Ngawi dikenal menyimpan beragam destinasi wisata nan indah dan kuliner khas yang unik. Jika Anda sedang berkunjung, pastikan untuk berburu oleh-oleh khas Ngawi yang paling populer.

Menghabiskan waktu liburan di suatu kota akan semakin lengkap jika ditutup dengan berburu oleh-oleh. Mengingat jenis buah tangan di setiap daerah akan berbeda dengan daerah lainnya. Ada saja hal unik dan khas yang membuatnya wajib diburu. Bagi Anda yang singgah di Ngawi, Anda bisa berburu beberapa oleh-oleh khas yang paling direkomendasikan berikut ini.

1. Ledre

Ledre
Image Credit: Facebook.com (Agasi Gastronomi)

Ledre menjadi buah tangan yang begitu kondang di Ngawi dan wajib untuk Anda bawa pulang. Ledre sendiri merupakan panganan tradisional dari masyarakat Bojonegoro. Tetapi Anda juga bisa mendapatkan panganan ini di Ngawi. Bahkan sangat mudah untuk menemukan makanan yang mirip dengan egg roll ini.

Ledre memang memiliki bentuk mirip dengan beberapa kue yang kondang di Indonesia, seperti semprong atau egg roll. Bahan yang digunakan dalam pembuatan ledre terdiri dari tepung beras, santan, gula pasir, pisang raja dan telur. Semua bahan akan diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan ledre yang nikmat dan memiliki banyak penggemar.

Rasanya yang manis serta gurih dengan bau pisang yang khas, semakin pas dengan teksturnya yang renyah. Aroma khas pisang inilah yang menjadi ciri khas dari Ledre di Ngawi. Membuat siapapun yang mencobanya ingin menikmatinya lagi. Bagi Anda yang bertandang ke Ngawi, Anda bisa menjadikan Ledre sebagai buah tangan.

Untuk mendapatkannya cukup mudah, Anda bisa mengunjungi pusat oleh-oleh yang ada. Kemasan yang ditawarkan cukup beragam, kini sudah ada kemasan dalam kardus kardus kecil yang membuat terlihat kekinian. Termasuk dalam makanan yang bisa bertahan lama, sehingga Anda tak perlu khawatir akan basi. Harga yang ditawarkan juga terbilang ramah kantong.

2. Jenang Ketan

Jenang Ketan
Image Credit: Facebook.com (Alam Syah)

Jenang atau dodol memang menjadi panganan khas Nusantara yang begitu mudah untuk ditemui. Hampir setiap daerah selalu memiliki olahan penganan yang bentuknya kenyal ini. Begitu juga dengan Ngawi yang menawarkan Jenang Ketan untuk Anda cicipi. Rasanya memang tidak lengkap jika ke Ngawi belum mencicipi legitnya jenang ketan.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Pasuruan yang Paling Populer

Seperti namanya, jenang ini dibuat dari bahan ketan yang ditambahkan dengan santan juga gula merah. Secara fisik memang tak jauh berbeda dengan dodol yang biasanya ditemukan. Soal rasa, perpaduan rasa manis dan gurih dengan tekstur kenyal memang membuat siapapun ketagihan akan rasanya. Wajar jika makanan tradisional ini banyak diburu oleh wisatawan.

Memburu jenang ketan ini bukanlah hal yang sulit. Ada banyak pusat oleh-oleh di kota Ngawi yang menyediakan makanan satu ini. Harga yang ditawarkan juga beragam, tergantung ukurannya. Biasanya berkisar di angka Rp. 20 ribu sampai Rp. 95 ribu. Termasuk jajanan yang bisa tahan lama, Anda tak perlu khawatir jika tujuan Anda jauh.

3. Kue Lapis

Kue Lapis
Image Credit: Facebook.com @arek.ngawi

Buah tangan khas Ngawi yang bisa Anda buru selanjutnya adalah Kue Lapis. Kue lapis termasuk panganan kekinian yang kehadirannya langsung menarik perhatian. Diperkenalkan Andri Raharjo, kuliner ini bisa dikatakan berbeda dengan kuliner pada umumnya. Dimana dalam Festival Kuliner di Ngawi, Kue lapis ini menyabet juara pertamanya.

Kue Lapis hadir dengan beberapa varian rasa yang bisa Anda jadikan pilihan. Varian tersebut di antaranya adalah original, rasa pandan juga red velvet. Teksturnya yang lembut dengan rasa legit menjadikan kuliner ini selalu diburu oleh wisatawan. Apalagi oleh-oleh Khas Ngawi ini juga memiliki kemasan yang menarik dan kekinian.

Untuk mendapatkan jajanan ini, Anda bisa langsung datang menuju homebase Pawoncake. Lokasinya terbilang strategis dan mudah untuk Anda jangkau. Harga yang ditawarkan untuk setiap kue kekinian ini juga tidak mahal, yakni mulai Rp 50 ribuan. Kue Lapis bisa bertahan dalam beberapa hari, terutama jika Anda menyimpannya di dalam lemari es.

4. Keripik Tempe

Keripik Tempe
Image Credit: Twitter.com @jiminerd

Panganan di Ngawi yang wajib diburu adalah Keripik Tempe. Rasanya masih ada yang kurang jika menginjakkan kaki di Ngawi tetapi tidak mencicipi keripik tempenya. Makanan ini memang bisa ditemukan di berbagai kota di Indonesia. tetapi tetap akan ada perbedaan tersendiri. Begitu juga dengan keripik tempe yang bisa Anda temukan di Ngawi.

Keripik satu ini bahkan menjadi buah tangan yang begitu diburu oleh masyarakat biasa ataupun wisatawan. Ciri khas dari camilan ini adalah ukurannya yang lebih tipis dan ketika digigit teksturnya begitu renyah. Dicetak dalam bentuk persegi, kemudian dicelupkan dalam adonan tepung. Barulah nanti akan digoreng hingga kering di semua bagian.

BACA:  20 Tempat Wisata di Jombang Terbaru & Paling Hits

Rasa yang ditawarkan pada keripik tempe ini menawarkan beberapa rasa. Mulai dari rasa original hingga rasa kekinian yang tak kalah nikmat. Untuk mendapatkan camilan ini, Anda hanya perlu mengunjungi beberapa pusat oleh-oleh di Ngawi. Harga yang ditawarkan ramah kantong dan juga bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama.

5. Ratu Menyok

Ratu Menyok
Image Credit: Instagram.com @richbeleys

Tak hanya Kue Lapis, Ngawi juga memiliki kue kekinian yang hits di kalangan masyarakat. Kue kekinian tersebut dikenal dengan Ratu Menyok yang wajib untuk Anda buru. Uniknya, kue ini dibuat dari bahan yang cukup berbeda dari biasanya. dimana di dalam adonannya ditambahkan cassava atau yang dikenal singkong sebagai bahan dasar.

Singkong ini tentunya akan ditambahkan dengan bahan lain seperti terigu, margarin, telur dan lainnya. Untuk Anda yang ingin mencicipi cheese cakenya, terdapat lelehan coklat yang tak kalah nikmat. Di kota Ngawi, panganan ini terbilang hits dan wajib untuk dibawa pulang. Rasanya nikmat dan harganya terbilang terjangkau, yakni berkisar Rp. 40 ribuan.

6. Coklat Tempe

Coklat Tempe
Image Credit: Twitter.com @dioryzaintan

Apakah Anda termasuk penggemar coklat? Jika iya, maka Anda harus mencicipi Coklat Tempe khas Ngawi. Ngawi memang salah satu kota di Indonesia yang menjadi sentra penghasil tempe. Untuk itu masyarakatnya mulai membuat inovasi dari bahan satu ini. Jika pada umumnya di dalam coklat menemukan kacang, maka ini berisi tempe.

Tampilannya mirip dengan coklat pada umumnya, yang membedakannya hanya isian kacang yang diganti tempe. Tak perlu ragu soal rasanya, tetap legit dan terdapat sensasi gurih yang unik. Coklat tempe merupakan inovasi dari putra lokal Ngawi yang begitu kondang. Anda bisa menemukan di pusat oleh-oleh dengan harga yang tak akan membuat kantong Anda jebol.

7. Dodol Jambu

Dodol Jambu
Image Credit: Facebook.com @wulandari.khasanah

Selain Jenang Ketan, Anda juga bisa menemukan olahan dodol yang begitu unik. Seperti namanya yakni Dodol Jambu, dalam proses pembuatannya memang ditambahkan dengan jambu. Hasil kreasi dari Eva Agustiyana yang merupakan warga asli Ngawi ini memang wajib untuk cicipi. Jambu yang digunakan dalam bahannya adalah jambu merah.

Jambu merah sendiri memang memiliki banyak penggemar karena rasanya yang manis. Olahan dari jambu merah ini memiliki tekstur kenyal dan rasa yang manis nagih. Kemasannya yang cantik juga menjadi nilai tambah. Anda bisa membawa pulang dengan harga yang begitu terjangkau, satu kemasannya dihargai mulai dari Rp 6 ribu saja.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Bojonegoro yang Murah & Enak

8. Ukiran Kayu

Ukiran Kayu
Image Credit: Facebook.com (Sahila Moses)

Selain makanan, di Ngawi Anda juga bisa berburu cinderamata dalam bentuk barang. Salah satunya yang banyak diburu adalah Ukiran Kayu. Ngawi memang termasuk kota yang terkenal dengan ukiran kayu jatinya. Berbagai ukiran bisa Anda temukan, dan bisa difungsikan sebagai hiasan dinding, tempat minum hingga kerajinan pakai lainnya.

Para pengrajin sudah memiliki legalitas yang sudah sesuai aturannya. Sehingga Anda tak perlu ragu membeli kerajinan kayu jati di kota Ngawi ini. Ukiran ini sangat cocok untuk dijadikan buah tangan kerabat atau teman dekat. Anda bisa mendatangi galeri yang berada di Desa Banjarejo dengan harga yang beragam, tergantung dari kerumitannya.

9. Batik Ngawi

Batik Ngawi
Image Credit: Instagram.com @widinugraha_batikngawi

Indonesia memang patut berbangga dengan hadirnya kain motif yang dikenal dengan batik. Hampir di setiap daerah di Indonesia memang memiliki batik yang berbeda. Yang membedakan tentu motif yang ditawarkan, dan umumnya motif ini akan berkaitan dengan kekayaan alam kota tersebut. Hal ini memang menjadi sebuah ciri khas tersendiri.

Di Ngawi Anda bisa menemukan Batik yang merupakan industri rumahan. Batik yang dipromosikan adalah batik tulis yang dalam pengerjaannya membutuhkan waktu yang tak sebentar. Motifnya kebanyakan adalah ragam kekayaan alam di Ngawi. Warnanya juga beragam, begitu juga dengan harga yang ditawarkan. Tergantung dari kerumitan saat prose pembuatannya.

10. Kaos Ngawi

Kaos Ngawi
Image Credit: Twitter.com @ayowart

Kaos menjadi buah tangan yang tak boleh dilewatkan, hampir setiap kota juga menghadirkannya. Di Ngawi Anda juga bisa menemukan Kaos Ngawi dengan desain yang beragam. Anda bisa mendapatkannya di toko toko souvenir khas Ngawi. Kualitas yang baik dengan bahan yang nyaman bisa jadi pilihan. kaos ini juga dibanderol dengan harga yang ramah kantong.

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Ngawi yang bisa Anda bawa pulang. Bukan hanya makanan, Anda juga bisa membeli produk khas dalam bentuk barang. Pastikan untuk memperhatikan tahan lama panganan jika tujuan Anda lama. Singgah ke Ngawi, Anda bisa memborong oleh-oleh tersebut dengan harga yang tak akan membuat dompet Anda kendor.