Entah sejak kapan, mengunjungi suatu kota atau tempat baru tak boleh melewatkan berburu oleh-oleh. Rupanya tradisi ini tak hanya untuk memberikan cindera mata kerabat dekat, namun juga menjadi lebih mengenal suatu daerah. Karena setiap daerah selalu memiliki komoditas menonjol, begitu juga dengan Lampung. Kota Pisang ini, memiliki beberapa oleh-oleh khas yang wajib diburu, selengkapnya simak ulasan berikut.

1. Kemplang

Kemplang
Image Credit: 7Terbaik.com

Kemplang ini mirip dengan kerupuk ikan dari Palembang yang dikenal dengan amplang. Kemplang sendiri dibuat dari ikan tenggiri yang dalam proses pembuatannya begitu unik. sebab, untuk menggorengnya tak menggunakan minyak tetapu menggunakan pasir. Olahan yang memiliki rasa gurih dengan tekstur renyah ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Ukurannya besar dan juga bisa tahan lama, harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

2. Sambal Lampung

Sambal Lampung
Image Credit: Tokopedia.com (rajakelontong)

Masyarakat Indonesia sangat menyukai rasa pedas, bukan hal mengherankan jika setiap daerah selalu memiliki sambal andalan. Singgah atau berlibur di Lampung tak boleh melewatkan sambal lampung sebagai oleh-oleh. Ada banyak jenis sambal, mulai dari sambal tempoyak, sambal bawang lampung, sambal ikan peda dan lainnya. Sambal tempoyak sendiri, merupakan fermentasi durian dengan cabai. Hanya saja tak bisa bertahan lama karena tanpa pengawet.

3. Pie Pisang

Pie Pisang
Image Credit: Detik.com

Lampung memang dikenal dengan kota Pisang, sehingga wajar jika Anda akan menemukan oleh-oleh dengan bahan pisang. Salah satunya yang populer untuk dijadikan sebagai oleh-oleh adalah Pie Pisang. Pie Pisang memiliki bentuk yang garing di bagian luarnya namun begitu lembut pada bagian dalamnya. Anda bisa membelinya dalam satu kotak sekaligus, di dalam satu box akan terdiri 5 rasa yang memiliki rasa berbeda beda.

Rasa tersebut antara lain, kacang almond, oreo, cokelat dan juga keju. Selain rasa, pie pisang juga terdiri dari ukuran besar dan ukuran kecil. Oleh-oleh khas kota Lampung ini bisa bertahan 3 sampai 5 hari dalam suhu ruangan. Apabila dimasukkan ke dalam lemari es akan bertahan lebih lama. Memiliki kemasan yang kekinian, oleh-oleh satu ini semakin banyak diminati pelancong. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 5 ribu hingga Rp. 8.500 untuk satu bijinya.

4. Keripik Pisang

Keripik Pisang
Image Credit: Tribunnews.com

Mungkin Anda bisa dengan mudah menemukan keripik pisang di Indonesia. Namun keripik pisang Lampung tak boleh dilewatkan. Pisang yang digunakan merupakan pisang ambon yang membuat rasanya begitu nikmat. Apalagi keripik ini juga hadir dengan banyak rasa seperti strawberry, durian, keju, cokelat hingga rasa balado. Untuk mendapatkannya juga tak sulit, karena banyak pusat oleh-oleh di kota Lampung yang menjual keripik pisang lezat ini.

BACA:  33 Tempat Wisata di Lampung Terbaru & Paling Hits

5. Lempok Durian

Lempok Durian
Image Credit: Makananlampung.com

Selain pisang, Lampung juga banyak buah durian dan salah satu olahannya yang populer adalah Lempok Durian. Lempok durian ini mirip dengan durian, dimana bahan yang digunakan merupakan daging durian dan ditambahkan dengan gula. Rasanya yang legit dan unik semakin nikmat dengan aroma durian yang begitu kuat. Lempok Durian sangat cocok dijadikan buah tangan karena memang bisa bertahan lama meskipun tanpa bahan penggawet.

6. Bejak Enjak

Bejak Enjak
Image Credit: Kompas.com

Bejak Enjak merupakan olahan tradisional yang juga banyak diburu sebagai buah tangan. Bahan yang digunakan merupakan pisang raja, ketan putih, gula yang kemudian dikukus dan dibungkus daun pisang. Bejak Enjak memiliki rasa manis dan juga gurih yang membuat siapapun ketagihan. Selain disebuta dengan Bejak Enjak, panganan ini juga dikenal dengan bebai makhing. Sangat mudah untuk menemukan panganan ini karena banyak djual di pusat oleh-oleh.

7. Engkak

Engkak
Image Credit: Youtube.com (Yuniar Loli Kitchen)

Sekilas Engkak memang mirip dengan lapis legit, sehingga banyak yang menyebutnya demikian. Padahal bahan yang digunakan untuk engkak berbeda dengan lapis legit. Engkak menggunakan bahan beras ketan yang membuat tekstur dan rasanya berbeda. Rasanya yang manis dan nikmat membuat panganan satu ini banyak diburu. Apalagi untuk memburunya juga sangat mudah karena banyak yang menjual oleh-oleh khas kota Lampung ini.

8. Manisan Khas Lampung

Manisan Khas Lampung
Image Credit: Makananlampung.com

Oleh-oleh khas kota Lampung selanjutnya adalah manisan yang juga banyak diburu. Manisan buah ini diolah dengan merendamnya bersama air gula dalam beberapa waktu. Buah yang biasanya dijadikan manisan seperti mangga, salak, kedondong, pepay, buah pala dan lain sebagainya. Rasanya yang manis serta segar ini membuatnya memiliki banyak penggemar. Selain manisan ini juga bisa bertahan hingga 2 minggu dan dijual dengan harga yang bersahabat.

9. Pempek Khas Lampung

Pempek Khas Lampung
Image Credit: Myeatandtravelstory.wordpress.com

Pempek khas Lampung berbeda dengan pempek Palembang yang biasanya dijumpai. Karena bahan yang digunakan pada pempek ini menggunakan ikan tenggiri. Kuahnya juga berbeda karena menggunakan biang cuka berbeda. Selain bisa dinikmati langsung, makanan gurih ini juga bisa dijadikan oleh-oleh. Kemasannya juga praktis dan juga tak mudah basi meski dibuat berpergian. Dengan budget Rp.100 ribu sudha bisa mendapatkan 1 kemasan isi 20 buah pempek.

10. Kopi Lampung

Kopi Lampung
Image Credit: Ahlikopilampung.com

Pulau Sumatra juga memiliki kebun kopi yang luas dan biji yang dihasilkan juga berkualitas kopi Lampung bisa dijadikan oleh-oleh, terutama untuk kerabat atau teman yang pecinta kopi. Kopi asal Lampung memiliki rasa yang berbeda, ada rasa sedikit asam yang membuatnya aman untuk lambung. Kadar kafeinnya juga cukup tinggi sehingga pas untuk mengusir kantong. Ada beberapa kemasan yang bisa dibawa pulang mulai dari kemasan 500 gram.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Lampung yang Murah & Enak

11. Bakso Sony

Bakso Sony
Image Credit: Kompas.com

Bakso Sony ini memang begitu populer di Lampung maupun seluruh Nusantara. Selain bisa menikmatinya langsung di Lampung, Anda juga bisa menjadikannya oleh-oleh. Bakso yang dibuat dari daging urat sapi pilihan ini memang sangat lezat. Bakso Sony ini sudah dikemas dalam kondisi beku sehingga bisa dijadikan oleh-oleh. Terbilang cukup awet dan bertahan sekalipun Anda bawa pulang. Apalagi bakso ini juga sudah mengantongi label halal dari MUI.

12. Sambal Goreng Udang

Sambal Goreng Udang
Image Credit: Tokopedia.com (minitiam)

Sambal Goreng Udang merupakan oleh-oleh yang tak boleh dilewatkan selanjutnya. Sambal ini diolah dengan menggunakan udang kering atau yang dikenal dengan ubi yang dicampur kentang. Sambal goreng ini memiliki rasa pedas dan gurih disaat bersamaan, sangat nikmat jika dipadukan nasi hangat. Anda bisa dengan mudah mendapatkan oleh-oleh satu ini. Karena ada banyak pusat oleh-oleh di Kota Lampung yang menjual sambal goreng udang ini.

13. Dodol Pandan

Dodol Pandan
Image Credit: Makananoleholeh.com

Lampung juga memiliki olahan dodol yang tak kalah terkenal. Dodol di kota Lampung dikenal dengan dodol pandan, daun pandannya sendiri dijadikan sebagai campuran. Sehingga menjadikan rasa maupun aromanya begitu wangi dan khas. Salah satu merek yang terkenal adalah Dodol Ny. Wie yang dikenal dengan rasanya yang nikmat. Ketika berkunjung ke Lampung jangan lupa untuk membawa oleh-oleh dodol pandan untuk teman maupun keluarga.

14. Browkis

Browkis
Image Credit: Tribunnews.com

Browkis merupakan brownies yang bahan dasarnya ditambahkan dengan kulit pisang. Anda mungkin akan terkejut karena ternyata kulit pisang bisa diolah menjadi makanan. Tak perlu khawatir, karena dalam pengolahannya menggunakan proses khusus sehingga rasanya tetap nikmat. Kulit pisangnya akan diolah terlebih dahulu menjadi tepung. Browkis sendiri memiliki beberapa varian rasa yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera anda.

15. Kopi Durian

Kopi Durian
Image Credit: Facebook.com @kopi durian khas lampung

Penambahan ekstrak durian di dalam serbuk kopi ini, menjadikan kopi durian yang begitu nikmat. Kopi ini sudah melalui proses yang menggunakan teknologi mutakhir. Tak heran jika banyak pecinta kopi yang memburu kopi asal Lampung ini. Kopi yang biasanya digunakan adalah jenis robusta dengan daging durian yang manis. Wangi kopi yang berbaur dengan wangi durian sangat menggugah. Jika ingin dijadikan oleh-oleh ada 3 kemasan yang bisa Anda pilih.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Lampung yang Murah & Enak

16. Kerupuk Cumi

Kerupuk Cumi
Image Credit: Tokopedia.com (SURPRISE SHOP)

Selain kemplang, Anda juga bisa menjadikan Kerupuk Cumi sebagai alternatif oleh-oleh dari Lampung. Kerupuk ini tak hanya gurih, namun juga memiliki banyak nustrisi yang baik untuk tubuh. Apalagi cumi yang digunakan merupakan cumi segar yang membuat rasanya begitu nikmat. Untuk mendapatkan kerupuk cumi ini juga cukup mudah, karena sudah banyak merek maupun kemasan yang ditemukan di pusat oleh-oleh kota Lampung.

17. Sambal Lingkung

Sambal Lingkung
Image Credit: Cookpad.com

Sambal lingkung memiliki bentuk yang lebih mirip dengan abon jika dibandingkan sambal pada umumnya. Dibuat dengan campuran ikan tenggiri membuat oleh-oleh satu ini memiliki rasa yang gurih dan nikmat. Meskipun mirip dengan abon, namun bumbu yang digunakan merupakan bumbu khas. Buah tangan satu ini juga terbilang awet, sehingga tak perlu khawatir juga tujuan Anda jauh. Sambal lingkung juga sangat mudah ditemui di pusat oleh-oleh yang ada di Lampung.

18. Kain Tapis

Kain Tapis
Image Credit: Majalahteras.com

Selain makanan, Anda juga bisa memberikan buah tangan dalam bentuk cinderamata. Salah satunya adalah kain tapis yang begitu populer di Lampung. Kain ini merupakan kain tenun dengan motif flora maupun fauna yang umumnya warnanya dominasi perak dan emas. Untuk menjadikan kain tapis oleh-oleh, Anda memang harus merogoh kocek yang dalam. Namun keindahan kain itu tak bisa dilewatkan, apalagi dahulunya banyak digunakan oleh raja raja.

19. Patung Gajah Lampung

Patung Gajah Lampung
Image Credit: Kerajinankhaslampung.wordpress.com

Tak hanya kain tapis, kerajinan kayu yang berbentuk gajah ini juga bisa dijadikan alternatif. Apalagi Lampung juga terkenal dengan gajahnya, sehingga tak masalah jika menjadikan replikanya sebagai oleh-oleh. Karya seni ini juga dibuat oleh pengrajin profesional sehingga cocok dijadikan sebagai pajangan di berbagai sudut rumah. Ada berbagai model dan juga ukuran yang bisa Anda pilih sebagai cinderamata untuk orang terdekat.

20. Dodol Sirsak

Dodol Sirsak
Image Credit: Wakuliner.com

Bukan hanya pisang dan durian, buah buahan yang juga dijadikan olahan unik adalah sirsak. Di Lampung Anda bisa menemukan oleh-oleh berupa dodok sirsak yang begitu kondang. Dalam pembuatannya memang ditambahkan dengan buah sirsak segar dan berbagai bahan pilihan lainnya. Adanya sirsak menjadikan rasanya semakin nikmat dan unik. Dodol Sirsak juga tahan lama serta mudah ditemukan di berbagai tempat oleh-oleh.

Lampung tak hanya memiliki wisata yang mengagumkan, namun juga memiliki oleh-oleh unik yang mencerminkan ciri khasnya. Walaupun buah tangan banyak didominasi panganan, Anda tetap bisa menemukan buah tangan selain makanan. Harga yang ditawarkan juga terbilang ekonomis jika nantinya Anda akan membeli dalam jumlah banyak. Jadi, sudah memutuskan untuk memburu buah tangan khas Lampung yang mana?