Magelang merupakan salah satu kota tujuan wisata di Jawa Tengah yang tak kalah menarik. Alamnya yang masih asri dan mempesona membuat wisatawan terus berdatangan. Apalagi kota satu ini memiliki destinasi sekelas Candi Borobudur yang memang menjadi tujuan wisata yang begitu kondang.

Jika Anda berniat untuk berlibur atau singgah di Magelang, maka Anda bisa memburu oleh-oleh khas dari kota Magelang yang unik dan menarik. Simak ulasannya.

1. Wajik Salaman

Wajik Salaman
Image Credit: Visitmagelang.id

Salah satu oleh oleh dari Magelang yang banyak diburu oleh para pelancong adalah Wajik Salaman. Wajik ini memiliki rasa manis dengan tekstur legit yang pastinya akan membuat siapapun ketagihan. Wajik dibuat dari bahan dasar ketan yang dicampurkan dengan beberapa bahan seperti gula merah maupun kelapa. Wajik di Magelang yang paling dikenal dan banyak dicari adalah Wajik Salaman yang rasanya tak perlu diragukan lagi.

Meskipun rasanya manis, namun tak akan membuat enek. Justru perpaduan rasanya akan membuat siapapun ketagihan. Bahan yang digunakan merupakan bahan berkualitas terbaik dan tidak menggunakan bahan pengawet maupun pewarna makanan. Warna kecoklatannya muncul dari gula merah yang menjadi rasa manisnya. Jika Anda ingin mencoba dan membawa pulang oleh oleh satu ini, Anda bisa langsung menuju daerah Jl. Salaman, Magelang.

2. Tape Muntilan

Tape Muntilan
Image Credit: Magelangonline.com

Tape merupakan salah satu panganan yang banyak ditemui di Indonesia. Biasanya dibuat dari singkong maupun ketan. Magelang memiliki panganan bernama Tape Muntilan yang tape yang dibuat dari bahan ketan putih. Untuk membuatnya semakin cantik ditambahkan dengan warna hijau yang cantik. Warna hijaunya juga menggunakan bahan alami yakni dari daun katuk. Perpaduan rasa manis, rasa khas tapenya membuat Anda akan ketagihan.

Tak heran jika oleh oleh satu ini begitu banyak diburu oleh wisatawan. Para produsen tape Muntilan mengemas tapenya dalam beberapa puluhan yakni dengan plastik atau langsung di toples. Untuk beratnya Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan anda. Anda juga bisa dengan mudah menemukan makan ini di beberapa pusat oleh oleh. Produsennya juga tak hanya berskala kecil, namun juga banyak pabrik yang sudah memproduksi tape andalan Magelang ini.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Semarang yang Paling Populer

3. Getuk Trio

Getuk Trio
Image Credit: Coretanpetualang.wordpress.com

Magelang terkenal dengan getuknya, sehingga wajar jika banyak yang memproduksi panganan satu ini. Getuk sendiri adalah jajanan yang dibuat dari singkong. Salah satu produsen Getuk yang sudah diakui oleh masyarakat lokal maupun luar kota adalah Getuk Trio. Bahkan bisa dikatakan jika getuk satu ini termasuk dalam getuk legendaris karena sudah ada sejak lama dan masih bertahan hingga saat ini.

Dari awal kemunculannya, Getuk Trio dikemas dengan menggunakan box yang dibuat dari bambu atau yang disebut dengan besek. Hingga kini Getuk Trio juga dikemas menggunakan besek yang menjadi ciri khasnya. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat para pecinta getuk ini akan ketagihan. Getuk ini tidak menggunakan bahan pengawet, sehingga hanya bisa tahan 2 hari saja. Anda harus mempertimbangkan tujuan Anda jika membeli oleh oleh satu ini.

4. Getuk Bolen

Gethuk Bolen
Image Credit: Cookpad.com

Mendapat julukan sebagai kota Getuk, di Magelang getuk juga diolah menjadi makanan yang modern yaitu Gethuk Bolen. Gethuk yang dipadukan dengan puff pastri ini begitu digandrungi dan jadi alternatif oleh oleh yang menarik. Puff pastrinya dijadikan sebagai lapisan luarnya, isiannya menggunakan getuk. Tentunya sangat berbeda dengan bolen yang biasanya ditemui, mengingat bolen lebih banyak menggunakan isian pisang.

Manisnya getuk dan dipadu dengan gurihnya bolen memang tidak ada duanya. Wajar jika panganan satu ini diburu oleh para pelancong. Tampilannya yang kekinian, dengan rasa yang nikmat menjadikan Gethuk Bolen begitu populer. Salah satu penjual gethuk bolen yang ramai dikunjungi adalah Fiory Bakery dan Pasitery. Toko roti ini merupakan tempat pertama yang membuat panganan gethuk bolen ini, sehingga Anda bisa langsung mengunjunginya.

5. Gula Kacang atau Ampyang

Gula Kacang atau Ampyang
Image Credit: Topijelajah.com

Kudapan yang memiliki rasa manis satu ini juga banyak dijadikan sebagai buah tangan khas dari Magelang. Sesuai namanya, gula kacang atau yang juga dikenal ampyang ini terbuat dari gula merah dan kacang. Kacang akan disiram dengan gula merah yang cair, kemudian ditunggu hingga mengeras. Perpaduan rasa manis dari gula merahnya dan gurih dari kacangnya akan membuat siapapun menyukainya dan ketagihan akan rasanya.

BACA:  25 Tempat Wisata di Magelang Terbaru & Paling Hits

Di Magelang sendiri, Anda bisa dengan mudah menemukan ampyang ini. Pusat pusat oleh oleh menjual makanan manis namun nikmat ini. Kemasan yang ditawarkan juga berbeda beda dengan ukuran yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Yang jelas, makanan satu ini bisa tahan lama, sehingga tak perlu khawatir basi atau busuk. Harga yang ditawarkan untuk setiap kemasan juga terjangkau, berkisar Rp. 15 ribu sampai Rp. 25 ribuan saja.

6. Grubi

Grubi
Image Credit: Zakyfamily.com

Ketika mengunjungi Magelang Anda tak perlu khawatir tentang oleh oleh. Mengingat kota yang miliki banyak tempat wisata ini, juga memiliki beberapa oleh oleh yang menarik untuk diburu. Grubi merupakan jajanan khas Magelang yang juga tak boleh dilewatkan. Makanan satu ini terbuat dari ubi jalar yang bentuknya mirip dengan bola bola ubi. Yang membedakan adalah teksturnya yang renyah dengan rasa manis yang mendominasi serta ada gurihnya.

Memang rasa manisnya didapatkan dari gula merah yang menjadi campurannya. Campuran ubi jalar dan gula nantinya akan dimasak dengan cara digoreng. Ubinya yang diiris tipis tipis inilah yang membuatnya memiliki tekstur renyah. Grubi memang termasuk dalam jajaran oleh oleh yang populer, sehingga Anda tak akan mudah menjumpainya. Pusat oleh oleh dan toko oleh oleh banyak yang menyediakan Grubi ini dalam berbagai ukuran dan harga yang terbilang murah.

7. Slondok

Image Credit: Bukalapak.com (Klara arum)

Keripik Slondok merupakan salah satu oleh oleh Magelang yang tak boleh Anda lewatkan. Mengingat Magelang menghasilkan singkong dengan mudah, masyarakat sekitar mencoba untuk membuat makanan yang unik dari singkong. Kemudian lahirlah Keripik slondok yang memiliki rasa gurih dengan tekstur yang renyah. Saat ini keripik Slondok juga hadir dengan berbagai rasa yang akan memanjakan lidah Anda ketika mencoba keripik satu ini.

Rasa original yang gurih, ada rasa pedas hingga rasa manis. Bahkan untuk membuatnya tetap eksis, sudah tersedia rasa keju ataupun balado. Semua pilihan rasanya tetap akan menggoyang lidah yang mencobanya. Banyak yang penasaran dengan makanan ringan ini karena namanya yang unik dan belum banyak didengar. Selain rasanya yang nikmat, Anda juga akan mudah menemukan panganan satu ini di pusat oleh oleh dengan harga terjangkau.

8. Pothil

Pothil
Image Credit: Travelingyuk.com

Mirip dengan slondok, pothil juga merupakan olahan yang dibuat dari singkong. Yang membuatnya terlihat unik adalah bentuknya yang mirip dengan cincin. Rasanya yang gurih dengan tekstur yang renyah menjadikan camilan satu ini juga cocok dijadikan oleh oleh. Pothil juga hadir dengan berbagai rasa kekinian, seperti rasa pedas, keju, jagung bakar, hingga rasa pizza. Harga yang dibandrol untuk camilan ini berkisar Rp. 8 ribu hingga Rp. 10 ribuan saja.

BACA:  25 Wisata Kuliner di Semarang yang Murah & Enak

9. Permen Tape

Permen Tape
Image Credit: Bukalapak.com (Snack nusantara)

Oleh oleh khas dari Magelang yang juga tak kalah menarik untuk Anda buru adalah Permen Tape. Sebelumnya sudah dijelaskan jika tape termasuk salah satu hasil kreasi masyarakat yang juga banyak penggemarnya. Permen tape ini memiliki cita rasa seperti permen pada umumnya, yakni rasanya yang manis. Hal ini didapatkan dari campuran tape dengan parutan kelapa dan juga gula putih. Sehingga rasanya juga terkesan lebih gurih dan nikmat.

Sebelumnya, permen tape ini akan disuguhkan ketika lebaran tiba. Namun kini sudah bisa menikmati permen tape kapan saja ketika Anda berkunjung ke Magelang. Berbagai pusat oleh juga menyediakan permen satu ini. Menariknya permen akan dibungkus menggunakan kertas putih tipis yang menjadi ciri khasnya. Di pasaran biasanya permen khas dari Kota Magelang ini dibandrol mulai dari Rp. 20 ribuan tergantung dari kemasan yang Anda pilih.

10. Batik Magelang

Batik Magelang
Image Credit: Ifobatik.id

Selain makanan, Anda juga bisa membeli oleh oleh berupa barang yaitu Batik Magelang. Batik Magelang memiliki ciri khas pada motifnya yang mengandung filosofi yang begitu kaya. Batik ini diproduksi dengan teknik tempel, yaitu menempelkan beri bermotif pada sebuah kain. Ada beberapa desa yang memang menjadi sentra industri Batik Magelang ini. Seperti di Bayeman, Gelangan, serta Kebonpolo. Harga batiknya biasanya dijual mulai dari Rp. 120 ribu sampai Rp. 300 ribu.

Beberapa rekomendasi oleh-oleh khas dari Magelang tersebut bisa Anda buru ketika berkunjung ke kota ini. Cita rasa yang khas dan juga hanya bisa ditemui di kota ini membuat Anda tak boleh melewatkan. Olahan buah tangannya didominasi dengan singkong maupun bahan bahan yang memang mudah ditemukan di daerah Magelang. Tak hanya makanan, rupanya Magelang juga memiliki batik yang juga cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan kerabat atau teman.