Jika ingin berwisata ke luar negeri, biasanya Malaysia menjadi pilihan banyak wisatawan Indonesia karena jaraknya yang lumayan dekat. Selain itu, akses ke Malaysia juga mudah untuk di capai. Ketika sampai disana, tentu Anda tidak boleh lupa untuk membawa oleh-oleh bagi keluarga di rumah. Menariknya, Malaysia memiliki variasi yang beraneka rupa.

Jika enggan membawa makanan khas Malaysia, Anda bisa membawa pernak-pernik lain untuk di bawa pulang. Tentunya membeli buah tangan berupa aksesoris atau hiasan kecil bisa lebih tahan lama dibandingkan dengan membeli makanan khas. Anda juga tidak akan sungkan memberikannya kepada teman maupun kolega kerja selepas liburan dari sana selesai.

Ketika berkunjung ke Malaysia, setidaknya Anda harus membeli beberapa rekomendasi oleh-oleh khas ini sebagai buah tangan. Oleh-oleh tersebut bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai pusat perbelanjaan dengan harga yang cukup terjangkau.

1. Miniatur Menara Petronas

Miniatur Menara Petronas
Image Credit: Tempatwisataunik.com

Mengunjungi Malaysia rasanya tidak lengkap tanpa mengunjungi ikon negara Malaysia tersebut. sebagai landmark ternyata menara ini pernah menjadi bangunan paling tinggi di dunia, ketika tahun 1998 sampai dengan tahun 2004.

Anda bisa membeli miniatur ini di berbagai pusat gerai oleh-oleh di Malaysia dengan harga yang relatif terjangkau, yakni sekitar 30 ribu sampai 80 ribu rupiah. Ukuran juga bisa mempengaruhi harga miniatur menara ini. Semakin detail dan besar miniatur Menara Petronas yang Anda beli, maka semakin tinggi harganya.

2. Labu Sayong

Labu Sayong
Image Credit: Leisuretoursmalaysia.blogspot.com

Anda bisa membawa pulang tembikar sebagai oleh-oleh khas dari Malaysia. Seperti namanya, labu sayong merupakan tembikar buatan masyarakat setempat yang berbentuk seperti buah labu. Fungsi labu sayong sebenarnya sendiri, ia menjadi tempat penyimpanan air yang biasanya Anda temukan di puncak air mancur.

Agar lebih cantik, banyak pengrajin labu sayong yang menghiasnya sedemikian rupa sehingga memiliki nilai estetika yang tinggi. Terdapat daerah khusus di Malaysia yang menjadi tempat pembuatan dan distribusi labu sayong, yakni Kampung Kuala Dal. Harga labu sayong bervarisi, tergantung ukuran dan kesulitan hiasan pembuatannya.

3. Susu Milo

Susu Milo
Image Credit: Milo.co.id

Mungkin Anda berpikir untuk apa jauh-jauh ke Malaysia jika hanya membeli oleh-oleh susu Milo. Namun jangan salah, Milo yang ada di Indonesia ternyata berbeda dengan Milo yang berasal dari Malaysia. Ternyata susu Milo menjadi minuman lokal yang disukai oleh banyak anak muda dan bisa ditemui dengan mudah dimana saja.

BACA:  20 Tempat Wisata Menarik di Malaysia yang Paling Hits

Banyak yang mengatakan Milo Malaysia memiliki rasa yang lebih pekat, dengan cita rasa khas coklat yang lebih terasa. Milo yang paling sering di jadikan oleh-oleh adalah Milo dengan tiga rasa, yakni 3 in 1 dengan isi gula, Milo, dan creamer di satu wadahnya. Untuk mengkonsumsi Milo ini hanya perlu diseduh dengan air panas atau dingin.

4. Cokelat Durian

Cokelat Durian
Image Credit: Indonesian.alibaba.com

Kombinasi antara coklat dan durian ternyata disukai oleh masyarakat lokal maupun wisatawan asing. Ini terlihat dengan banyaknya brand cokelat durian yang bisa Anda temukan dengan mudah dimana saja. Cokelat durian memiliki perpaduan rasa yang pas, yang membuatnya menjadi oleh-oleh wajib ketika mengunjungi Malaysia.

Anda bisa membelinya di berbagai kedai atau toko pusat oleh-oleh di Malaysia, dengan harga per satu kotaknya sekitar 150 ribu rupiah. Cokelat durian yang enak biasanya di beli di sekitar Sungai Wang atau Pasar Seni Wang.

5. Kerongsang

Kerongsang
Image Credit: Travelvui.com

Kerongsang merupakan peniti khas Malaysia yang digunakan di pakaian perempuan. Di Malaysia, Anda bisa menjadikan kerongsang sebagai oleh-oleh karena variasi dari jenisnya yang beragam. Jika Anda ingin membeli kerongsang berbahan tradisional, tersedia kerongsang yang terbuat dari emas, perak, hingga logam kuningan.

Namun saat ini sudah ditemui banyak kerongsang modern yang menggunakan bahan artifisial untuk membuatnya, seperti kaca, kristal, maupun plastik. Kerongsang biasanya digunakan sebagai bros di jilbab atau kebaya.

6. Milo Cube

Milo Cube
Image Credit: Mahamahu.com

Seri produk Milo ternyata cukup beragam di Malaysia, salah satunya adalah Milo cube. Karena Malaysia cukup terkenal dengan rasa Milo buatannya yang berbeda dengan negara lain, khususnya Indonesia, Anda bisa membeli beberapa variannya yang tidak Anda temukan di tempat lain.

Salah satunya adalah Milo Cube berbentuk kotak dengan isian susu yang lebih padat. Anda bisa langsung memakan Milo ini tanpa perlu menyeduhnya terlebih dahulu. Cocok sebagai makanan ringan, oleh-oleh ini bisa Anda dapatkan dengan harga yang cukup terjangkau. Per satu boksnya berisi 100 buah kotak dan bisa menjadi buah tangan yang ekonomis.

7. Ipoh White Coffee

Ipoh White Coffee
Image Credit: Facebook.com @Ipoh White Coffee Malaysia

Seperti Milo, sebenarnya Ipoh White Coffee juga bisa ditemukan di Indonesia, namun sensasi rasanya tentu berbeda jauh. Ipoh sendiri merupakan wilayah yang menghasilkan biji kopi berjenis white coffee yang terkenal di Malaysia. Oleh karena itu, tidak salah bila produk Ipoh disini dibuat dengan lebih segar karena bahannya bisa di dapatkan secara langsung.

Varian Ipoh yang bisa Anda coba selain white coffee adalah Chek Hup. Ia merupakan varian kopi dengan rasa yang lebih variatif, seperti rasa original, king, klasik, ataupun sugarless. Anda bisa mendapatkan produk ini di berbagai pusat perbelanjaan di Malaysia.

BACA:  10 Pulau Menarik di Malaysia yang Paling Hits

8. Batik Malaysia

Batik Malaysia
Image Credit: Eromman.com

Seperti Indonesia, Malaysia juga memiliki batik khas yang bisa di bawa untuk oleh-oleh. Berbeda dengan batik tulis Indonesia yang menggunakan canting, batik tulis khas Malaysia menggunakan kuas sebagai media gambarnya. Warna yang di miliki oleh batik khas wilayah ini juga lebih gelap dibandingkan dengan batik Indonesia yang berwarna warni.

Namun, corak yang di miliki juga tidak kalah menariknya dengan batik Indonesia. Sulur dan bunga menjadi corak yang paling banyak di temukan. Anda bisa membeli batik ini di pusat atau sentra batik di pasar seni. Di Malaysia, batik di buat dari bahan yang halus, misalnya sutera untuk membuat pemakainya merasa nyaman.

9. Cokelat Malaysia

Cokelat Malaysia
Image Credit: Makananoleholeh.com

Malaysia ternyata memiliki daerah dengan produksi cokelat yang melimpah, membuat beberapa oleh-oleh dari Malaysia menggunakannya sebagai bahan utama. Selain cokelat durian, cokelat khas Malaysia merupakan oleh-oleh wajib yang bisa Anda beli ketika bertandang ke negeri Jiran ini.

Cokelat di Malaysia memiliki varian yang cukup beragam, selain rasa buah, terdapat juga varian lain yang tidak kalah populernya. Anda bisa mendapatkan cokelat Malaysia di berbagai gerai pusat perbelanjaan di berbagai tempat. Harga cokelat Malaysia cukup bervariasi, tergantung jenis, rasa, dan ukuran cokelat.

10. Wau

Wau
Image Credit: Encyclocraftsapr.com

Anda tentu tidak asing dengan wau, ia merupakan layangan besar khas Malaysia yang diberi corak yang menarik. Jika layangan biasa terbuat dari plastik tipis, maka Wau menggunakan kain yang dilukisi dengan corak khusus, tergantung kreatifitas dari pembuatnya. Bentuknya yang unik membuat wau banyak di cari sebagai oleh-oleh.

Seperti beragam bentuk kreasi tangan yang lain, pasar seni di Malaysia merupakan tempat yang menarik untuk di kunjungi guna membeli oleh-oleh. Wau juga bisa Anda dapatkan disana dengan harga yang terjangkau, sekitar 100 ribu rupiah untuk satu buahnya.

11. Pua Kumbu

Pua Kumbu
Image Credit: Thetextileatlas.com

Serawak, salah satu daerah yang banyak di kunjungi oleh wisatawan ini ternyata memiliki kain khas yang bisa Anda jadikan oleh-oleh. Namanya adalah pua kumbu dengan bentuk motif yang cantik dan beragam. Biasanya pua kumbu digunakan sebagai hiasan dinding, taplak meja, maupun tambahan aksesoris baju.

Pua kumbu di buat dengan cara ditenun, membuatnya menjadi oleh-oleh yang cukup mahal. Namun, keindahannya memikat banyak orang dan membuat mereka rela membelinya walaupun dengan harga yang tinggi. Sekarang pua kumbu sudah bisa dibuat dengan mesin, tentunya dengan harga yang lebih terjangkau.

BACA:  15 Makanan Khas Malaysia yang Lezat & Wajib Anda Coba

12. Boh Tea

Boh Tea
Image Credit: Travelvui.com

Anda yang suka minum teh tidak boleh melewatkan diri untuk mencicipi dan membeli boh tea, teh khas dari Malaysia. Perkebunan teh ini berasal dari Pahang dan di proses langsung dengan teknologi terkini. Membuatnya memiliki rasa yang khas dan enak, berbeda dengan teh biasa yang sering Anda temui.

Berbagai varian rasa di kembangkan untuk menarik minat pembeli, dan yang paling terkenal adalah rasa matcha dan green tea latte. Harga teh ini juga bervariasi, tergantung dari jenis rasa yang Anda beli.

13. Dodol

Dodol Malaysia
Image Credit: Themalaysiantimes.com.my

Malaysia memiliki dodol khas dengan rasa yang unik, baik dari pembuatan dan bahan yang berbeda dengan dodol yang sering di temui di Malaysia. Salah satu brand dodol yang banyak dicari adalah tan kim hock.

Dodol tersebut selain murah juga bisa di dapatkan dengan mudah di berbagai pusat perbelanjaan buah tangan. Untuk satu kotaknya, Anda hanya perlu mengeluarkan dana sebesar 30 ribu rupiah. Rasanya yang manis dan legit membuat banyak orang memilih dodol sebagai buah tangan.

14. Piring Hias

Piring Hias
Image Credit: Studioantik.blogspot.com

Selain miniatur Menar Petronas, Anda bisa membeli piring hias bergambar serupa. Piring hias memiliki bentuk yang unik dan cocok diletakkan di sudut rumah, penghias meja kantor, dan masih banyak lagi. Bahan dasar piring hias biasanya berupa zinc alloy, dimana ia mudah dibentuk namun tidak mudah pecah.

Selain di pajang, ternyata piring hias juga bisa digunakan sebagai tempat abu rokok. Per satu buah piringnya harga yang di tawarkan sebesar 100 ribu rupiah, bisa kurang atau lebih tergantung dari kesulitan ukiran dan jenis bahannya. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membelinya baik secara satuan atau borongan di pasar seni.

15. Coklat Beryl’s

Coklat Beryl's
Image Credit: Janediaries.com

Oleh-oleh terakhir adalah Coklat Beryl’s yang menjadi produk olahan cokelat favorit di Malaysia selain Milo. Pabrik yang membuat cokelat ini merupakan pabrik coklat tertua di Malaysia, sehingga rasanya unik dan tidak bisa dibandingkan dengan yang di ada di tempat lain. Cokelat ini bisa Anda temukan di supermarket, gerai buah tangan, hingga bandara.

Varian coklat ini juga beragam, misalnya dark choco, white choco, cokelat dengan campuran rasa buah, dan cokelat tiramisu. Harga cokelat ini juga bervariasi tergantung ukuran dan varian coklat. Per kotaknya bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar 25 sampai 80 ringgit Malaysia.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Malaysia yang bisa Anda jadikan sebagai buah tangan. Terdapat banyak pusat perbelanjaan oleh-oleh di Malaysia, misalnya di Pasar Seni, Kasturi street-walk, Petaling street, dan masih banyak lagi.