Bingung Ingin Membeli Apa di Kendari? Inilah rekomendasi oleh-oleh khas dari Kota Kendari yang paling populer dan wajib Anda bawa pulang untuk keluarga atau teman. Selain makanan, wisatawan juga bisa memburu buah tangan berupa kerajinan atau lainnya yang tak kalah unik.

Berburu oleh-oleh menjadi agenda yang tak bisa dilewatkan ketika sedang liburan. Terutama tempat yang mungkin akan jarang kita kunjungi. Tentunya sebelum berburu, Anda harus tahu terlebih dahulu kira kira apa oleh-oleh khas daerah tersebut. Bagi Anda yang sedang berwisata di Kendari, Anda bisa memburu beberapa oleh-oleh yang memang hits dan menjadi primadona. Berikut beberapa buah tangan populer yang bisa Anda buru ketika di Kendari.

1. Bolu Kukus Mete

Bolu Kukus Mete
Image Credit: Jejakpiknik.com

Kendari termasuk daerah yang menghasilkan mete. Sehingga tak heran jika masyarakat membuat banyak kreasi olahan dari kacang yang gurih ini. Salah satunya adalah dengan menjadikannya sebagai tambahan bahan di bolu kukus mete. Bolu kukus mete ini menjadi salah satu oleh-oleh yang begitu digemari. Tak hanya wisatawan, masyarakat lokal juga menjadikan olahan satu ini sebagai favorit. Sehingga Anda tak boleh melewatkan panganan ini.

Bisa dikatakan jika Bolu Kukus Mete menjadi oleh-oleh yang baru di kota Kendari. Penikmatnya yang begitu banyak membuatnya cepat tenar dan banyak diburu. Untuk Anda pecinta bolu kukus, harus mencoba varian lain yang tak kalah nikmat. Harga yang ditawarkan cukup beragam, namun terbilang terjangkau. Untuk mendapatkan bolu yang jadi andalan ini, Anda bisa mengunjungi beberapa pusat oleh-oleh yang memang menyediakannya.

2. Abon Ikan Marlin

Abon Ikan Marlin
Image Credit: Blog.pigijo.com

Jika biasanya Anda menemukan abon yang terbuat dari sapi atau ayam, di Kendari Anda bisa menemukan abon yang dibuat dari ikan Marlin. Kendari memang salah satu kota yang berbatasan langsung dengan pantai, sehingga wajar jika hasil lautnya juga melimpah. Abon dari ikan segar memang bukanlah hal baru bagi masyarakat Kendari. Dan Abon Ikan Marlin tak hanya bisa dinikmati di sana, namun juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

BACA:  20 Tempat Wisata di Kendari Terbaru & Paling Hits

Yang membedakan abon ini dengan abon lainnya adalah rasanya yang lebih gurih dan nikmat. Sehingga bagi pecinta abon jangan sampai melewatkan abon yang kondang satu ini. Apalagi abon termasuk panganan yang bisa bertahan lama, menjadikan banyak wisatawan yang membawanya sebagai buah tangan. Harganya umumnya mulai dari Rp. 25 ribu, tergantung dari ukuran dan juga merek abon ikan Marlin yang Anda pilih.

3. Brownte Khas Kendari

Brownte Khas Kendari
Image Credit: Phinemo.com

Sebelum ada bolu kukus, kue dengan bahan mete yang paling hits adalah Brownte. Brownte sendiri merupakan kepanjangan dari brownies kacang mete. Yang membuat sajian brownies satu ini berbeda adalah topping kacang metenya yang begitu puas. Perpaduan rasa lembut rotinya ditambahkan dengan renyahnya kacang mete memang tiada duanya. Kacang mete juga menambah cita rasanya menjadi lebih gurih dan nikmat, membuat panganan satu ini hits.

Apalagi Brownte hadir dengan berbagai rasa di browniesnya. Sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan selera Anda. Makanan satu ini cukup tahan jika dijadikan sebagai oleh-oleh. Meskipun tak begitu lama, namun tetap bisa dijadikan sebagai buah tangan keluarga di rumah. Menginjakkan kaki di Kendari, buah tangan satu ini memang tak boleh dilewatkan. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, sekitar Rp. 70 ribu untuk satu kotak brownies mete.

4. Mete Paket 5 Rasa

Mete Paket 5 Rasa
Image Credit: Citilink.co.id

Kendari memang surga bagi para pecinta kacang mete. Anda bisa menemukan banyak kudapan yang mengandung kacang satu ini. Olahan kacang mete yang tidak boleh dilewatkan adalah Mete Paket 5 Rasa. Sesuai dengan namanya, Anda bisa merasakan kacang mete dengan berbagai rasa yang menggiurkan. Jika sebelumnya hanya memiliki rasa coklat, kini sudah banyak rasa lainnya yang semakin membuat kacang mete ini digemari.

5. Cokelat Mete

Cokelat Mete
Image Credit: Tokopedia.com (Ascandonohusouve)

Masih berbahan mete, Anda penggemar cokelat harus menjajal panganan manis satu ini. Cokelat memang menjadi jajanan yang banyak sekali penggemarnya. Sehingga menjadikan cokelat mete ini begitu kondang di Kendari. Cokelat sendiri tidak hanya nikmat, namun juga bisa membuat mood kita baik bahkan membuat tubuh kita relax. Dan jika ditambahkan dengan kacang mete yang gurih, akan menjadi perpaduan yang membuat Anda ketagihan.

Anda bias menjadikan cokelat mete ini sebagai alternatif buah tangan untuk keluarga. Selain nikmat, memilih cokelat mete sebagai oleh-oleh juga sangat praktis. Cokelat juga menjadi panganan yang tahan lama. Sehingga Anda tak perlu khawatir akan basi atau membusuk begitu tiba di rumah nanti. Salah satu tempat yang menyediakan cokelat mete adalah Toko Athifah. Toko satu ini memang banyak menjual olahan mete, untuk cokelatnya biasanya dibandrol mulai Rp. 15 ribuan.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Kendari yang Murah & Enak

6. Bagea

Bagea
Image Credit: Tokopedia.com (Mustikanur)

Di beberapa daerah di Sulawesi, Bagea memang populer. Panganan tradisional ini dibuat dari tepung sagu. Dan memang banyak ditemukan di Sulawesi yang menjadikannya sebagai oleh-oleh, termasuk Kendari. Kue kering satu ini memiliki rasa manis dengan tekstur yang cukup keras. Namun begitu masuk mulut akan begitu nikmat dan lembut. Untuk membuat rasanya makin nikmat, biasanya ditambahkan dengan kacang tanah atau biji kenari.

Inilah yang membedakan Bagea di beberapa tempat. Campuran yang digunakan tergantung dari komoditas yang banyak ditemukan. Agar rasanya juga kuat, ditambahkanlah beberapa rempah seperti cengkeh maupun kayu manis. Masyarakat Kendari, umumnya mengkonsumsi Bagea ini bersama dengan kopi atau teh. Kue satu ini juga sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh karena bisa tahan lama dan memiliki harga yang cukup terjangkau.

7. Keripik Mete

Keripik Mete
Image Credit: Pesonanusantara.co.id

Anda mungkin terbiasa dengan keripik dari singkong, atau buah buahan. Bagaimana dengan keripik yang terbuat dari kacang mete? Anda bisa menemukan keripik unik ini di Kendari. Olahan kacang mete di Kota yang miliki banyak pantai ini memang begitu beragam. Sebagai alternatif, Keripik Mete bisa dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Oleh-oleh satu ini sangat sayang dilewatkan mengingat penggemarnya banyak sekali.

Hadir dengan berbagai varian rasa akan membuat Anda memiliki banyak pilihan. Rasanya yang gurih berpadu dengan tekstur yang renyah, membuat Anda ketagihan menyantapnya. Keripik Mete termasuk tahan lama, sehingga bisa Anda bawa pulang meskipun jaraknya jauh. Selain itu, Keripik Mete ini juga dibandrol dengan harga yang terjangkau. Untuk membeli keripik unik ini, Anda cukup menyiapkan dana mulai dari Rp. 10 ribu tergantung ukurannya.

8. Kain Tenun

Kain Tenun
Image Credit: Sharnawati.blogspot.com

Selain makanan, Anda juga bisa membawa oleh-oleh berupa cinderamata. Kendari memiliki kain tenun yang berbeda dengan daerah lain. Kain Tenun Kendari bukan hanya memiliki warna yang menarik, tetapi juga hadir dengan berbagai motif yang unik. Seperti motif yang melambangkan suku suku yang ada di Sulawesi seperti Muna dan Buton. Bahannya yang digunakan juga bahan yang berkualitas, sehingga banyak yang memburu oleh-oleh satu ini.

BACA:  20 Tempat Wisata di Kendari Terbaru & Paling Hits

Wisatawan terpesona dengan motif dan kualitas dari kain tenun ini. Sehingga meskipun harganya cukup tinggi, minat akan kain tradisional ini tidak juga surut. Tentunya Anda tahu jika kain tenun tradisional membutuhkan banyak waktu untuk membuatnya. Wajar jika dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Harga biasanya ditentukan berdasarkan motif dan bahan yang digunakan. Yang jelas, cinderamata satu ini tidak boleh Anda lewatkan begitu saja.

9. Kerajinan Perak

Kerajinan Perak
Image Credit: Wandernesia.com

Selain Kain tenun, Anda juga bisa memburu kerajinan perak sebagai buah tangan keluarga atau kerabat di rumah. Kendari menjadi daerah yang terkenal dengan kerajinan peraknya. Dari tangan para perajin, perak bisa disulap menjadi bros hingga pernak pernik yang lainnya. Selain bisa dijadikan perhiasan, Kerajinan perak ini juga bisa dijadikan sebagai pajangan. Kerajinan ini begitu detail dan memang menjadi karya seni yang indah serta mempesona.

Umumnya, kerajinan perak ini diburu oleh parakaum hawa yang memang menyukai perhiasaan. Anda bisa menemukan ukuran yang kecil hingga yang besar yang tentunya sangat indah. Kerajinan perak termasuk oleh-oleh yang tak akan bisa basi dan awet. Sangat cocok untuk orang orang spesial yang ingin Anda berikan oleh-oleh. Di Kendari cukup mudah menemukan cinderamata satu ini, belum lagi harganya terbilang terjangkau yakni  mulai Rp. 10 ribuan.

10. Pernak Pernik Dekorasi Rumah

Pernak Pernik Dekorasi Rumah
Image Credit: Telisik.id

Tidak hanya perak, Anda juga bisa menemukan kerajinan berupa pernak pernik dekorasi rumah. Beberapa produk yang populer seperti miniatur, kapal pinisi hingga Patung. Ada juga kerajinan dari kerang maupun kayu yang akan menjadikan setiap sudut rumah semakin mempesona. Kerajinan ini memang banyak mengambil nuansa pantai atau lautan yang memang sangat identik dengan Kendari. Anda bisa menemukan cinderamata ini di toko oleh-oleh di Kendari.

Sebagai kota yang menghasilkan banyak mete, Kendari memang lebih banyak menyediakan oleh-oleh yang berkaitan dengan kacang mete. Selain makanan, Anda juga bisa menemukan oleh-oleh lain seperti kerajinan atau kain tradisional. Oleh-oleh khas dari Kendari yang telah disebutkan bisa dijadikan referensi ketika Anda singgah di kota Kendari. Pastikan Anda tidak lupa untuk memburu oleh-oleh yang hits tersebut.