Lumajang salah satu kabupaten di Jawa Timur yang telah terkenal dengan keindahan kotanya, sekaligus memiliki beragam kuliner dan buah tangan yang menarik. Inilah daftar oleh-oleh khas Lumajang yang terkenal dan wajib dibawa pulang.

Saat berlibur dna berkunjung di suatu tempat atau daerah, tentunya tak jarang orang terdekat kita meminta untuk dibelikan oleh-oleh khas dari daerah tersebut. Seperti yang telah diketahui, bahwa di setiap daerah tentunya memiliki sebuah makanan khas atau oleh-oleh yang dapat dijadikan sebagai buah tangan. Umumnya, oleh-oleh tersebut menjadi ciri khas tersendiri dari daerah itu.

Sama halnya dengan sebuah daerah di Jawa Timur, yakni Kabupaten Lumajang. Daerah satu ini tak hanya terkenal dengan berbagai destinasi wisatanya. Kota yang identik dengan julukannya sebagai Oostenrijk van Java ini memiliki banyak sekali tawaran buah tangan yang dapat dibawa ke kota Anda. Berikut daftar oleh-oleh khas Lumajang yang paling populer dan diburu wisatawan.

1. Keripik Pisang

Keripik Pisang Lumajang
Image Credit: Suarasurabaya.net

Olahan makanan pertama yang dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh adalah Keripik Pisang. Seperti yang telah diketahui, bahwa daerah ini terkenal sebagai kota pisang. Sehingga tak heran apabila ada berbagai macam jenis olahan dari sebuah bahan utama berupa pisang. Bahkan sudah sangat wajar jika di daerah Lumajang ini, terdapat banyak olahan makanan atau jajanan yang berwarna kuning.

Untuk keripik pisang ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan. Yang mana dapat Anda berikan kepada keluarga hingga sanak saudara. Hal ini dikarenakan olahan pisang satu ini sangat awet dan dapat bertahan untuk beberapa bulan kedepan serta sangat aman ketika dibawa saat perjalanan jauh. Sehingga Anda tidak perlu takut dan ragu untuk menjadikannya sebagai buah tangan.

Daripada harus membawa sebuah pisang utuh satu tandan, alangkah mudahnya untuk membawa suatu cemilan ini. Yang sangat praktis dan cocok untuk dibawa ke kota Anda. Keripik ini memiliki tekstur yang sangat renyah, bahkan untuk cita rasanya sendiri sangat lezat dan gurih. Jajanan ini dapat Anda jadikan sebagai teman selama di perjalanan atau bahkan dapat sebagai cemilan di sore hari.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Ngawi yang Paling Populer

2. Kue Lupis

Kue Lupis Lumajang
Image Credit: Foodnesia.net

Bagi Anda yang menyukai makanan atau jajanan pasar yang tradisional, maka wajib untuk mencicipi dan mencoba Kue Lupis khas Lumajang. Sebenarnya makanan jenis ini dapat Anda temui dengan sangat mudah di berbagai daerah lainnya. Namun, tak ada salahnya untuk menjadikan makanan satu ini sebagai buah tangan khas dari Lumajang. Yang mana tentunya memiliki perbedaan tersendiri pada cita rasanya.

Mempunyai cita rasa yang sangat gurih dan manis, tentunya akan membuat Anda merasa jatuh cinta saat memakan kue lupis ini. Untuk rasa manisnya sendiri berasal dari isiannya, yang mana di dalamnya terdapat gula merah cair. Kemudian pada bagian luarnya, nantinya akan diberikan dan disajikan dengan parutan kelapa. Perpaduan antara parutan kelapa dan isiannya, mampu menciptakan rasa yang pas.

3. Tape Pisang

Tape Pisang Lumajang
Image Credit: Infopublik.id

Seperti yang telah diketahui bahwa kota ini sangat terkenal dengan berbagai macam olahan dari pisang. Tak hanya diolah menjadi keripik pisang, buah satu ini juga dapat diolah sedemikian rupa menjadi sebuah Tape Pisang. Bagi Anda yang menyukai tape, maka wajib untuk mencoba dan mencicipi olahan khas Lumajang satu ini. Bahkan makanan khas satu ini dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh.

Sama halnya dengan pembuatan tape pada umumnya, hanya saja untuk menu satu ini diberikan tambahan berupa pisang. Dikarenakan dibuat dengan cara fermentasi, tak heran apabila makanan satu ini dapat tahan untuk beberapa minggu kedepan. Tak hanya itu, untuk satu bungkus olahan tape pisang ini memiliki harga yang sangat murah atau terjangkau.

4. Keripik Tempe

Keripik Tempe Lumajang
Image Credit: Instagram.com @kgs_resto

Tempe merupakan salah satu bahan makanan yang sangat disukai oleh warga Indonesia, yang mana bahan makanan ini berasal dari kedelai. Untuk cara pengolahannya sendiri sangatlah beragam, bahkan tak jarang banyak yang menjadikannya sebagai bahan baku pembuatan keripik. Sama halnya seperti di daerah Lumajang, yang mana mempunyai oleh-oleh atau makanan khas berupa Keripik Tempe.

Untuk keripik tempe ini, terkenal mempunyai cita rasa makanan yang sangat gurih dan renyah. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai cemilan saat duduk santai sembari menikmati acara tv atau sekedar berbincang dengan seseorang. Termasuk jajanan yang awet dan tahan untuk beberapa minggu, menjadikan makanan satu ini kerap dibawa untuk dijadikan sebagai buah tangan.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Bojonegoro yang Murah & Enak

5. Ketan Koro

Ketan Koro Lumajang
Image Credit: Budaya-indonesia.org

Masih seputar tentang makanan jadul atau tradisional khas pasaran, di daerah Lumajang ini menyediakan berbagai olahan yang sangat beragam. Ketan Koro merupakan salah satu makanan khas dari Lumajang yang berbahan dasar berupa ketan merah. Selain itu, tak hanya menggunakan ketan merah olahan makanan ini juga dipadukan dengan sebuah koro dan tak lupa diberikan parutan kelapa.

Ketan koro ini sendiri mempunyai tekstur yang sangat kenyal dan juga lembut. Dengan berbagai perpaduan bahan yang ada, mampu menciptakan rasa yang sangat pas. Cita rasanya yang sangat enak dan unik, inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk mencoba dan mencicipinya. Bahkan tak jarang, olahan makanan satu ini kerap dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga dan sanak saudara.

6. Keripik Nangka

Keripik Nangka Lumajang
Image Credit: Alibaba.com

Kabupaten Lumajang adalah salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki banyak sekali olahan keripiknya. Bahkan olahan keripik yang sangat dominan adalah buah buahan. Salah satunya adalah buah nangka, yang mana disulap dan diolah sedemikian rupa menjadi sebuah olahan berupa keripik. Keripik Nangka merupakan salah satu jajanan atau cemilan yang sangat digemari dan disukai oleh banyak orang.

Makanan ringan satu ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Lumajang, yang sangat sering dibawa dan dibeli oleh para wisatawan. Cemilan satu ini memiliki cita rasa yang tidak terlalu manis. Bahkan keripik ini sangatlah gurih dan teksturnya renyah. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan saat sedang bersantai. Untuk harganya sendiri masih terbilang sangat murah dan terjangkau.

7. Pisang Agung

Pisang Agung Lumajang
Image Credit: Instagram.com @rifkanathalia2

Lumajang terkenal sebagai kota Pisang ini, tak heran apabila sangat mudah untuk menemukan buah satu ini. Bahkan ada berbagai olahan buah pisang yang sangat beragam dan bervariasi hasil olahannya. Untuk buah pisang khas Lumajang ini sedikit berbeda jika dibandingkan dengan buah pisang di daerah lainnya. Pisang Agung khas Lumajang memiliki ukuran dan bentuk yang jauh lebih besar 2 hingga 3 kali lipatnya.

8. Keripik Talas

Keripik Talas Lumajang
Image Credit: Instagram.com @renymahar

Dengan berbagai olahan dan jenis keripik yang ada, selanjutnya ada Keripik Talas. Yang mana juga menjadi salah satu makanan ringan yang sangat favorit. Tak hanya orang Lumajang saja yang menyukai olahan jajanan satu ini. Bahkan para orang yang berkunjung ke kota ini juga kerap menjadikan jajanan ini sebagai buah tangan untuk keluarga atau bahkan sanak saudaranya.

BACA:  20 Tempat Wisata di Sidoarjo Terbaru & Paling Hits

Cemilan ringan satu ini terkenal dengan cita rasanya yang sangat gurih dan pastinya enak. Selain itu, keripik ini mempunyai sebuah tekstur yang renyah. Sehingga cemilan ringan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai teman bersantai atau untuk teman ketika melakukan perjalanan. Untuk harganya sendiri sangatlah terjangkau dan makanan ringan ini dapat ditemukan dengan mudah.

9. Bledus

Bledus Lumajang
Image Credit: Foodnesia.net

Saat pertama kali mendengar namanya, pasti Anda sangat asing dengan makanan khas satu ini. Olahan makanan yang berbahan baku berupa jagung ini bernama Bledus. Namun, tak jarang masih ada beberapa orang yang menyukai makanan tradisional ini. Bagi Anda yang belum pernah mencoba dan mencicipi makanan satu ini, maka Anda wajib untuk merasakan sensasinya.

Bledus ini merupakan salah satu jenis makanan tradisional yang masih sangat eksis. Jajanan ini terkenal dengan cita rasanya yang sangat gurih, namun ada sentuhan rasa sedikit asin. Dalam satu sajiannya, makanan dengan bahan jagung ini nantinya akan diberikan taburan berupa parutan kelapa. Untuk harga pasarannya sendiri, sangatlah terjangkau dan cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

10. Keripik Ketela Ungu

Keripik Ketela Ungu Lumajang
Image Credit: Putratravel.net

Buah tangan terakhir yang ada di daerah Lumajang adalah Keripik Ketela Ungu. Pada kabupaten ini memiliki banyak sekali olahan keripik yang sangat enak, dengan berbahan dasar buah buahan atau umbi umbian. Sesuai dengan namanya, keripik satu ini memiliki warna ungu dikarenakan bahan bakunya sendiri. Untuk soal rasanya tidak perlu diragukan lagi, yakni manis legit dan pastinya sangat renyah.

Dengan berbahan baku utama berupa ubi jalar, sudah pasti sangat cocok bagi warga Indonesia. Hal ini dikarenakan rasa yang ditawarkannya sangat unik dan enak. Terlebih lagi dengan dijadikan sebagai keripik, sehingga sangat mudah dimakan dan cocok untuk dijadikan sebagai camilan ringan. Makanan ini dapat Anda jadikan sebagai teman bersantai di sore hari.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Lumajang yang dapat Anda jadikan sebagai buah tangan untuk keluarga atau kerabat terdekat. Umumnya, buah tangan dari Lumajang sangatlah beragam. Namun untuk olahan makanlah yang paling banyak dicari. Terlebih lagi makanan khas yang ada dapat bertahan hingga beberapa hari, sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Jadi, tertarik untuk beli dan coba yang mana?