Berlibur ke Medan tak lengkap jika tidak membawa pulang oleh-oleh khas untuk keluarga dan orang terdekat. Ada beragam buah tangan mulai dari makanan basah, minuman, manisan hingga kain batik khas dari Medan.

Medan adalah salah satu kota yang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Banyak sekali pelancong yang datang berkunjung ke Kota Medan baik dari lokal ataupun mancanegara. Saat Anda berkunjung ke Kota Medan untuk berwisata, rasanya tak lengkap jika tidak membeli oleh-oleh dari kota tersebut. Karena Medan adalah kota yang memiliki banyak sekali oleh-oleh khas yang sayang untuk dilewatkan. Yuk simak apa saja buah tangan tersebut.

1. Pancake Durian Medan

Pancake Durian Medan
Image Credit: Maidanii-pancake-durian.business.site

Durian adalah buah yang bisa diolah menjadi makanan dan minuman yang mampu mengenyangkan lidah. Salah satu makanan yang terbuat dari Durian adalah oleh-oleh khas Medan yang bernama Pancake Durian. Oleh-oleh ini terbuat dari tepung yang dibentuk menjadi kulit dan diisi dengan daging durian. Begitu Anda menggigit pancake ini maka rasa khas dari Durian akan sangat terasa.

2. Bika Ambon

Bika Ambon
Image Credit: Pegipegi.com

Bika Ambon adalah salah satu makanan wajib yang harus Anda jadikan oleh-oleh jika berkunjung ke Kota Medan. Rasanya yang enak membuat bika ini sangat diburu oleh para wisatawan yang datang berkunjung ke kota tersebut. BIka khas dari Medan ini memiliki tekstur yang beserat dengan rasa yang legit. Biasanya bika ambon terbuat dari tepung tapioca, gula, santan dan air lira.

Banyak sekali yang mengira jika Bika Ambon adalah oleh-oleh dari Ambon, namun ternyata bika ini asli terbuat dari Kota Medan. Bika ini memiliki beragam varian rasa eperti original, pandan keju. Oleh-oleh akan bertahan hingga empat hari, sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika membelinya. Anda bisa membeli Bika Ambon di Jalan Jalan Mojopahit di Kota Medan.

3. Durian Ucok

Durian Ucok
Image Credit: Steemit.com @Dinarsavira

Medan memang kota yang terkenal karena rasa durianya yang berbeda dan memiliki cita rasa yang unik dibanding buah durian lainnya. Jika Anda berkunjung ke kota Medan maka Anda bisa merasakan Buah Durian Ucok yang memiliki rasa yang legit dan mudah ditemukan di kota tersebut. Jangan khawatir jika Anda tidak bisa merasakan kelezatan dari durian satu ini, karena toko yang menyediakan tidak akan kehabisan stok durian tersebut.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Medan yang Murah & Enak

4. Bolu Meranti Medan

Bolu Meranti Medan
Image Credit: Tokopedia.com (vio valentine shop)

Kue Meranti adalah kue khas dari Medan yang memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang legit. Anda bisa mencobanya dengan berbagai varian rasa seperti keju, strawberry, mocca, nanas, kacang dan blueberry. Jajanan khas Medan ini menjadi oleh-oleh wajib yang harus Anda bawa pulang. Kue bolu ini bisa bertahan kurang lebih selama tiga hari, namun jika Anda menyimpan di dalam kulkas maka bolus bisa bertahan hingga 7 hari lamannya.

5. Kain Ulos

Kain Ulos
Image Credit: Simarmata.or.id

Jika Anda termasuk pecinta batik, maka kain ulos asal dari Kota Medan ini tentu akan sangat sayang untuk dilewatkan. Batik ulos adalah salah satu batik yang sangat populer di Kota Medan, Masyarakat biasanya akan menggunakannya di berbagai ritual pernikahan, kelahiran hingga acara kematian. Kain ulos memiliki warna dominan merah, hitam dan putih yang dikombinasikan dengan tenunan benang emas dan perak sehingga membuatnya tampak elegan.

6. Kopi Sidikalang Medan

Kopi Sidikalang Medan
Image Credit: Airpaz.com

Kopi Sidikalang adalah kopi asli khas Medan yang berasal dari Pegununangan Sidikalang. Kopi ini hanya ditanam di daerah Sidikalang dengan ketinggian mencapai 1477 meter diatas permukaan laut. Kopi ini juga dikenal sebagai rasanya kiopi karena memiliki kafein yang cukup tinggi. Bahkan kandungan kafein did alamnya menandigni kopi Brazil yang sangat populer. Kopi Sidikalang ini sangat cocok untuk Anda para pecinta kopi.

7. Teri Medan

Teri Medan
Image Credit: Cookpad.com

Tidak hanya oleh-oleh basah saja yang bisa Anda bawa pulang, namun Medan juga menyediakan oleh-oleh khas Teri Medan yang memiliki rasa gurih dan manis. Teri Medan bisa dihidangkan sebagai pendamping makanan atau bisa langsung dimakan saja. Harganya pun cukup terjangkau yaitu sekitar Rp. 70.000.- per kilogramnya. Rasanya yang manis dan gurih ini karena adanya campuran sambal kacang.

8. Sirup Buah Markisa

Sirup Buah Markisa
Image Credit: Alibaba.com (Silaban Store)

Jika Anda ingin membeli oleh-oleh khas Medan yang awet dan tahan lama, maka sirup markisa bisa menjadi jawabannya. Sirup Markisa adalah minuman yang diolah dari buah markisan asli yang cocok untuk menjadi teman saat musim panas tiba. Sirup ini juga mengandung banyak sekali antioksidan di dalamnya. Sehingga Anda bisa menjadikan sirup ini utntuk oleh-oleh keluarga di rumah.

9. Manisan Jambu

Manisan Jambu
Image Credit: Deliserdangmall.com

Manisan Jambu adalah salah satu oleh-oleh khas Medan yang wajib Anda beli. Pasalnya manisan ini memiliki rasa yang manis dan sangat segar saat gigitan pertama. Di daerah Medan jambu yang digunakan adalah jenis Bangkok sehingga memiliki ukuran yang besar. Sehingga Anda tidak akan kecewa begitu mencobanya. Selain lezat, manisan jambu ini juga memiliki banyak khasiat yang bagus untuk tubuh.

10. Tempe Medan

Tempe Medan
Image Credit: Setiadisejati.blogspot.com

Selain makanan manis, ana juga bisa membeli olahan kacang khas dari Medan satu ini. Tempe Medan memiliki rasa yang berbeda dibandingkan dengan tempe tempe pada umumnya. Tempe ini terbuat dari kedelai pilihan dan super yang berasal dari Kota tersebut. Sehingga tempe ini terlihat lebih gemuk serta menghasilkan rasa gurih dan renyah ketika dimasak. Bahkan tempe medan adalah salah satu makanan favorit dari mantan presiden tanah air yaitu SBY.

BACA:  33 Tempat Wisata di Medan Terbaru & Paling Hits

11. Medan Napoleon

Medan Napoleon
Image Credit: Airyrooms.com

Oleh-oleh khas Medan yang sangat populer selanjutnya adalah Bolu Napoleon. Bolu ini memiliki cita rasa yang khas dan roti yang sangat lembut saat digigit. Anda bisa mendapatkan beberapa varian rasa dari kue ini seperti vanilla, caramel, keju, cokelat greantea dan rasa lainnya. Harganya oun sangat terjangkau dana man di dompet anda. Roti ini merupakan roti yang diproduksi oleh artis Irwanysah.

12. Kacang Sihobuk

Kacang Sihobuk
Image Credit: Omiyago.com

Kacang Sihobuk adalah salah satu kacang yang memiliki rasa yang renyah dan membuat siap asaja ketaguhanan untuk mengkonsumsinya. Teksturnya yang renyah dan sangat enteng dibawa menjadi pilihan bagi para pelancong yang berkunjung ke Kota Medan ini,. Kcang ini merupakan kacang pilihan yang terbaik dan membuat siapa saja tidak akan kecewa begitu mencobanya. Anda bisa mendapatkan kacang ini di daerah Sihobuk, Tarutung, Tapaluni Utara Kota Medan.

13. Risol Spesial Gogo

Risol Spesial Gogo
Image Credit: Bukalapak.com

Risol adalah salah satu makanan yang paling digemari oleh semua orang. Jika Anda juga menggemari risol, maka Anda bisa mencoba risol spesial Gogo yang merupakan jajanan khas Medan. Risole ini berbeda dengan risol lain karena memiliki kulit yang lebih halus. Kulit risol ini terbuat dari campuran krim dan susu sehingga memberikan sensasi yang berbeda begitu pertama kali menggigitnya.

14. Lemang

Lemang
Image Credit: Idntimes.com

Lemang adalah salah satu oleh-oleh yang paling banyak diserbu oleh pelancong dari luar Medan. Lemang Medan ini terbuat dari santan, ketan putih, garam serta dibungkus dengan pohon pisang. Rasanya pun tidak perlu diragukan lagi, karena memiliki cita rasa yang gurih dan lezat. Anda bisa menikmatinya langsung di tempat pembuatan lemang tersebut. Lemang ini biasanya dijual di daerah Jalan Falmboyan dengn harga yang terjangkau.

15. Pia Tamiang

Pia Tamiang
Image Credit: Klikhotel.com

Medan juga memiliki oleh-oleh kue kering yang bernama Pia Tamiang. Pembuatanya pun sama dengan pia pada umumnya dan terbuat dari beberapa campuran tepung, minyak dan air. Biasanya pia ini akan ditambakan dengan berbagai varian isian yang bisa dipilih oleh pembelinya. Proses pembuatan pia ini sangat sederhana yaitu hanya dengan mencetak bulat seperti telur ayam.

16. Lapis Legit Medan

Lapis Legit Medan
Image Credit: Pinterest.com @Lulukwilliams

Jika Anda berkunjung ke Kota Medan, Anda bisa membeli oleh-oleh kue legit khas Medan. Sama seperti nama produknya, roti ini memang memiliki rasa yang legit begitu Anda menggigitnya. Mulanya lapis legit adalah salah satu jenis kue tradisional yang mendapatkan pengaruh dari Belanda. Rasanya yang manis dan legit membuat siapa saja menyukainya. Anda bisa membeli lapis legit khas Medan ini di beberapa toko oleh-oleh terdekat.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Medan yang Murah & Enak

17. Ikan Sale Medan

Ikan Sale Medan
Image Credit: Tempo.co

Tak lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Medan namun belum mencoba lele panggang khas yang ada di kota tersebut. Cara pengolahanya pun sangat sederhana yaitu dengan mengasapi dan menjemur ikan lele sale tersebut. Meskipun oleh-oleh khas dari Kota Medan ini belum populer seperti jajanan lainnya, namun Anda bisa mencobanya di Jalan MT Haryono dengan harga yang cukup murah dan ramah di kantong.

18. Roti GAnda Medan

Roti GAnda Medan
Image Credit: Detik.com

Rotu gandum Medan adalah roti khas yang memiliki rasa lembut dan ukuran roti yang tebal. Roti ini dikenal sebagai roti legendaris di Medan karena memiliki rasa yang berbeda dan mengenyangkan. Cara meraciknya pun cukup mudah ayiotu dengan membelah roti menjadi dua bagian dan diolesi mentega serta susu. Roti ini menjadi jajanan populer khas Medan yang selalu dijadikan oleh-oleh bagi para pelancong.

19. Batik Medan

Image Credit: Facebook.com @Batik Medan

Tidak hanya kain ulos, Medan juga memiliki batik khas lai yang memiliki motif yang unik. Batik ini memiliki motif yang sangat unik dan sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Meski awalnya batik bukanlah budaya khas dari Suku Batak, namun pada perkembangannya Batik Medan justru tak kalah diminati dari Batik Jawa yang sudah populer hingga mancanegara.

Motif dalam ati Medan ini umumnya sesuai dengan daerah Suku Batak yang merupakan suku asli daerah tersebut. Adapun beberapa motifnya hampir sama dengan corak dari kain Ulos Batak, motif Hari Hara Sundung dan motif Pani Patunda dari Simulungan. Berbeda dengan motif dari batik jawa yang cenderung lebih menampilkan alam, batik medan cenderung memiliki motif sama dengan kain ulos Batak.

20. Kaos Medan

Kaos Medan
Image Credit: N7n4.wordpress.com

Jika Anda ingin tampil kekinian saat berkunjung ke Medan, maka Anda bisa mencoba menggunakan kaos Medan yang memiliki brand tersendiri. Kaos Medan memiliki banyak pilihan motif kekinian sehingga membuat para pemakainya tampil sangat gagah. Kaos Medan memiliki berbagai bentuk, dari lengan panjang hingga lengan pendek yang dilengkapi dengan kata kata yang keren. Kaos yang memiliki brand tersendiri ini dibandrol dengan harga sekitar Rp. 70.000.-per pieces.

Itulah beberapa oleh-oleh khas dari Medan yang bisa Anda jadikan buah tangan untuk orang dirumah. Anda bisa membeli buah tangan mulai dari roti, buah, minuman hingga makanan khas sekalipun. Tak lupa Medan juga memiliki kain batik yang sangat unik dan memiliki ciri khas tersendiri dari motif lainnya. Jadi kira kira oleh-oleh apa yang akan Anda bawakan untuk keluarga saat berkunjung ke Kota Medan?