Lombok tergolong pulau terindah di Nusa Tenggara Barat dengan beragam destinasi populer. Lombok juga memiliki berbagai macam oleh-oleh khas yang populer dan wajib untuk dibawa pulang.

Setiap daerah pastinya memiliki berbagai macam oleh-oleh yang sering diburu oleh wisatawan, tak terkecuali Pulau Lombok. Pulau yang indah ini, memang memiliki daya tarik yang membuat wisatawan banyak yang betah berlama-lama disini. Untuk itu, adanya beragam buah tangan ini dapat menjadi obat penawar rindu bagi wisatawan yang sudah pulang ke asalnya. Berikut daftar rekomendasi oleh-oleh khas dari Lombok yang populer.

1. Kaos Nuansa Lombok

Kaos Nuansa Lombok
Image Credit: Tokopedia.com

Tidak afdol rasanya jika sudah pergi ke kota atau pulau wisata yang ada di Indonesia, tanpa sempat membeli kaos dengan nuansa daerahnya. Sama halnya, pada saat ketika Anda berkunjung ke kota Lombok. Di sepanjang jalan area wisata, Anda akan banyak penjual pakaian kaos dengan berbagai tulisan ataupun foto yang menggambarkan kota Lombok.

2. Tuak Manis Khas Lombok

Tuak Manis Khas Lombok
Image Credit: Dapursasak.com

Ketika Anda mendengar kata tuak, mungkin yang terlintas dalam pikiran Anda adalah minuman yang bisa memabukkan. Namun, ketika berkunjung ke Lombok, Anda akan mendapatkan tuak yang sangat istimewa. Alih-alih dapat memabukkan siapapun yang meminumnya, tuak manis khas Lombok ini akan menyegarkan dan melegakan dahaga Anda.

Minuman tradisional ini, terbuat dari air buah nira yang sudah mengalami proses sedemikian rupa sehingga menghasilkan rasa manis yang menyegarkan. Tak heran, tuak ini juga seringkali menjadi minuman pembuka pada untuk membatalkan puasa. Minuman lezat nan sehat ini dapat Anda temui di sepanjang jalanan Pulau Lombok dengan harga murah.

3. Dodol Rumput Laut

Dodol Rumput Laut
Image Credit: Facebook.com @dodol.rumputlaut.asli

Memiliki banyak wisata bahari, membuat Lombok juga menjadi salah satu pulau dengan hasil laut yang berlimpah. Diantara hasil laut itu adalah, rumput laut laut yang lezat. Berbeda dengan rumput laut kebanyakan, di Lombok Anda akan banyak menemui rumput laut yang diolah menjadi dodol sehat yang tidak kalah lezat dibandingkan dodol lainnya.

Pada daerah lain, dodol memang banyak dibuat dari campuran air kelapa dan gula jawa yang dimasak bersama dan memiliki citarasa yang legit. Namun, dodol rumput laut ini memiliki tekstur yang tidak selengket dodol daerah lain. Untuk menambah citarasa, dodol rumput laut juga dilengkapi dengan varian rasa buah-buahan, bahkan rasa sayuran.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Lombok yang Murah & Enak

4. Kerajinan Tanah Liat

Kerajinan Tanah Liat
Image Credit: Facebook.com @susantylbk

Jika Anda ingin membawa oleh-oleh berupa barang yang lebih tahan lama, kerajinan gerabah atau tanah liat dari Lombok ini, mungkin bisa menjadi salah satu alternatif. Kerajinan ini dikembangkan pada suatu desa, yang kemudian disebut sebagai sentra kerajinan gerabah paling besar di Pulau Lombok. Gerabahnya pun memiliki keunikan.

Karena sudah diwariskan secara turun temurun, Anda juga bisa sekalian berwisata di desa ini untuk melihat para pengrajin gerabah secara langsung dan juga galeri seni milik mereka. Salah satu produk yang paling ikonik dari gerabah Lombok adalah kending maling. Kending maling memiliki bentuk seperti kendi dengan bentuk leher yang memanjang dan sempit.

5. Kain Songket Khas Sasak

Kain Songket Khas Sasak
Image Credit: Gpswisataindonesia.info

Beberapa daerah di Indonesia memiliki kain songket tradisional yang membanggakan, termasuk di Pulau Lombok. Kain songket khas Sasak ini tentunya memiliki ciri khas tersendiri dari segi pewarnaan, motif hingga bahan yang digunakan. Menjadi salah satu ciri khas di pulau ini, bahkan Anda akan menemukan sebuah desa yang penuh dengan pengrajin songket.

Songket di pulau ini, masih dibuat dengan cara dan alat yang tradisional, hingga untuk menyelesaikan selembar kain songket membutuhkan proses selama beberapa hari. Harga dari kain inipun bervariatif, tergantung dengan tingkat kesulitan dan benang yang digunakan. Tidak hanya bisa membeli, Anda juga sangat diperkenankan untuk belajar membuatnya.

6. Susu Kuda Liar Khas Sumbawa

Susu Kuda Liar Khas Sumbawa
Image Credit: Bukalapak.com

Salah satu oleh-oleh populer lainya dari Sumbawa adalah susu kuda liar yang khas dan bermanfaat. Dari namanya, sekilas memang terdengar sangat aneh karena Anda seakan belum terbiasa menemukannya di tempat lain. Namun, di Lombok Anda akan banyak menemukannya dijual bebas, hingga semua wisatawan rasanya pasti pernah mencicipinya.

Susu ini yang gurih ini, diproduksi dengan cara yang cukup unik. Pemerah susu harus pergi ke hutan untuk memanggil kuda liar dan kemudian memerah susunya. Tak heran, harga yang dipatok untuk satu botol kuda liar ini lumayan mahal. Tapi, Anda akan menemukan manfaat yang luar biasa dari susu ini yang dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit.

7. Madu Asli Sumbawa

Madu Asli Sumbawa
Image Credit: Twitter.com @Julmansyah

Sumbawa, menjadi salah satu daya tarik daerah Lombok yang juga tidak pernah sepi dikunjungi banyak wisatawan. Namun, tidak hanya memiliki berbagai destinasi wisata, Sumbawa rupanya juga memiliki oleh-oleh khas yang tidak pernah absen dibeli oleh wisatawan setiap selesai menghabiskan waktu liburan bersama keluarga di pulau ini.

Daerah ini, terkenal dengan penghasil madu putihnya yang cukup unik dan tidak akan sama dengan madu putih di daerah lainnya. Madu ini diproduksi dari lembah yang khas, dengan proses pembuatan yang lebih lama dibanding madu pada umumnya. Selain rasanya yang legit dan manis, madu ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai masalah kesehatan.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Bima yang Paling Murah & Enak

8. Mutiara Lombok

Mutiara Lombok
Image Credit: Facebook.com (Tifa mutiara lombok)

Salah satu oleh-oleh yang juga banyak digemari untuk dibawa dari Lombok adalah mutiaranya yang cantik. Lombok termasuk salah satu daerah penghasil mutiara, yang pasarnya bahkan sudah menembus luar negeri. Anda akan menemukan dua jenis mutiara yang dibudidayakan disini, yakni mutiara air tawar dan mutiara laut yang sama cantiknya.

Mutiara Lombok sudah terkenal dengan kualitasnya yang bagus, dan berukuran besar sehingga akan terlihat sangat cantik ketika digunakan. Biasanya, harga yang ditawarkan akan bergantung pada ukuran mutiara, lapisan warna dan juga kilau bentuk mutiara. Meski sedikit mahal, namun mutiara Lombok rasanya sangat pas untuk dijadikan buah tangan.

9. Terasi Khas Lombok

Image Credit: Facebook.com @nispayana.harianti

Sambal merupakan salah satu makanan pendamping yang banyak digemari, salah satunya adalah sambal terasi. Namun, sudahkah Anda mencoba sambal terasi yang dibuat dari terasi khas Lombok? Kelezatan terasi lokal ini, memang akan menambah suasana makan Anda menjadi meriah. Tak heran, terasi Lombok juga banyak diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh.

Jika Anda pernah merasakan beberapa hidangan khas Lombok yang menggunakan terasi pada bahannya, pasti dapat merasakan kelezatan yang berbeda pada rasanya. Terasi khas ini memang memiliki aroma yang lebih harum dan juga rasa yang lebih lezat. Anda bisa membawa berbagai jenis terasi seperti terasi Jerowaru dan juga Terasi Berok yang nikmat.

10. Telur Asin Bakar

Telur Asin Bakar
Image Credit: Tokopedia.com

Kota Brebes, bisa saja dijuluki sebagai kota penghasil telur asin, tapi Lombok juga dapat dijuluki sebagai kota penghasil telur asin bakar. Telur asin yang memiliki rasa yang enak, seakan tidak cukup bagi masyarakat Lombok. Karena itulah, melalui kreasi masyarakat setempat telur asin yang biasa dapat disulap menjadi salah satu makanan istimewa yang khas.

11. Abon Ikan Marlin

Abon Ikan Marlin
Image Credit: Tokopedia.com

Memanfaatkan hasil dari wisata bahari lainnya, membuat masyarakat Lombok tidak berhenti berkreasi untuk membuat sebuah oleh-oleh ciri khas daerah ini. Salah satu yang menarik perhatian adalah abon ikan Marlin yang kini juga banyak diburu wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh dan menjadi bawaan sesampainya di kota asal setelah berlibur.

Rasanya wajar saja jika abon ikan ini banyak disukai, dikarenakan rasanya yang lezat dan banyak mengandung vitamin. Abon ikan marlin, diperkaya dengan kandungan omega 3 dan DHA yang berguna untuk menyehatkan otak. Selain itu, abon ini juga memiliki kadar kolesterol 0%, sehingga dapat dinikmati sebagai lauk saat makan nasi tanpa perlu khawatir.

12. Minyak Gosok Khas Sumbawa

Minyak Gosok Khas Sumbawa
Image Credit: Bukalapak.com

Mungkin, Anda tidak akan banyak menemukan oleh-oleh semacam ini pada daerah lainnya. Ya, ketika berkunjung ke Lombok Anda tidak hanya bisa membawa oleh-oleh berupa kerajinan ataupun makanan, karena juga ada minyak kesehatan. Minyak gosok khas Sumbawa ini sudah sangat terkenal ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Bima yang Paling Populer

Yang menjadi unik dari minyak ini adalah, proses pembuatannya yang tidak kalah menarik. Konon, minyak ini hanya boleh diproduksi pada saat menjelang bulan Muharram saja agar menjaga kesakralannya. Bahkan, mitos yang beredar mengatakan bahwa minyak yang bisa mengobati luka bakar hingga patah tulang ini hanya bisa digunakan untuk pria saja.

13. Anyaman Ketak

Anyaman Ketak
Image Credit: Facebook.com @retnaning.dyahii

Ketika berkunjung ke Lombok, Anda pasti sudah tak asing dengan banyak kerajinan anyam yang dijual di sepanjang jalan tempat wisatanya. Biasanya kerajinan ini berbentuk tas jinjing, topi, perhiasan rumah hingga meja hias. Sedikit berbeda dengan kerajinan pada umumnya, di Lombok pengrajin akan membuat anyaman dari tanaman liar yang biasa disebut ketak.

Bahkan, di Lombok terdapat salah satu desa yang hampir seluruh warganya bertindak sebagai pengrajin anyaman ketak. Tidak hanya sekedar melihat dan membelinya saja, Anda juga bisa turut mencoba untuk membuat anyaman hasil karya Anda sendiri. Pada hasil anyaman, biasanya para pengrajin lebih banyak membiarkannya natural begitu saja.

14. Kain Tenun Lombok

Kain Tenun Lombok
Image Credit: Facebook.com @songketsasaklombok

Lain kain songket, lain juga dengan kain tenun khas Lombok. Meskipun sama-sama merupakan kain tradisional yang banyak menjadi minat wisatawan yang berburu oleh-oleh namun keduanya memiliki ciri khas tersendiri. Kain tenun Lombok dibuat secara khusus menggunakan benang kapas biasa, atau bahkan benang sutra alam yang lebih lembut.

Anda bisa mengkombinasikan kain tenun ini untuk menghadiri beberapa acara, dikarenakan kain tradisional ini memiliki berbagai macam corak warna yang menarik hati. Selain warnanya, motif kain Lombok juga berbeda dibanding dengan motif kain lainnya. Sehingga, akan sangat cantik dan cocok untuk dijadikan sebagai hantaran buah tangan.

15. Kopi Khas Lombok

Kopi Khas Lombok
Image Credit: Facebook.com (Kopi khas lombok indah)

Sebagai salah satu negara penghasil kopi di dunia, tak heran hampir setiap daerah Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing. Seperti kopi khas Lombok yang sudah sangat populer di kalangan wisatawan, khususnya para pecinta kopi nusantara. Kopi Lombok memiliki aroma wangi yang kuat dengan citarasa yang lengkap yakni pahit, manis dan sedikit asam.

Sehabis berlibur di Pulau Lombok, rasanya tidak akan afdol apabila tidak membawa buah tangan untuk dibagikan atau dinikmati sendiri setelahnya. Berbagai pilihan yang ditawarkan membuat Anda tidak akan kehabisan ide dalam memilih oleh-oleh khas Lombok yang sangat menarik untuk dibawa pulang untuk dinikmati atau digunakan pada kota asal Anda.