Mojokerto dikenal memiliki keanekaragaman dan variasi makanan khas yang mampu menggugah selera dan bisa dijadikan buah tangan. Inilah rekomendasi oleh-oleh khas dari Mojokerto yang paling diburu wisatawan.

Berwisata di Mojokerto, tidak lengkap rasanya tanpa berburu oleh-oleh daerahnya yang dikenal mampu menggoyang lidah. Sebagai cemilan, makanan khas ini juga bisa dijadikan sebagai buah tangan untuk diberikan kepada tetangga, keluarga, hingga teman terdekat Anda. Untuk Anda yang masih bingung dalam mencari produk, berikut rekomendasi oleh-oleh khas Mojokerto yang paling terkenal.

1. Keripik Ketela

Keripik Ketela
Image Credit: Shopee.co.id

Saat Anda sedang berwisata ke Pacet, Mojokerto maka Anda wajib membawa buah tangan yang satu ini. Bagi Anda yang gemar dengan ketela, keripik khas Mojokerto ini bisa dengan mudah Anda temui di pinggiran area wisata Pacet, Mojokerto. Pasalnya, Anda akan menemui di kiri kanan jalan para pedagang yang menjual keripik ketela yang menggugah selera.

Keripik ketela ini adalah sebutan lain dari keripik singkong. Makanan ini terbuat dari singkong yang diiris-iris tipis, guna menampilkan rasanya yang gurih dan renyah. Setelah diiris tipis, tahap selanjutnya yaitu penggorengan. Keripik ini sama seperti keripik biasanya, digoreng dengan minyak diatas wajan panas.

Rasa yang ditawarkan dari keripik ketela pun beragam, mulai dari rasa manis hingga rasa asin yang tentunya sangat renyah saat dicicipi oleh lidah. Untuk harga, tidak perlu diragukan lagi. Hanya dengan kisaran harga Rp. 5.000 Anda sudah bisa mencicipi makanan khas Mojokerto yang paling populer ini.

2. Onde-Onde

Onde-Onde
Image Credit: Masakandapurku.com

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan jajanan berbentuk bulat dengan permukaan wijen yang menggoda untuk dicicipi. Namun masih sedikit yang tahu bahwa onde-onde seringkali dijadikan sebagai cemilan atau oleh-oleh. Tepatnya oleh-oleh khas untuk Anda para wisatawan yang sedang singgah di Mojokerto.

Cita rasa yang ditawarkan dari makanan ini, berbeda dengan onde-onde lainnya. Salah satu keistimewaan dari onde-onde Mojokerto adalah kulitnya yang kenyal. Sehingga dapat menimbulkan sensasi tersendiri saat Anda memakannya. Selain itu, perpaduan rasa manis isi onde-onde dan rasa gurih wijen pun menjadi satu dalam setiap gigitan.

Makanan khas ini terbuat dari tepung terigu atau tepung ketan yang digoreng ataupun direbus. Setelah itu, permukaannya pun ditaburi atau dibalur dengan biji-biji wijen yang cantik. Untuk isiannya, onde-onde biasanya diisi dengan bubuk kacang hijau. Bagi Anda pecinta kacang hijau, bisa jadikan onde-onde sebagai camilan favorit Anda untuk dirumah.

BACA:  25 Tempat Wisata di Pasuruan Terbaru & Paling Hits

3. Sate Keong

Sate Keong
Image Credit: Masakandapurku.com

Apakah Anda sudah pernah mencoba sate keong? Jika Anda berada di Mojokerto, sate ini bisa menjadi pilihan kuliner terbaik untuk Anda. Tentunya sate ini bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Namun sayangnya, sate keong ini tidak bisa bertahan terlalu lama. Selain harus dimasukkan ke dalam lemari pendingin, sate keong sebaiknya harus segera dikonsumsi.

Bahan utamanya tentu saja menggunakan hewan keong yang juga banyak ditemukan di area persawahan. Keong yang telah ditemukan, direbus dan dikupas dari cangkangnya. Setelah itu, keong diolah menjadi sate dan ditusuk pada batang lidi. Agar semakin nikmat, sate ini disiram dengan bumbu yang memiliki citarasa manis, gurih, dan pedas.

4. Sinom

Sinom
Image Credit: Misteraladin.com

Tidak hanya makanan, di Mojokerto juga memiliki minuman khas menyegarkan yang bernama sinom. Menjadikan sinom sebagai oleh-oleh juga tidak kalah menariknya. Pasalnya, minuman segar ini berasal dari daun asam muda. Kemudian dimasak sedemikian rupa hingga dapat menghasilkan air sari dari daun yang sehat dan pastinya sangat menyegarkan di tubuh.

Selain ciri khasnya yang menyegarkan, minuman ini juga termasuk ke dalam minuman kategori herbal. Saat Anda sedang beraktivitas, dengan meminum sinom maka tubuh Anda akan kembali fit dan segar kembali. Dengan cuaca Mojokerto yang sedang panas, minuman ini dapat mengembalikan energi dan kesegaran tubuh Anda.

Minuman sinom juga memiliki manfaat yang beragam, yaitu sebagai antiseptik yang dipercaya dapat mengatasi gejala demam. Selain itu juga sebagai antioksidan alami, yang berguna untuk menangkal radikal bebas yang berada di dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, minuman ini juga bisa mengatasi masuk angin apalagi jika Anda yang kebetulan sedang dalam perjalanan jauh.

5. Kerupuk Upil

Kerupuk Upil
Image Credit: Idntimes.com

Jika Anda yang masih asing dengan kerupuk upil, biasanya Anda akan merasa jorok. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir, sebab kerupuk upil ini memiliki cita rasa asin yang banyak diburu oleh para wisatawan yang sedang berkunjung di kota Mojokerto. Proses pembuatannya pun unik, karena kerupuk ini menggunakan pasir dalam proses penggorengannya.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Lamongan yang Paling Populer

Untuk Anda yang penasaran dan tertarik untuk membeli kerupuk upil, maka Anda akan sangat mudah menemukan kerupuk unik yang satu ini. Harga yang ditawarkan pun cukup murah, Anda hanya perlu mengeluarkan uang tidak sampai Rp. 10.000, maka Anda sudah dapat menikmati dan membawa pulang satu ikat plastik dari kerupuk upil.

6. Kerupuk Memble

Kerupuk Memble
Image Credit: Tempatwisataindonesia.id

Apakah Anda pecinta kerupuk? Jika iya, maka Anda wajib mencicipi kerupuk memble yang populer di Mojokerto. Kerupuk ini bertekstur renyah dan memiliki bentuk yang lonjong memanjang. Kerupuk memble dapat Anda temui di pasar-pasar tradisional dan warung-warung yang terdapat di kota Mojokerto.

Keunikan kerupuk memble dengan kerupuk lainnya, yaitu pada proses penggorengannya. Kerupuk memble harus mengalami proses penggorengan sebanyak dua kali. Dengan menggunakan minyak yang memiliki temperatur berbeda, maka kerupuk ini dapat mengembang dengan sempurna.

7. Kerupuk Rambak

Kerupuk Rambak
Image Credit: Tokopedia.com

Mojokerto memang memiliki varian jenis kerupuk yang beragam dan bermacam-macam. Pastinya, cita rasa yang ditawarkan juga tidak main-main, salah satunya yaitu kerupuk rambak. Kerupuk ini terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau yang diolah, lalu diberi bumbu rempah untuk meningkatkan cita rasa yang menggiurkan.

Proses pembuatan kerupuk rambak cukup unik. Setelah mengalami perebusan, bahan yang digunakan juga dijemur pada terik matahari dengan waktu yang cukup lama. Yaitu sekitar 2 hingga 3 hari. Setelah itu, kerupuk mentah yang kering ini sudah siap digoreng menjadi kerupuk yang siap untuk dinikmati.

Apabila Anda berminat untuk membawa pulang kerupuk satu ini, maka Anda bisa dengan mudah untuk menemukannya. Jika Anda berjalan-jalan di Mojokerto, Anda bisa melihat di kiri kanan pinggiran jalan, toko-toko yang menjual kerupuk rambak yang enak ini. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Yakni mulai dari kisaran harga Rp. 20.000 hingga Rp. 50.000.

8. Sambel Wader

Sambel Wader
Image Credit: Masakandapurku.com

Sambal yang menjadi produk makanan khas ini tidak boleh terlewatkan oleh Anda para pecinta kuliner pedas. Bahan utamanya yaitu ikan wader yang saat ini sudah semakin banyak dibudidayakan oleh masyarakat lokal. Maka dari itu, ikan ini dijadikan sebagai santapan lezat di kota Mojokerto.

Dari mulai proses pembuatannya, ikan wader ini dicuci bersih terlebih dahulu lalu dicampur dengan bumbu khusus. Setelah itu digoreng dengan minyak dan api yang pas. Sehingga menghasilkan ikan wader yang gurih dan tentunya renyah untuk dijadikan lauk saat memakan nasi.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Bojonegoro yang Murah & Enak

Sambal yang digunakan pada makanan ini, yaitu menggunakan sambal mentah yang terbuat dari cabai, tomat, bawang merah, bawang putih dan bahan-bahan sambal lainnya. Sambal mentah yang dimaksud yaitu sambal yang tidak digoreng terlebih dahulu seperti sambal pada umumnya.

Makanan ini tentunya sangat cocok untuk dinikmati bersama sepiring nasi hangat serta tambahan lauk lainnya yang menggugah selera. Biasanya juga dihidangkan bersama dengan lalapan. Seperti irisan mentimun yang diiris tipis, daun kemangi yang menyegarkan, hingga sayuran kubis.

9. Botok Tempe

Botok Tempe
Image Credit: Makananoleholeh.com

Makanan khas Mojokerto selanjutnya, yaitu botok tempe. Makanan ini terbuat dari bahan utama yaitu ampas kelapa yang telah diambil sarinya. Kemudian bahan ini diberikan beberapa bumbu. Setelah itu dicampur dengan beberapa ikan teri dan udang. Tidak lupa juga bahan pelengkap yaitu menggunakan tahu dan tentunya tempe yang enak dan pastinya lezat.

Botok tempe pun sudah sangat mudah ditemui. Jika Anda singgah ke warung makan, botok tempe sudah dapat Anda beli. Dengan balutan daun pisang sebagai bungkusnya, makanan lezat ini memiliki cita rasa yang nikmat dan pastinya membuat ketagihan. Apalagi teruntuk Anda yang senang dengan berbagai olahan tempe yang lezat dan menggiurkan.

10. Keciput Wijen

Keciput Wijen
Image Credit: Bianca-meinweg.blogspot.com

Oleh-oleh khas yang terakhir yaitu keciput wijen. Seperti namanya, makanan ini dibaluri dengan banyak wijen di setiap permukaannya. Untuk rasanya pun tidak perlu diragukan lagi, yaitu rasa manis dan gurih dengan kerenyahan biji wijen. Bagi Anda yang senang camilan gurih, Anda bisa mencicipi makanan yang satu ini.

Mungkin bentuk keciput wijen sekilas mirip dengan onde-onde. Namun, yang membedakan adalah ukuran. Keciput wijen ini berukuran kecil dan mungil. Camilan ini juga memiliki dua jenis bentuk, yaitu berbentuk bulat kecil, dan berbentuk lonjong yang tentunya masih dengan ukuran yang kecil.

Itulah beberapa referensi oleh-oleh khas yang bisa Anda temukan saat berkunjung ke Mojokerto, Jawa Timur. Mulai dari kue basah hingga camilan ringan. Yang mana disetiap camilan ini memiliki ciri khasnya tersendiri. Mulai dari kue basah seperti onde-onde, lauk pauk seperti sate keong dan botok. Dan yang terakhir camilan keciput wijen yang bisa menjadi camilan ringan yang lezat.