Inilah daftar oleh-oleh khas dari Kota Pontianak yang sering diburu oleh wisatawan. Pontianak memiliki makanan khas dan pernak-pernik menarik untuk dijadikan buah tangan.

Berjalan jalan ke ibukota Kalimantan Barat, Pontianak, pasti akan disuguhkan dengan berbagai macam hal seru. Kota dengan sebutan kota khatulistiwa ini memiliki banyak hal menarik yang tidak boleh dilewatkan. Mulai dari budaya, tempat wisata, dan yang tidak boleh lupa adalah oleh-oleh khasnya. Apabila Anda hendak kembali pulang dari Pontianak, siapkan uang Anda untuk borong buah tangan berikut ini.

1. Kue Bingke Berendam

Kue Bingke Berendam
Image Credit: Dapurkhatulistiwa.blogspot.com

Kalau singgah ke Kalimantan, tepatnya Pontianak, nama kue Bingke pasti akan kerap disebut. Jelas saja, kue khas dari kota khatulistiwa ini adalah oleh-oleh yang pasti dicoba pelancong. Pada umumnya, ada dua jenis Bingke, yakni Binge berendam dan biasa. Nama ini menjelaskan metode memasak yang berbeda, yaitu dikukus dan dibakar. Lalu bagaimana dengan rasanya? Jangan kaget jika rasa Bingke ini cenderung manis dan lembut di mulut.

Bahan pembuatan untuk bingke ini adalah telur, kelapa, gula, daun pandan, dan daun suji, yang kemudian diolah dan dimasak sesuai keinginan. Akhir – akhir ini, terdapat pilihan rasa seperti original, keju, ubi, susu, dll. Biasanya, kudapan manis ini menjadi menu wajib untuk berbuka puasa. Jadi produk ini akan semakin ramai dicari di bulan Ramadhan. Untuk membeli se-kotak Bingke, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar 10 – 20 ribuan saja.

2. Keripik Pisang Segodong

Keripik Pisang Segodong
Image Credit: Tripzilla.id

Seperti namanya, keripik ini terbuat dari pisang yang dipotong tipis dan digoreng hingga kering. Yang menjadikan keripik ini wajib dibawa pulang adalah rasa yang renyah dan lezat karena bumbu penyedap yang lengkap. Jika Anda ingin produk asli, maka sempatkan diri untuk berkunjung ke daerah Segodong tempat keripik ini berasal. Terdapat banyak varian rasa, seperti asin, manis, dll. yang bisa dibeli dengan harga mulai dari 15 ribuan saja.

3. Madu Hutan

Madu Hutan
Image Credit: Facebook.com @maduaslikalimantan

Ingin oleh-oleh yang sehat? Maka jangan lupa untuk membawa buah tangan Madu hutan asli Kalimantan. Daerah pulau yang masih banyak diselimuti hutan berikan akses lebih pada masyarakat untuk memanen madu tawon Apis dorsata yang hasilkan produk berkualitas. Bahkan madu hutan asli yang dibeli di Pontianak memiliki rasa yang khas dan berbeda seperti madu lainnya. Rasanya yang manis dan diikuti wangi, menjadikan madu ini unik.

BACA:  25 Tempat Wisata di Pontianak Terbaru & Paling Hits

Bahkan madu yang dihasilkan di peternakan sekitar telah mendapat sertifikat organik. Hal tersebut bisa dicapai karena peternak lebah membuat sarang tiruan agar mendapat produksi madu yang terjamin kualitasnya. Apabila Anda tertarik untuk mencoba dan bawa pulang, siapkan uang yang cukup banyak karena madu asli pasti lebih mahal. Untuk membelinya, Anda bisa datangi agen asli di jalan Parit Haji Husin.

4. Olahan Lidah Buaya

Olahan Lidah Buaya
Image Credit: Rentalmobil-pontianak.com

Salah satu oleh – oleh khas dari Pontianak adalah olahan bahan lidah buaya. Bahan yang merupakan tanaman berkhasiat ini mampu disulap menjadi berbagai aneka produk lezat. Seperti contohnya adalah coklat lidah buaya yang dijadikan makanan paling digemari di Pontianak. Campuran kakao dan lidah buaya ini punya rasa manis khas coklat yang unik. Harganya yang ramah kantung juga menjadi alasan kudapan ini laris manis.

Selain cokelat, masih banyak lagi olahan cokelat yang bisa Anda beli. Untuk jenis snack, Anda bisa bawa oleh-oleh berupa kerupuk, dodol, hingga jelly lidah buaya. Apabila ingin jenis minuman, Anda juga bisa bawa bekal minuman aloevera atau teh lidah buaya yang unik. Harga oleh-oleh bervitamin tinggi ini bervariasi dari jenis yang Anda pilih. Ada yang seharga belasan ribu perkemasan hingga puluhan ribu perkotak.

5. Manisan Asam Payak

Manisan Asam Payak
Image Credit: Facebook.com @oleh oleh khas pontianak

Kudapan yang satu ini adalah oleh-oleh yang banyak sekali ditemukan di Kalimantan. Bagi Anda yang belum pernah merasakan seperti apa rasa asam Payak, maka camilan ini wajib dibeli. Bentuknya menyerupai salak, namun rasanya yang asam manis pasti akan membuat turis ketagihan. Rasanya yang sangat unik ini lebih banyak diidamkan oleh para wanita hamil. Tidak perlu bayar mahal, Anda bisa dapat 480 gram Asam Payak dengan harga sekitar 18 ribuan saja.

6. Juhi Bakar

Juhi Bakar
Image Credit: Bukalapak.com

Juhi bakar atau lebih dikenal dengan sotong bakar pastinya tidak boleh lupa dibawa pulang. Olahan bahan laut yang segar dan unik dari sotong ini hanya mampu bertahan selama 14 hari saja, jadi harus segera dibagi bersama kerabat. Yang menjadikannya unik adalah cara pembuatan dimana gilingan sotong dibakar dengan bumbu pedas manis. Oleh-oleh ini banyak ditemukan di kedai, namun yang paling khas adalah dari Kedai Namin di Jalan Siam.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Pontianak yang Murah & Enak

7. Lempok Durian

Lempok Durian
Image Credit: Ksmtour.com

Pontianak tidak hanya dikenal karena olahan lidah buayanya saja, tapi olahan masakan berbahan durian juga jadi favorit banyak pelancong. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah Lempok durian yang sangat mirip dengan dodol. Cara pembuatan dan teksturnya juga serupa, namun lempok ini memiliki kadar durian yang lebih banyak dan sedikit tepung. Sehingga memberi rasa durian yang sangat tajam dan cocok bagi pencinta buah eksotis ini.

8. Pisang Srikaya

Pisang Srikaya
Image Credit: Borneo24.com

Ingin mencoba perpaduan dua rasa buah yang lezat? Anda harus coba masakan pisang srikaya asli Pontianak. Seperti namanya, makanan ini terdiri dari pisang yang digoreng krispi dengan tepung yang melimpah. Yang membuat pisang goreng ini menarik adalah siraman pasta srikaya yang manis. Gabungan renyah, gurih, dan manis dari kedua buah ini menjadikannya teman tepat untuk oleh-oleh atau perjalanan pulang.

9. Sirup Sengkit

Sirup Sengkit
Image Credit: Omiyago.com

Kalau Anda merasa minuman jeruk sudah biasa, maka jangan lupa untuk coba dan bawa Sirup Sengkit sebagai Cindera mata dari Pontianak. Minuman sirup seharga 40 ribuan ini terbuat dari bahan asli jeruk Sengkit asli Kalimantan yang berikan rasa khas. Ketika diawetkan, diolah, dan dicampur dengan gula, Sengkit akan hasilkan rasa manis dan asam yang unik. Bahkan kulitnya pun ikut diolah untuk beri rasa unik.

10. Stik Talas

Stik Talas
Image Credit: Pricearea.com

Tidak lengkap jika singgah ke Pontianak dan tidak bawa stick Talas berbagai rasa. Produk ini dijual seharga 16 ribuan saja. Stick ini memang menggunakan bahan talas, yang pada umumnya diolah menjadi keripik. Karena itulah tekstur renyah dan gurih bahan umbi umbian ini akan awet untuk waktu yang cukup lama. Salah satu penjual stik talas legendaris di Pontianak berada di jalan Putri Candramidi nomor 18.

11. Kerupuk Amplang

Kerupuk Amplang
Image Credit: Penjualamplang.blogspot.com

Karena Kalimantan memiliki banyak SDA, tidak kaget jika Anda bisa mendapatkan kerupuk Amplang yang terbuat dari bahan ikan Tenggiri dan ikan Belidak. Seperti apa rasanya? Tentunya kerupuk ini akan memiliki rasa ikan khas yang tidak terlalu amis. Selain itu, produk ini juga dikenal karena teksturnya yang empuk dan gurih. Jika Anda ingin beli, biasanya harga kerupuk Amplang hanya dipatok seharga 16 ribuan per bungkusnya.

BACA:  25 Tempat Wisata di Pontianak Terbaru & Paling Hits

12. Manisan Kandis Salju

Manisan Kandis Salju
Image Credit: Shopee.co.id

Jika ingin merasakan buah dari hutan lokal Kalimantan, maka jangan lupa coba Kandis. Pada umumnya, buah ini bisa Anda temukan dalam produk camilan Kandis salju. Produk ini punya rasa campuran masam buah Kandis si mangga hutan dan manisnya gula putih. Rasa khas dari buah Kandis ini pastinya tidak bisa ditemukan di daerah lainnya. Karena itu, siapkan uang sekitar 18ribuan saja untuk membawa pulang 200 gram Kandis salju.

13. Kacang Piinatsu

Kacang Piinatsu
Image Credit: Tukangjalanjajan.com

Dari sekian banyak pilihan oleh-oleh dari Pontianak, Kacang Piinatsu juga merupakan yang paling populer di pasaran. Camilan kacang tanah yang dibalut dengan tepung ini memiliki bentuk seperti molen, namun tampak lebih bulat. Selain itu, kacang ini juga punya kombinasi rasa manis dan asin. Hanya dengan harga 15 ribuan saja, Anda bisa puas nikmati makanan ringan ini sembari nonton tv dan bercengkerama dengan keluarga.

14. Lawar

Lawar
Image Credit: Cintelawar.com

Selain makanan, Pontianak juga punya brand buah tangan buatan anak negeri bernama Lawar. Produk yang ditawarkan berjenis tekstil, seperti pakaian, topi, sandal, tas, jam, jaket, dll. Jika Anda pernah dengar Joger Bali, maka Lawar adalah milik Pontianak. Desain dan model yang ditawarkan pun bervariasi, sehingga bisa disesuaikan dengan selera pribadi. Meski berkesan brand ambasador Pontianak, namun harganya cukup ramah kantong.

15. Pernak-Pernik Etnik Dayak

Pernak-Pernik Etnik Dayak
Image Credit: Pixabay.com @darwi salwan

Yang terakhir adalah pernak pernik khas daerah. Sudah sewajarnya membawa pulang satu atau dua cinderamata yang cerminkan budaya daerah, karena itu sempatkan diri untuk kunjungi toko oleh-oleh untuk borong pernak pernik khas Dayak. Aksesoris warna warni dengan sentuhan ala Dayak pastinya akan menjadikan pengingat masa liburan. Anda bisa beli gelang, kalung, topi, dll.

Dari sekian banyak pilihan tersebut, sudah tahu mau beli apa untuk dibawa pulang? Banyaknya pilihan oleh – oleh kuliner seakan tidak bisa dipungkiri lagi karena Indonesia memang dikenal dengan keanekaragaman masakan tradisional. Jadi, selagi singgah di Pontianak pastikan untuk mencoba dan bawa beberapa oleh-oleh khas tersebut untuk dibagi bersama dengan keluarga di kampung halaman.