Palu menawarkan beragam oleh-oleh khas yang dapat Anda beli untuk dibawa pulang. Buah tangan berupa makanan hingga cindermata yang miliki ciri khas tersendiri.

Selepas berlibur atau singgah di sebuah kota, rasanya memang tidak lengkap jika tak berburu oleh-oleh. Apalagi oleh-oleh setiap daerah selalu khas dan mungkin tidak bisa kita temukan di kota lainnya. Berlibur ke kota Palu, anda bisa sekalian berburu oleh-oleh khasnya. Ada beberapa buah tangan yang memang sudah kondang di kalangan para wisatawan. Berikut deretan oleh-oleh khas kota Palu yang tidak boleh dilewatkan, simak ulasannya.

1. Kacang Goyang

Kacang Goyang
Image Credit: Mongondow.co

Oleh-oleh khas kota Palu yang tidak boleh dilewatkan dan menarik perhatian adalah kacang goyang. Kacang goyang sebenarnya memiliki bentuk yang sama dengan kacang telur. Yang membedakan, kacang goyang ini memiliki warna warni yang sangat cantik. Tak hanya warnanya yang unik, rasa yang bisa anda nikmati juga begitu beragam. Sehingga anda bisa dengan mudah menyesuaikan dengan selera anda ketika membeli kacang goyang ini.

Rasanya yang gurih dengan tekstur yang renyah membuat siapa saja ketagihan dengan rasanya. Sangat cocok sebagai oleh-oleh karena tahan lama untuk anda yang tujuannya jauh. Kacang goyang sangat pas dijadikan teman perjalanan atau menonton tv. Untuk mendapatkan kacang goyang di Kota Palu tidaklah sulit. Anda bisa mengunjungi pusat oleh-oleh yang tersebar di kota Palu. Biasanya dijual mulai dari Rp. 5 ribu ke atas untuk setiap kotaknya.

2. Bawang Goreng Khas Palu

Bawang Goreng Khas Palu
Image Credit: I.ytimg.com

Palu juga kondang dengan bawang gorengnya. Mungkin anda bertanya tanya, ada apa dengan bawang goreng Palu. Bawang goreng khas Palu berbeda dengan bawang goreng pada umumnya. Yang membedakan adalah rasanya yang lebih gurih dan sedap. Untuk teksturnya lebih renyah dengan aroma yang akan meningkatkan nafsu makan anda. Ketika mengunjungi Palu, oleh-oleh satu ini memang tidak boleh anda lewatkan untuk dibawa pulang.

Sebenarnya untuk proses pembuatannya sendiri tak jauh berbeda dengan bawang goreng pada umumnya. Namun rasanya yang memang lebih nikmat dan menjadikannya sebagai ciri khas dibandingkan yang lainnya. Anda bisa menjadikan oleh-oleh satu ini untuk keluarga maupun kerabat di rumah. Bawang goreng ini termasuk oleh-oleh yang sangat mudah untuk dicari. Ada banyak pusat oleh-oleh yang menyediakannya dalam berbagai ukuran dan kemasan.

BACA:  20 Tempat Wisata di Palu Terbaru & Paling Hits

3. Sambal Ikan Roa

Sambal Ikan Roa
Image Credit: Kuka.co.id

Selanjutnya buah tangan yang tak boleh dilewatkan dan memang kondang adalah sambal ikan roa. Seperti pada umumnya sambal, rasanya pasti pedas dan menggunakan cabe dan berbagai bumbu. Yang membedakan sambal ikan roa ini pada campurannya, yaitu ikan roa yang telah digoreng dan juga telah dihaluskan. Tambahan ikan ini membuat cita rasa sambal khas Palu ini makin nikmat dan berbeda dengan rasa sambal dari daerah lainnya.

Oleh olah satu ini sangat cocok untuk anda yang menyukai kuliner pedas. Hanya sepiring nasi hangat ditambahkan dengan sambal ikan roa, pasti jadi sajian yang membuat ketagihan. Inilah yang menjadikan sambal ini banyak diburu oleh wisatawan ketika singgah di Palu. Bagi anda yang berminat untuk memburu sambal ini, anda bisa mengunjungi pusat oleh-oleh di kota Palu. Sambal ini bisa bertahan hingga 1 tahun jika di simpan menggunakan toples dan di lemari es.

4. Bagea

Bagea
Image Credit: Pesonawisata.sultengprov.go.id

Masih berupa panganan, Bagea juga bisa dijadikan buah tangan ketika anda mengunjungi Palu. Makanan satu ini memang bisa ditemui di beberapa daerah Sulawesi lainnya. Namun yang membedakan Bagea dari Palu adalah sagu sebagai bahan dasar yang ditambahkan dengan kacang. Membuat rasanya makin gurih dan ada sensasi manis ketika anda menyantapnya. Selain itu ada banyak rasa yang bisa anda coba sendiri.

Rasa original hingga rasa keju menjadikan para wisatawan memiliki banyak pilihan. Bisa tahan lama, Bagea menjadi panganan yang sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Harganya juga terbilang terjangkau, umumnya berkisar di angka Rp. 18 ribuan hingga Rp. 40 ribuan. Tergantung dari ukuran dan juga rasa apa yang anda pilih. Berburu panganan khas satu ini tidaklah sulit, anda bisa mengunjungi toko oleh-oleh di sekitaran kota Palu.

5. Kain Khas Palu

Kain Khas Palu
Image Credit: 3.bp.blogspot.com

Tak hanya bisa membawa pulang panganan, cinderamata seperti kain khas Palu sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Biasanya kain khas Palu memiliki warna yang cerah namun tetap memberikan kesan mewah. Lembut dan sangat nyaman ketika dipakai menjadikan kain ini begitu diburu oleh wisatawan. Anda bisa memberikan kain cantik ini untuk orang tersayang sebagai cinderamata dari Palu yang begitu khas dan populer.

BACA:  20 Tempat Wisata di Palu Terbaru & Paling Hits

Harga kain ini sangat bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Harga dibandrol tergantung dari ukuran, bahan hingga corak yang anda pilih. Jika melihat kualitas yang diberikan, maka wajar jika dibandrol dengan harga yang lebih tinggi. Mendapatkan kain khas Palu ini sangat mudah, sebab banyak pusat oleh-oleh sampai toko pinggir jalan menjual kain khas satu ini.

6. Cokelat Banua

Cokelat Banua
Image Credit: Pesonawisata.sultengprov.go.id

Bagi anda pecinta coklat, wajib memburu coklat khas Palu yang dikenal dengan coklat Banua. Potensi perkebunan kakao di Sulawesi Tengah memang cukup besar. Menjadikan masyarakat mengolahnya menjadi kuliner yang bisa jadi ciri khas. Olahan coklat satu ini terbilang berbeda dengan rasa coklat pada umumnya. Coklat Banua lebih pahit karena memang minim penggunaan zat pemanis dan memang ingin menonjol cita rasa coklat yang asli.

Dengan rasa pahit ini, justru manfaat coklat bisa diambil lebih banyak dibandingkan yang rasanya manis. Ada banyak produk Cokelat Banua, mulai dari cokelat bar dengan aneka rasa hingga minuman cokelat. Anda bisa menjajal dan memborong sesuai dengan kesukaan dan kebutuhan anda. Bukan hanya tahan lama, cokelat ini juga dibandrol dengan harga yang cukup bersahabat. Umumnya dibandrol mulai Rp. 10 ribuan ke atas tergantung produk dan ukuran.

7. Sarung Donggala

Sarung Donggala
Image Credit: Tokopedia.net

Selain kain khas Palu, Sarung Donggala juga bisa dijadikan sebagai alternatif buah tangan untuk kerabat. Sarung satu ini menjadi produk kerajinan tenun tradisional yang diproduksi oleh masyarakat asli Donggala. Ciri khas dari sarung ini adalah tekstur sarung yang lebih halus. Hal ini disebabkan karena menggunakan teknik tradisional dari tangan tangan terampil para wanita setempat. Kualitasnya juga andalan dan istimewa sehingga tak perlu khawatir.

Bukan hanya masalah kualitas, motif yang dihadirkan juga lebih unik dan cantik. Tak hanya dikenal di Donggala, kualitas dari sarung ini bahkan sudah terkenal hingga seluruh Nusantara. Sama halnya dengan kain khas Palu, untuk oleh-oleh satu ini memang harus merogoh kocek cukup dalam. Harga tersebut tergantung dari bahan dan motif yang anda pilih. Tentunya sebanding, mengingat pembuatannya juga secara tradisional dan butuh waktu tak sebentar.

BACA:  20 Tempat Wisata di Palu Terbaru & Paling Hits

8. Kerajinan Kayu Hitam

Kerajinan Kayu Hitam
Image Credit: Antarafoto.com

Wisatawan lokal maupun mancanegara juga banyak memburu kerajinan kayu hitam ini. Keindahan kerajinan ini memang sangat cocok jika dijadikan sebagai oleh-oleh keluarga atau kerabat. Banyak produk kerajinan yang bisa dibawa pulang, mulai dari gantungan kunci, jam, kotak perhiasan hingga patung. Karya seni ini dihasilkan dari kayu yang dikenal dengan nama kayu eboni. Kayu eboni memang memiliki tekstur keras yang cocok dijadikan sebagai kerajinan.

9. Keripik Buah Naga

Keripik Buah Naga
Image Credit: Idntimes.com

Panganan khas Palu yang juga hits di kalangan wisatawan adalah keripik buah naga. Biasanya buah naga dinikmati dengan dijus maupun dinikmati secara langsung. Namun masyarakat Palu justru mengolahnya menjadi kripik. Mengingat tanaman buah naga memang menjadi tanaman pokok di kota Palu ini, sehingga banyak dimanfaatkan oleh warga setempat. Kehadiran kripik satu ini memang masih belum sepopuler keripik singkong atau lainnya.

Tak hanya memiliki rasa nikmat dan bisa dijadikan alternatif, Keripik Buah Naga juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan vitamin hingga mineral dalam buah naga sangat baik bagi tubuh. Anda bisa menemukan keripik yang unik ini, di pusat oleh-oleh di kota Palu dengan mudah. Harga keripiknya juga bersahabat, umumnya dihargai mulai dari Rp. 10 ribu untuk kemasan yang paling kecil. kemasan yang lebih besar tentunya lebih tinggi harganya.

10. Keripik Pisang Donggala

Keripik Pisang Donggala
Image Credit: Jualkeripikenak.wordpress.com

Selanjutnya yang tak kalah terkenal adalah Keripik Pisang Donggala. Pisang yang digunakan untuk membuat keripik adalah pisang tanduk. Membuat rasanya lebih gurih, manis dan juga renyah. Anda bahkan bisa memilih banyak varian rasa mulai dari rasa pedas, cokelat hingga keju. Keripik ini sangat direkomdasikan sebagai oleh-oleh selain nikmat, juga termasuk buah tangan yang murah. Cukup siapkan budget mulai Rp. 10 ribu untuk kemasan 100 gramnya.

Palu menjadi salah satu kota di Sulawesi yang menjadi tujuan wisata. Tak heran jika oleh-oleh khas yang dimilikinya juga begitu beragam. Anda bisa memburu oleh-oleh berupa panganan hingga barang yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Umumnya dibandrol dengan harga terjangkau, tak heran jika banyak yang langsung memborongnya. Jadi sudah memutuskan akan memburu oleh-oleh yang mana?