Majalengka memiliki sederet buah tangan yang populer di kalangan wisatawan. Tak heran oleh-oleh khas dari Majalengka sering diburu oleh banyak orang dan cukup laris dipasaran.

Kota kecil sering kali diabaikan, padahal menyimpan keindahan luar biasa yang tak boleh Anda lewatkan. Mulai dari destinasi wisata hingga oleh-oleh yang harus dibawa pulang untuk kerabat atau teman dekat. Majalengka jadi salah satu kota yang wajib Anda tuju untuk membawa buah tangan yang sudah terkenal dan diminati pengunjung. Berikut daftar oleh-oleh khas Majalengka yang bisa Anda beli saat berkunjung.

1. Mangga Gedong Gincu

Mangga Gedong Gincu
Image Credit: Facebook.com (Gedong Gincu Si Lezit)

Mangga merupakan salah satu buah yang digandrungi oleh banyak orang, tetapi selama ini kota penghasil mangga dikenal dari Jawa Timur. Padahal di pulau Jawa bagian barat pun ada daerah penghasil yang tak kalah enak. Buah ini terasa manis yang memiliki rasa unik yang membuatnya laris manis di pasaran, bahkan turis pun mengakuinya.

Jenis mangga yang tak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke kota angin ini, yaitu mangga gedong gincu. Untuk mengetahuinya, cukup dilihat dari warna kulit yang tampak kemerahan seperti gincu saat buahnya sudah matang. Hindari membeli di tempat yang kurang terpercaya agar tidak mendapatkan buah berkualitas buruk, tetapi dibanderol mahal.

Cita rasa yang ditawarkan oleh buah ini, manis dan segar sehingga cocok dimakan di siang hari saat terik. Anda bisa membawanya pulang ke kota asal, karena buah ini bisa bertahan cukup lama dan dapat ditemukan dengan mudah di sepanjang jalan di kota dirgantara ini. Buah satu ini dipastikan menjadi buah tangan yang paling berkesan untuk keluarga di rumah.

2. Kalua Jeruk

Kalua Jeruk
Image Credit: Facebook.com @iwan.supriatna.520357

Tak kalah laris daripada Mangga, kalua jeruk juga cukup diminati oleh banyak orang bahkan turis dari luar kota. Makanan satu ini dikenal dengan nama manisan jeruk, tetapi tekstur dan cara pengolahan serta bahan yang dipakai tidak seperti manisan pada umumnya. Oleh sebab itu, Anda tidak akan mendapatkannya selain di kota Majalengka.

Manisan satu ini dibuat dari kulit buah jeruk bali yang cukup tebal, sehingga dapat dibuat manisan seperti ini. Untuk mengolahnya, Anda perlu adanya gula kawung, merah, dan gula pasir untuk menciptakan rasa manis di bagian luarnya. Ketiganya dipadukan untuk hasilkan cita rasa unik yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh pembuat manisan lainnya.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Kuningan yang Murah & Enak

Anda akan disuguhi cita rasa manis yang tidak terlalu kuat dan lezat, sehingga mereka yang kurang suka manis pun tetap dapat menikmatinya. Permainan tekstur dari makanan ini juga sangat tepat, karena keras di bagian luar dan tetap lembut di bagian dalam. Tak heran, kalua jeruk ini cukup laris manis di gerai toko oleh-oleh khas kota dirgantara ini.

3. Kecap Majalengka

Kecap Majalengka
Image Credit: Facebook.com @iwan.supriatna.77312

Oleh-oleh khas dari kota angin ini tidak hanya dari buah mangga, melainkan juga kecap yang telah terkenal ke berbagai kota. Kecap asli dari Majalengka ini kali pertama diproduksi pada tahun 1920 dengan resep turun temurun dan cara tradisional. Oleh sebab itu, hasil yang diperoleh pun maksimal dan mampu bertahan lama tanpa adanya pengawet.

Hingga saat ini, banyak orang yang menyukai kecap asli dari kota di Jawa Barat satu ini karena kualitasnya yang tak perlu diragukan. Produsen kecap satu ini masih menerapkan cara dan alat tradisional, yaitu tangan manusia. Pengawetannya pun hanya mengandalkan garam dalam jumlah banyak agar kecap tidak mudah busuk atau basi.

Selain itu, dalam proses pembuatannya masih memakai kayu sebagai bahan bakar dan kayu jati untuk memfermentasi kedelai. Keduanya jadi paduan yang sangat cocok untuk menciptakan aroma khas yang tak terganti. Itulah sebabnya kualitas kecap tidak berubah dan tetap dibanderol dengan harga yang ramah di kantong masyarakat menengah ke bawah.

4. Gula Cakar

Gula Cakar
Image Credit: Facebook.com @TokonyaTariNila

Secara visual, tampilan gula cakar ini sangat unik dan menarik dengan warna merah muda yang dipakainya. Tak hanya itu, fungsi dari makanan satu ini juga beragam seperti dipakai sebagai pemanis untuk membuat teh atau kopi. Anda juga bisa menggigitnya secara langsung untuk menikmati rasa manis dari gula berwarna merah jambu ini.

Cara pengolahannya masih sangat tradisional dengan bahan gula pasir yang ditambah pewarna makanan dan soda. Setelah diolah, gula cakar akan dibentuk kotak kotak dengan ukuran cukup besar agar mudah digunakan. Anda bisa melarutkan balok gula cakar ini ke dalam air panas, sehingga mudah sekali larut dan tetap aman karena bukan pemanis buatan.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Cirebon yang Paling Populer

5. Batik Majalengka

Batik Majalengka
Image Credit: Facebook.com (Batik Majalengka)

Indonesia sangat kaya akan motif batik dari berbagai daerah atau kota, tetapi belum banyak yang tahu seputar batik khas Majalengka. Memang batik terkenal dari kota kota lain di Jawa Tengah, tetapi kualitas dari batik satu ini tak perlu Anda ragukan. Selain itu, sudah ada sekitar 30 motif yang dipatenkan sebagai karya pengrajin batik di kota angin ini.

Ada beberapa motif khas dan unik, seperti mangga gedong gincu, kujang, pesawat terbang, buah maja, beunteur, dan lain sebagainya. Pemakaian motif tersebut berdasarkan pada buah atau benda khas yang dihasilkan oleh lingkungan sekitar Majalengka. Oleh sebab itu, para wisatawan yang datang akan semakin terkesan dengan keunikannya.

Anda bisa membeli batik yang unik ini untuk kerabat sebagai buah tangan yang tidak akan terlupakan. Selain dijual untuk wisatawan, aparatur negara di kota tersebut telah memakai batik terkait sebagai baju dinas atau seragam dinas. Kebijakan ini merupakan salah satu cara untuk mempromosikan motif dan batik Majalengka ke kancah nasional.

6. Oncom Goreng

Oncom Goreng
Image Credit: Facebook.com @oncomgorengibuentar

Seluruh proses pembuatan makanan dari kedelai ternyata tidak ada yang dibuang atau dianggap sebagai limbah, begitu pula dengan ampas tahu. Pengolahan makanan satu ini cukup difermentasi dengan jamur tertentu untuk menghasilkan oncom. Bahan ini menjadi salah satu hidangan yang cukup digandrungi dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Tak seperti kota lainnya yang mengolah oncom dengan tepung, lalu digoreng. Majalengka ternyata memiliki cara yang unik, yaitu memotongnya atau membentuknya jadi bentuk kecil kecil. Setelah itu, oncom akan dibumbi dan dicampur dengan bawang goreng, kemudian makanan dikemas. Anda bisa menikmatinya dengan makanan berkuah atau menjadikannya sebagai camilan.

7. Ampas Kecap

Ampas Kecap
Image Credit: Bukalapak.com

Banyak orang yang belum tahu fungsi dari ampas kecap, sisa dari olahan kecap yang cukup terkenal di Majalengka. Ampas satu ini berbentuk seperti kacang kedelai, tetapi warnanya kehitaman karena proses pengolahan kecap membuat sari sarinya terserap. Anda bisa mengolah ampas ini menjadi hidangan yang lezat dan mampu memikat banyak orang.

Caranya cukup mudah, yaitu disantap secara langsung dengan nasi hangat karena ampas ini sudah dibumbui. Selain itu, para penikmat ampas tahu juga bisa mengolahnya dengan bahan lain dan bumbu tambahan. Tak perlu khawatir saat mengolahnya, karena bahan satu ini sangat mudah dimasak untuk jadi tumis atau masakan sejenisnya.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Majalengka yang Murah & Enak

8. Opak Bereum

Opak Beureum
Image Credit: Aserizky.blogspot.com

Jajanan satu ini telah eksis jauh sebelum Indonesia merdeka, yaitu sekitar tahun 1905. Pada awalnya, opak ini hanya disuguhkan saat acara besar oleh masyarakat Majalengka. Akan tetapi, saat ini telah diperjualbelikan dan menjadi oleh-oleh khas yang digandrungi banyak orang. Akan tetapi, tak banyak orang yang bisa mengolah ketan merah hingga jadi opak bereum ini.

Tak seperti masakan pada umumnya, opak ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Proses yang butuhkan yaitu ketan direbus lalu ditumbuk sampai halus dan dapat dibentuk. Setelah itu Anda harus membakarnya hingga terasa renyah dan dikemas dengan menarik. Menariknya, proses ini harus dilakukan sesuai takaran oleh tangan ahli agar berhasil.

9. Jalakotek

Jalakotek
Image Credit: Cookpad.com

Tak kalah menarik dengan jajanan khas kota Majalengka yang lainnya, yaitu Jalakotek. Makanan ini dibuat dari tepung aci yang dicampur tahu dan bumbu khas lainnya. Uniknya, jajanan satu ini dibentuk menyerupai pastel lengkap dengan isiannya. Secara sekilas, Anda tidak akan bisa membedakannya dengan pastel karena dibentuk sangat mirip.

Yang membuat makanan ini berbeda daripada buah tangan lainnya, yaitu dijual dalam bentuk mentah. Itulah sebabnya makanan satu ini cenderung lebih awet dan bisa disantap dalam keadaan panas di rumah. Harga yang dibanderol untuk satu bungkus Jalakotek, yaitu sekitar 15 ribu rupiah dengan cita rasa khas yang membuat Anda ketagihan.

10. Surabi Oncom

Surabi Oncom
Image Credit: Wisatamajalengkaindah.wordpress.com

Banyak daerah yang menyediakan surabi sebagai santapan di pagi hari yang cocok untuk menemani minum teh atau kopi. Akan tetapi, kota dirgantara ini memiliki keunikan yang tak dimiliki oleh kota lain, yaitu surabi dengan toping oncom. Jajanan satu ini mudah Anda temukan dan dapat dijadikan oleh-oleh bila Anda menempuh jarak yang tak terlalu jauh.

Majalengka menjadi salah satu kota di Jawa Barat yang dapat dijadikan sebagai tujuan wisata yang menarik. Tak hanya memiliki tempat wisata hits, kabupaten ini juga menawarkan oleh-oleh khas yang bisa Anda bawa pulang. Beberapa di antaranya tak dapat ditemukan di kota lain, sehingga oleh-oleh ini terasa lebih berkesan untuk orang orang di sekitar anda.