasa green tea. Harga setiap bungkusnya kisaran Rp. 10 ribu setiap bungkus.

12. Miniatur Simpang Lima Gumul

Miniatur Simpang Lima Gumul
Image Credit: Kompasiana.com

Simpang Lima Gumul atau yang dikenal dengan SGL merupakan ikon dari Kediri yang begitu kondang. Kini, Anda bisa membawa SGL ini dalam bentuk miniatur yang sangat mirip dengan bentuk aslinya. Uniknya, miniatur ini dibuat dari bambu serta bahan limbah. Meskipun oleh oleh satu ini merogoh kocek yang cukup dalam, namun akan jadi oleh oleh unik yang berkesan. Harga tersebut tentunya wajar mengingat butuh waktu lama untuk mengerjakan dan butuh ketelitian.

13. Stik Tahu

Stik Tahu
Image Credit: Pusatmakanandanjajanankediri.blogspot.com

Satu lagi olahan dari tahu yang juga bisa Anda bawa pulang. Tahu di Kediri memang begitu banyak bentuknya dan hampir semuanya memiliki rasa nikmat dan unik. Karena tahu yang melimpah inilah akhirnya diolah menjadi berbagai panganan yang unik dan baru. Hasil inovasinya dari tahu ini berupa stik tahu. Stik tahu ini bahkan sudah bisa Anda temukan di kota lain selain Kediri karena memang olahan satu ini sudah terkenal.

Stik tahu memiliki tekstur yang renyah dan cita rasanya gurih. Wajar jika Stik Tahu menjadi salah satu oleh oleh yang begitu digemari oleh wisatawan. Di Kediri sendiri Anda bisa dengan mudah menemukan camilan satu ini. Mengingat sudah banyak toko oleh oleh yang menjual stik tahu dengan berbagai ukuran. Biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp. 10 ribu tergantung ukurannya.

Ada beberapa oleh-oleh khas Kediri yang bisa Anda jadikan alternatif buah tangan bagi keluarga maupun teman di rumah. Oleh oleh ini tak hanya berupa makanan, buah tangan khas dari Kediri juga berupa barang maupun souvenir. Untuk mendapatkan oleh oleh ini juga sangat mudah karena di Kediri ada banyak pusat oleh oleh. Apalagi harga yang ditawarkan juga relatif terjangkau.