Membawa buah tangan ketika liburan ke Pariaman menjadi sebuah kewajiban yang tidak tertulis. Inilah rekomendasi oleholeh khas dari Pariaman yang populer dan bisa Anda bawa pulang.

Pariaman, kondang dengan wisata baharinya serta banyak makanan khas yang menggoyang lidah. Keindahan alamnya juga layak untuk diacungi jempol. Mengunjungi kota satu ini, sayang rasanya jika tidak sekalian berburu oleh-oleh. Berikut beberapa oleh-oleh khas Pariaman yang bisa Anda buru untuk kerabat di rumah.

1. Karak Kaliang

Karak Kaliang
Image Credit: Instagram.com @novalina171717

Oleh-oleh yang banyak diburu dan harus Anda bawa pulang adalah Karak Kaliang. Makanan ini sendiri merupakan olahan singkong yang dibuat menjadi kerupuk. Singkong akan diolah hingga menjadi tepung terlebih dahulu. Barulah nantinya akan ditambahkan dengan bumbu seperti garam dan juga bawang putih.

Dengan begitu rasa dari makanan ini lebih cenderung gurih. Tepung singkong yang telah ditambahkan dengan bumbu akan diuleni setelah itu dibentuk. Yang membuatnya semakin unik, Karak Kaliang memiliki bentuk layaknya angka delapan. Cara mengolahnya adalah dengan menggorengnya pada minyak panas.

Untuk mendapatkan makanan ringan yang sering jadi buah tangan ini, tidaklah sulit. Anda bisa menemukannya di berbagai pusat oleh-oleh yang ada di Pariaman. Harga yang dibanderol juga terbilang ramah kantong. Selain itu tersedia berbagai ukuran kemasan dan juga menjadi buah tangan yang tahan lama sekalipun tujuan Anda jauh.

2. Arai Pinang

Arai Pinang
Image Credit: Instagram.com @ilaaabalqis

Masih dalam bentuk makanan, Anda bisa menemukan Arai Pinang di Pariaman. Makanan ini menjadi salah satu buah tangan yang banyak dijadikan pilihan. Camilan khas ini menggunakan tepung beras dan ditambahkan dengan bumbu bumbu khusus. Menjadikannya memiliki rasa yang gurih dan teksturnya renyah.

Siapapun yang mencoba makanan ini dijamin akan ketagihan. Dinamakan dengan Arai Pinang karena dalam bahannya membutuhkan bunga Pinang. Bunga Pinang ini semakin membuat rasa dari jajanan ini begitu unik. Aroma yang dikeluarkan juga begitu unik dan berbeda daripada makanan lainnya. Inilah juga yang menjadi alasan mengapa Arai Pinang begitu diburu.

Bentuknya bulat dan sekilas mirip dengan keripik kentang kemasan. Dalam pengolahannya, nantinya ditambahkan dengan saus dan juga rebusan gula. Perpaduan rasa ini memang begitu unik, dan untuk membentuknya membutuhkan cetakan. Arai Pinang sangat mudah untuk ditemukan, umumnya akan dibanderol mulai dari Rp. 11 ribu untuk kemasan 500 gram.

BACA:  15 Tempat Wisata di Pariaman Terbaru & Paling Hits

3. Kerupuk Jangek

Kerupuk Jangek
Image Credit: Apasih.web.id

Mengunjungi Pariaman rasanya tidak lengkap jika tidak berburu oleh-oleh satu ini. Kerupuk Jangek sendiri sebenarnya begitu mudah untuk ditemukan di rumah makan Padang di berbagai kota. Hanya saja akan memberikan sensasi yang berbeda jika membelinya di asalnya secara langsung. Dan tentunya Anda bisa membawa Kerupuk Jangek sebagai oleh-oleh.

Kerupuk Jangek sendiri merupakan kerupuk yang dibuat dari kulit. Umumnya kulit yang dijadikan bahan dasar adalah kulit kerbau dan kulit sapi. Dengan bentuk yang beragam menjadikan Kerupuk satu ini unik. Perpaduan rasa gurih dan tekstur yang renyah memang membuat banyak yang ketagihan akan rasanya.

Untuk membuat kerupuk ini memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sehingga pantas saja jika rasa yang dihasilkan berhasil menggoyang lidah siapapun. Menemukan buah tangan satu ini di Pariaman bukanlah hal yang sulit. Ada banyak toko oleh-oleh maupun gerai yang menjualnya dengan harga dan juga kemasan yang beragam.

4. Rendang Suwir Ayam

Rendang Suwir Ayam
Image Credit: Instagram.com @roemahrendang

Rendang menjadi salah satu kuliner khas Indonesia yang kelezatannya sudah begitu kondang. Potongan daging dengan bumbu rendang yang khas memang sangat menggugah selera. dipadukan dengan nasi putih hangat memang sangat sayang dilewatkan. Dan rupanya, rendang tidak hanya dibuat dari daging sapi aja.

Di Pariaman Anda bisa menemukan Rendang Suwir Ayam yang banyak diburu sebagai buah tangan. Seperti namanya, bahan utama yang digunakan adalah daging ayam yang sudah disuwir suwir. Rasa yang dihadirkan dalam rendang satu ini tidak kalah dengan nikmatnya rendang sapi. Bumbu yang digunakan merupakan rempah khas yang dimasak khusus.

Dengan begitu setiap bumbunya akan meresap pada suwiran dagingnya. Yang membuatnya semakin banyak diburu, rendang suwir ayam akan lebih tahan lama dibandingkan dengan rendang basah. Sehingga sekalipun tujuan Anda jauh tetap akan bisa bertahan lama. rendang Suwir ayam juga sangat mudah untuk ditemukan, dengan harga mulai Rp. 50 ribuan.

5. Dendeng

Dendeng
Image Credit: Kompas.com

Buah tangan selanjutnya yang juga bisa Anda bawa pulang adalah Dendeng. Dendeng sendiri dalam pembuatannya menggunakan proses pengasapan lebih dahulu. Dengan begitu menjadikan kuliner satu ini bisa bertahan dalam waktu yang panjang. Layaknya rendang sapi, dendang juga menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Sawahlunto yang Paling Populer

Yang membuatnya berbeda, dalam memasaknya tidak menggunakan santan. Sehingga tidak berlemak dan juga memiliki rasa yang sedikit asin serta lebih pedas. Daging yang digunakan untuk dendeng umumnya akan dipotong kecil kecil dan ditambahkan saus. Setelah itu dikeringkan dengan api kecil, dimana daging ini sebelumnya harus dijemur lebih dahulu.

Barulah nantinya digoreng dan ditambahkan dengan taburan bumbu balado. Anda juga bisa menemukan bumbu selain balado yakni dendeng batokok. Dimana dendeng ini menggunakan cabai hijau untuk bumbunya. Dendeng satu ini lebih empuk, karena dalam prosesnya dipukul pukul lebih dahulu.

6. Keripik Balado

Keripik Balado
Image Credit: Bukalapak.com

Sambal Balado khas Pariaman memang terkenal dan banyak sekali penggemarnya. Dan karena rasanya yang terkenal lezat itulah akhirnya diinovasikan menjadi makanan yang beragam. Salah satunya adalah menjadi Keripik Balado yang banyak sekali penggemarnya. Renyahnya keripik yang berpadu dengan bumbu balado memang tiada duanya.

Tak heran jika panganan satu ini banyak diburu oleh wisatawan. Selain itu, keripik balado juga sangat mudah untuk ditemukan. Toko oleh-oleh yang tersebar di seluruh Pariaman, rata rata sudah menyediakan oleh-oleh satu ini. Harga yang ditawarkan untuk setiap kemasannya juga tidak akan membuat kantong Anda jebol.

7. Roti Rendang

Roti Rendang
Image Credit: Okezone.com

Oleh-oleh khas Pariaman masih belum semuanya, karena Roti Rendang juga termasuk dalam jajaran oleh-oleh yang tak bisa dilewatkan. Inovasi dari olahan rendang ini ternyata memiliki rasa yang menggoyang lidah. Sehingga tidak heran jika banyak yang menjadikan Roti Rendang sebagai buruan oleh-oleh yang unik dan berbeda dari daerah lainnya.

Roti ini memang memiliki rasa rendang dengan warna coklat dan taburan wijen di atasnya. Tekstur rotinya yang lembut dengan rasa yang manis, berbeda dari rendang aslinya yang pedas. Justru perpaduan ini membuat siapapun yang mencobanya ketagihan. Rendang yang ditambahkan dalam roti ini diolah secara khusus.

Dengan begitu rendangnya tidak mengandung banyak air dan juga bisa mengurangi kadar lemaknya. Sebelum diberikan bumbu, daging yang digunakan akan digiling terlebih dahulu. Anda bisa menemukan aneka rasa roti rendang, mulai dari roti rendang daging sapi hingga roti rendang kacang merah. Aroma rendangnya yang menggugah akan membuat Anda penasaran.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Pariaman yang Murah & Enak

8. Rendang Telur

Rendang Telur
Image Credit: Tribunnews.com

Oleh-oleh yang tak kalah menarik untuk Anda buru saat di Pariaman adalah rendang telur. Sebelumnya sudah dibahas berupa rendang suwir ayam, sekarang telurpun bisa disulap menjadi kudapan yang nikmat. Oleh-oleh satu ini terbilang unik, telur akan dibentuk layaknya keripik. Dengan begitu rendang ini akan memiliki tekstur yang renyah.

Bahan yang digunakan memang telur yang akan dikeringkan lebih dahulu. Rendang telur sangat cocok sebagai teman makan bersama dengan nasi ataupun sebagai jajanan. Tahan lama, buah tangan satu ini sangat mudah untuk Anda bawa pulang. Selain itu harga yang ditawarkan untuk buah tangan ini sekitar Rp. 20 ribuan.

9. Galamai

Galamai
Image Credit: Facebook.com @resepmakanan

Oleh-oleh selanjutnya yang juga wajib Anda buru adalah Galamai. Galamai ini mirip dengan dodol, bahan dasar yang digunakan adalah beras ketan. Beras ketan akan ditambahkan dengan gula aren, santan dan juga kacang tanah sangrai. Setelah itu, semua bahan akan dicampurkan hingga kalis. Untuk beras ketan yang digunakan haruslah yang berkualitas tinggi.

Dan adanya campuran kacang tanah inilah yang membuatnya semakin unik. Rasanya yang legit dan lembut menjadikan Galamai cocok sebagai teman bersantai. Hanya saja, makanan ini hanya bisa bertahan antara 2 sampai 3 hari saja. Sehingga ada baiknya untuk segera menyimpannya di kulkas saat tiba di rumah. Di Pariaman juga sangat mudah menemukan buah tangan ini.

10. Kain Sulam Kerancang

Kain Sulam Kerancang
Image Credit: Lancangkuning.com

Selain makanan, Anda juga bisa menemukan kerajinan tangan khas dari Pariaman berupa kain sulam Kerancang. Umumnya kerajinan sulam ini akan diaplikasikan pada kerudung, mukena hingga sarung. Proses pembuatannya benar benar homemade, tetapi tetap menghasilkan karya yang indah. Motif dan harga yang ditawarkan sangat beragam, umumnya dijual mulai Rp. 400 ribuan.

Itulah beberapa oleh-oleh khas dari Pariaman yang bisa Anda buru ketika berkunjung. Mulai dari makanan hingga buah tangan berupa kerajinan bisa Anda temukan. Ada baiknya ketika Anda memilih oleh-oleh, Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. mengingat ada beberapa yang tidak bisa bertahan lama jika dibawa dalam jarak atau waktu yang lama.