Berlibur dan berjalan-jalan mengelilingi kota lain tentunya menjadi sesuatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Salah satu daerah yang cocok untuk Anda kunjungi adalah Pemalang, yang mana merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah. Meskipun Pemalang tidak terlalu populer seperti kota besar di Jawa Tengah lainnya. Namun, daerah ini memiliki sejuta pesona dan keindahan alamnya.

Saat sberada di Pemalang atau hanya melewatinya saja, akan kurang lengkap rasanya jika tidak singgah dan membawa oleh-oleh dari kota ini. Bahkan daerah satu ini sudah terkenal dengan keberagaman makanan dengan rasa yang sangat nikmat. Terlebih lagi makanan ini juga cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan. Berikut daftar oleh-oleh khas dari Pemalang yang paling diminati wisatawan.

1. Bandeng Montok

Bandeng Montok
Image Credit: Topijelajah.com

Oleh-oleh khas pertama dari daerah ini yang wajib untuk dibeli dan dicoba adalah Bandeng Montok. Buah tangan ini juga menjadi salah satu kuliner khas di Pemalang yang terkenal dengan cita rasa khasnya. Sesuai dengan namanya makanan ini adalah sebuah hasil olahan dari ikan bandeng. Seperti yang telah diketahui bahwa ikan bandeng, mempunyai banyak manfaat dan bahkan rasanya yang sangat gurih.

Ikan bandeng yang akan digunakan nantinya diolah dengan sedemikian rupa, sehingga dapat menghasilkan tampilan yang jauh terlihat lebih besar dan montok atau berisi. Umumnya, ikan bandeng dibersihkan terlebih dulu pada bagian mulutnya yang berisi kotoran. Kemudian akan diisi dengan campuran daging ikan bandeng dan ayam serta bumbu rempahnya. Hingga akhirnya dikukus dan siap untuk dijual.

Dengan melalui proses pengukusan yang lama, membuat olahan makanan satu ini memiliki cita rasa yang khas dan sangat empuk. Terlebih lagi berbagai bumbu rempahnya yang meresap hingga ke seluruh bagian sisi ikannya. Olahan bandeng satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan, yang mana makanan satu ini dapat bertahan untuk beberapa hari kedepan.

2. Bongko Mento

Bongko Mento Pemalang
Image Credit: Facebook.com @lina.mulyani.773

Bagi Anda pecinta olahan masakan atau makanan dengan cita rasa yang manis, oleh-oleh khas satu ini sangat cocok dan wajib untuk dibeli. Yakni bernama Bongko Mento, sebuah olahan makanan yang terbuat dari tepung terigu dan diisi dengan tumisan pepaya muda. Untuk bahan tepungnya sendiri dibuat dadar agar mudah untuk dilakukan pengisian. Yang mana isiannya sendiri memiliki cita rasa manis dan gurih.

BACA:  23 Tempat Wisata di Wonosobo Terbaru & Paling Hits

Tak lupa makanan satu ini juga dicampur dengan berbagai bumbu-bumbu rempah yang khas. Serta dengan tambahan suwiran ayam membuatnya memiliki rasa unik. Terlebih lagi setelah itu dibungkus dan dikukus, agar makanan ini dapat bertahan untuk beberapa waktu. Saat Anda ingin memakannya, maka akan disiram atau dikucuri terlebih dahulu menggunakan kuah santan yang kental.

3. Kraca

Kraca
Image Credit: Inibaru.id

Makanan selanjutnya yang dapat Anda jadikan sebagai buah tangan adalah Kraca. Saat mendengar namanya untuk sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi. Kraca ini merupakan salah satu jenis keong sawah yang telah diolah dengan sedemikian rupa. Hingga dapat menjadi salah satu hasil sajian kuliner yang sangat lezat. Tak heran apabila, makanan ini kerap menjadi incaran para wisatawan saat berkunjung di sini.

Hewan satu ini kerap kali dianggap sebagai pengganggu tanaman padi. Namun, di tangan orang yang tepat hewan ini dapat diolah dan disajikan menjadi olahan yang sangat menarik dan menggugah selera. Kraca ini dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan sanak saudara di rumah. Oleh-oleh makanan ini dapat bertahan untuk beberapa hari. Bahkan kraca termasuk buah tangan dengan harga yang murah.

4. Ogel Ogel

Ogel Ogel
Image Credit: Facebook.com @ogelogel.pemalang

PIlihan selanjutnya adalah Ogel Ogel, merupakan sebuah jajanan atau makanan ringan. Yang mana memiliki cita rasa sangat gurih, renyah, dan sangat lezat. Olahan makanan satu ini berbahan dasar berupa tepung beras ketan diolah sedemikian rupa. Hingga akhirnya melalui proses penggorengan, yang mana pada proses inilah yang dapat menghasilkan sebuah Ogel Ogel renyah dan sangat gurih.

Saat berkunjung ke Pemalang, akan terasa kurang bila tidak mencicipi olahan makanan ringan satu ini. Bahkan terlebih lagi jika Anda membeli dan membawanya pulang sebagai bentuk buah tangan selama berada di Pemalang. Cemilan ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai teman selama Anda sedang melakukan perjalanan jauh. Bahkan jajanan ini dapat bertahan untuk beberapa bulan.

5. Apem Comal

Apem Comal Pemalang
Image Credit: Facebook.com @KabarPemalang

Bagi kebanyakan orang, tentunya sudah tidak asing bukan dengan sebuah jajanan yang bernama apem? Namun, kali ini di Pemalang apem yang ada memiliki sebuah perbedaan dari jenis lainnya. Yang mana jajanan tradisional ini mempunyai sebuah cita rasa yang manis. Untuk bahan bakunya sendiri terbuat dari tepung beras. Sehingga sewaktu disantap atau dimakan dapat menimbulkan rasa kenyang.

BACA:  33 Tempat Wisata di Semarang Terbaru & Paling Hits

Saat tidak ingin makan nasi, namun lapar maka Apem Comal ini sangat cocok untuk dimakan. Sesuai dengan bahan pembuatnya dapat mengganjal perut bahkan mengenyangkan. Terlebih lagi pada bagian tengahnya diberikan sebuah cairan gula merah. Hal inilah yang menciptakan dan menimbulkan sebuah cita rasa yang manis. Untuk penyajiannya disajikan dalam daun pisang, sehingga memiliki aroma yang khas.

6. Kamir

Kamir
Image Credit: Bukalapak.com

Menu makanan atau oleh-oleh yang wajib untuk Anda beli dan coba adalah Kamir. Memiliki bentuk yang mirip seperti makanan khas Jepang, yakni dorayaki. Untuk dapat mencicipi dorayaki, Anda tidak perlu berjauh jauh ke luar negeri. Yang mana hanya untuk mencari dan mencoba makanan tersebut. Di negara kita sendiri, ada suatu daerah yang memiliki menu seperti makanan khas luar negeri.

Pemalang menghadirkan sebuah Kamir, yang mana jika sekilas dilihat bentuknya sangat mirip dengan dorayaki. Makanan satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai pengganjal perut selama perjalanan atau bahkan dijadikan untuk jajanan ringan. Tak jarang, banyak juga yang menjadikan makanan satu ini sebagai oleh-oleh. Umumnya, hanya dapat bertahan sekitar 3 hari saja sesuai dari hari pembuatannya.

7. Kepiting Lemburi

Kepiting Lemburi
Image Credit: Facebook.com @vicha.storyowners

Bagi Anda penyuka seafood, olahan makanan khas Pemalang satu ini wajib untuk Anda coba. Yakni bernama Kepiting Lemburi. Olahan hasil laut ini adalah salah satu masakan berupa kepiting cangkang lunak. Makanan ini diolah dengan sedemikian rupa, yang mana menggunakan berbagai bumbu rempah pilihan yang dapat merasuk kedalam seluruh bagian kepiting.

Dengan cara memasak yang pas dan benar, kepiting ini memiliki sebuah cita rasa yang sangat nikmat dan lezat. Terlebih lagi seluruh bumbu masakannya masuk kedalam dagingnya dengan sempurna. Bahkan dagingnya sendiri pun sangat lunak, terlebih lagi canggahnya yang lunak mempermudah untuk menyantapnya. Makanan ini juga dapat dijadikan buah tangan dan dapat bertahan beberapa hari.

8. Kerupuk Useg

Kerupuk Useg Pemalang
Image Credit: Shopee.co.id

Kebanyakan orang sangat menyukai kerupuk, yang mana dapat dijadikan sebagai pendamping saat makan atau dapat dijadikan sebagai cemilan ringan. Umumnya, kerupuk ini dapat Anda temui di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Hanya saja setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Sehingga kerupuk yang ditemukan juga sangat beragam dan mempunyai cita rasa yang berbeda beda.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Temanggung yang Paling Populer

Di Pemalang sendiri, juga memiliki sebuah olahan kerupuk. Yang mana bernama Kerupuk Useg, untuk bentuk tampilannya sendiri seperti jajan yang memiliki sebuah rongga rongga kotak kecil. Bahkan untuk harganya sendiri dibandrol sangat murah. Tak heran apabila banyak orang atau bahkan wisatawan yang suka dan banyak membeli kerupuk ini, yang mana dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

9. Tahu Pletok

Tahu Pletok
Image Credit: Facebook.com @melta.annasia

Bagi Anda pecinta tahu, makanan khas Pemalang satu ini wajib untuk dicoba yakni Tahu Pletok. Makanan berbahan dasar tahu ini telah menjadi favorit untuk dijadikan sebagai menu makanan sehari-hari. Bahkan tak jarang banyak orang yang membelinya untuk dijadikan sebagai bentuk buah tangan bagi keluarga dan sanak saudaranya. Terlebih lagi makanan ini memiliki cita rasa yang sangat lezat dan gurih.

Olahan tahu ini sepintas akan terlihat mirip dengan tahu sumedang. Hanya saja tahu yang ada di Pemalang dibelah menjadi dua bagian hingga pada bagian dalam isinya keluar. Selanjutnya, tahu ini diberikan adonan berupa campuran sagu dan bumbu lainnya. Dan terakhir digoreng hingga kering dan yang membuat Tahu Pletok ini sangat nikmat adalah ditemani dengan sambal kecap.

10. Giar Sale

Giar Sale
Image Credit: Google Maps (Dipo Sanjoyo)

Rekomendasi buah tangan terakhir yang ada di Pemalang adalah Giar Sale. Merupakan salah satu olahan pisang yang terkenal dengan cita rasanya yang sangat enak. Tentunya sangat cocok untuk dijadikan sebagai camilan atau bahkan oleh-oleh khas. Terbuat dari sebuah pisang yang sangat berkualitas dan diolah dengan menjadi sale basah dan sale kering. Untuk harganya sendiri sangat terjangkau dengan isinya yang sangat banyak.

Itulah beberapa oleh-oleh khas asli Pemalang yang paling populer. Ketika Anda sedang singgah atau berkunjung ke daerah ini, akan kurang lengkap rasanya bila tidak membeli dan membawa sebuah buah tangan untuk keluarga atau bahkan sanak saudara. Oleh-oleh khas dari daerah ini, terkenal sangat beragam dan memiliki cita rasa yang enak dan nikmat. Jadi, sudah tertarik untuk membeli yang mana?