Berkunjung ke Pandeglang, tentu tidak boleh ketinggalan untuk membawa pulang oleh-oleh khas daerahnya. Buah tangan yang terdiri dari makanan ringan, hingga berbagai kerajinan bisa Anda temukan.

Meski berada di bagian Jawa Barat, semenjak tahun 2000 Banten telah memisahkan diri dan menjadi provinsi sendiri. Daerah ini mempunyai banyak keunikan serta budaya tersendiri yang layak untuk ditelusuri, seperti di daerah Pandeglang. Apabila Anda berkunjung ke Pandeglang, jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh untuk diberikan kepada sanak keluarga. Berikut daftar oleh-oleh yang paling diminati wisatawan.

1. Kue Pasung

Kue Pasung
Image Credit: Facebook.com @iwan.subakti

Oleh-oleh yang tidak boleh lupa untuk Anda bawa pulang setelah berkunjung ke Pandeglang yaitu Kue Pasung. Kue satu ini terbuat dari bahan dasar tepung beras, meski begitu kue pasung cukup unik karena jajanan ini terdiri dari dua buah adonan. Yang pertama yakni campuran antara tepung beras dengan gula aren, lalu selanjutnya ada campuran tepung sagu dan santan.

Selanjutnya semua bahan tersebut diaduk hingga mengental, dan diberi tambahan sedikit potongan kelapa dan juga nangka untuk memberikan cita rasa lebih. Teksturnya sendiri lembut dengan aroma yang harum semerbak, menggoda siapapun untuk segera mencicipinya. Meski begitu kue pasung tidak terlalu tahan lama, sehingga harus cepat dikonsumsi.

2. Kue Gipang

Kue Gipang
Image Credit: Facebook.com @OlehOlehBantenWBH

Jajanan khas Pandeglang lainnya yang dapat Anda bawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga atau teman, yaitu kue gipang. Kue satu ini banyak diburu oleh para wisatawan ketika berkunjung kemari, terlebih untuk wisatawan mancanegara karena tidak adanya kue seperti itu di negara asal mereka. Wisatawan lokal juga tidak mau kalah untuk membawanya ke kampung halaman.

Kue gipang sendiri terbuat dari ketan dan mempunyai cita rasa manis, dengan tekstur yang sedikit lengket. Sangat cocok sebagai camilan ketika menonton tv, ditemani dengan segelas kopi pahit. Kue gipang bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai pusat oleh-oleh di Pandeglang, kemasannya juga beraneka rupa dan bisa mudah dibawa bawa sehingga pas dibawa sebagai oleh-oleh.

3. Sambel Burog

Sambel Burog
Image Credit: Bantenkulineran.blogspot.com

Apabila tidak menyukai makanan manis, dan lebih memilih cita rasa pedas menggigit maka sambel burog menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Dengan kemasan botol dalam berbagai ukuran, Anda bisa dengan mudah menemukan sambel burog di berbagai pusat oleh-oleh yang ada di pusat Pandeglang.

BACA:  20 Tempat Wisata di Pandeglang Terbaru & Paling Hits

Sambel burog sendiri adalah sambel yang terbuat dari bahan dasar kulit melinjo, sehingga menghasilkan cita rasa yang unik dan sangat khas. Anda bisa menggunakannya untuk makan bersama nasi hangat serta lauk pauk lainnya. Dijamin rasa masakan bisa menjadi lebih lezat dan membuat Anda ingin terus nambah, lagi dan lagi.

4. Emping

Emping
Image Credit: Facebook.com @kampungotentik

Emping menjadi camilan selanjutnya yang bisa Anda jadikan sebagai buah tangan setelah berkunjung ke daerah Pandeglang. Emping juga terbuat dari bahan dasar melinjo, mengingat bahwa daerah Banten pun dengan Pandeglang banyak memproduksi melinjo. Sehingga olahan kuliner yang terbuat dari bahan tersebut tersedia cukup banyak.

Bagi masyarakat sekitar, emping biasanya dijadikan teman untuk makan soto, sate, maupun makanan berkuah lainnya. Anda bahkan bisa mengonsumsinya tanpa pendamping apapun, dan menjadikannya camilan di waktu senggang. Rasa gurihnya mampu membuat siapapun penikmatnya tidak terasa sudah menghabiskan emping dalam sekejap.

5. Keripik Getas

Keripik Getas
Image Credit: Facebook.com @najwan.hadafi

Camilan lain yang juga tidak kalah populer untuk dijadikan sebagai oleh-oleh yakni keripik getas. Tentunya Anda juga bisa menemukan kuliner satu ini dengan mudah di berbagai tempat oleh-oleh yang ada. Hal ini dikarenakan di Pandeglang terdapat cukup banyak jenis keripik yang diperjualbelikan, termasuk juga keripik getas satu ini.

Keripik getas sangat cocok dikonsumsi sebagai teman ngobrol atau saat menonton televisi, sehingga tak lengkap rasanya bila Anda berkunjung ke Pandeglang tanpa membawa pulang camilan tersebut. Kemasannya yang relatif mudah dibawa dan bisa tahan lama, serta harganya yang murah meriah adalah daya tarik utama dari jajanan keripik getas ini.

6. Keripik Singkong

Keripik Singkong
Image Credit: Facebook.com @marief.wibowo2

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Pandeglang mempunyai cukup banyak jenis keripik yang diperjualbelikan, selain keripik getas Anda juga bisa membawa pulang keripik singkong. Sesuai dengan sebutannya, keripik ini adalah camilan yang terbuat dari bahan singkong yang dibuat dengan cara diiris tipis tipis.

Singkong yang sudah diiris tipis tipis ini kemudian dikeringkan, dan selanjutnya digoreng layaknya kerupuk. Keripik singkong yang ada di Pandeglang tersebut cenderung memiliki cita rasa yang manis, sehingga cocok dijadikan sebagai camilan teman minum kopi. Anda bisa menjadikannya oleh-oleh yang tepat untuk keluarga di rumah.

BACA:  30 Tempat Wisata di Tangerang Terbaru & Paling Hits

7. Rengginang

Rengginang
Image Credit: Facebook.com @Rengginangkampung

Rengginang mungkin sudah cukup terkenal di seantero Indonesia, dan bisa juga ditemukan di beberapa daerah lainnya. Meski begitu, animo wisatawan yang berkunjung ke Pandeglang dan membawa pulang oleh-oleh rengginang tidak pernah surut. Rasa dari jajanan satu ini memang terasa khas dan sedikit berbeda dari rengginang di daerah lainnya.

Dengan teksturnya yang renyah dan gurih, rengginang siap menemani waktu santai Anda sambil mengobrol atau aktivitas lainnya. Tentunya rengginang juga sangat mudah untuk Anda temukan di berbagai pusat oleh-oleh, bahkan hingga toko toko camilan kecil di pinggir kota. Jajanan ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, serta ramah di kantong.

8. Kerupuk Ikan

Kerupuk Ikan
Image Credit: Shopee.co.id

Kerupuk ikan adalah makanan ringan yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai pengganjal perut ketika kelaparan. Makanan ringan satu ini juga menjadi favorit para wisatawan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Pasalnya dengan kemasan yang praktis dan sifatnya yang bisa tahan lama selama di perjalanan, kerupuk ikan masih dalam kondisi baik ketika sampai di kampung halaman.

Selain itu, kerupuk ikan setelah digoreng juga menghasilkan cita rasa gurih dan renyah yang cocok dijadikan sebagai camilan maupun pendamping makanan berat. Hal ini tentu saja menambah kepopuleran dari jajanan satu ini di pandangan masyarakat. Terlebih dengan harganya yang ditawarkan cukup murah meriah, sehingga Anda tidak perlu merogoh kocek lebih dalam.

9. Ceplis

Ceplis
Image Credit: Facebook.com @irnawati-429727787812869

Ceplis mungkin masih terdengar asing dan tidak familiar di telinga Anda yang bukan orang Pandeglang atau Banten. Ceplis merupakan salah satu jajanan lainnya yang terbuat dari bahan dasar melinjo, dan diolah sedemikian rupa hingga terbentuk camilan baru yang rasanya mirip dengan emping. Meski begitu bentuk serta tekstur ceplis sedikit berbeda dari emping pada umumnya.

Jika emping memiliki bentuk yang bulat serta pipih, maka ceplis ini mempunyai bentuk yang jauh lebih kecil seperti bola bola. Dan rasanya juga lebih gurih bila dibanding emping, sehingga sangat nendang di lidah. Cocok sekali sebagai camilan di waktu santai, atau selama Anda berada di perjalanan. Kemasan dari ceplis juga sangat praktis dan bisa mudah Anda bawa kemana saja.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Tangerang yang Paling Populer

10. Otak-Otak

Otak-Otak
Image Credit: Facebook.com @clavian.aditya

Siapa yang tidak kenal dengan otak otak, sepertinya hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah familiar dengan jenis makanan satu ini. Meski banyak juga tempat lain yang menjajakan otak otak, namun otak otak Pandeglang mempunyai cita rasa yang khas. Terbuat dari bahan ikan tenggiri yang dihaluskan, Anda akan merasakan rasa kuat dari ikan tersebut.

Ikan tenggiri kemudian diaduk merata dengan tepung tapioka, lalu ditambah pula dengan campuran santan, merica, garam, gula pasir, dan bawang putih. Sehingga mampu memberikan perpaduan sempurna yang menggugah selera. Anda bisa menikmati otak otak ini dengan mencocolkan ke sambel kacang atau saus biasa.

Lembutnya otak otak berpadu dengan saus akan meleleh dan lumer di dalam mulut, membuat Anda ketagihan untuk terus mencicipinya. Otak otak ini tentunya bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh, Anda bisa membelinya dalam bentuk frozen sehingga akan tahan selama perjalanan. Nantinya Anda bisa menggoreng atau mengukusnya sendiri di rumah.

11. Kerajinan Tas

Kerajinan Tas
Image Credit: Faceboo.com (Reza Neww)

Selain makanan atau camilan, Anda juga bisa membawa oleh-oleh berupa kerajinan tas untuk dibawa pulang. Dengan begitu cinderamata tersebut bisa dijadikan sebagai kenang kenangan, menandakan Anda pernah berkunjung ke daerah Pandeglang. Kerajinan tas ini dibuat dari berbagai bahan, mulai dari bambu, pelepah pisang, eceng gondok, dan lain sebagainya.

12. Gerabah

Gerabah
Image Credit: Facebook.com @gerabah.banten.9

Selain kerajinan tas, barang lainnya yang bisa Anda gunakan sebagai cinderamata yaitu gerabah. Kerajinan yang terbuat dari tanah liat tersebut sangat populer di wilayah Pandeglang, serta Banten. Anda bisa menemukan berbagai olahan gerabah, mulai dari kendi, tungku, pot bunga, dan masih banyak lagi.

Tentunya harga yang ditawarkan juga bervariasi, tergantung dari jenis gerabah serta ukuran dari gerabah tersebut. Meski begitu Anda tidak perlu khawatir, karena semua barang barang ini ditawarkan dengan harga terjangkau. Namun tidak semua tempat oleh-oleh menyediakan kerajinan ini, jadi Anda perlu mencarinya lebih teliti.

Pandeglang merupakan salah satu kabupaten yang ada di Banten, sehingga banyak dari oleh-oleh khasnya yang juga mirip dengan beberapa daerah di Provinsi tersebut. Meski begitu, Pandeglang mempunyai coraknya sendiri yang memberikan cita rasa berbeda pada olahan kulinernya maupun berbagai cinderamata yang diperjual belikan.