Oleh-oleh khas dari Pekanbaru memiliki daya pikat tersendiri. Ada berbagai jenis buah tangan yang bisa untuk dibawa pulang. Mulai dari batik Pekanbaru hingga beragam jenis keripik yang memiliki rasa lezat.

Pekanbaru menjadi salah satu kota yang wajib untuk Anda kunjungi ketika berada di Riau. Pasalnya, di sini terdapat banyak sekali kuliner khas dan juga tempat wisata yang cocok untuk melepas penat. Setelah puas berjalan jalan, maka Anda pun bisa mencari oleh-oleh unik yang bisa untuk Anda bawa pulang.

Bingung mencari buah tangan yang pas untuk keluarga? Tak perlu khawatir, kali ini akan diulas beberapa oleh-oleh khas dari Pekanbaru yang sayang untuk Anda lewatkan.

1. Kacang Pukul

Kacang Pukul
Image Credit: Jualo.com

Untuk Anda yang doyan ngemil, maka kacang pukul dapat menjadi oleh-oleh yang tepat saat berkunjung ke Pekanbaru. Bukan berarti Anda akan dipukul ketika mengonsumsinya, kacang satu ini merupakan camilan yang terbuat dari kacang tanah yang berkualitas. Dengan memiliki nama yang unik tersebut, maka Anda pun jangan sampai kelewatan untuk membawanya pulang.

Kacang tanah yang diambil dari petani kacang di sekitar kota Bagansiapiapi ini memiliki kualitas yang jempolan. Kacang tersebut nantinya akan dipilih yang terbaik dan diproses hingga mencapai intinya yakni di pukul pukul. Adonan kacang tersebut nantinya akan lebih mengembang, barulah dibungkus dengan kertas minyak agar memiliki tekstur yang tahan lama.

2. Ikan Asap Selais

Ikan Asap Selais
Image Credit: Detik.com

Tak lengkap rasanya jika datang ke ibukota Riau, tanpa membawa pulang ikan asap Selais. Ikan satu ini merupakan jenis yang paling diburu dan dicari oleg wisatawan asing maupun lokal ketika berkunjung ke tempat satu ini. Untuk itu, tak heran jika banyak pelancong yang mengeluarkan banyak uang untuk membeliikan satu ini. Selain itu, Anda pun juga bisa untuk membeliikan tawar lain seperti gabus, lele dan patin. Akan tetapi yang paling laris untuk dijual sebagai ikan asap adalah ikan selais.

3. Kue Bangkit

Kue Bangkit
Image Credit: Salisma.com

Makanan khas Melayu ini juga bisa menjadi salah satu buah tangan yang bisa Anda bawa pulang. Kue satu ini akan sangat mudah untuk Anda jumpai ketika momen idul fitri. Namun, Anda pun tak perlu khawatir, pasalnya sekang Kue Bangkit akan dengan mudah untuk Anda temukan. Dengan memiliki rasa yang nikmat dan juga warna yang kekuningan ini membuat banyak orang menyukai kue khas ini. Tak mengherankan jika banyak yang membelinya untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarga di rumah.

BACA:  25 Tempat Wisata di Pekanbaru Terbaru & Paling Hits

4. Pastel Ikan Patin

Pastel Ikan Patin
Image Credit: Ayotraveling.com

Salah satu makanan yang memiliki cita rasa yang lezat adalah pastel. Di Pekanbaru sendiri, makanan ini diisi dengan ikan patin. Hal ini dikarenakan di kota ini merupakan penghasil ikan patin dan juga menjadi unggulan bagi masyarakat sekitar. Sehingga ketika Anda berkunjung ke kota satu ini, maka Anda bisa mencoba untuk mencicipinya. Daging ikan patinnya sendiri diberikan bumbu yang khusus dan melalui cara pengolahan yang istimewa.

Sehingga nantinya akan menghasilkan rasa yang khas dan menjadi buah tangan unik yang bisa untuk Anda bawa pulang. Tak hanya itu saja, pastel ikan patin ini pun memiliki harga yang terjangkau. Tentu saja, hal ini akan menjadi salah satu alternatif oleh-oleh untuk keluarga Anda di rumah. terutama bagi Anda yang memiliki banyak sanak saudara, memberikan pastel unik ini akan menjadi salah satu jenis oleh-oleh yang tepat.

5. Kerupuk Ikan Tengiri

Kerupuk Ikan Tengiri
Image Credit: Makananoleholeh.com

Bagi Anda yang merupakan pecinta ikan tengiri, tentu saja wajib untuk mencicipi olahan satu ini. kerupuk satu ini terbuat dari olahan ikan tengiri yang masih segar. Sehingga nantinya akan memiliki rasa yang gurih dan juga renyah. Menjadi makanan favorit bagi hampir semua orang di Indonesia, maka Anda pun bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh yang bisa untuk Anda bawa pulang. Terlebih lagi, untuk teman selama perjalanan pulang maka kerupuk satu ini sangat pas untuk anda.

6. Salai Ikan Patin

Salai Ikan Patin
Image Credit: Brosispku.com

Salai ikan patin menjadi salah satu oleh-oleh khas Pekanbaru yang wajib untuk Anda nikmati. Dikarenakan produksi ikan patin yang melimpah, maka hal tersebut membuat masyarakat berkreasi dan mengolahnya menjadi makanan unik. Salai ini pun cukup banyak peminat, bahkan sampai di ekspor hingga ke luar negeri. Dengan diolah menjadi salai, maka ikan patin ini pun akan lebih tahan lama dan juga memiliki nilai gizi yang cukup tinggi.

7. Lopek Bugi

Lopek Bugi
Image Credit: Zonamakan.com

Meskipun bukan makanan khas Pekanbaru, namun Anda pun wajib membawa pulang makanan satu ini untuk dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke ibukota Riau ini. makanan khas Kampar ini merupakan beras ketan yang ditumbuk. Walaupun terlihat seperti camilan, namun jangan salah Lopek Bugi cukup mengenyangkan perut anda.

Lopek Bugi sendiri merupakan lepat yang terbuat dari bahan utama beras ketan. Kemudian, ditumbuk halus dan dikukus menggunakan daun pisang. Memiliki rasa yang manis nan legit, maka Anda pun akan ketagihan ketika mencoba makanan satu ini. Berpadu dengan bubu yang khas, membuat Lopek Bugi menjadi salah satu makanan istimewa yang wajib untuk Anda cicipi.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Pekanbaru yang Murah & Enak

8. Viz Cake

Viz Cake
Image Credit: Vizcake.co.id

Ingin membawa pulang cake ketika berada di Pekanbaru? Maka Anda pun bisa mencoba untuk membeli Viz Cake. Roti satu ini memang hadir untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang ingin mencari oleh-oleh berupa roti khas dari Pekanbaru. Pada umumnya, Viz Cake sendiri tak jauh berbeda dengan toko roti pada umumnya. Untuk produk andalan dari sini, biasanya para wisatawan akan membeli bolu yang sangat isitmewa, salah satunya bolu durian keju.

9. Dodol Kedondong

Dodol Kedondong
Image Credit: Riaudailyphoto.com

Untuk Anda yang pecinta makanan manis, maka Anda juga bisa berburu Dodol Kedondong yang menjadi makanan khas dari Pekanbaru. Buah satu ini, biasanya dikenal oleh masyarakat Indonesia dikarenakan memiliki rasa yang manis asam. Sehingga tak heran jika Anda akan mudah menemukannya dalam sajian rujak. Dengan rasa unik tersebut, maka kedondong ini pun diolah menjadi salah satu makanan lezat lain yakni dodol.

Memiliki rasa yang manis, tentu saja akan menjadi salah satu inovasi tersendiri. Tak hanya rasa manis saja, berpadu dengan rasa asam dari buah kedondong membuatnya menjadi salah satu makanan yang tidak boleh untuk Anda lewatkan ketika sedang berada di Pekanbaru. Untuk itu, pastikan membawa pulang jajanan satu ini untuk keluarga di rumah.

10. Keripik Nanas

Keripik Nanas
Image Credit: Okezone.com

Selain mengolah buah kedondong menjadi dodol, maka di Pekanbaru juga terdapat olahan buah lainnya. Salah satunya adalah nanas yang telah dijadikan keripik. Buah tropis satu ini memiliki rasa yang manis dan asam, sehingga membuatnya menjadi salah satu perpaduan yang cocok bagi Anda yang menyukainya. Untuk itu, di ibukota Riau ini sendiri, nanas menjadi salah satu olahan yang paling diminati oleh wisatawan maupun masyarakat lokal.

11. Souvenir atau Gantungan Kunci

Sovenir atau Gantungan Kunci
Image Credit: Brosispku.com

Mencari oleh-oleh yang bisa disimpan dalam jangka waktu lama? Maka Anda pun bisa membawa pulang souvenir berupa gantungan kunci saat berkunjung ke Pekanbaru. Buah tangan satu ini merupakan salah satu hal yang praktis untuk dibawa. Selain itu, bagi Anda yang sedang mencari oleh-oleh yang pas dibawa untuk orang banyak, maka gantungan kunci adalah pilihan yang tepat, sekaligus mampu untuk menghemat tempat.

Tak hanya gantungan kunci saja, ada pula souvenir lain khas Pekanbaru yang cocok untuk anda. Salah satunya adalah penutup magnet yang biasanya ditempelkan pada pintu kulkas. Hiasan ini, sering kali memiliki gambar maupun tulisan khas Pekanbaru yang cukup unik. Untuk kedua souvenir tersebut rata rata memiliki harga yang cukup murah, yakni berkisar antara 10 ribu hingga 15 ribu rupiah.

12. Pancake Durian

Pancake Durian
Image Credit: Masakmasakmasak.wordpress.com

Untuk Anda yang merupakan penggemar durian, maka Anda pun wajib untuk mencoba makanan satu ini ketika sedang berada di Pekanbaru. Memiliki rasa yang sangat lembut dan khas ini akan menjadi salah satu oleh-oleh yang bisa untuk Anda bawa pulang. Durian yang lembut ini, kemudian akan dibungkus dengan kulit khusus sehingga nantinya aroma durian pun akan tetap terjaga.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Pekanbaru yang Murah & Enak

Untuk pembuatannya sendiri, buah durian ini nantinya akan dihaluskan terlebih dahulu. Setelah itu, barulah diisi ke dalam kulit yang berwarna warni, dimana akan melindungi aroma dari buah durian. Untuk itu, bagi Anda yang melakukan perjalanan tanpa memakan waktu yang lama, maka tak ada salahnya untuk membawa pulang Pancake Durian sebagai oleh-oleh untuk keluarga anda.

13. Lempuk Durian

Lempuk Durian
Image Credit: Tjokrohotel.com

Olahan durian lain yang bisa untuk Anda bawa pulang adalah Lempuk Durian. Makanan satu ini merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang memang pecinta durian. Pasalnya, lempuk atau dodol dengan rasa durian ini akan sangat jarang untuk Anda temui di tempat lain. Sehingga, akan menjadi oleh-oleh yang sangat tepat untuk keluarga Anda di rumah.

Memiliki rasa yang manis dan gurih membuatnya menjadi salah satu jenis oleh-oleh yang pas. Untuk itum ketika Anda berada di Pekanbaru, maka Anda pun wajib untuk membelinya. Anda bisa mengunjungi daerah Bangkalis untuk mendapatkan Lempuk Durian ini. Hal tersebut dikarenakan Bangkalis merupakan salah satu daerah penghasil durian terbanyak. Sehingga, Anda pun akan dengan mudah untuk menemukan lempuk satu ini.

14. Bolu Kemojo

Bolu Kemojo
Image Credit: Idntimes.com

Buah tangan khas Pekanbaru yang paling dicari oleh wisatawan adalah Bolu Kemojo. Oleh-oleh satu jni memiliki rasa manis nan legit, sehingga tak heran jika banyak yang membawanya pulang. Anda pun juga jangan sampai terlewat untuk membeli bolu yang memiliki rasa pandan ini. Melegenda sejak lama, membuat Anda wajib untuk mencobanya. Selain rasa pandan, maka Anda pun bisa memilih rasa lain seperti rempah, kacang hijau dan sebagainya.

15. Batik Pekanbaru

Batik Pekanbaru
Image Credit: Brosispku.com

Batik, juga bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang sedang mencari oleh-oleh bagi orang tua. Hal ini dikarenakan Pekanbaru memiliki motif yang unik, dimana memiliki ciri khas yakni motif kembang. Selain itu, batik satu ini pun memiliki pola yang khusus, yakni hanya boleh dilukis secara vertikal dan diagonal saja. Sehingga akan menjadi ciri khas tersendiri dari kain batik yang lain.

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas asal Pekanbaru yang bisa untuk Anda bawa pulang. Bagi yang masih bingung, maka tak ada salahnya untuk menjadikan rekomendasi buah tangan tersebut sebagai bahan rujukan. Ketika di Pekanbaru sendiri, Anda haruslah membeli salah satu oleh-oleh tersebut. Pasalnya, Anda mungkin tak bisa menemukan buah tangan tersebut di tempat yang lain.