Terdapat banyak sajian dan camilan lezat yang ada di Kota Padang. Mulai dari rendang yang kaya akan rempah hingga gumalai yang menggugah selera. Saat berkunjung ke kota Padang belum lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khas yang populer.

Saat berkunjung ke suatu daerah tentu belum lengkap rasanya saat belum mencoba oleh oleh khas yang dimilikinya. Sama halnya saat Anda tengah berada di salah satu kota besar yang ada di Sumatera, yakni Kota Padang. Selain terdapat banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi, di kota ini juga menawarkan aneka olahan lezat yang bisa dibawa pulang. Apa saja oleh-oleh khas dari Kota Padang yang paling populer? Yuk simak penjelasannya disini.

1. Rendang

Rendang
Image Credit:  Resepasik.com

Siapa yang tidak mengenal makanan yang satu ini. Dinobatkan sebagai salah satu makanan paling lezat di dunia, rendang telah populer di berbagai negara. Citarasa masakan rendang yang kaya akan rempah rempah nusantara menjadikan jenis sajian ini disukai oleh banyak orang. Bahkan tidak sedikit pula orang asing yang mencicipi hidangan lezat ini saat berkunjung ke tanah air, baik itu di Kota Padang maupun di daerah lainnya.

Dengan citarasa yang dimilikinya, rendang juga sangat sesuai untuk dijadikan sebagai oleh oleh. Anda dapat membelinya untuk dibagikan kepada sanak kerabat yang dimiliki. Biasanya rendang sendiri terbuat dari daging sapi yang telah dimasak sedemikian rupa. Bingkisan buah tangan berupa rendang ini juga mampu bertahan lama. Untuk membeli oleh oleh yang satu ini, Anda dapat menemukannya dengan cukup mudah di sekitar area Kota Padang.

2. Rendang Telur Kering

Rendang Telur Kering
Image Credit: Harianhaluan.com

Jenis oleh oleh selanjutnya yang populer dari Padang juga tidak jauh jauh dari masakan rendang. Namun berbeda dengan hidangan rendang yang terbuat dari daging sapi, buah tangan yang satu ini terbuat dari telur. Bahan makanan berupa telur tersebut diolah dengan bumbu rendang sehingga menghasilkan citarasa yang lezat. Rasa dari makanan yang menyerupai keripik ini juga cenderung pedas sehingga membuatnya cocok bagi pecinta pedas.

3. Roti Rendang

Roti Rendang
Image Credit: Okezone.com

Roti rendang adalah oleh oleh dari Padang berikutnya yang begitu terkenal. Sama halnya dengan rendang telur kering, olahan roti ini juga tidak jauh jauh dari masakan rendang. Pada makanan berupa roti yang unik ini, rendang yang ada diolah menjadi isian dari roti. Tentu perpaduan antara olahan daging dengan adonan roti menghasilkan citarasa yang unik. Selain itu, oleh oleh yang satu ini juga tergolong berani tampil beda dari segi inovasinya.

BACA:  20 Tempat Wisata di Padang Terbaru & Paling Hits

Untuk membelinya, Anda dapat menemukan roti ini di kawasan Kota Padang. Namun tentu saja isian rendang pada roti ini tidak memiliki tampilan sama dengan masakan rendang yang dibuat menjadi lauk. Dengan proses pengolahannya yang sedemikian rupa, suwiran daging rendang tersebut menjadi cenderung kering dan cocok untuk isian roti. Harga dari roti rendang ini juga terbilang ramah di kantong bagi pelancong yang hendak membelinya.

4. Karak Kaliang

Karak Kaliang
Image Credit: Saribundo.biz

Camilan lain yang begitu populer di daerah Padang adalah karak kaliang. Tampilan dari camilan yang terbuat daru ubi kayu ini berwarna kuning. Citarasa gurih pada oleh oleh populer ini diperoleh dari bawang putih yang ditambahkan ke dalamnya. Bentuk dari karak kaliang ini juga terbilang unik, yakni menyerupai bentuk dari angka delapan. Harga dari camilan yang lezat ini juga terjangkau di kantong. Terlebih saat membeli dalam jumlah banyak.

5. Keripik Balado

Keripik Balado
Image Credit: Cookpad.com

Panganan berupa keripik balado adalah oleh oleh berikutnya yang dapat Anda bawa dari Kota Padang. Jika berada di kota ini, keripik balado adalah salah satu camilan yang dapat dengan mudah untuk ditemui. Citarasa dari keripik balado ini juga lezat dan khas saat dinikmati. Dengan tampilannya yang menggugah selera juga menjadikan oleh oleh ini semakin digemari. Harga dari camilan ini juga cenderung ramah untuk kantong.

6. Bolu Batik

Image Credit: Cekaja.com

Jenis oleh oleh berikutnya yang dapat Anda bawa pulang dari Kota Padang adalah bolu batik. Tampilan dari salah satu produk bakery ini juga terbilang menarik dan memiliki unsur artistik di dalamnya. Dengan corak batik yang beragam, Anda dapat memiliki jenis bolu yang paling diminati. Motif dari kue bolu ini sendiri diperoleh dari beragam jenis motif batik di tanah air. Namun tentu saja motif batik tersebut dibuat dari bahan makanan yang aman untuk dikonsumsi.

7. Galamai

Galamai
Image Credit: Yasmenchaniago.com

Galamai adalah sajian populer yang ada di daerah Padang. Namun pada umumnya, makanan yang satu ini dapat dikatakan mirip dengan dodol atau juga jenang dari daerah lainnya. Namun bahan dasar dari galamai sendiri memiliki perbedaan dengan jenis camilan lain tersebut. Bahan untuk membuat galamai adalah tepung beras ketan, kacang tanah, gula aren dan juga santan. Dari perpaduan bahan bahan inilah yang menjadikan rasa galamai sangat lezat.

Kacang tanah sebagai salah satu komponen pembentuknya inilah yang menjadikan galamai berbeda dengan jenang atau dodol. Sementara jika dilihat dari proses pembuatannya, galamai terbilang mirip dengan dodol atau jenang pada umumnya. Untuk membeli jenis oleh oleh yang satu ini juga terbilang mudah untuk ditemui. Kemasan yang cantik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang hendak membelinya.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Padang yang Murah & Enak

8. Beras Randang

Beras Randang
Image Credit: Minangnantigo.com

Bareh randang adalah jenis camilan yang populer untuk dijadikan buah tangan dari Kota Padang. Camilan ini sendiri terbuat dari bahan dasar tepung beras. Istilah bareh sendiri memiliki arti berupa beras, sementara untuk randang memiliki arti berupa menyangrai. Tampilan dari camilan ini biasanya adalah persegi kecil dengan ukuran 1 cm. Cita rasa manis alami juga dapat Anda rasakan selagi menikmati camilan bernama bareh randang ini.

9. Arai Pinang

Image Credit: Harianhaluan.com

Jenis oleh oleh selanjutnya yang populer dari Kota Padang adalah aria pinang. Camilan ini sendiri terbuat dari bahan dasar tepung beras. Dengan tambahan bumbu rempah rempah yang ada di dalamnya juga menjadikan arai pinang memiliki citarasa yang unik dan layak untuk dicoba. Citarasa gurih yang berpadu dengan teksturnya yang renyah menjadikan arai pinang ini semakin lezat dan menggugah selera. Kemasan dari camilan ini juga modern dan menarik.

10. Kerupuk Jangek

Kerupuk Jangek
Image Credit: Wikipedia.org

Kerupuk jangek adalah salah satu camilan terpopuler yang dapat Anda temui di salah satu kota yang ada di Sumatera ini. Biasanya, kerupuk ini juga akan dinikmati bersama dengan sajian lainnya yang cenderung berat. Sebut saja sajian berupa hidangan berupa bakso, nasi goreng, dan juga soto. Produk ini sendiri biasanya terbuat dari bahan kulit sapi atau kulit kerbau yang telah diolah sedemikian rupa.

Bentuk dari kerupuk jangek sendiri terbilang beragam. Mulai dari kerupuk berbentuk kotak hingga persegi yang dapat Anda temui di kawasan tersebut. Dengan tambahan bumbu pada bagian luar kerupuk ini juga menjadikan camilan istimewa ini semakin diminati. Tidak sedikit pendatang dari berbagai daerah di tanah air yang membeli camilan yang satu ini. Camilan yang memiliki proses penjemuran tersebut juga terkenal untuk dijadikan sebagai oleh oleh.

11. Dendeng Daun Singkong

Image Credit: Tribunnews.com

Jika biasanya dendeng terbuat dari bahan daging sapi, hal ini akan berbeda dengan sajian yang satu ini. Keunikan dari dendeng ini karena bahannya yang terbuat dari bahan daun singkong. Jenis olahan unik ini juga sangat sesuai bagi Anda yang mencari olahan dari bahan nabati yang bebas kolesterol. Harga dari oleh oleh ini juga relatif terjangkau. Di beberapa sentra oleh oleh di kota tersebut, dendeng daun singkong juga terbilang mudah untuk ditemui.

12. Kopi Padang

Image Credit: Fimela.com

Tidak hanya camilan dan makanan saja, oleh oleh dari Kota Padang yang selanjutnya adalah kopi. Tentu buah tangan ini sangat tepat diberikan bagi para pecinta kopi. Citarasa yang unik dan lezat menjadikan kopi ini digemari oleh banyak orang. Jika Anda hendak mencicipik kopi ini langsung di kawasan tersebut, biasanya minuman lezat ini akan dihidangkan dengan menggunakan batok kelapa sebagai gelasnya.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Padang yang Murah & Enak

13. Dadiah

Image Credit: Kompas.com

Dadiah atau dadih adalah hidangan kuliner berikutnya yang layak untuk Anda bawa pulang sebagai buah tangan. Hidangan yang satu ini terbilang mirip dengan yogurt. Hanya saja dadiah memiliki bahan dasar berupa susu kerbau yang telah diolah dengan sedemikian rupa. Cara pengolahan dadiah juga terbilang masih tradisional dan bebas dari sentuhan modern. Proses fermentasinya yang menjadikan dadiah memiliki citarasa yang unik.

Olahan yang satu ini juga sering disebut dengan yogurt khas dari Indonesia. Bahkan karena kandungan asam laktat yang dimilikinya menjadikan dadiah dipercaya bisa menyembuhkan beragam jenis penyakit. Sebut saja kanker usus dan juga dapat menurukan kadar kolesterol yang dimiliki oleh seseorang. Daya tahan tubuh seseorang pun turut meningkat dengan sajian ini. Biasanya hidangan ini juga disantap saat sarapan oleh banyak orang.

14. Lapis Minang Nantigo

Lapis Minang Nantigo
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Bagi Anda yang hendak mencari oleh oleh kekinian yang populer di kawasan ini, maka lapis minang nantigo sangat tepat untuk dipilih. Lapis ini sendiri merupakan cake yang memiliki beragam varian rasa pada bagian toppingnya. Sebut saja rasa keju, pisang, pandan, dan juga coklat. Bahkan terdapat pula cake dengan rasa buah durian. Dengan beragam varian rasa baru pada cake lezat ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon pembeli yang datang.

15. Rendang Suwir Ayam

Rendang Suwir Ayam
Image Credit: Rendangdenlapeh.id

Jika biasanya rendang terbuat dari bahan dasar daging sapi, hal ini berbeda dengan hidangan ini. Karena rendang ini terbuat dari ayam yang memiliki bentuk suwiran. Jika dilihat tampilan oleh oleh yang satu ini juga terbilang mirip dengan abon. Karena memiliki daya tahan yang tinggi, jenis kuliner yang satu ini terbilang tepat untuk dijadikan sebagai oleh oleh. Dengan bumbu rempah yang melimpah pun menjadikan jenis panganan ini semakin lezat.

Selain rendang, terdapat banyak sajian lezat yang bisa Anda temui di daerah Padang. Beragam hidangan dan camilan tersebut pun juga sangat layak untuk dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. Pilihan rasa yang beragam Dengan harga yang ramah tentu menjadikan jenis oleh oleh ini teramat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Dari ulasan yang ada, oleh-oleh khas mana yang akan Anda beli terlebih dahulu di Kota Padang?