Menikmati waktu liburan di Bumi Sriwijaya, jangan lupa membawa pulang oleh-oleh khas dari Kota Palembang yang populer untuk keluarga di rumah.

Palembang menjadi salah satu tujuan wisata favorit selama berlibur ke Sumatera Selatan. Selain Jembatan Ampera yang menjadi ikon populernya, di Palembang juga terdapat banyak destinasi wisata menarik lainnya. Menikmati liburan di Palembang merupakan pilihan yang tepat. Tak hanya memiliki banyak tempat wisata, Palembang juga menawarkan berbagai oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang. Berikut ini beberapa buah tangan khas Bumi Sriwijaya yang tak boleh ketinggalan.

1. Kue Lapis Kojo

Kue Lapis Kojo
Image Credit: Cookpad.com

Jika ingin membawa pulang kue khas dari Palembang, anda bisa memilih kue lapis kojo.Kojo sendiri memiliki arti kamboja, karena biasanya kue ini diletakkan di loyang dengan bentuk bunga. Oleh-oleh satu ini sangat cocok jika anda dan keluarga menyukai makanan manis. Selain manis. Kue lapis kojo juga memiliki rasa yang gurih, karena dibuat dari telur ayam dan bebek. Kue ini memiliki tampilan yang unik, dengan warna hijau. Kue ini dijual dengan berbagai bentuk dan ukuran.

2. Kue Delapan Jam

Kue Delapan Jam
Image Credit: Cookpad.com

Selain kue lapis kojo, ada juga kue Palembang yang populer bernama kue delapan jam. Nama kue ini memang cukup unik, yang diambil dari proses pembuatannya dimana menghabiskan waktu sampai 8 jam. Banyak yang menganggap kue satu ini sebagai makanan khas para bangsawan. Nah bagi anda yang ingin merasakan camilan bangsawan, kue satu ini menjadi jawaban yang paling tepat.

Dibuat dari bahan telur dan gula, kue delapan memiliki rasa yang cukup unik. Hal ini yang menjadikan kue ini bertekstur lembut serta dapat disimpan dalam waktu yang lama. Sehingga buah tangan satu ini sangat cocok jika tempat tinggal anda jauh dari Palembang. Memiliki ukuran yang cukup besar dengan rasanya yang lezat, kue ini dijual mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 250.000.

3. Lempok Durian

Lempok Durian
Image Credit: Wowkeren.com

Durian menjadi salah satu buah sering diburu. Jika anda salah satu penyuka buah satu ini, anda bisa membawa oleh-oleh lempok durian. Jajanan khas Palembang yang terbuat dari daging buah durian yang dicampur dengan tepung. Bentuk panganan ini menyerupai dodol, memiliki rasa yang manis. Namun tekstur dari lempok durian lebih lembut dan berserat. Oleh-oleh ini memiliki aroma durian yang tidak terlalu kuat, sehingga cocok untuk orang yang tidak suka durian utuh.

BACA:  14 Wisata Kuliner di Palembang yang Murah & Enak

Lempok durian juga memiliki daya simpan yang cukup lama, sehingga anda tidak perlu khawatir jika makanan ini cepat basi saat dibawa pulang. Rata rata makanan satu ini dibanderol mulai Rp 200.00 hingga Rp 30.000. Jika ingin membelinya, anda perlu memilih tempat yang menjual lempok durian tanpa bahan pengawet. Pasalnya, selain berbahaya saat dikonsumsi, rasa yang dihasilkan juga akan berbeda dimana cita rasa durian menjadi hilang sehingga kurang nikmat.

4. Ikan Salai

Ikan Salai
Image Credit: Tempo.co

Palembang mempunyai ikan asap yang khas yaitu ikan salai. Berbeda dengan ikan asap pada umumnya, ikan salai dipipihkan lebih dulu sebelum diasap. Biasanya ikan yang diasap adalah ikan tenggiri. Oleh-oleh satu ini bisa dijadikan alternatif jika anda ingin membelikan orang terdekat makanan yang bernutrisi tinggi. Namun, aroma ikan yang khas bisa mengganggu selama perjalanan sehingga anda harus mengemasnya dengan rapat.

5. Pempek

Pempek
Image Credit: Kompas.com

Pempek menjadi makanan khas Palembang yang sangat populer. Bahkan saking populernya, pempek banyak dijual hampir di seluruh wilayah nusantara. Meskipun demikian, rasa pempek yang dibeli dari Palembang tentu akan berbeda dibandingkan di tempat lain. Pempek sendiri merupakan makanan yang terbuat dari bahan utama ikan yang diolah dengan tepung kanji atau tepung sagu. Karena adanya ikan , pempek a memiliki rasa yang khas dan gurih.

Olahan satu ini memiliki banyak varian isi diantaranya udang, telur, tahu, hingga kulit telur. Selain itu, bentuk pempek juga sangat beragam pempek lenjer, pempek keriting, pempek kapal selam, pempek kulit hingga pempek adaan. Biasanya pempek dihidangkan dengan cuko pempek. Ada banyak tempat yang menjual pempek Palembang, salah satunya yang paling recomended yaitu pempek Candy. Anda bisa membeli pempek yang masih mentah atau yang sudah matang.

6. Kemplang

Kemplang
Image Credit: Bukalapak.com

Tak hanya pempek yang terbuat dari ikan, Palembang juga memiliki jajanan kerupuk yang berbahan dasar ikan yaitu kemplang. Bahkan umumnya, kemplang ini terbuat dari pempek lenjer yang dipotong. Selanjutnya, adonan tersebut digoreng hingga dua kali. Hal inilah yang membuat camilan satu ini memiliki daya tahan cukup lama. Kemplang akan terasa nikmat jika disantap dengan saus merah. Jadi pastikan saat membelinya, sudah disertai dengan saus kemplang.

7. Tempoyak

Tempoyak
Image Credit: Okezone.com

Selain Lempok durian, Palembang juga mempunyai makanan yang terbuat dari bahan utama durian yakni tempoyak. Olahan satu ini merupakan durian yang difermentasikan. Namun, berbeda dengan makanan yang lain karena tempoyak biasa dihidangkan sebagai pelengkap ayam suwir maupun ikan. Rasa tempoyak sendiri agak masam, sehingga dijadikan sebagai pendamping nasi. Jadi bisa diibaratkan jika tempoyak merupakan sambal khas dari Palembang.

8. Engkak Ketan

Engkak Ketan
Image Credit: Resepkuerenyah.com

Kebanyakan kue di Palembang dibuat menggunakan bahan telur bebek, begitupun dengan engkak ketan. Makanan ini menjadi oleh-oleh yang harus anda bawa karena rasanya yang unik. Jika dipandang secara sekilas, oleh-oleh satu ini tampak seperti kue lapis. Namun jika dilihat dari pembuatannya, terdapat perbedaan dimana engkak ketan juga menggunakan bahan dasar ketan. Dan menariknya lagi, camilan satu ini menggunakan gula yang cukup banyak pada setiap adonannya.

BACA:  33 Tempat Wisata di Palembang Terbaru & Paling Hits

Hal inilah yang membuat engkak ketan memiliki daya simpan yang cukup lama. Engkak ketan biasanya dihidangkan pada acara acara besar seperti hari besar keagamaan maupun upacara adat. Namun, anda juga dapat menemukan banyak tempat yang menjual oleh-oleh ini. Umumnya, engkak ketan dijual mulai Rp 145.000 hingga Rp 250.0000. Harga engkak ketan di setiap tempat berbeda beda, biasanya di tempat produksinya dijual dengan harga yang lebih murah.

9. Kerupuk Pecah Seribu

Kerupuk Pecah Seribu
Image Credit: Pusatoleholehpalembang.com

Kerupuk pecah seribu bisa menjadi alternatif oleh-oleh jika anda lebih menyukai camilan yang gurih. Panganan ini memiliki nama yang unik, diambil dari teksturnya yang berubah pecahan yang merata. Kerupuk pecah seribu memiliki ukuran yang kecil dengan rasa khas dibuat dari ikan tenggiri. Biasanya masyarakat Palembang menjadikan kerupuk ini sebagai pelengkap saat menyantap nasi. Membawanya untuk kerabat, tentu anda harus membelinya dalam jumlah yang banyak.

10. Sambal Lingkung

Sambal Lingkung
Image Credit: Omiyago.com

Palembang memiliki sambal yang khas diberi nama sambal lingkung. Sambal ini bisa menjadi pilihan jika anda tidak menyukai sambal yang pedas. Cara membuat sambal lingkung juga tidak terlalu sulit, yaitu dengan menggunakan bahan ikan tenggiri yang ditambahkan dengan santan kelapa dan rempah rempah. Selanjutnya bahan bahan tersebut diolah menjadi abon. Masyarakat Palembang biasanya memasak sambal lingkung menjelang hari raya idul fitri maupun idul adha.

11. Bolu Suri

Bolu Suri
Image Credit: Cookpad.com

Kue bolu suri merupakan salah satu makanan dari Palembang yang memiliki tampilan seperti bika ambon. Namun, terdapat perbedaan antara bolu suri dengan bika ambon, baik dari bahan yang digunakan maupun proses pembuatannya. Adonan dari bolu satu ini tidak memakai serai dan daun jeruk. Selain itu, bolu suri juga lebih manis dan gurih sehingga rasanya dijamin tidak akan membuat anda kecewa. Camilan ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga.

Biasanya kue khas Palembang ini sering disajikan pada hari besar besar tertentu. Namun, tidak perlu khawatir karena bolu suri sangat mudah ditemukan di toko oleh-oleh Palembang. Ketika membeli pastikan jika tanggal expirednya masih lama, sehingga masih bisa dinikmati saat pulang. Bolu suri sangat nikmat dijadikan sebagai cemilan saat santai sembari minum teh.

12. Kue Maksuba

Kue Maksuba
Image Credit: Catatanpringadi.com

Kue maksuba menjadi rekomendasi oleh-oleh yang bisa dibeli saat berada di Palembang. Bisa dikatakan jika kue ini merupakan kue lapis Palembang. Kue maksuba memiliki rasa yang manis dan lezat. Hal ini tidak terlepas dari bahan pembuatannya yang menggunakan bahan yang manis. Kue maksuba dibuat dari telur, mentega, gula pasir, susu kental manis, dan esens vanila untuk aroma. Jika kue lapis kojo berwarna hijau, maka kue maksuba justru berwarna putih.

BACA:  14 Wisata Kuliner di Palembang yang Murah & Enak

13. Queenroll Palembang

Queenroll Palembang
Image Credit: Tribunnews.com

Saat ini memang mulai banyak oleh-oleh kekinian yang biasanya yang biasa dijual oleh para artis, Palembang pun memiliki kue Queenroll palembang. Kues atu ini bisa anda temukan di jalan kerangga. Kue ini sebenarnya salah satu usaha yang dimiliki oleh artis Sandra Dewi. Jika dilihat bentuknya tampak seperti cheese cake yang digulung dengan tekstur yang lembut. Rasa dari bolu ini juga tidak kalah lezatnya, apalagi bagian luar queenroll yang dibuat crunchy.

14. Kue Gandus

Kue Gandus
Image Credit: Detik.com

Pelmbang memiliki banyak jenis kue yng bisa dicoba, salah satunya yaitu kue gandus. Camilan satu ini dibuat dari olahan tepung dengan rasanya yang legit. Karena rasanya yang lezat, mencobanya sekali akan membuat anda ketagihan. Jadi tidak ada salahnya menjadikan kue gandus sebagai buah tangan dari Palembang. Kue gandus kan terasa lebih nikmat jika disantap dengan ebi atau abon. Anda juga bisa menjadikannya camilan di pagi hari bersama teh hangat.

15. Kain Palembang

Kain Palembang
Image Credit: Bernas.id

Jika ingin membawa oleh-oleh selain makanan, anda bisa memilih kain palembang untuk dibawa pulang. Tentu oleh-oleh satu ini akan lebih awet dan disimpan dalam waktu yang lebih lama. Ada banyak pilihan kain palembang yang bisa dibeli, mulai dari kain songket, kain jumputan hingga kain batik palembang. Kain Palembang memiliki motif yang lebih unik, sehingga anda bisa mengubah kain tersebut menjadi baju sesuai dengan model yang didinginkan.

Baju dari kain Palembang bisa anda pakai saat acara resmi, tentu anda akan tampil berbeda dengan yang lain. Anda bisa menemukan kain palembang di rumah songket ataupun pasar 16 ilir. Ada banyak pilihan motif yang bisa disesuaikan dengan selera. Selain itu, warna yang tersedia juga sangat beragam mulai dari yang cerah hingga yang berwarna gelap. Selain dipakai sendiri, membeli kain palembang untuk orang tercinta bisa menjadi ide yang menarik.

Berwisata ke Palembang akan menjadi momen yang tak terlupakan, apalagi jika membeli buah tangan dari daerah ini. Memilih tempat oleh-oleh khas yang tepat di Palembang memang bukan perkara mudah, mengingat ada banyak toko yang menjual makanan khas. Agar masih bisa dinikmati sampai di rumah, anda harus memilih oleh-oleh yang lebih tahan lama. Selain itu, pastikan jika kemasan oleh-oleh sudah rapat dan rapi.