Berkunjung ke kota Makassar kurang lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khas. Mulai dari otak otak ikan tengiri, kopi toraja hingga kain sutra, menjadi buah tangan yang wajib untuk Anda bawa pulang.

Makassar memang dikenal sebagai salah satu kota padat yang ada di timur Indonesia. Untuk itu, tak heran banyak pelancong yang datang untuk berwisata ke kota satu ini. Memiliki keindahan panorama dan juga kuliner yang mampu mengenyangkan perut anda, maka tak lengkap rasanya jika tidak membeli buah tangan saat mampir ke kota Makassar.

Berikut ini beberapa rekomendasi oleh-oleh khas dari Makassar yang bisa untuk Anda bawa pulang untuk teman dan kerabat.

1. Kacang Disco Makassar

Kacang Disco Makassar
Image Credit: IndonesiaKaya.com

Untuk Anda yang sedang mencari oleh-oleh berupa cemilan, maka kacang disko khas Makassar dapat menjadi makanan yang bisa Anda bawa pulang. Olahan kacang satu ini tak hanya bisa Anda temukan di Pulau Dewata, melainkan Anda pun bisa mencicipinya ketika berada di Makassar. Kacang satu ini memiliki rasa gurih nan renyah sehingga juga cocok untuk teman perjalanan pulang anda.

Ada beberapa varian rasa yang bisa untuk Anda coba. Mulai dari rasa original dan juga rempah yang akan membuat Anda ketagihan. Untuk Anda yang tertarik dengan kacang satu ini, maka Anda pun bisa dengan mudah untuk menemukannya. Anda bisa mendapatkannya di toko pusat oleh-oleh maupun swalayan yang ada di Makassar. Dengan memiliki harga yang terjangkau, maka Anda akan bisa membawa pulang cukup banyak kacang jenis satu ini.

2. Dangke

Dangke
Image Credit: KSMTour.com

Ingin mencari oleh-oleh unik ketika datang ke kota Sultan Hasanuddin ini? Maka Dangke adalah salah satu makanan yang Anda cari. Dangke sendiri merupakan salah satu makanan khas dari Makassar yang terbuat dari susu kerbau yang telah mengalami proses fermentasi. Untuk Anda yang tertarik mencobanya, maka Anda pun bisa mengunjungi daerah Enrekang yang merupakan tempat penghasil kambing etawa. Makanan ini pun sangat cocok dinikmati dengan sambal dan nasi hangat.

3. Kerupuk Jintan

Kerupuk Jintan
Image Credit: Idntimes.com

Jika Anda sedang berwisata ke ibukota Sulawesi Selatan, maka tak lengkap rasanya jika tak membawa pulang makanan satu ini. Makanan ringan yang memiliki nama yakni Kerupuk Jintan merupakan kerupuk yang memiliki bentuk mirip dengan kue kering. Akan tetapi, diberi nama kerupuk karena cemilan ini memiliki tekstur yang renyah dan mirip kerupuk. Hal yang membedakan adalah adanya campuran jintan hitam yang ada di dalam adonan.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Makassar yang Murah & Enak

4. Abon Raos

Abon Raos
Image Credit: Bukalapak.com

Buah tangan lainnya yang cocok dibawa pulang untuk keluarga di rumah adalah abon raos. Oleh-oleh satu ini terbilang cukup unik, dimana Raos sendiri merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa sunda dan memiliki arti enak. Terbuat dari daging sapi ini memiliki rasa yang sangat enak. Abon satu ini sangat pas jika dipadukan dengan sepiring nasi putih hangat. Untuk itu, bagi Anda yang mencarinya maka bisa langsung menuju ke pusat oleh-oleh yang ada di Makassar.

5. Kain Sutra Sengkang

Kain Sutra Sengkang
Image Credit: Goodnewsfromindonesia.id

Bosan dengan oleh-oleh berupa makanan? Maka Anda pun bisa membawa pulang kain sutra sengkang. Kain satu ini juga memiliki kualitas yang cukup bagus, sehingga tak kalah dengan kain tenun dan sarung khas Bugis. Disini, Anda pun bisa mendapatkan kain sutra yang memiliki harga cukup murah yakni dengan bahan semi sutra hingga sutra asli yang memiliki harga hingga jutaan rupiah.

6. Handicraft Toraja

Handicraft Toraja
Image Credit: Mamikos.com

Cinderamata khas Makassar, tentu saja menjadi salah satu oleh-oleh yang sangat cocok untuk keluarga di rumah. Hal ini dikarenakan memiliki sifat tahan lama, sehingga Anda akan bisa menjadikannya pajangan. Ada berbagai macam varian dari handicraft Toraja yang bisa untuk Anda bawa pulang. Mulai dari gantungan kunci, ukiran kayu hingga lukisan dan baju khas tanah Toraja.

Dengan menggunakan sentuhan gaya Toraja, maka buah tangan satu ini pun memiliki ciri khas yang tidak akan Anda temui di tempat lain. Untuk masalah harga, tak perlu khawatir. Pasalnya, banyak kerajinan tangan khas Toraja yang memiliki harga terjangkau. Sehingga Anda pun bisa memilih sesuai dengan jenis dan bahan handicraftnya. Untuk Anda yang menyukai souvenir dari hasil tangan penduduk Makassar, maka Anda pun bisa dengan mudah untuk menemukannya.

7. Sirup Markisa

Sirup Markisa
Image Credit: Tokopedia.com

Tak hanya kota Medan saja yang terkenal sebagai penghasil markisa. Kota yang terkenal dengan Pantai Losarinya ini pun memiliki suguhan sirup markisa yang sangat khas. Untuk sirup ini terbuat dari buah markisa asli, bukan hanya serbuk markisa yang terbuat dari bahan kimia. Sehingga untuk rasanya sendiri pun sangat kaya akan markisa. Anda dapat dengan mudah untuk menemukannya di swalayan ataupun pusat oleh-oleh khas Makassar.

8. Sirup DHT

Sirup DHT
Image Credit: Wartatimur.com

Selain sirup markisa, kota Makassar sendiri juga memiliki sirup khas lainnya. Dikenal dengan nama sirup DHT, sirup satu ini bukanlah sirup pada umumnya. Terbuat dengan rasa pisang ambon, maka tak heran jika sirup ini menjadi andalan oleh-oleh khas Makassar yang dicari oleh para wisatawan. Memiliki rasa yang hampir mirip dengan sirup tjampolay khas Cirebon, namun terdapat perbedaan yang membuat rasanya menjadi lebih khas.

BACA:  25 Tempat Wisata di Makassar Terbaru & Paling Hits

9. Kopi Toraja

Kopi Toraja
Image Credit: Weebly.com

Bagi Anda pecinta kopi, pastikan Anda untuk membawa pulang kopi Toraja sebagai salah satu buah tangan. Pasalnya, tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Makassar tanpa membawa oleh-oleh satu ini. ada tiga jenis kopi yang bisa untuk Anda pilih, mulai dari special blend, robusta hingga Arabica. Tentu saja, kopi tersebut memiliki cita rasa khas Makassar yang tidak akan Anda temukan di tempat lain.

Untuk itu, Anda pun wajib membawa pulang oleh-oleh satu ini untuk keluarga di rumah ataupun rekan kerja di kantor. Bagi Anda yang ingin mencarinya, maka Anda pun tak perlu susah payah. Anda bisa dengan mudah untuk mengunjungi pusat oleh-oleh yang ada di Makassar. Maka Anda nantinya akan bisa menemukan berbagai macam pilihan Kopi Toraja untuk dibawa pulang.

10. Kacang Sembunyi

Kacang Sembunyi
Image Credit: Makassarguide.com

Selain memiliki nama yang unik, oleh-oleh satu ini pun juga memiliki rasa yang jempolan. Terbuat dari kacang tanah yang dibalut dengan tepung ini, mempunyai rasa gurih yang akan membuat Anda ketagihan. Tak hanya cocok untuk dibawa pulang, maka cemilan satu ini pun juga bisa Anda konsumsi ketika sedang bersantai di pinggir pantai ataupun sebagai teman untuk perjalanan pulang anda.

Bagi Anda yang ingin mencobanya, maka Anda pun bisa dengan mudah untuk menemukannya di pusat oleh-oleh Kota Makassar. Di tempat tersebut, Anda pun nantinya akan bisa mendapatkan kacang sembunyi dengan berbagai merek dan ukuran yang sesuai dengan selera anda. Dengan harga yang terjangkau, maka Anda pun bisa membawa pulang cukup banyak untuk keluarga di rumah.

11. Kue Kurma

Kue Kurma
Image Credit: Misteraladin.com

Ketika Anda mengira bahwa kue satu ini terbuat dari buah kurma, maka Anda salah besar. Pasalnya, kue khas Makassar ini terbuat dari telur, mentega, maizena dan tepung terigu. Dibalur dengan caramel sehingga nantinya akan memiliki cita rasa yang manis layaknya kurma. Setelah dibalut oleh karamel, maka kue satu ini akan diberikan potongan kacang diatasnya. Sehingga akan menimbulkan kesan gurih.

Saat pertama kali mencobanya, maka Anda pun akan dibuat ketagihan. Pasalnya, rasa manis dan gurih yang berpadu akan menghasilkan rasa yang tidak akan terlupakan. Untuk itu, kue kurma menjadi salah satu makanan yang wajib untuk Anda bawa pulang. Kue yang banyak diburu oleh wisatawan ini akan dengan mudah untuk Anda temui di pusat oleh-oleh khas kota Makassar.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Makassar yang Murah & Enak

12. Baruasa

Baruasa
Image Credit: Makassarbaklave.com

Untuk Anda yang sedang mencari oleh-oleh murah khas Makassar, maka Anda pun bisa mencoba untuk membeli Baruasa. Makanan satu ini terbuat dari campuran telur, tepung beras dan juga parutan kelapa kering. Menjadi salah satu kue tradisional khas Makassar, sehingga bagi Anda yang ingin mencarinya bisa dengan mudah untuk menemukan kue satu ini.

Anda hanya perlu berjalan di sudut sudut kota Makassar, maka Anda pun akan bisa langsung menemukan kue ini. untuk itu, karena memiliki harga yang terjangkau maka Anda pun bisa mulai mencari kue khas satu ini. Kue ini sangat pas disajikan untuk teman bersantai di kala sore hari. Dengan ditemani secangkir teh hangat maka hal ini akan bisa menambah suasana hangat di rumah anda.

13. Bannang Bannang

Bannang Bannang
Image Credit: Infobudaya.net

Bagi Anda yang bukan masyarakat asli kota Makassar, tentunya akan aneh dengan nama makanan satu ini. Bannang Bannang sendiri memiliki arti yakni benang benang, dimana jajanan ini memiliki bentuk yakni menyerupai benang kusut yang dilipat lipat. Dengan memiliki tekstur rasa yang manis, maka tentu saja jajanan satu ini akan digemari oleh para pelancong.

14. Kain Tenun dan Sarung Khas Bugis

Kain Tenun dan Sarung Khas Bugis
Image Credit: Sarungbhs.co.id

Selain itu, Anda pun juga bisa membeli kain tenun dan sarung khas Bugis yang menjadi oleh-oleh favorit. Untuk Anda yang bingung membawa buah tangan untuk orang tua di rumah, maka kedua bentuk oleh-oleh ini pun akan sangat pas. Hal ini dikarenakan banyak wisatawan yang berburu kain tenun untuk dijadikan buah tangan. Memiliki corak yang unik dan variatif, membuat para wisatawan bisa memilih sesuai dengan yang mereka inginkan.

15. Otak Otak Ikan Tenggiri

Otak Otak Ikan Tenggiri
Image Credit: Katalogwisata.com

Tak lengkap rasanya jika Anda tidak membawa pulang otak otak ikan tengiri ketika sedang berlibur ke Makassar. Anda pun bisa memesan otak otak yang lebih fresh sehingga akan mampu bertahan lebih lama dalam perjalanan. Anda bisa dengan mudah untuk mendapatkan makanan satu ini di sepanjang Pantai Losari. Tentunya, oleh-oleh satu ini pun akan disukai oleh keluarga Anda di rumah.

Deretan oleh-oleh tersebut dapat menjadi salah satu rekomendasi untuk anda. Sehingga, bagi Anda yang masih bingung untuk memilih buah tangan khas dari Makassar bisa mencoba untuk membawa pulang salah satunya. Dengan begitu, Anda pun nantinya akan bisa untuk membawakan oleh-oleh khas Makassar yang mungkin tidak akan bisa untuk Anda jumpai di tempat lain.