Inilah daftar oleh-oleh khas dari Palangkaraya yang paling diburu oleh wisatawan. Kota Cantik memiliki sajian kuliner dan kerajinan tangan menarik untuk dijadikan buah tangan.

Palangkaraya merupakan salah satu kota yang wajib dikunjungi saat liburan karena keindahan alamnya. Selain alamnya yang memesona, kota ini juga memiliki keunikan kuliner makanan khas. Terdapat beberapa makanan yang bisa Anda coba ketika berlibur di kota Cantik.

Namun selain bisa mencicipinya, ada baiknya jika membawa pulang oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah. Bagi Anda yang belum tahu ingin membeli apa, yuk simak ulasan daftar oleh-oleh khas Palangkaraya yang paling terkenal.

1. Olahan Rabuk Patin Kandas Sarai yang Pedas

Rabuk Patin Kandas Sarai
Image Credit: Bukalapak.com

Rabuk patin merupakan sebutan lain dari abon. Makanan ini diolah dari bahan dasar ikan, yaitu ikan patin. Sedangkan untuk Kandas Sarai sendiri adalah sejenis sambal khas di Palangkaraya yang komposisinya didominasi oleh bahan baku dari serai. Sehingga Rabuk Patin Kandas ini adalah makanan yang terdiri dari perpaduan antara abon ikan patin dan juga sambal khas Kandas Serai.

Perpaduan ini menjadi kombinasi yang sangat pas dan unik dari segi rasa, kelezatan, aroma, kegurihan, dan tentunya pedas. Untuk menikmatinya, Anda bisa memakan dengan sepiring nasi hangat atau ditambahkan dengan menu hidangan utama lainnya. Jika ingin membeli Rabuk Patin Kandas Serai, Anda bisa menemukan dan membelinya di toko oleh-oleh khas dari Palangkaraya yang sudah banyak tersebar di kota ini.

2. Jajanan Tahu Bakso Ijo

Tahu Bakso Ijo
Image Credit: Traveloka.com

Jajanan Tahu Bakso Ijo ini awalnya adalah sebuah nama warung yang sudah terkenal dari dulu. Dengan kenikmatan rasa yang diciptakan oleh pemilik usaha tersebut, maka Tahu Bakso Ijo sangat disukai oleh warga lokal Palangkaraya. Dari kondisi yang seperti ini, maka jajanan khas ini menjadi sangat terkenal hingga akhirnya banyak dijadikan buah tangan bagi wisatawan yang berkunjung ke Palangkaraya.

Kuliner ini memiliki dua varian rasa hingga saat ini, yaitu rasa daging sapi dan rasa daging ayam. Untuk satu kotaknya, porsi yang didapat adalah sepuluh potong tahu bakso. Harga yang dipatok pun juga cukup terjangkau. Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar 10 ribu rupiah saja untuk satu kotaknya. Apabila ingin membelinya, tidak perlu khawatir, karena setiap toko oleh-oleh khas Palangkaraya tentunya menjual kuliner lezat yang satu ini.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Palangkaraya yang Murah & Enak

3. Keripik Kelakai Khas Palangkaraya

Keripik Kelakai Palangkaraya
Image Credit: Indonesiakaya.com

Rekomendasi selanjutnya yang bisa Anda bawa untuk buah tangan adalah keripik Kelakai Palangkaraya. Keripik ini dibuat dari tanaman asli khas dari Kalimantan Tengah yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Bahkan nenek moyang dari suku Dayak menggunakan tanaman Kelakai sebagai obat untuk berbagai masalah kesehatan seperti darah rendah dan diare. Ada juga yang menggunakannya sebagai obat agar selalu awet muda.

Seiring perkembangan zaman yang semakin maju dan modern, tanaman Kelakai kini diolah sedemikian rupa dan menjadi camilan yang bisa dinikmati setiap hari. Tanaman ini dikembangkan menjadi sebuah kuliner berbentuk keripik. Keripik Kelakai bisa Anda jumpai di toko oleh-oleh mana pun di Palangkaraya. Harganya pun juga sangat terjangkau, Anda hanya cukup mengeluarkan uang sekitar 10 ribu rupiah saja maka sudah bisa membawa oleh-oleh ini.

4. Olahan Kuliner dari Ikan Seluang

Olahan Ikan Seluang
Image Credit: Foodnesia.net

Karena melimpahnya SDA ikan di daerah Kalimantan, menjadikan para warganya sering membuat olahan kuliner berbahan dasar ikan. Salah satu ikan yang terkenal di daerah ini adalah ikan Seluang. Ikan ini memiliki bentuk yang kecil dan memiliki banyak daging, sehingga kebanyakan pengolahannya adalah digoreng. Ketika digoreng, ikan Seluang mempunyai tekstur renyah dan rasa gurih yang sangat cocok disantap dengan nasi serta sambal.

Apabila Anda ingin membawa oleh-oleh ikan Seluang, kini sudah banyak toko yang menyediakan produk olahan ikan Seluang mulai dari keripik, ikan asap, hingga abonnya. Anda bisa dengan mudah mencari di setiap toko oleh-oleh khas Palangkaraya. Pasalnya, ikan jenis ini memiliki keawetan dan ketahanan yang cukup lama. Maka dari itu, kuliner ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

5. Kue Wadai Apam Khas Palangkaraya

Kue Wadai Apam Palangkaraya
Image Credit: Jualanmakanan.com

Bagi Anda yang suka dengan hidangan manis, maka Anda bisa mencoba dan membeli kue Wadai Apam sebagai oleh-oleh. Kue ini merupakan makanan khas dari Kalimantan Tengah yang memiliki tekstur yang lembut dan juga manis. Bahkan kue ini juga sering dijadikan santapan atau sajian dalam acara tertentu bagi masyarakat sekitar Palangkaraya. Meski begitu, banyak wisatawan yang membeli kue ini sebagai buah tangan bagi keluarganya.

BACA:  20 Tempat Wisata di Palangkaraya Terbaru & Paling Hits

Kue ini berbentuk sangat imut dan mirip seperti kue cubit yang ada di Bandung. Namun, dalam pembuatannya, bahannya sangat berbeda dari kue lainnya. Kudapan ini terbuat dari gula dan tepung sehingga memiliki tekstur yang sangat lembut dan legit saat disantap. Kue ini sangat cocok dimakan sebagai hidangan pembuka, sebelum menyantap hidangan utama. Jika ingin membelinya, Anda bisa menemukannya di pasar tradisional atau di pusat oleh-oleh.

6. Wadi Ikan Khas Kalimantan Tengah

Wadi Ikan Khas Kalimantan Tengah
Image Credit: Mmc.kalteng.go.id

Apabila Anda belum tahu makanan khas yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh, Wadi Ikan bisa jadi salah satu makanan yang bisa Anda pilih. Wadi merupakan sebuah proses atau teknik untuk memfermentasikan bahan makanan yang dilakukan oleh masyarakat suku Dayak Kalimantan Tengah. Proses Wadi sendiri biasanya dilakukan dengan menggunakan bahan dasar yang terdiri dari garam dan beras yang disangrai.

Bagi penduduk sekitar Palangkaraya memang suka mengolah hidangan ikan dengan cara diawetkan seperti ini karena hasil dari ikan yang cukup banyak. Karena jika jumlahnya yang banyak tidak cepat diolah, maka akan cepat basi dan tidak aman untuk dikonsumsi. Secara turun temurun tradisi ini terus berkembang dan bahkan menjadi makanan khas yang hanya bisa di dapat di daerah Kalimantan saja.

Proses pembuatan Wadi membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk menghasilkan hidangan yang sesuai, waktu yang dibutuhkan adalah sekitar satu minggu. Jenis ikan yang sering dijadikan sebagai ikan wadi juga tidak sembarangan. Hanya ikan seperti ikan nila dan ikan patin yang bisa digunakan untuk membuat hidangan wadi ini. Rasa yang dihasilkan yaitu asin, gurih dan ada rasa asam sedikit yang lezat ketika disantap.

7. Bengamat Makanan Khas dari Palangkaraya

Bengamat Khas Palangkaraya
Image Credit: Twgram.me

Ada juga kuliner unik yang bisa dijadikan oleh-oleh Kota Cantik. Jika Anda tahu kelelawar, hewan ini dijadikan olahan khas lokal. Daging kelelawar biasanya dibersihkan terlebih dahulu sebelum akhirnya dimasak. Kemudian dimasak dan dicampurkan dengan jantung pisang serta tambahan dari bumbu khas lainnya. Sehingga rasa yang akan dihasilkan lebih gurih. Maka dari itu, banyak orang yang membawa Bengamat sebagai oleh-oleh dari Kalimantan.

BACA:  20 Tempat Wisata di Palangkaraya Terbaru & Paling Hits

8. Olahan Ikan Jelawat Khas Kalimantan

Ikan Jelawat Khas Kalimantan
Image Credit: Instagram.com @yusuf_ipink

Jika Anda salah satu pecinta kuliner ikan, maka tak ada salahnya membawa oleh-oleh dari Palangkaraya dengan bahan utama ikan. Salah satu produk yang bisa Anda beli adalah ikan Jelawat. Ikan yang biasanya berukuran sedang dengan panjang sekitar 25 cm ini hanya hidup di kawasan Kalimantan saja. Ikan ini umumnya diolah dengan cara dibakar, digoreng dan kemudian dicampur bumbu khas seperti bawang putih, jahe dan garam.

9. Lemang Khas Palangkaraya

Lemang Khas Palangkaraya
Image Credit: Thelaki.com.my

Makanan khas selanjutnya yang bisa Anda bawa pulang sebagai buah tangan adalah lemang. Makanan ini terbuat dari ketan dan beras yang diolah seperti lontong. Memang benar bentuk dan teksturnya hampir sama dengan lontong, namun cara pembuatannya berbeda dengan lontong pada umumnya. Jika lontong biasanya dibuat dengan cara dikukus, lemang dibuat dengan teknik memasak dibakar di dalam bambu.

Untuk menyantapnya, biasanya lemang ini bisa dipadukan dengan aneka lauk yang ada di Palangkaraya. Hidangan ini sangat cocok untuk dimakan dengan ikan, daging maupun daging merah. Penduduk setempat sering memasak lemang khusus untuk acara adat, pada bulan Ramadhan, maupun upacara tertentu. Karena keunikan dan rasa yang lembut menjadikan olahan ini sebagai salah satu incaran banyak orang untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

10. Topi Kulit Kayu Etnik dari Kalimantan

Topi Kulit Kayu Etnik Kalimantan
Image Credit: Pesona.travel

Setelah membahas berbagai macam kuliner khas yang bisa dijadikan buah tangan dari Palangkaraya, ada juga oleh-oleh berupa cendera mata atau souvenir. Salah satu yang populer dan khas dari Palangkaraya adalah topi yang terbuat dari bahan kulit kayu. Kayu yang digunakan ini terbuat dari kayu Nyamung. Bahan ini dipercaya sebagai kayu yang kuat dan tahan terhadap air. Sehingga cocok untuk dibuat menjadi berbagai jenis kerajinan seperti tas, topi kalung dan lainnya.

Itulah rekomendasi oleh-oleh khas dari Palangkaraya yang bisa dibeli jika berwisata ke Kalteng. Anda bisa membawa pulang berbagai jenis olahan khas dari daerah ini untuk keluarga atau kerabat terdekat di rumah. Karena Palangkaraya terkenal dengan hasil ikannya, banyak olahan yang berbahan dasar ikan. Jika Anda salah satu penikmat ikan, maka oleh-oleh tersebut sangat cocok untuk Anda beli. Selain kulinernya, ada juga kerajinan populer seperti topi, tas dan lainnya.