Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh suatu daerah adalah oleh oleh yang ada di dalamnya. Oleh-oleh tersebut dapat berupa makanan atau camilan khas dari daerah setempat. Dengan membeli buah tangan yang ada juga sekaligus dapat menyimpan memori saat berkunjung ke lokasi tersebut. Seperti misalnya oleh-oleh khas dari daerah Malang yang begitu terkenal. Mari simak apa saja oleh-oleh dari kota yang terkenal bersuhu dingin tersebut disini.

1. Buah Apel

Buah Apel
Image Credit: Anekatempatwisata.com

Buah apel adalah oleh-oleh andalan yang ada di kawasan Malang. Perkebunan buah apel sendiri dapat Anda temui saat berkunjung di sekitar daerah ini. Karena begitu terkenal, buah ini menjadi buah primadona yang banyak dicari oleh para wisatawan yang datang berkunjung. Jenis apel sendiri memang diketahui sangat beragam di pasaran, baik dari petani lokal maupun mancanegara.

Namun untuk apel khas dari Malang biasanya akan berupa apel ana dan manalagi. Kedua jenis apel tersebut juga memiliki tampilan yang berbeda antara satu dengan lainnya. Anda dapat membeli buah ini di berbagai tempat di kawasan Malang. Biasanya buah apel yang ada telah ditimbang per kilo untuk dapat dibeli oleh para wisatawan yang datang berkunjung ke daerah tersebut.

2. Sari Buah Apel

Sari Buah Apel
Image Credit: Jetgriyomapan.com

Masih berkaitan dengan apel, oleh-oleh selanjutnya yang begitu terkenal dari daerah ini adalah sari buah apel. Minuman yang menyegarkan ini biasanya dapat Anda beli di pusat oleh-oleh di kawasan tersebut. Selain dapat menyegarkan dahaga, sari buah ini juga memiliki citarasa yang lezat. Anda dapat merasakan perpaduan rasa yang manis dan juga asam dari minuman khas daerah Malang tersebut.

3. Pastry Buah

Pastry Buah
Image Credit: Kooliner.com

Jenis oleh-oleh selanjutnya yang dapat Anda beli saat berwisata ke Kota Malang adalah aneka olahan pastry. Pastry sendiri merupakan salah satu produk yang diadaptasi dari luar negeri. Dengan menggunakan bahan-bahan lokal, pastry yang ada juga cocok di lidah masyarakat Indonesia. Salah satu isian dari pastry tersebut adalah buah yang begitu terkenal dan telah dibahas sebelumnya, yaitu buah apel.

Biasanya buah apel yang ada telah diolah sedemikian rupa dengan tambahan bahan lain untuk digunakan sebagai isian pastry. Hal ini tentu juga memiliki maksud dan tujuan tersendiri di dalamnya. Seperti misalnya untuk membuat pastry menjadi lebih awet atau tahan lama. Dengan kulit pastry yang cenderung gurih akan berpadu dengan rasa asam dan manis dari buah buahan yang ada di dalamnya.

4. Keripik Buah

Keripik Buah
Image Credit: Myeatandtravelstory.wordpress.com

Jenis oleh-oleh lain yang begitu terkenal di kawasan ini adalah keripik buah. Buah yang dijadikan keripik juga sangat beragam, mulai dari buah rambutan hingga buah nangka. Juga terdapat buah lain yang digunakan untuk membuat keripik ini, misalnya adalah buah mangga, salak, nanas, apel, dan masih banyak lagi yang lainnya. Harga yang dibandrol untuk jenis keripik ini juga terbilang ramah di kantong.

Proses pembuatan keripik yang baik juga mampu menghasilkan keripik yang lebih tahan lama. Minyak yang dapat diserap dengan baik tentu membuat keripik tersebut tetap renyah. Bisanya juga terdapat penjual yang menawarkan keripik dagangannya dalam bentuk satu paket langsung. Di dalam paket yang ada terdapat beragam pilihan jenis keripik dari buah buahan ini untuk Anda bawa pulang.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Madiun yang Murah & Enak

5. Keripik Tempe

Keripik Tempe
Image Credit: Tokopedia.com (Apelicious apple chips)

Masih membahas seputar dunia keripik, buah tangan lain yang dinantikan dari Malang adalah keripik tempe. Tidak sulit untuk mencari penganan yang memiliki cirikhas gurih ini. Biasanya keripik tempe ini tersedia dengan beragam tambahan rasa. Mulai dari rasa original, keju, balado, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk memperolehnya, Anda juga dapat menemukan keripik ini di berbagai sudut Kota Malang.

Jika ingin melihat tempat produksi dari keripik tempe ini, Anda dapat berkunjung ke kawasan Sanan, Blimbing, Kota Malang. Di kawasan tersebut terdapat banyak jenis produsen keripik tempe yang bisa Anda pilih. Sanan sendiri juga dikenal sebagai sentra penghasil keripik tempe ini. Harga yang ditawarkan untuk oleh-oleh yang satu ini juga terbilang ramah di kantong jika dibandingkan dengan oleh-oleh yang lainnya.

6. Keripik Ceker

Keripik Ceker
Image Credit: Shopee.co.id (emaknyus)

Tidak hanya buah buahan dan tempe saja, masih terdapat bahan makanan lain yang dapat diolah menjadi keripik sebagai oleh-oleh khas dari kota ini. Bahan makanan yang dimaksud ialah ceker ayam. Dengan diolah sedemikian rupa, keripik ceker ini menjadi salah satu buah tangan favorit dari kota dengan banyak kampus di dalamnya ini. Anda juga bisa membeli keripik ini dalam jumlah banyak sekaligus di pusat oleh-oleh di daerah Malang.

7. Olahan Telo

Olahan Telo
Image Credit: Loveusaha.com

Oleh-oleh andalan dari kota nan yang memiliki banyak destinasi wisata ini adalah beragam olahan telo. Anda dapat menumui aneka produk tersebut di perbatasan Pasuruan dengan Malang. Di tempat yang ada tersedai banyak jenis oleh-oleh yang bisa Anda pilih. Telo sendiri biasa dikenal dengan istilah ubi. Jenis dari telo juga beragam, mulai dari telo yang berwarna ungu hingga telo yang memiliki warna seperti jingga.

Bahan utama yang digunakan di tempat tersebut adalah telo ungu. Dengan warna ungu yang dimilikinya membuat produk yang ada terlihat semakin cantik dan sedap dipandang mata. Dengan kemasannya yang menarik dan cantik, buah tangan yang ada juga memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang. Bahkan di lokasi yang ada, Anda dapat menemukan nugget dan pizza yang terbuat dari umbi tersebut.

8. Pia Mangkok

Pia Mangkok
Image Credit: Idntimes.com

Pia mangkok juga merupakan oleh-oleh yang populer di Kota Malang. Untuk mendapatkannya juga terbilang cukup mudah dilakukan. Kudapan ini sendiri dapat tahan selama 2 minggu terhitung dari waktu produksi yang dilakukan. Isi dari pia mangkok ini juga memiliki citarasa yang beragam, mulai dari keju, durian, kacang hijau, dan juga cokelat. Anda bisa membeli pia mangkok ini sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

9. Frozen Bakso

Frozen Bakso
Image Credit: Klikhotel.com

Makanan yang tidak kalah terkenal di Kota Malang adalah bakso. Ketenaran bakso Malang pun juga dapat dilihat di daerah lainnya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya warung makan yang mengangkat menu berupa bakso Malang. Suasana sejuk Kota Malang sendiri memang menjadikan sajian berkuah ini semakin lezat untuk dinikmati. Dengan menambahkan saus sambal ke salamnya juga akan memberikan citarasa yang berbeda.

Seiring berjalannya waktu, proses pengolahan produk makanan in i juga semakin berkembang. Tidak hanya dapat dinikmati secara langsung di tempat makan saja, bakso tersebut juga dijual dalam keadaan beku. Bakso yang telah dibekukan ini juga memiliki waktu simpan yang lebih lama daripada sebelumnya. Dengan bakso yang ada diharapkan mampu membantu Anda mengatasi kerinduan akan sajian khas dari kota yang menawan ini.

BACA:  25 Tempat Wisata di Pasuruan Terbaru & Paling Hits

10. Madu Klanceng

Madu Klanceng
Image Credit: Griyaherbalmubarak.blogspot.com

Madu adalah salah satu bahan makanan yang diketahui memiliki beragam khasiat untuk tubuh. Produk ini sendiri juga merupakan oleh-oleh khas dari kota ini. Biasanya untuk satu botol madu, akan dibandrol dengan kisaran harga 130 sampai dengan 150 ribu rupiah. Dengan angka tersebut, Anda akan memperoleh banyak manfaat dari madu yang ditawarkan di dalamnya.

11. Ledre Pisang Bangka

Ledre Pisang Bangka
Image Credit: Klikhotel.com

Selain apel, buah lain yang diolah sedemikian rupa untuk oleh-oleh khas Malang adalah pisang. Meskipun bernama ledre pisang bangka, namun sajian ini bukanlah berasal dari daerah Bangka. Nama tersebut diperoleh dari nama jalan kecil yang ada di Kota Malang. Dengan citarasanya yang lezat mkenjadikan camilan dari buah pisang ini sangat sesuai untuk buah tangan bagi teman maupun keluarga di rumah.

Harga yang dibandrol untuk salah satu oleh-oleh yang populer ini juga terbilang masih aman untuk kantong. Anda dapat membeli 1 kotak produk ledre pisang bangka dengan kisaran harga 42 ribu rupiah. Buah pisang yang digunakan sendiri juga berasal dari buah dengan kualitas yang terbaik. Dengan hal tersebut juga membuat kudapan ini memiliki rasa yang lezat di lidah.

12. Keripik Kentang Macan

Image Credit: Icipicipiniitu.wordpress.com

Keripik kentang sendiri merupakan camilan yang banyak ditemui di daerah lainnya. Jajanan berupa keripik yang satu ini juga masuk ke dalam daftar oleh-oleh populer di Malang. Keripik kentang macan adalah jenis keripik yang sangat direkomendasikan bagi Anda. Namun bahan pembuatan dari keripik ini adalah umbi yang bernama gadung. Di beberapa daerah lain keripik ini lebih dikenal dengan istilah opak gadung atau keripik gadung.

13. Bakpao Sayang

Bakpao Sayang
Image Credit: Tribunnews.com

Bakpao adalah salah satu sajian yang banyak ditemui di daerah lain. Namun bakpao sayang adalah salah satu jenis camilan yang masuk ke jajaran oleh-oleh khas kawasan yang terkenal bersuhu dingin ini. Keistimewaan dari bakpao ini adalah dari bagian kulitnya. Anda akan merasakan kulit bakpao yang tidak beremah dan lembut saat sedang menikmatinya. Jika dilihat dari segi warna, maka kulit bakpao sayang akan cenderung lebih kuning.

Kulit bakpao yang memiliki kecenderungan berwarna kekuningan ini sekaligus menandakan bahan bahan yang digunakan di dalamnya. Di dalam adonan pembuatannya tidak disertakan bahan pemutih untuk memoles tampilan yang ada. Bahan isian dari oleh-oleh yang lezat ini juga terbilang beragam. Anda dapat memilih isian berupa keju, cokelat, kacang tanah, dan juga berbagai jenis selai dari buah.

14. Makobu Cake

Makobu Cake
Image Credit: Dolandolen.com

Makobu cake adalah jenis olahan lain yang dapat Anda pilih untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Varian rasa yang dimiliki oleh kudapan ini sendiri juga sangat beragam. Anda dapat mencoba menikmati varian cake berupa castella cheese, castella apple, dan masih banyak lagi yang lainnnya. Harga yang dibandrol untuk cake jenis ini adalah di kisaran harga 60 sampai dengan 70 ribu rupiah.

15. Jenang Apel

Jenang Apel
Image Credit: Shopee.co.id (Apelicious)

Kembali lagi ke buah apel, buah ini merupakan buah yang dapat diolah menjadi beragam jenis kudapan yang lainnya. Mulai dari keripik, pastry, hingga sari buah. Dengan kreativitas orang orang yang mengolahnya, buah dengan warna yang cantik ini memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Juga terdapat olahan lain yang bisa dibuat dari buah yang satu ini, olahan yang dimaksud disini adalah jenang yang terbuat dari apel.

Jika biasanya jenang dibuat dari bahan ketan, gula, dan santan kelapa, maka lain halnya dengan jenang yang satu ini. Dengan kandungan daging buah apel di dalamnya, membuat jenang apel memiliki citarasa yang khas dan menggugah selera. Anda dapat membeli jenang khas dari Malang ini dalam bentuk kotak kecil kecil. Harga yang ditawarkan untuk sajian yang memiliki rasa lezat ini juga relatif tidak terlalu mahal.

BACA:  20 Oleh-Oleh Khas Surabaya yang Paling Populer

16. Carang Mas

Carang Mas
Image Credit: Makananoleholeh.com

Indonesia memang terkenal akan keberagamana sajian yang dimilikinya. Jenis camilan yang ada di tanah air pun sekaan tidak ada habisnya. Seperti misalnya camilan yang manis bernama carang mas ini. Jika diibaratkan carang mas ini cenderung mirip dengan kue kering karena bentuk dan rasa yang dimilikinya. Kue kering tradisional tersebut terbuat dari bahan yang cukup sederhana.

Hanya diperlukan bahan berupa gula jawa dan juga ubi jalar untuk membuat oleh-oleh khas dari kota ini. Dengan proses pengolahan yang dilakukan membuat camilan tersebut juga memiliki tampilan yang cantik. Ukurannya yang tidak terlalu besar juga memudahkan Anda untuk menikmatinya. Biasanya saat dijual, carang mas akan dikemas dengan menggunakan mika plastik dengan ukuran sedang.

17. Coklat Tempe

Cokelat Tempe
Image Credit: Omiyago.com

Inovasi adalah salah satu kata kunci yang diperlukan dalam dunia usaha. Seperti misalnya erat kaitannya dengan bidang usaha kuliner yang menjual olahan coklat ini. Jika pada umumnya permen cokelat akan dipadukan dengan rasa keju, kacang, dan selai, maka lain halnya dengan oleh-oleh yang satu ini. Cokelat yang ada akan diolah sedemikian rupa bersama dengan tempe.

Tempe sendiri merupakan bahan makanan yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Anda dapat menemui tempe hampir di semua jenis sajian makanan khas nusantara. Tentu saja dengan perpaduan rasa cokelat dan tempe akan menghasilkan citarasa yang unik. Tidak hanya itu, juga tersedia banyak pilihan rasa yang bisa Anda gunakan. Mulai dari cokelat apel hingga cokelat dengan rasa pedas.

18. Onde-Onde Depot HTS

Onde-Onde Depot HTS
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Onde-onde adalah salah satu kue yang tergolong tradisional. Dengan baluran wijen yang ada membuta jenis camilan ini memiliki citarasa yang gurih. Di Malang sendiri juga terdapat jenis onde-onde yang sangat terkenal. Onde-onde depot HTS ini telah banyak dikenal oleh para pengunjung yang datang. HTS sendiri merupakan kependekan dari Han Tjwan Sing. Varian isi yang dapat Anda pilih adalah kelapa, kacang hijau, dan kacang merah.

19. Keramik dan Souvenir Khas Malang

Keramik dan Souvenir Khas Malang
Image Credit: Ongistravel.com

Tidak hanya makanan saja, masih terdapat pilihan oleh-oleh lain yang dapat Anda pilih. Oleh-oleh yang dimaksud adalah keramik dan aneka souvenir dari kota ini. Produk keramik tersebut juga memiliki beragam bentuk yang berbeda, mulai dari vas bunga hingga piring cantik. Dengan membeli oleh-oleh berupa keramik tentu akan membuat buah tangan yang ada menjadi lebih awet dan tahan lama.

Beragam souvenir lain pun dapat Anda peroleh di berbagai kawasan tempat wisata di daerah Malang. Bentuk dari souvenir yang ditawarkan pun juga beragam. Seperti misalnya souvenir berupa gantungan kunci, tas, sandal, kaos, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika memungkinkan, Anda juga bisa melakukan tawar menawar saat membeli souvenir khas dari daerah ini.

Tidak hanya beragam tempat wisata saja, di daerah Malang juga terdapat banyak jenis oleh-oleh khas yang bisa Anda bawa pulang. Mulai dari oleh-oleh berupa bahan makanan hingga benda unik yang terbuat dari keramik. Dengan harga yang relatif ramah di kantong, Anda dapat membawa pulang buah tangan tersebut. Orang-orang terdekat pun akan ikut merasakan sajian khas dari kota nan indah ini.